cover
Contact Name
Syaipul Ramdhan
Contact Email
lppm@global.ac.id
Phone
+6287774181374
Journal Mail Official
syaipulramdhan@global.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No. 43A Margasari Karawaci
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Sisfotek Global
ISSN : 20881762     EISSN : 27213161     DOI : http://.doi.org/10.38101/jsg
Jurnal Sisfotek Global is a peer-reviewed open access journal published twice a year (March and September), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal Global Sisfotek aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to the field of computer science. It is published in online version (e-ISSN 2721-3161) and printed version (p-ISSN 2088-1762). Jurnal Global Sisfotek has been indexed and abstracted in Index Copernicus, GOOGLE Scholar, BASE (Bielefeld Search Engine), Crossref Search, One Search, PKP-Indexed, Neliti search, Garuda, Dimensions, Scilit. Jurnal Sisfotek Global accepts quality manuscripts produced from research projects within the scope of the field of computer science, which include, but are not limited to the following topics: information systems, image processing, multimedia, mobile computing, artificial intelligence, expert systems, computer systems. The manuscript must be original research and written in English (from 2021).
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL" : 13 Documents clear
Implementasi E-Learning Berbasis Web di SD Negeri Pasarkemis 1 Rahmat Agusli; Rizky Maria Azianah
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.053 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.55

Abstract

Program pelaksanaan pendidikan di SD Negeri Pasarkemis 1 ini masih mengalami berbagai kendala dengan sistem pendidikan yang konvesional yaitu tersedianya ruang komunikasi yang sangat terbatas dalam menjalankan proses belajar-mengajar, sehingga diperlukan suatu metode pendekatan baru yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi secara optimal dalam menunjang pelaksanaan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan adalah dengan lahirnya konsep e-learning. Konsep yang dikenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvesional ke bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Pengembangan sistem informasi dalam pembuatan perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan aplikasi SDLC (System Development Life Cycle). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  studi literature dan observasi. Untuk merancang aplikasi ini digunakan metode berorientasi objek dengan perancangan UML (Unified Modelling Languange). Dalam pembuatan perangkat lunak ini menggunakan PHP sebagai bahasa script yang digunakan untuk membuat halaman website dan MySQL sebagai tempat penyimpanan data. Dengan adanya e-learning ini diharapkan dapat menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang efektif .
Rancang Bangun Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Tenggorokan Hidung dan Telinga (THT) Zainul Hakim; Asep Abdul Sofyan; Achmad Yusuf Arifuzaki
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.092 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.46

Abstract

Diagnosa penyakit biasanya dilakukan seorang dokter. Baik itu dokter umum ataupun dengan dokter ahli. Demikian juga dengan penyakit THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan). Penyakit ini juga ditangani oleh dokter ahli atau spesialis THT. Diagnosa penyakit dilakukan oleh seorang dokter berdasarkan gejala yang diderita pasien. Kesimpulan penyakit bisa didapat dari gejala penyakit yang timbul dan keluhan dari pasien. Pada saat ini teknologi komputer sudah merambah ke segala bidang tidak terkecuali di bidang kedokteran. Keahlian dari dokter ini akan dituangkan dalam sebuah teknologi komputer. Penuangan keahlian manusia kedalam computer ini kemudian dikenal dengan Sistem Pakar (Expert System). Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit secara konvensional sudah mulai ditinggalkan karena keakurasiannya kurang. Kali ini akan digunakan pendekatan fuzzy dalam sistem pakar ini. Pendekatan fuzzy digunakan karena ditemukan kondisi yang tidak menentu berkaitan dengan masalah medis ini. Melihat permasalahan tersebut maka dibuat suatu sistem yang menuangkan keahlian dokter mendiagnosa penyakit THT dalam sebuah sistem pakar yang menggunakan pendekatan fuzzy. Penerapan teknologi sistem pakar ini diharap mampu menciptakan sebuah revolusi dalam teknologi aplikasi yang menjadi basis teknologi tinggi.
Distribusi Linux Untuk STMIK Bina Sarana Global dengan Metode Remastering Muhammad Iqbal Dzulhaq; Eko Susilo Yulianto Putra
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.398 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.51

