cover
Contact Name
Lilis
Contact Email
ejournal@poltek-amimedan.ac.id
Phone
+6282161032237
Journal Mail Official
ejournal@poltek-amimedan.ac.id
Editorial Address
Alamat Editor (Editorial Address) Politeknik Adiguna Maritim Indonesia (AMI) Medan Jl. Brigjend Bejo d/h Pertempuran No.125 Pulo Brayan Medan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20239 Telp : (0626) 16615034 E-mail : info@poltek-amimedan.ac.id Homepage : www.poltek-amimedan.ac.id
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal of Maritime and Education (JME)
ISSN : 26560658     EISSN : 26560666     DOI : -
Journal of Maritime and Education (JME) merupakan jurnal ilmiah diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Adiguna Maritim Indonesia Medan. JME menjadi sarana publikasi hasil riset , aplikasi riset dan pengembangannya di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun setiap bulan Februari dan Agustus. Edisi pertama yang diterbitkan secara cetak dan online pada bulan februari tahun 2019. Pemuatan artikel di jurnal ini dialamatkan kekantor redaksi. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan cetak dan online. Artikel yang masuk akan melalui proses seleksi mitra bestari paling lama 4 minggu
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 65 Documents
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PRESEPSI PESERTA DIKLAT BASIC SAFETY TRAINING DENGAN HASIL BELAJAR TEKNIK PENYELAMATAN JIWA DI LAUT PADA AKADEMI MARITIM INDONESIA (AMI) MEDAN Yusnidah Yusnidah; Abdul Hasan Saragih; Efendi Napitupulu
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 1 (2019): Article Research, Februari 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.768 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan persepsi peserta diklat terhadap hasil belajar Teknik Penyelamatan Jiwa di Laut, ,mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan persepsi peserta terhadap Diklat BST secara bersama-sama dengan hasil belajar Teknik Penyelamatan Jiwa di Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta (taruna) Diklat BST AMI Medan yang telah mengikuti kuliah Teknik Penyelamatan Jiwa di Laut semester 2 tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 90. Sampel penelitian ini adalah 73 orang atau 81% dari populasi yang di ambil dengan menggunakan Nomogram Harry King secara random sampling. Instrument pengumpulan data adalah tes kuesioner.Temuan penelitian ini adalah : (1) Terdapat hubungan yang positif motivasi belajar dengan hasil belajar Teknik Penyelamatan Jiwa di Laut ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,3621; (2). Terdapat hubungan yang positif antara persepsi peserta terhadap Diklat BST dengan hasil Teknik Penyelamatan Jiwa di Laut ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,4537; (3). Terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan persepsi peserta terhadap Diklat BST secara bersama-sama dengan hasil belajar Teknik Penyelamatan Jiwa di Laut, ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda Ry12 = 0,5435
PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA DOSEN PADA AKADEMI MARITIM INDONESIA (AMI) MEDAN Taruna Taruna; Didin Muhafiddin
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 1 (2019): Article Research, Februari 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.741 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui berapa besar pengaruh keprofesionalan terhadap kinerja dosen, mengetahui berapa besar pengaruh pengalaman mengajar dosen terhadap kinerja dosen dan mengetahui berapa besar pengaruh keprofesionalan dan pengalaman mengajar dosen terhadap kinerja dosen pada Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan. Sampel dalam Penelitian ini adalah semua dosen tetap AMI Medan, yaitu berjumlah 59 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 5 pilihan jawaban serta telah dinyatakan valid. Variabel dalam penelitian ini adalah keprofesionalan (X1), pengalaman mengajar (X2) dan kinerja dosen pada Akademi Maritim Indonesia Medan. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier multifle dan dilanjutkan analisis jalur. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan perhitungan regresi linier berganda dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keprofesionalan semakin meningkat mengakibatkan kinerja dosen akan meningkat, pengalaman mengajar semakin meningkat mengakibatkan kinerja dosen akan meningkat, begitu pula sebaliknya dan keprofesionalan (X1) dan pengalaman mengajar (X2) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dosen pada Akademi Maritim Indonesia Medan
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN DALAM PENULISAN LAPORAN KERTAS KERJA PRALA JURUSAN NAUTIKA AMI MEDAN ANGKATAN 2014/2015 Annisa Annisa
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 1 (2019): Article Research, Februari 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.375 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan ejaan pata laporan kertas kerja Praktek Laut jurusan Nautika angkatan tahun 2014/2015. Masalah dalam penelitian ini adalah”Analisis kesalahan Ejaan Yang Disempurnaka pada laporan kertas kerja Praktek Laut PRALA Jurusan Nautika mahasiswa AMI Medan Angkatan 2014/2015”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data merupakan data tertulis yang diambil laporan kertas kerja PRALA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis teks dan wawancara mendalam ,meliputi empat komponen, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi Data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya adalah kesalahan tentang penggunaan huruf kapital, huruf miring, penulisan angka dan bilangan, kata depan di, tanda titi, tanda koma, tanda seru,dan tanda Tanya
PENGARUH LEVERAGE DAN KUALITAS KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA Lisma Kurniawan Butar-butar
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 1 (2019): Article Research, Februari 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.375 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage dan kualitas keuangan secara simultan dan parsial terhadap nilai perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Data diperoleh dari data sekunder berupa laporan keuangan 30 bank di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2012 dengan metode pengumpulan data purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda dengan taraf nyata (α) sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkanbahwa secara simultan (Uji Statistik F) leverage dan kualitas keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Secara parsial (Uji Statistik T) variabel Debt to Asset Ratio (DAR) dan Long term Debt to Equity Ratio (LDER) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Debt to Equity Ratio (DER) dan Longterm Debt to Asset Ratio (LDAR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel Time InterestEarned (TIE) berpegaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan variabel Z score berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.
PERANCANGAN APLIKASI PEMBUATAN FORMASI SEPAK BOLA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA FLASH Suherman Suherman; Ria Eka Sari
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 1 (2019): Article Research, Februari 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.397 KB)

