cover
Contact Name
Hera Pebrianti
Contact Email
herapebrianti@gmail.com
Phone
+6281243825356
Journal Mail Official
herapebrianti@gmail.com
Editorial Address
Kambu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93561
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27758761     DOI : 10.52423
Core Subject : Science, Social,
Journal of Library and Information Literacy Halu Oleo University is published four times a year in February, May, August, and November by the Department of Library and Information Science, Halu Oleo University, Kendari City, South East Sulawesi Province, Indonesia. The journal publishes original research articles in the field of library and information science for more details the author can check in the scope of publication provided. The numbers of processes must be followed in order to publish article in this journal, starting from article selection, article review, strict editing process by journal editors and reviewers. Hopefully this journal will give a big contribution to all scholars, professionals, practitioners, and LIS students throughout the world.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): Edisi Mei" : 5 Documents clear
Strategi Perpustakaan dan Arsip Daerah Konawe Dalam Meningkatkan Minat dan Budaya Baca pada Masyarakat Putri Sahara; La Ode Muh. Umran; Asrul Jaya
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 2, No 2 (2022): Edisi Mei
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v2i2.25216

Abstract

Perpustakaan Daerah termasuk kedalam perpustakaan umum, hal ini dikarenakan perpustakaan melayani seluruh lapisan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi perpustakaan dan arsip daerah kabupaten konawe dalam meningkatkan minat dan budaya baca pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan konsep Quinn(2000) dan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik penetuan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling,dengan jumlah informan sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.  Hasil penelitian ini   yang telah dilakukan terkait dengan strategi perpustakaan arsip dan dokumentasi Kabupaten Konawe dalam meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan perpustakaan dengan cara melakukan kegiatan sosialisasi perpustakaan, menyediakan perpustakaan keliling, melakukan kegiatan pameran buku, menyelenggarakan lomba perpustakaan antar sekolah, memberikan buku gratis.
Pemahaman Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Siti Salma Mardatillah; M Aswan Zanynu; Sutiyana Facruddin
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 2, No 2 (2022): Edisi Mei
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v2i2.25242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman literasi digital mahasiswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik penemuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dimana  populasi yang digunakan sebagai sampel sebanyak 74 orang dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dokumentasi serta literatur atau studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa memiliki tingkat pemahaman literasi yang baik jika diukur menggunakan konsep Bawden. . Dengan tingkat kemampuan dasar literasi digital yang baik, hampir seluruh responden mampu untuk terhubung pada media pembelajaran daring sesuai dengan waktu yang ditentukan  dan dapat terlibat aktif pada pembelajaran daring selama pembelajaran virtual dilaksanakan.  Kemudian pada aspek latar belakang informasi mahasiswa juga mampu untuk menentukan dan menyeleksi informasi yang banyak didapatkan dari pencarian di internet, selanjutnya, pada aspek keterampilan di bidang TIK mahasiswa dengan baik dapat menggunakan dan memanfaatkan komputer dan telepon genggam untuk keperluan pembelajaran daring secara maksimal. Dan terakhir sikap dan perspektif informasi mahasiswa tergolong baik dengan mampu  mencari jurnal dan artikel kemudian melakukan sitasi atau mengutip jurnal/artikel yang menjadi acuan informasi tersebut.
Literasi Komunikasi Masyarakat Dalam Kewaspadaan Bencana Banjir (Studi pada Kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari) Selvina Tiar Pratiwi; La Tarifu; Sitti Utami Rezkiawaty Kamil
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 2, No 2 (2022): Edisi Mei
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v2i2.25263

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kegiatan literasi komunikasi BPBD Kota Kendari  kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kewaspadaan bencana banjir di Kota Kendari. Metode penelitian yang di gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskrptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi komunikasi bencana merupakan pendukung kegiatan BPBD kota Kendari dalam upaya peningkatan kewaspadaan bencana banjir yang dilakukan dengan berbagai kegitan pengurangan resiko bencana sebagai gerakan dalam rangka membangun kesadaran masyarakat mengenal lingkungannya malalui sosialisasi, pembuatan pamflet dan pemberian infromasi melalui media sosial. Kegiatan pengurangan resiko bencana bertujuan untuk mengurangi resiko akibat bencana banjir yang sering terjadi. kegiatan literasi komunikasi bencana ini di lakukan pada paska prabencana (sebelum bencana) banjir sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan bencana masyarakat kota kendari dalam menghadapi jika bencana banjir terjadi atau sebagai bentuk peringatan dini.
Eksistensi Perpustakaan di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kendari Irnawati Irnawati; Marsia Sumule; Sitti Utami Rezkiawati Kamil
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 2, No 2 (2022): Edisi Mei
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v2i2.25214

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi perpustakaan diera teknologi, informasi dan komunikasi pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kendari.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah dengan cara(purposive sampling) secara di sengaja yaitu dengan cara memilih orang tertentu yang mewakili subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kendari selalu berupaya untuk melakukan terobosan dan revitalisasi tugas pokok dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang di rencakan diharapkan dapat member ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge (pusat Pengetahuan) yang dapat terealisasi secara optimal. Dimana perpustakaan difungsikan bukan hanya sekedar sebagai perpustakaan yang umum diketahui namun disini dibantu dengan bantuan perpustakaan online dengan menggunakan media komputerisasi dimana segala sumber pembelajaran dapat dilakukan oleh para pengunjung perpustakaan. Beberapa sumber bacaan dapat berupa soft file dalam bentuk pdf yang tersedia di dalam situs perpustakaan pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kendari..Eksistensi Perpustakaan pada era teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi minat baca dan kunjungan siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kendari cukup baik dengan kuantitas daftar kunjungan siswa yang mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir.
Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Pemustaka di Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Haerul Anwar; Masrul Masrul; Asrul Jaya
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 2, No 2 (2022): Edisi Mei
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v2i2.25143

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan provinsi Sulawesi Tenggara . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang pustakawan atau staff pelaksana promosi perpustakaan dan 2 orang pemustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu dengan membuat player poster lalu di posting keakun instagram disertai dengan caption sesuai maksud dan tujuan postingan, Promosi penjualan, dengan mempromosikan aplikasi tersebut diposting keakun instagram. Pemasaran Langsung, dengan cara menghubungi secara langsung pemustaka melalui DM instagram dan komentar pada postingan tersebut. Penjualan Pribadi, dengan cara berinteraksi secara langsung kepemustaka lewat DM dan komentar pada postingan tersebut terhadap informasi apa yang di butuhkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5