cover
Contact Name
Heronimus Maryono
Contact Email
heronimus.maryono@pmbs.ac.id
Phone
+6221-7511126
Journal Mail Official
penerbitan@pmbs.ac.id
Editorial Address
School of Business and Economics Universitas Prasetiya Mulya JL. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat Jakarta Selatan, Jakarta 12430 Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Indonesian Business Review
ISSN : -     EISSN : 26546213     DOI : https://doi.org/10.21632/ibr
IBR seeks to publish high-quality, scholarly empirical research articles in : - management, - strategic management, - organization, - entrepreneurship, - operation management, - human resource management, - business, and organization topics that test, extend, or build theory and contribute to management practices in Indonesia. IBR is an open access journal that is published by Prasetiya Mulya Magister Management Program, Universitas Prasetiya Mulya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review" : 10 Documents clear
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Konsumen Untuk Menerima Iklan Suara di Jakarta Atok R Aryanto; Bambang Sapto H.; Laksmi R Savitri; Perry E. Ronaldo; Rio R Affianto
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2115.368 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.201-221

Abstract

Dilatar belakangi oleh penurunan revenue pada perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT XL Axiata, karena berkembangnya disruptive business, kami mengusulkan untuk membantu meningkatkan pendapatan kembali. Salah satusolusi adalah dengan memperdengarkan iklan pada layanan bertelepon melalui ponsel secara gratis, yang diharapkan akan memberikan pendapatan tambahan. Namun sebelum gagasan itu diimplementasikan, terlebih dahulu dilakukan penelitian mengenai sejumlah faktor yang mempengaruhi sikap dan niat bertingkah-laku konsumen di Jakarta terhadap iklan suara melalui ponsel. Hasil dari penelitian itu menunjang 5 dari 8 hipotesa yang dikembangkan. Persepsi manfaat (PU) dari ponsel, kemauan untuk mencoba hal-hal baru (IN), dan sikap positif terhadap iklan secara umum (ATA) mempengaruhi secara signifikan dan positif sikap responden terhadap iklan suara pada “layanan telepon gratis” (ATM). Sementara sikap yang disebutkan terakhir ini (ATM) dapat membuat responden berencana untuk mendengarkan iklan suara tersebut. Sementara norma-norma sosial (SN) yang dipersepsikan responden menguatkan niatnya untuk mendengarkan iklan suara “layanan telepon gratis”.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kolektibilitas Debitur di PT. Bank China Construction Bank Indonesia Tbk. Anggun Himawan; Gunawan Syahputra Wijaya; Wahid Mahmud; Zainul Arifin
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1054.071 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.311-327

Abstract

Penelitian ini akan mencari hubungan antara faktor-faktor yang dimiliki seorang debitur dengan kemampuan pengembalian dana yang dipinjam (kolektibilitas) pada PT. Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (CCBI) . Hal ini didasari pada penelitian sebelumnya bahwa ada pengaruh antara faktor demografi dan faktor lain misalnya jumlah kepemilikan kartu kredit terhadap tingkat kolektibitas. Data yang digunakan adalah data sekunder dari CCBI dan hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi debitur CCBI tidak semua faktor demografi berpengaruh pada tingkat kolektibilitas, termasuk jumlah kepemilikian kartu kredit tidak ikut menentukan tingkat kolektibilitas debitur. Namun faktor pengalaman bekerja/bisnis berpengaruh terhadap tingkat kolektibilitas.
Determinan Perubahan Jumlah Tenaga Kerja di Perusahaan Hulu Migas Indonesia Aji Purwoseputro; Ariella Elysia; Brigita Mahardika; Dona Agung Nugraha; Steven Sebastian
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.055 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.222-238