Abstract

Kurangnya efeiensinya simulasi pembelajaran yang pada umumnya digunakan oleh masyarakat umum untuk keperluan pembelajaran. Formasi pada sepakbola sekarang ini menjadi masalah utama yang sering dan umum bagi masyarakat luas yang ingin mempelajari formasi dalam sepakbola secara otodidak.Maka dari itu dirancang dan dibuatlah sebuah aplikasi dimana mengubah sudut pandang masyarakat dalam pembelajaran interaktif formasi sepakbola tersebut kedalam media aplikasi multimedia interaktif. Aplikasi pembelajaran formasi sepakbola adalah solusi yang penulis rancang dan buat untuk memecahkan masalah tersebut. Aplikasi tersebut adalah aplikasi pembelajaran formasi sepakbola yang menjelaskan informasi dan memberikan pembelajaran formasi sepakbola secara otodidak bagi penggunanya yang dikemas ke dalam media aplikasi aplikasi multimedia interaktif. Rancangan dan hasil dari aplikasi pembuatan formasi sepak bola interaktif dengan macromedia flash interaktif yang dapat mengatasi masalah dan menjadi solusi utama dalam pengguna yang akan belajar formasi dalam pemain sepakbola tersebut dengan menggunakan aplikasi dan diharapkan mampu memecahkan dan menyelesaikan permasalahan yang sering muncul dibeberapa aktivitas pembelajaran pada sistem formasi sepakbola pada umumnya menggunakan alat peraga pada pembelajarannya.
PERBANDINGAN ALGORITMA NAIVE BAYES, ID3, DAN TAN PADA KLASIFIKASI SMS SPAM Arie Satia Dharma; Oktavi Yanty Silitonga; H. Justin Manurung
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 2 (2019): Article Research, Agustus 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.016 KB)

Abstract

Short Message Service atau SMS merupakan layanan yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk teks pada perangkat telepon genggam. SMS spam adalah pesan yang tidak diinginkan, yang kita tidak ingin pesan tersebut berada di dalam kotak pesan kita. Salah satu cara untuk mengatasi masalah SMS spam tersebut adalah dengan melakukan klasifikasi terhadap teks SMS untuk menentukan spam menggunakan teknik machine learning. Penelitian ini melakukan eksperimen untuk membandingkan tingkat akurasi penerapan metode supervised learning menggunakan algoritma Naive Bayes (NB) Classifier, Iterative Dychotomizer Version 3 (ID3) dan Tree Augmented Naïve (TAN) Bayes Classifier dalam mengklasifikasikan data SMS. Supervised learning merupakan metode untuk mengklasifikasikan data berdasarkan label yang sudah ada. NB adalah klasifikasi data berdasarkan nilai peluang. ID3 adalah algoritma yang melakukan prosedur pencarian secara menyeluruh kepada semua kemungkinan yang akan terjadi. TAN adalah pengembangan dari NB dimana antar node atribut dapat saling memiliki ketergantungan. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan, dengan menggunakan pembagian data 70% data training dan 30% data testing diperoleh bahwa algoritma NB menghasilkan akurasi yang paling tinggi sebesar 96.21% dibandingkan dengan kedua algoritma yang lain. Sementara dengan menggunakan pembagian data 80% data training dan 20% data testing diperoleh bahwa algoritma ID3 menghasilkan akurasi yang paling tinggi sebesar 96.47% dibandingkan dengan kedua algoritma yang lain
EFEK STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN ICT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Yuna Sutria; M. Iman Hidayat
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 2 (2019): Article Research, Agustus 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.417 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek strategi pembelajaran Joyful Learning berbantuan ICT terhadap hasil belajarmatematika siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bidayatul Hidayah. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dimana sebagai kelas eksperimen diterapkan strategi pembelajaran Joyful Learning dan kelas kontrol sebagai diterapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas 20 pertanyaan pilihan ganda yang divalidasi menggunakan validitas isi. Data pada penelitian ini merupakan data kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui efek strategi pembelajaran Joyful Learning berbantuan ICT terhadap terhadap hasil belajar matematika siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bidayatul Hidayah. Hasil Penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Uji statistic yang digunakan yaitu uji-t dimana taraf signifikan < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh efek strategi pembelajaran Joyful Learning berbantuan ICT terhadap hasil belajar siswa
STRATEGI MENINGKATKAN PELAYANAN JASA KEAGENAN TERHADAP KAPAL PADA PT. KARANA LINE CABANG BELAWAN Dra. Yusnidah, M.Pd; Hidayat Muda
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 2 (2019): Article Research, Agustus 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.38 KB)

