cover
Contact Name
Didi haryono
Contact Email
jmpkn.ibknitro@gmail.com
Phone
+628114115151
Journal Mail Official
jmpkn.ibknitro@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro (JMPKN) Jl. Prof. Abdurahaman Basalamah No.101 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro
Published by IBK Nitro
ISSN : 2620780X     EISSN : 26207524     DOI : -
Core Subject : Economy,
Fokus dan Scopus pada Jurnal ini yaitu: - Manajemen Perbankan - Manajemen Keuangan - Dan Bidang lainnya yang berhubungan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): Juli 2020" : 5 Documents clear
Analisis Motif Konsumen dalam Membeli Produk Virtual Pada Game Online di Kota Makassar Achmad Ridha; Rosnaini Daga
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 3 No. 2 (2020): Juli 2020
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1026.239 KB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Fakor apa saja yang mendorong konsumen untuk membeli produk virtual pada game online di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 180 orang responden dengan teknik accidental sampling. Variabel penelitian terdiri dari 18 variabel yang diuji dengan menggunakan metode analisis faktor. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 18 faktor, diperoleh 5 faktor inti yang terbentuk, yaitu ; (1) faktor ketertarikan personal, sebagai faktor pertama dengan pengaruh yang paling besar (2) faktor interaksi sosial, sebagai faktor kedua (3) faktor persepsi nilai produk, sebagai faktor ketiga (4) faktor pengalaman bermain, sebagai faktor keempat, dan (5) faktor dukungan terhadap vendor game sebagai faktor kelima.
Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Sebelum dan Sesudah Krisis Global Tahun 2008 Anugerah Lutfi
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 3 No. 2 (2020): Juli 2020
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (914.327 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank syariah berdasarkan aspek likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas  sebelum dan sesudah krisis global tahun 2008. Populasi penelitian ini yakni seluruh bank syariah di Indonesia. Adapun Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 3 bank umum syariah dan menggunakan data tahun 2005 hingga tahun 2012. Analisis data menggunakan teknik t-tes paired. Teknik analisis yang digunakan adalah Paired Sampel t Test. Uji hipotesis menggunakan statistik untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank umum syariah berdasarkan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio rentabilitas sebelum dan sesudah krisis global tahun 2008 dengan tingkat signifikasi sebesar 5%. Hasil penelitian uji t atau teknik t-tes paired menyimpulkan bahwa terdapat tida terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan bank umum syariah berdasarkan rasio likuiditas diwakili oleh rasio Financing to Deposit Ratio sebelum dan sesudah krisis global tahun 2008, sedangkan kinerja keuangan bank umum syariah berdasarkan rasio solvabilitas diwakili oleh rasio Capital Adequacy Ratio dan rasio rentabilitas diwakili oleh rasio Return on Equity sebelum dan sesudah krisis global tahun 2008 menunjukkan tidak terdapat perbedaan dan tidak signifikan kinerja keuangan bank umum syariah sebelum dan sesudah krisis global tahun 2008.
Pengaruh Growth Opportunity, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Janingrith Rambu Tasik
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 3 No. 2 (2020): Juli 2020
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.293 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh growth opportunity, struktur modal, ukuran perusahaan, profitabilitas dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2011 sampai 2015, sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 6 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) growth opportunity berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) struktur modal berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, 3) ukuran perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, 4) profitabilitas berpengaruh positif  signifikan terhadap nilai perusahaan, dan 5) kebijakan deviden berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.  
