cover
Contact Name
R.Gesah Mukti Prabowo
Contact Email
jamanta.unita@unita.ac.id
Phone
+628161358345
Journal Mail Official
jamanta.unita@unita.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Jln. Ki Mangun Sarkoro Beji- Tulungagung
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JAMANTA
ISSN : -     EISSN : 28277694     DOI : https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v1i1.417
Jurnal ini penyebarluasan hasil penelitian (diseminasi), Analisis putusan maupun kajian ilmiah dari mahasiswa bersama pembimbingnya (corresponding author) yang dikelola oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi program prodi Akuntansi, Universitas Tulungagung. JAMANTA diterbitkan 2 (dua) kali dalam setiap tahunnya pada bulan Juli dan Desember. Jurnal Mahasiswa Ekonomi Akuntansi diharapkan menjadi jurnal ilmiah dan berkaitan pada penelitian-penelitian Akuntansi oleh seluruh mahasiswa Akuntansi . Jurnal JAMANTA ini mempublikasikan artikel-artikel kontemporer mengenai akuntansi dari sebuah analisis kasus, jurnal ini diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dalam versi online.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021)" : 6 Documents clear
Analisis Kepatuhan Pembayaran PPh Pasal 25 Toko Kelontong Di Desa Pagersari Prayuga Kurniawan; Dhanang Tias Anggoro
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.205 KB) | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v1i1.417

Abstract

AbstractThis research was conducted with the aim of assessing the compliance of Pagersari village entrepreneur taxpayers with regard to Withholding Tax Art 25. Entrepreneurs must be monitored and prepared so that they are organized and disciplined in the administration of books in order to make financial reports in order to determine how much tax is owed using the more comprehensive Withholding Tax Art 25 scheme accurate. This research uses the Field Study Method by going directly to the scene. The data were obtained through secondary data from library searches through observation, documentation, and direct interviews with MSME entrepreneurs in the village. The type of this research is descriptive qualitative research. The results of the study illustrate that the application of Withholding Tax Art 25 compliance in the village is not optimal due to the lack of understanding of taxpayers regarding Withholding Tax Art 25 AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menilai kepatuhan wajib pajak pengusaha desa Pagersari terkait PPH Pasal 25 Wajib Pajak Pengusaha harus dipantau dan dipersiapkan supayateratur dan disiplin di dalam penyelenggaraan pembukuan guna membuat laporan keuangan supaya bisa menentukan berapa pajak yang terutang menggunakan skema PPh Pasal 25 yang lebih akurat. Penelitian ini menggunakan Metode Studi Lapangan dengan langsung ke tempat kejadian. Data data diperoleh melalui data sekunder dari penelusuran kepustakaan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung dengan Wajib Pajak pengusaha UMKM di desa. Jenis daripenelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menggambarkan adanya Penerapan kepatuhan PPh Pasal 25 di desa yang tidak maksimal karena kurangnya pemahaman wajib pajak terkait PPH Pasal 25
Penerapan PPh Pasal 23 Atas Jasa Boga Oleh Puskesmas Gondang Serta Prosedur Pemindahbukuan Pajak Karena Kesalahan Saat Penyetoran Elsa Alfa Maharani Yhola; Rifki Firdaus Sukma
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.765 KB) | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v1i1.418

Abstract

AbstractThe research was carried out to see the application of the calculation and payment of Article 23 Income Tax for Catering Services implemented by the Gondang Health Center, also aimed at knowing the tax book-entry procedure due to an error when depositing or paying taxes. This research uses an internal secondary data analysis method, because the main focus comes from real data on tax payments by the Gondang Health Center. In addition, the researchers also applied short interviews and observations, both participant and non-participant observations were used because they were considered to produce more accurate, complete and timely data. Based on research, Gondang Health Center has calculated and paid Article 23 Income Tax properly and in an orderly manner, but has never inputted withholding evidence in the e-Bupot PPh 23 application on the website of the Directorate General of Taxes. This means that the Treasurer of the Gondang Health Center still has the task of learning how to input cut evidence in e-Bupot in order to prove accountability for the orderly implementation of tax obligations on the collection of the catering service tax that is subject to Article 23 Income Tax. Abstrak Penelitian dilaksanakan untuk melihat penerapan dalam penghitungan dan pembayaran PPh Pasal 23 atas Jasa Boga yang diterapkan oleh Puskesmas Gondang, juga bertujuan untuk mengetahui prosedur pemindahbukuan pajak karena kesalahan saat penyetoran atau pembayaran pajak. Penelitian ini menggunakan metode analisis data sekunder internal, karena fokus utamanya bersumber dari data riil penyetoran pajak oleh Puskesmas Gondang. Di samping itu, peneliti juga menerapkan wawanacara singkat dan observasi, baik observasi partisipan maupun observasi non-partisipan digunakan karena dianggap akan menghasilkan data yang lebih akurat, lengkap dan tepat waktu. Berdasarkan penelitian, Puskesmas Gondang telah melakukan penghitungandan pembayaran Pajak Penghasilan Pasal 23 dengan baik dan tertib, namun belum pernah melakukan input bukti potong dalam aplikasi e-Bupot PPh 23 di laman milik Direktorat Jendral Pajak. Hal ini berarti Bendahara Puskesmas Gondang masih memiliki tugas untuk belajar cara input bukti potong dalam e-Bupot demi membuktikan akuntabilitas atas tertibnya pelaksanaan kewajiban perpajakan atas pemungutan pajak jasa boga yang dikenakan PPh Pasal 23.
Analisis Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Kedai Kopi Ledokan Di Binangun Blitar Novita Anjarsari; Risky Nurfadila; Iswatul Saldina
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.389 KB) | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v1i1.419