Abstract

Kegiatan usaha keagenan sangat kompleks, karena perusahaan pelayaran yang melaksanakan kegiatan keagenan mempunyai tugas-tugas dan tanggung jawab yang besar dalam memberikan pelayanan terhadap kapalkapal yang di ageni oleh PT. Karana Line Cabang Belawan selaku agen yang memberikan pelayanan keagenan terhadap kapal-kapal yang singgah di Pelabuhan Belawan, dalam kegiatan ini harus menjalin hubungan dengan instansi-instansi terkait seperti: Bea Cukai (Custom), Imigrasi,Karantina, Perusahaan Pelayaran, Pelindo, Otoritas Pelabuhan. Dalam melaksanakan pelayanan keagenan kapal pada PT. Karana Line Cabang Belawan sedikit banyak mengalami masalah dan kendala, baik masalah intern maupun masalah ekstern yang berasal dari luar perusahaan. Salah satu masalah yang dihadapi adalah kurangnya fasilitas tempat sandar (Dermaga) yang tersedia di Pelabuhan Belawan yang menyebabkan kapalkapal yang akan merapat ke dermaga harus menunggu dilampu satu berjam-jam bahkan berhari untuk mendapatkan fasilitas tempat sandar kapal. Untuk melengkapi dalam penyelesaian dalam makalah ini, Penulis menggunakan metode Penelitian Perpustakaan, Wawancara dan Penelitian langsung di lapangan.
PERANCANGAN COUNTER INPUT-OUTPUT PENJUALAN MENGGUNAKAN BARCODE READER BERBASIS ANDORID Yuris Danilwan; Mardiana Mardiana; Wahyu Syahputra
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 2 (2019): Article Research, Agustus 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.613 KB)

Abstract

Sebuah kode batang (atau barcode) adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Berkaitan dengan proses perhitungan barang masuk dan keluar dalam pendataan, pembuatan nota penjualan, dan perhitungan jumlah harga penjualan sering terjadi permasalahan berupa ketidakcocokan data ini disebabkan akibat kesalahan manusia (humam error) dimana terjadi kelalaian yang dilakukan oleh petugas kasir, kelalaian yang dilakukanterjadi ketika kasir melakukan pelayanan saat banyak konsumen yang melakukan transaksi pembayaran, sehingga kasir sering melakukan kesalahan karena kurang teliti dalam pembuatan nota, sehingga perlu adanya sistem counter input output dalam penjualan menggunakan barcode reader yang dapat mengurangi permasalahan yang ada. Tujuan dari penelitian ini ialah Membantu petugas toko dalam mengelola data penjualan, Memberikan keamanan penjualan dengan menggunakan sistem barcode reader dan Membantu pengembangan bisnis sehingga dapat bersaing didunia penjualan. Model perancangan systemmenggunakan model unified modelling language (UML)
RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN PADA KOPER MENGGUNAKAN FINGERPRINT DAN GPS BERBASIS ARDUINO MEGA Dian Nisa’a; Ifa Aldini Sani Pane
Journal of Maritime and Education (JME) Vol. 1 No. 2 (2019): Article Research, Agustus 2019
Publisher : Politeknik Adiguna Maritim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.217 KB)

Abstract

Banyak penelitian yang dilakukan mengenai sistem keamanan, seperti untuk keamanan barang, data yang penting ataupunberharga. Keamanan koper dengan menggunakan fingerprint dan GPS dibuat sebagai salah satu bentuk pengaman dalam skala kecil. Sistem keamanan ini mengandalkan fingerprint sebagai pengunci tambahan yang sebelumnya sudah dilengkapi oleh kunci PIN dan juga GPS sebagai pelacak lokasi keberadaan koper yang akan dikirimkan melalui SMS. Sistem ini juga dilengkapi buzzer sebagai alarm yang dapat dihidupkan dan dimatikan menggunakan SMS, sistem ini dikontrol oleh Arduino Mega. Dari hasil pengujian, koper terbuka jika ID sidik jari yang terdeteksi sesuai dengan sidikjari yang tersimpan. Buzzer akan hidup jika ID sidik jari yang terdeteksi tidak sesuai dengan sidik jari yang disimpan sebanyak 3 kali. Sistem akan mengirimkan peta yang bisa langsung diakses menggunakan google maps yang menunjukan lokasi keberadaan koper melalui SMS. Buzzer juga akan hidup jika kita mengirimkan SMS perintah ON ke sistem dan dapat dimatikan menggunakan perintah OFF