Abstract

This research is related to Linux, one of the operating systems that are included in the category of open source. OpenSource is a term for software which source code is provided developers for distribution in general in order to learn how it works, modified or further developed and distributed. Over time, Linux is growing very rapidly to create kinds of distribution, with a variety of features and ease of configuration. This thesis discusses the design production of distributed Linux that focus on light desktop is intended to be an alternative software alternate imitation of software still used in STMIK Bina Sarana Global. This distribution is developed using remastering with Xubuntu distro as a base. It is intended that distributions are easy to develop back. This distribution is named GOES OS. Creating of distributions using a structured phase begins with the concept of making, needs analysis, design distro, repository elections, elections create an application package file and a configuration script to the stage of making LiveUSB and Installer. Results of this research is LiveUSB and installer that can be run without having to install or can directly attach it to the hardisk and in distro contain alternative applications that alternate imitation of application commonly use male and female students on campus.
Aplikasi Lagu-Lagu Wajib Menggunakan Simulasi Gitar Berbasis Animasi 2D Dengan Adobe Flash CS 5 Otto Fajarianto; Muhammad Iqbal Hanafri; Fachmi Achmad
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.353 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.47

Abstract

Dunia musik tidak mengenal batas wilayah, usia, ras dan sebagainya. Musik bisa dinikmati oleh siapapun juga. Saat ini, musik berkembang mengikuti perkembangan pola pikir manusia. Ini yang menyebabkan jenis musik menjadi lebih beragam. Penggunaan alat musik tambahan juga banyak sehingga musik menjadi lebih menarik. Mempelajari suatu lagu wajib dan memainkannya dengan alat musik tidaklah sulit salah satunya yaitu dengan gitar, karena gitar merupakan alat musik yang mudah untuk dipelajari dan cocok untuk dimainkan dengan berbagai jenis musik, hanya butuh ketekunan dan kesabaran dalam melakukannya. Pemilihan lagu untuk dipelajari tidak hanya dibatasi oleh lagu yang populer saja, tetapi saat ini masyarakat hanya tertarik pada lagu-lagu populer dan jarang tertarik dengan lagu-lagu wajib kebangsaan Indonesia karena kurangnya alternatif media pembelajaran mengenai lagu-lagu wajib tersebut dengan menggunakan alat musik gitar yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat akan memudahkan dalam mempelajari lagu-lagu wajib. Pembelajaran lagu-lagu wajib melalui media animasi 2D akan memberikan alternatif baru dalam mempelajari sebuah lagu yang sebelumnya hanya menggunakan buku teks saja dan monoton sehingga yang mempelajarinya mudah bosan. Dengan pembuatan aplikasi lagu wajib menggunakan simulasi gitar ini akan mempermudah dalam mempelajari suatu lagu wajib yang akan memberikan rasa cinta tanah air lebih kuat.
Aplikasi Web Akademik Terintegrasi SMS Gateway Hilmi Fuad; Wawan Agus Setiawan
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.661 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.52

Abstract

Sistem informasi akademik di SMAN 4 Kota Tangerang masih manual, artinya dari segi pencatatan dan pengolahan data masih menggunakan kertas. Kemudian data yang tercatat pada kertas tersebut disalin ke dalam Microsoft Excel. Hal ini menyebabkan butuh waktu lama untuk membuat sebuah laporan karena harus menginput ulang. Selain itu penggunaan kertas sangat berisiko terhadap tercecernya data bahkan rusak. Kendala lain yang dihadapi yaitu tidak adanya pelaporan terhadap hasil belajar siswa dan kehadiran siswa secara berkala. Dari permasalahan tersebut muncul gagasan untuk membuat sistem informasi akademik berbasis web yang terintegrasi SMSgateway. Sistem ini nantinya dapat melakukan pengelolaan data akademik serta dapat mengirim pesan kepada orang tua perihal kehadiran dan hasil belajar siswa. Metode analisa dan perancangan menggunakan pendekatan berbasis objek atau Object Oriented Analysis Design (OOAD) dengan Unified Modeling Language (UML) sebagai bahasa pemodelannya. Sistem ini dibuat menggunakan PHP dan database MySQL. Sebagai engine SMS sistem ini menggunakan Gammu. Dengan adanya sistem informasi akademik berbasis web dan terintegrasi SMS gatewaydiharapkan proses pengolahan data akademik menjadi lebih rapi dan teratur karena berada dalam satu database yang terpusat. Selain itu orang tua dapat mengontrol perkembangan belajar anak mereka karena mendapat laporan secara berkala melalui pesan SMS.
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pembagian Harta Waris Dalam Islam Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL Dedi Dedi; Muchamad Iqbal; Muhammad Yasin
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.906 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.8

