cover
Contact Name
Diah Eka Sari
Contact Email
diaheka@unimed.ac.id
Phone
+6285261529917
Journal Mail Official
ekasarium@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Kode : Jurnal Bahasa
ISSN : 23015411     EISSN : 25797957     DOI : https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19972
Core Subject : Education,
Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 417 Documents
TELAAH SOAL DAN ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP SWASTA MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Nurul Novianti; Tiur Asi Siburian
Kode : Jurnal Bahasa Vol 6, No 3 (2017): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.143 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v6i3.10830

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Mulia Medan pada tahunpembelajaran 2016/2017. Khusus kelas VII, sekolah ini sudahmenggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi sebagai acuan atau dasardalam menjalankan kegiatan pembelajaran Tujuan penelitian ini untukmendeskripsikan kesesuaian butir soal ujian semster ganjil kelas VII SMPdengan indikator, kesesuaian isi dan bahasa dengan kaidah penulisan soalesai dan mendeskripsikan tingkat kesukaran soal yang dibuat guru.Instrumen penelitian ini ialah tabel telaah soal dan kriteria tingkatkesukaran soal. Sumber data penelitian ini adalah soal ujian, lembarjawaban siswa dan kisi-kisi soal. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif dengan metode studi dokumentasi. Menghitung tingkatkesukaran soal menggunakan cara manual. Hasil dari pengolahan datadilihat dari aspek kesesuaian soal dengan indikator menunjukkan seluruhsoal sesuai dengan indikator, dari aspek isi materi, dan bahasa secarakeseluruhan sudah baik namun terdapat satu soal yang harus direvisi yaitusoal nomor 8, kata bahasa diubah menjadi kebahasaan. Kemudian hasilperhitungan data tingkat kesukaran soal menunjukkan soal dengankategori sukar berjumlah 2 soal atau 16,7% dari jumlah soal, kategorisedang berjumlah 3 soal atau 25% dan soal dengan kategori mudahberjumlah 7 soal atau 66,6%.Kata kunci: telaah soal, dan analisis tingkat kesukaran
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru Muhammad Sukri Ahmad; Muhammad Ilham
Kode : Jurnal Bahasa Vol 10, No 1 (2021): Kode: Edisi Maret 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.112 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v10i1.23928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment atau pre-eksperimen. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 56 siswa, kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes terhadap dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X SMA 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Hal ini dilihat pada uji statistik inferensial menggunakan uji Independent samples t test. Hasil uji Independent samples t test yang menunjukkan p-value < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05. Ini berarti secara signifikan H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun saran yang diajukan, yakni: (1) keterampilan berbicara dilaksanakan dengan berbagai variasi, satu di antaranya menggunakan model pembelajaran talking stick. Model pembelajaran talking stick dapat diterapkan dalam keterampilan berbicara, (2) siswa diharapkan lebih giat untuk berlatih dalam mengungkapkan ide dalam bentuk berbicara, sehingga kemampuan berbicara siswa semakin baik. Kata Kunci: pengaruh, talking stick, keterampilan berbicara.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSEP KALIMAT (CONCEPT SENTENCE)TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWAKELAS X SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Novita Sari
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Model Pembelajaran Konsep Kalimat (Concept Sentence) Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan yang berjumlah 151 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay menulis karangan narasi. Dari pengolaan data diperoleh kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran konsep kalimat (concept sentence) nilai rata-rata sebesar 77,5 dan tergolong dalam kategori baik. Kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori nilai rata-rata sebesar 68,5 dan tergolong dalam kategori cukup. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” diperoleh hasil yaitu thitung (4,22) > ttabel (2,01), maka hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa kemampuan menulis karangan narasi yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran konsep kalimat (concept sentence) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata kunci: Model pembelajaran, Konsep Kalimat (Concept Sentence), karangan narasi.
ANALISIS ASPEK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP Lenni Tungki Randa Situngkir; Trisnawaty Hutagalung
Kode : Jurnal Bahasa Vol 8, No 1 (2019): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.83 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v8i1.12978