Abstract

Industri hulu migas merupakan salah satu industri penggerak ekonomi Indonesia dengan tingkat penyerapan tenaga kerja yang cukup besar. Jumlah tenaga kerja di suatu perusahaan hulu migas merepresentasikan kompleksitas aktivitas bisnis perusahaan tersebut. Studi ini menjelaskan suatu model yang dapat digunakan untuk meramalkan tingkat kebutuhan tenaga kerja perusahaan hulu migas di Indonesia. Variabel yang diduga berpengaruh terhadap perubahan jumlah tenaga kerja di perusahaan hulu migas antara lain fluktuasi harga minyak dunia, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, serta nilai investasi migas yang ditanamkan oleh investor. Lebih lanjut studi ini menjelaskan variabel yang secara signifikan paling berpengaruh terhadap perubahan jumlah tenaga kerja di perusahaan hulu migas. Hasil studi menunjukkan bahwa perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika dan perubahan nilai investasi di perusahaan hulu migas merupakan variabel yang paling berpengaruh, sedangkan perubahan harga minyak dunia tidak secara langsung berpengaruh terhadap perubahan jumlah tenaga kerja di perusahaan hulu migas Indonesia.
Skema Bisnis Sosial Air Minum Avasya Water Untuk Desa Oesusu, NTT Maria Sutanto; Adela Putri; Carissa Effendy; Maizkha Sumbada; Wynn Nathaniel
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1130.15 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.239-266

Abstract

Infrastruktur air minum yang layak berkontribusi terhadap kualitas kehidupan manusia hingga 94%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis akses air minum, perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi air minum dan masalah air minum yang dihadapi di Desa Oesusu. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi solusi infrastruktur air minum di desa Oesusu saat ini belum merata dan proses pengolahan air minum oleh masyarakat belum dapat menghasilkan air minum yang layak. Sehingga dari masalah ini, Avasya water membentuk sustainable business ecosystem untuk memberikan one-stop solutions untuk masyarakat desa Oesusu.
Forecasting Produksi PT Pupuk Kujang untuk Mengatasi Penumpukan Persediaan Produk Jadi Chintia Tanjung Kumala; Felix Surjadi; Frieska Junnianty Pelly; Rizal Ardi Patanroi
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.639 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.143-159

Abstract

Pupuk merupakan salah satu faktor terpenting dalam pertanian Indonesia yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman. Pada tanaman padi, pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk NPK. Namun, pupuk NPK memiliki sifat mudah menggumpal sehingga harus ditempatkan dalam ruangan tertutup. Khususnya di PT Pupuk Kujang, terjadi masalah penumpukan pupuk NPK yang disebabkan oleh kapasitas penyimpanan produk jadi lebih kecil dibandingkan jumlah produksi. Metode forecasting, seperti simple moving average, dapat mencegah terjadinya masalah tersebut. Dengan menggunakan simple moving average per dua bulan pada persentase produksi dan dilanjutkan dengan normalisasi pada tahun 2016, simpangan antara proyeksi dengan data aktual tahun 2017 adalah sebesar 3,52%.
Kepuasan Pelanggan Dan Pengaruhnya Pada Penurunan Penjualan PT Veranda Kencana Herman Setyadji; Maria Marcella; Reonard Rico Effendi; Anindya Pramura Wardani; Prasetya Aditya Imansyah
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088.225 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.267-282

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pelanggan atas vending machine milik PT Veranda Kencana dan hubungannya dengan penurunan penjualan. Desain/metodologi/pendekatan – Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk menjabarkan kepuasan pelanggan, dengan sampel 50 responden. Hasilnya akan dianalisis sehingga hubungannya dengan penurunan penjualan dapat diketahui. Temuan – Hasil menunjukkan bahwa pelanggan puas dengan cara vending machine dan operatornya melayani kebutuhan pelanggan. Orisinalitas/nilai – Penelitian ini mengukur kepuasan pelanggan dalam menggunakan vending machine milik PT Veranda Kusuma yang ada di Bandara Halim Perdana Kusuma.
Penelitian Tentang Kesediaan Konsumen Untuk Membayar Produk Partisi Modular Ramah Lingkungan Adryan A.; Dimastyo L.; Ferly S.; Valentina A.G.; Vania T.B.
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (986.486 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.160-185