Abstract

The division of the inheritance are often the things that trigger conflict and cause family rifts. Faraidh is ensuring that one’s assets are shared among the benefactors without rancor. Designing an application of web-based calculation of the inheritance today is a necessity that can cover the weaknesses in desktop applications. Through a web-based software that is expected of the Muslims do not face obstacles in implementing the Islamic law, division of the inheritance is no exception because almost all the people who can use a computer can open a web page without the need to install first. Designed using expert system development methodology of John Durkin in building the knowledge base in the form of rules which are used in the determination of the proportion for heirs. As in software engineering using Rational Unified proccess methodologies using UML as a tool in the design of the system. The end product of this inheritance decision support system provides facilities such as the page that contains the definition of inheritance, arguments of inheritance, the heirs and their parts and the conditions, problems in Islamic inheritance, and program division of inheritance. Division of inheritance by the system is divided to four steps, the first one asked is the amount of treasure, both will ask the rights that must be met, the third will be asked to heirs, and the fourth displays the results of the calculations are in accordance with the rules of the Islamic inheritance.
Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Studi Kasus di PT. Infinetworks Global Jakarta Agus Heryanto; Hilmi Fuad; Dani Dananggi
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.654 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.48

Abstract

Seiring dengan masalah dunia kerja yang semakin kompleks, diperlukan suatu alat atau cara yang dapat memanfaatkan informasi yang ada agar dapat mendukung proses bisnis atau kegiatan pada suatu organisasi agar kinerjanya lebih efektif dan efisien. PT. Infinetworks Global adalah suatu badan usaha di Jakarta yang bergerak di bidang usaha IT Service. Meskipun abad 21 merupakan era informasi, penggunaan sistem informasi inventory barang PT. Infinetworks Global khususnya oleh bagian IT Operation masih sangat sederhana. Proses pencatatan barang hingga pemakaiannya masih dilakukan secara manual. Sistem inventory dilakukan secara sederhana, dan menggunakan spreadsheet sebagai alat bantu. Hasil pengamatan yang ada menunjukkan beberapa potensi masalah yang kerap terjadi seperti kehilangan data barang, dan keterlambatan dalam penyusunan inventory barang. Dari masalah tersebut, penulis berinisiatif untuk mengembangkan sebuah sistem informasi inventory berbasis web untuk membantu efisiensi kegiatan operasional inventory perusahaan. Untuk itu, dilakukan proses pengembangan perangkat lunak yang didasarkan pada rekayasa perangkat lunak yang benar. Dalam menganalisis dan merancang sistem informasi inventory digunakan metode penelitian dengan studi kepustakaan, studi dokumentasi, wawancara, observasi, serta analisis dan desain dengan menggunakan diagram yang terkandung dalam UML (Unified Modelling Language). Penelitian ini akan menguraikan aktifitas-aktifitas dan pemakaian barang pada masing-masing tahap pengembangan berdasarkan metode berorientasi obyek. Hasil analisis dan desain sistem informasi inventory barang ini diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan data dan dapat mengatasi kelemahan pada sistem yang masih manual, selain itu diharapkan pula dengan adanya sistem ini dapat mempermudah dalam pencarian data yang dibutuhkan untuk keperluan koperasi seperti pelaporan kepada pimpinan.
Sistem Informasi Pembayaran dan Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Prawido Utomo; Dewi Ariyanti
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.175 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.53