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Ruang Baca Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED pada tahun pembelajaran 2018/2019.Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural direalisasikan dalam buku teks siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data atau dokumen berupa buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SMP kelas VII yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis konten sebagai analisis isi dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural yang termuat dalam isi dari buku teks siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP.Instrumen penelitian adalah kartu data yang dipergunakan untuk menganalisis semua komponen yang mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku teks.Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII SMP terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud terdapat 42 bagian buku teks yang memuat nilai-nilai inti pendidikan multikultural dengan nilai yang dominan adalah pengakuan terhadap adanya kenyataan pluralitas budaya dalam masyarakat dengan jumlah 24 bagian.Kata Kunci: Pendidikan, Multikultural, Buku Teks
Tajuk Rencana Mediaindonesia.com Sebagai Bahan Ajar Teks Editorial Berbasis Kecakapan Hidup di SMA Kelas XII Khaerudin Kurniawan; Devi Oktaviany
Kode : Jurnal Bahasa Vol 10, No 3 (2021): Kode: Edisi September 2021
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.026 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v10i3.28303

Abstract

Media massa saat ini menjadi sumber kebutuhan informasi yang cepat dan akurat. Apalagi dalam bentuk yang mudah didapatkan oleh masyarakat. Seperti yang terjadi saat ini, dunia Pendidikan telah beralih menjadi Belajar dari Rumah (BDR). Sehingga media massa daring menjadi solusi dalam menjawab dan memenuhi kebutuhan itu. Pengembangan bahan ajar berbasis kecakapan hidup (life skill) diperlukan karena berorientasi pada tujuannya yakni untuk melaksanakan Pendidikan dalam meningkatkan kecakapan/kompetensi psikososial seseorang dalam mengatasi berbagai tuntutan dan tantangan hidup sehari-hari. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana fungsi, struktur dan kebahasaan tajuk rencana pada media massa daring serta menghasilkan luaran rancangan bahan ajar modul berbasis kecakapan hidup (life skill). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah teori analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk dimensi teks. Penelitian ini menggunakan mediaindonesia.com sebagai objek penelitian dengan tema tajuk rencana yang memiliki nilai-nilai kecakapan hidup (life skill). Redaktur dalam menyampaikan elemen praanggapan, saran dan maksud cenderung terang-terangan sehingga dapat ditelaah nilai-nilai kecakapan hidupnya. Tajuk rencana yang telah ditelaah fungsi, struktur dan kebahasaannya ini, selanjutnya dijadikan sebagai bahan ajar dengan pengembangan berbasis kecakapan hidup (life skill) berbentuk modul fungsi, struktur dan kebahasaan teks editorial di SMA kelas XII.Kata kunci: analisis wacana kritis, kecakapan hidup, media massa daring, tajuk rencana
Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014 Pitra Sihite
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 3 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i3.1634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige tahun pembelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Two Group post-test only control design yang hanya dilaksanakan pada dua kelas (kelompok).Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige, yang berjumlah 256 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan terhadap kelas eksperimen yaitu Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) dan kelas kontrol Model Pembelajaran Ekspositori dengan post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis teks ekspsosisi. Hasil rata-rata diperoleh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) adalah 78,75. Sedangkan Model Pembelajaran Ekspositori adalah 74,375. Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa menulis teks eksposisi, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,023>2,00.Kata Kunci: Model Pembelajaran , Collaborative Learning, teks eksposisi
Teknik Penerjemahan Verba Transitif Pada Novel The Scorch Trials Dalam Bahasa Indonesia Lailan Wardani Lailan Wardani; Umar Mono; Nurlela Nurlela
Kode : Jurnal Bahasa Vol 9, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.798 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v9i1.16941

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan verba transitif yang terdapat pada  novel The Scorch Trials beserta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan teknik-teknik penerjemahan yang digunakan dalam penerjemahan novel The Scorch Trials dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat verba transitif yang terdapat dalam novel The Scorch Trials dan novel terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Verba transitif menarik untuk diteliti sebab mengalami distorsi makna atau pesan yang disampaikan tidak utuh serta ada makna yang bergeser sesuai dengan penggunaan teknik penerjemahan yang digunakan oleh si penerjemah. Teknik penerjemahan digunakan untuk membantu pembaca dalam memahami isi daripada novel tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca teks keseluruhan, mencatat kalimat verba transitif dan mengklarifikasi teknik penerjemahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diperoleh 114 data verba transitif; (2) ditemukan 7 teknik penerjemahan dalam menerjemahkan 114 data verba transitif, di mana penggunaan teknik harfiah mendominasi perolehan terbanyak yaitu (71,7%), dikuti oleh teknik peminjaman (2,6%), teknik modulasi (3,5%), teknik transposisi (2,6%), teknik kreasi diskursif  (6,1%), teknik amplifikasi (12,2%) dan teknik reduksi (1,8%). Persentase hasil penelitian tersebut dapat membantu kita untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan teknik penerjemahan dalam menerjemahkan suatu kalimat. Kata kunci: Terjemahan, teknik penerjemahan, verba transitif. 
Kalimat Retoris dalam Rubrik “Tajuk” Majalah Suara Muhammadiyah Wildan Ghufron; Sudaryanto Sudaryanto
Kode : Jurnal Bahasa Vol 11, No 1 (2022): Kode: Edisi Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.476 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v11i1.33497