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang dimana pertumbuhan di berbagai sektor sedang gencar dilakukan, salah satunya adalah sektor konstruksi. Pembangunan berkelanjutan kemudian menjadi perhatian utama penelitian dimana salah satu faktor yang berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan adalah material bangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan dan menguji indikator- indikator sesuai dengan variabel yang berhubungan dengan pembelian produk Floor Mounted Modular Wall System Mycotech sebagai partisi modular ramah lingkungan oleh konsumen. Penyebaran kuesioner digunakan untuk pengambilan data dengan teknik purposive sampling terhadap 100 responden. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan exploratory factor analysis dan linear regression. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kontekstual dan faktor perseptual seperti persepsi individu, kepercayaan, komitmen perilaku, kualitas standar, nilai ekonomis, dan karakteristik produk mempengaruhi kesediaan responden untuk membayar produk ramah lingkungan.
Analisis Kebutuhan ODD dan Family Caregiver dalam Komunitas ALZI M. Anang Fardhyan A.; Jeane P. M. Natumnea; Aryani Anang Bachruddin; Yosua Anang Jauhari; Aulia Anang W. Putra
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1163.788 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.283-298

Abstract

Berdasarkan data dari World Alzheimer Report 2015 terdapat 47 juta orang hidup dengan demensia di seluruh dunia. Populasi ODD di Indonesia diperkirakan sebesar 2,3 juta di tahun 2030. Pertumbuhan populasi ODD di Indonesia berdampak pada pola perawatan terhadap ODD yang diterapkan. Perawatan terhadap ODD sangat dipengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Studi ini menjelaskan gambaran yang mendalam dari kebutuhan ODD maupun caregiver melalui teknik pengambilan data focus group discussion (FGD). Studi ini bertujuan untuk melihat apakah faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya dapat menjadi dasar untuk suatu bentuk layanan perawatan bagi ODD.
Perilaku Profesional Terhadap Pola Makan Sehat Albert Nathaniel; Galih Priya Sejati; Kevin Krisna Perdana; Riado Daniel Putra Lumbantobing; Sylvia Heryandini
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.442 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.186-200

Abstract

Pola hidup sehat adalah cara terefektif untuk menjaga kebugaran badan dan mencegah tubuh terserang dari penyakit. Banyak penyakit yang muncul utamanya dari pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Namun perubahan gaya hidup dapat membuat nilai gizi dalam hal ini tidak menjadi pertimbangan dalam pemilihan makanan. Atas hal tersebut, dilakukan survei kepada pekerja professional untuk investigasi pola makan mereka menggunakan explanatory research yang diolah dengan menggunakan program Microsoft Excel 2013 dan software SPSS 25.0, menghasilkan pearson correlation sebesar 0.918. Selanjutnya, secara statistik uji korelasi bivariate yang dilakukan menunjukan korelasi linear yang kuat antara tingkat pola makan sehat dan tingkat konsumsi makanan sehat.
Hubungan Preferensi Harga dan Merk Terhadap Pemilihan Hospital Bed Adryan Henry Soetedjo; Ho Fransiscus Alexander Setiadi; Mohammad Febby Ardhani; Oktavianus Andika Prastyanto; Reza Budi Satria
Indonesian Business Review Vol 1 No 2 (2018): Indonesian Business Review
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1049.066 KB) | DOI: 10.21632/ibr.1.2.299-310

Abstract

Tempat tidur rumah sakit atau yang disebut juga dengan hospital bed adalah jenis alat kesehatan yang dipakai hampir di semua jenis fasilitas kesehatan. Seiring dengan pengembangan program BPJS, maka fasilitas kesehatan baru yang membutuhkan hospital bed juga meningkat jumlahnya. Dalam pengadaan hospital bed, fasilitas kesehatan perlu mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya adalah harga dan merk. Berdasarkan hal tersebut, survey diadakan terhadap 41 fasilitas kesehatan untuk mengidentifikasi kedua faktor tersebut menggunakan explanatory research. Data hasil survey diolah menggunakan software Microsoft Excel 2016 dan IBM SPSS 22.0 menghasilkan pearson correlation sebesar 0.108. Uji statistik dilakukan menggunakan korelasi bivariate yang menunjukkan korelasi linear yang lemah antara faktor harga dan merk.

Page 1 of 1 | Total Record : 10