Abstract

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat. Demikian pula halnya dengan dunia pendidikan yang selayaknya harus pula selalu mengalami perkembangan. SMK VOCTECH 2 adalah salah satu sekolah yang masih menggunakan sarana manual dalam kegiatan pendaftaran siswa baru. Siswa yang akan mendaftar harus datang langsung ke sekolah melakukan registrasi dan membayar secara langsung. Pencatatan dalam kegiatan pendaftaran siswa ini masih menggunakan buku besar sehingga datanya akan sulit ketika akan digunakan kembali. Penelitian tentang pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran siswa baru ini dilakukan dengan beberapa metode yang pertama adalah metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Tahap kedua adalah perancangan sistem dengan UML Diagram (Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram), perancangan basis data dan perancangan menu antarmuka. Tahap ketiga adalah perancangan aplikasi dengan PHP. Tahap keempat adalah perancangan web dengan Dreamweaver. Dari penelitian yang dilakukan, menghasilkan sistem informasi pendaftaran dan pembayaran siswa baru berbasis web yang dapat digunakan di SMK VOCTECH 2 yang memiliki menu form pendaftaran, menu pendaftaran dan cara pembayaran dan menu laporan yang bermanfaat bagi sekolah.
Perancangan Steganografi Dengan Media Gambar Pada Aplikasi Berbasis Androi Rahmat Tullah; Rachmat Agusli; Muhammad Iqbal Dzulhaq; Indra Halim
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.184 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.44

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sekarang ini membuat proses komunikasi menjadi mudah dan memiliki jangkauan yang luas. Penyampaian pesan melalui internet merupakan sarana komunikasi yang mudah dan efisien. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mulai meragukan keamanan sarana komunikasi yang ada. Hal ini tidak terlepas dari terjadinya berbagai tindakan penyadapan dan pemantauan oleh pihak-pihak yang sebenarnya tidak berkepentingan. Informasi sensitif yang disampaikan melalui sarana komunikasi menjadi kurang terjaga kerahasiaannya. Jika dilihat dari segi keamanan, penyampaian pesan secara rahasia dibutuhkan sebagai untuk meningkatkan kerahasiaan dari suatu pesan. Steganografi adalah salah satu cara untuk menyisipkan sebuah informasi rahasia ke dalam file multimedia tersebut, sehingga hanya orang yang benar-benar berhak yang dapat membaca pesan tersebut. Orang yang tidak berkepentingan, tidak akan dapat membaca pesan tersebut, bahkan mungkin tidak akan menyadari bahwa di suatu media terdapat pesan penting yang disisipkan. Metode Steganografi yang digunakan adalah Least Significant Bit, yaitu mengganti bit-bit yang termasuk bit LSB pada setiap byte dengan bit-bit informasi yang ingin disembunyikan. Dengan memanfaatkan steganografi, diharapkan proses berkomunikasi dan berkirim pesan dapat dilakukan dengan lebih aman, di manapun dan kapanpun menggunakan perangkat mobile.
Aplikasi Interaktif Pengenalan Pahlawan Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia (Studi Kasus di MI AL-GINA) Agus Budiman; Triono Triono; Desy Ariani
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.46 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.49

Abstract

Aplikasi Interaktif Pengenalan Pahlawan Revolusi Berbasis Multimedia merupakan sebuah aplikasi pembelajaran untuk mengenal pahlawan revolusi Indonesia dengan cepat dan tepat. Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan perbedaan hasil belajar siswa, pemahaman siswa terhadap pelajaran, dan kreativitas siswa antara metode pembelajaran konvensional dengan metode interaktif multimedia pada mata pelajaran IPS khususnya pada pokok bahasan pengenalan pahlawan revolusi Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan tepatnya pada bulan April sampai Agustus 2014 dengan jumlah sampel 30 orang siswa kelas IV A. Dalam pembuatan aplikasi aplikasi ini penulis menggunakan software Adobe Flash CS3 (Action Script 2.0). Aplikasi ini terdapat teks, suara, audio, video dan tools yang memudahkan siswa mengenal tokoh-tokoh pahlawan, tempat mereka berasal dan perjuangannya. Untuk menarik minat siswa menggunakan aplikasi ini penulis membuat aplikasi interaktif yang dapat memberikan pengetahuan tentang pahlawan revolusi Indonesia. Instrumen penelitian untuk menguji metode pembelajaran baru dengan indikator kecepatan pemahaman siswa terhadap pelajaran, kreativitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata efektivitas metode mengajar sistem lama (Metode Konvensional) 36.0% dan metode mengajar baru (Interaktif Multimedia) 80.8%. Kecepatan pemahaman murid terhadap pelajaran dengan metode lama 37.5 % dan metode baru 92.5%. Kreativitas murid yang diajar dengan metode lama 45% metode baru 60%. Hasil belajar murid yang diajar dengan metode lama 27.5% menjadi 90%. Kesimpulan metode mengajar baru lebih efektif dari metode mengajar lama.

Page 1 of 2 | Total Record : 13