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengkomunikasikan suatu gagasan dalam sebuah wacana, untuk menyampaikan opini dan berdampak pada orang banyak melalui pemakaian kalimat retoris. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kalimat retoris dan fungsi dari kalimat retoris, sehingga dapat diketahui hubungan dengan pemaknaan ide gagasan suatu tulisan. Data yang diambil berupa kalimat retoris dalam rubrik “Tajuk” majalah Suara Muhammadiyah periode 2021. Metode yang digunakan mengumpulkan data memakai metode simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan memakai metode agih teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutan teknik lesap, teknik balik, dan teknik perluas. Hasil penelitian diketahui kalimat retoris sejumlah 46 data. Terdapat lima jenis kalimat retoris, yaitu: (1) mendapatkan kesepakatan sebanyak 7 data; (2) lindung nilai sebanyak 17 data; (3) berbicara sendiri sebanyak 6 data; (4) beberapa pertanyaan sebanyak 8 data; dan (5) mengakhiri pernyataan sebanyak 8 data. Terdapat lima fungsi kalimat retoris, antara lain: (1) introspeksi diri sebanyak 30 data; (2) sindiran sebanyak 20 data; (3) memberi nasehat sebanyak 14 data; (4) pendukung sebanyak 12 data; dan (5) pesan orang lain secara halus sebanyak 10 data. Disimpulkan hasil deskripsi jenis dan fungsi kalimat retoris memiliki hubungan dengan gagasan/ide yang hendak ditampilkan penulis.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Nur Aisyah Harahap; Wisman Hadi
Kode : Jurnal Bahasa Vol 4, No 3 (2015): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v4i3.3823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa kelas eksperimen setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining diperoleh rata-rata nilai sebesar 86,13 dengan standar deviasi sebesar 9,11 dan hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,0734 < 0,1610 (normal). Sedangkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas kontrol setelah diajarkan menggunakan model demonstration diperoleh rata-rata nilai sebesar 79,33 dengan standar deviasi sebesar 9,18 dan hasil uji normalitas diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1050 < 0,1610 (normal). Hasil uji homogenitas data kedua kelas diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu 1,02 < 1,85 (homogen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,83 > 1,67 sehingga Ho ditolak atau terima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2014/2015.   Kata Kunci:  Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Menulis Teks Berita
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP PGRI 9 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 ARMAH ARMAH
Kode : Jurnal Bahasa Vol 1, No 2 (2012): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v1i2.956

Abstract

Armah, NIM 208311013, Pengaruh Media Audio Visual TerhadapKemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMPPGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2012/2013, JurusanBahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni,Universitas Negeri Medan.Penelitan ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan mediaaudio visual terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIISMP PGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut SeiTuan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 152 orang,sementara sampel penelitian yang diambil secara acak (randomsampling) adalah 80 orang, 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40orang lainnya untuk kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkandua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan pembelajaran menulisteks berita dengan menggunakan media audio visual atau kelaseksperimen (X) dan kelompok yang diberi pembelajaran menulis teksberita dengan menggunakan media gambar atau kelas kontrol (Y). Dariperhitungan analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata kelaseksperimen adalah 80,62, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,87.Dengan demikian, diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan menulisteks berita kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dariperhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 6,064, selanjutnyadiperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,81. Selanjutnya diperolehttabel pada taraf signifikan 1% = 3,48. Kriteria pengujian adalah jikaharga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung > ttabel makadapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengujian,terbukti bahwa thitung > ttabel (2,81 < 6,064 > 3,48). Ini berarti H0 ditolakdan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif),yakni “kemampuan menulis teks berita siswa yang diajar denganmenggunakan media audio visual lebih baik daripada kemampuanmenulis teks berita siswa yang diajar dengan menggunakan mediagambar” diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhpenggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teksberita siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan TahunPembelajaran 2012/2013.Kata Kunci : Media Audio Visual, Menulis Teks Berita

Page 1 of 42 | Total Record : 417