Impikasi Stimulant Insentif Pajak pada Pertumbuhan Investasi Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan Muh Rum
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 3 No. 2 (2020): Juli 2020
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1102.943 KB)

Abstract

Keringanan pajak terkait dengan investasi pada kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan sebaiknya dprediksi dan dipertahankan agar menghindari melemahnya kemampuan pemerintah untuk mempengaruhi perilaku investasi. Pemerintah daerah diharapkan mempertimbangkan untuk mengurangi kerumitan laporan biaya pajak. Penelitian ini tidak hanya memberikan informasi mengenai efektivitas dan biaya insentif pajak, tetapi juga membantu untuk memperkuat keuangan pemerintah daerah dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap transparansi fiskal dan peningkatan investasi daerah. Yang menjadi rumusan masalah ialah apakah tujuan insentif pajak memberikan dampak pada peningkatan investasi?. Penelitian ini mengambil sampel dan populasi pada keuangan daerah kabupaten dan kota se Sulawesi Selatan selama tahun 2016- 2018, adapun skala data yang digunakan adalah data ratio yang bersumber dari data statistik. Adapun teknis analisis penelitian ini ialah dilakukan secara deskrptif, crosstab, korelasi, dan prediksi model terhadap data insentif pajak dan pertumbuhan investasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh insentif pajak terhadap peningkatan investasi antara tahun 2016 sampai tahun 2018 tidak sama. Setiap tahun secara umum menunjukkan signifikansi yang cukup tinggi, walaupun tahun 2018 mengalami penurunan secara global. Pada tahun 2016 capaiannya sangat rendah bahkan tahun 2017 mengalami peningkatan, sampai pada tahun 2018 sedikit mengalami penurunan. Prediksi investasi tahun 2017 dapat menjadi model pada tahun 2020.
Penerapan Teori Model Penerimaan Teknologi dalam Perilaku Pengguna Teknologi Internet Jam'an
Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro Vol. 3 No. 2 (2020): Juli 2020
Publisher : LP2M IBK Nitro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (926.991 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran penerimaan teknologi internet dan melakukan pengujian model penerimaan teknologi internet dengan pendekatan Technologi Acceptance Model (TAM) dan meneliti hubungan antar variabel di dalamTAM untuk memprediksi penerimaan teknologi internet di lingkungan civitas akademika. Studi dilakukan pada konteks penggunaan internet oleh kalangan civitas akademika PNUP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif survey dan explanatory survey. Survey informasi dari sebagian populasi (sampel responden) dikumpulkan langsung dari tempat kejadian secara empirik, dengan tujuan untuk mengetahui pendapat sebagian populasi terhadap objek yang diteliti. Objek yang diteliti terdiri dari kemudahan penggunaan internet, manfaat penggunaan internet, kemampuan menggunakan internet, sebagai variabel bebas (independent) dan sikap penggunaan internet, minat berperilaku penggunaan internet serta penggunaan internet aktual sebagai variabel terikat (dependent). Adapun subjek penelitian ini adalah dosen, mahasiswa dan staff civitas akademika Jurusan Administrasi Biaga Politeknik Negeri Ujung Pandang, dengan jumlah sampel sebesar 128 orang yang diambil secara simple random sampling berukuran 128 orang. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif pada variabel yang bersifat kualitiatif dilakukan melalui analisis terhadap angket tertutup yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran kemudahan penggunaan internet (perceive ease of use), manfaat penggunaan internet(perceive usefulness), sikap terhadap penggunaan internet(attitude toward using), perilaku dalam penggunaan internet (behavior intention) dan penggunaan internet actual (actual using). Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik untuk menguji hipotesis yaitu Teknik Analisis Model Persamaan Struktural atau lazim dikenal dengan sebutan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukan : 1) Perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using internet banking. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin baik persepsi pengguna tentang manfaat (perceived usefulness) yang terbentuk maka semakin yakin pula sikap pengguna yang akan menggunakan internet (attitude toward using) di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. 2) Perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using internet. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin baik persepsi pengguna tentang kemudahan (perceived ease of use) yang terbentuk maka semakin yakin pula sikap pengguna yang akan menggunakan internet (attitude toward using) di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. 3) Attitude toward using berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavior intention. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin baik sikap dalam memutuskan untuk menggunakan internet (attitude toward using) maka semakin tinggi keinginan pengguna untuk terus menggunakan internet di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. 4) Behavior intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual using internet. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin tinggi minat menggunakan internet akan semakin tinggi pula penggunaannya.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5