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine how and how influential the use of management control systems (SPM) and marketing strategies applied to the Ledokan Binangun Blitar Coffee Shop to improve quality in order to survive in similar coffee shop business competition. Management control systems provide a way to control company performance. The basis for creating balance and conformity to achieve effectiveness and efficiency in order to achieve maximum corporate profits. In business management, we address not only internal issues but also external issues such as the surrounding competitive power. High competitiveness allows companies to maintain business continuity. By using and using qualitative data in the form of some basic analysis from field interviews. As a result, it was found that the Redocan Coffee Shop business management system had a positive effect on competitiveness. Because the business management process is related to management activities to form a good coffee shop, marketing management can do the work and develop strategies to improve competitiveness effectively and efficiently, you can also thrive. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan seberapa pengaruh dari penggunaan sistem pengendalian manajemen (SPM) dan strategi pemasaran yang diterapkan pada Kedai Kopi Ledokan Binangun Blitar untuk meningkatkan kualitas agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis kedai kopi yang serupa. Sistem pengendalian manajemen menyediakan cara untuk mengendalikan kinerja perusahaan. Landasan untuk menciptakan keseimbangan dan kesesuaian untuk mencapai efektivitas dan efisiensi guna mencapai keuntungan perusahaan yang sebesar-besarnya. Dalam manajemen bisnis, kami tidak hanya mengatasi masalah internal tetapi juga masalah eksternal seperti daya persaingan di sekitar. Daya saing yang tinggi memungkinkan perusahaan untuk menjaga kelangsungan usaha. Dengan memakai dan menggunakan data kualitatif berupa beberapa analisis dasar dari wawancara lapangan. Hasilnya, ditemukan bahwa sistem manajemen bisnis Redocan Coffee Shop berpengaruh positif terhadap daya saing. Karena proses manajemen bisnis terkait dengan kegiatan manajemen untuk membentuk kedai kopi yang baik, manajemen pemasaran dapat melakukan pekerjaan dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan daya saing secara efektif dan efisien, Anda juga dapat berkembang.
Analisis Sistem Informasi Manajemen Pada E-Commerce Shopee Nadillah Tiara Waty S.; Thalita Elsa Pramudita; Indah Novita Sari
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.121 KB) | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v1i1.420

Abstract

Abstract The research aims to determine the definition of e-commerce, the development of e-commerce in the Shopee application, to know the implementation of the Management Information System used in the implementation of buying and selling activities at Shopee E-Commerce by collecting and managing all data from the various features provided, summarizing and then facilitating and improve the quality of decision making to increase the productivity and profitability of E-Commerce Shopee, so that it can be implemented in a more systematic and structured manner. E-commerce is an act of buying and selling electronically using the internet as a medium, and Shopee is one of them. There are at least 4 Management Information Systems on Shopee. The Strengths and Weaknesses and Challenges faced by Shopee will be discussed further. The research method used is a qualitative method with a literature study. The data collection technique used is literature study. The data source used is secondary data in the form of an overview of various references about E-Commerce Shopee, the features provided and the type of Management Information System at Shopee. The results of the study indicate that there are several problems that must be faced so that improvements are needed, especially in the management information system that is being implemented. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengertian e-commerce, perkembangan e-commerce pada aplikasi shopee, mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen yang digunakan dalam penyelenggaraan aktivitas jual beli pada E-Commerce Shopee dengan mengumpulkan dan mengatur semua data dari berbagai fitur yang disediakan, meringkas kemudian memfasilitasi dan meningkatkan kualitas dari pengambilan keputusan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas E-Commerce Shopee, sehingga bisa diimplementasikan secara lebih tersistem dan terstruktur. E-commerce merupakan suatu tindakan proses jual dan beli secara elektronik menggunakan internet sebagai medianya, dan Shopee adalah salah satunya. Sedikitnya ada 4 Sistem Informasi Manajemen pada Shopee. Kelebihan dan Kelemahan serta Tantangan yang dihadapi Shopee akan dibahas lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi pustaka. Sumber data yang dipakai adalah data sekunder berupa gambaran umum dari berbagai referensi tentang E-Commerce Shopee, fitur yang disediakan dan jenis Sistem Informasi Manajemen di Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi sehingga perlu adanya perbaikan khususnya pada sistem informasi manajemen yang dijalankan.
Pentingnya Implementasi Akuntansi Sektor Publik Dalam Suatu Instansi Pemerintahan Nevi Costari; Putri Ariella Belinda
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.903 KB) | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v1i1.421

Abstract

Abstract Government agencies are all government institutions with the function to carry out the duties or functions of government administration in the operating environment ranging from those at the center to those in the regions, including commissions, agencies, and councils that receive funds from the APBN or APBD. Demands for public transparency, which requires a system in order to create maximum performance, both good and also accountability so as to be able to realize a government that is free from fraud that is detrimental to the state. Public sector accounting is an accounting system used by government agencies or public service institutions as a way or tool for accountability to the general public. The purpose of this study is to find and determine the importance of implementing Public Sector Accounting in a government agency. This study used descriptive qualitative method. The results of this study indicate that every government agency must implement public sector accounting because it can simplify and improve the quality of financial reporting. Abstrak Instansi Pemerintah merupakan semua lembaga pemerintah dengan memiliki fungsi untuk menjalankand tugas atau fungsi dari administrasi pemerintahan yang ada di lingkungan operasi mulai dari yang berada di pusat sampai maupun yang berada di daerah, dengan termasuk meliputi komisi, badan, dan dewan yang memperoleh dana dari APBN atau APBD. Tuntutan transparansi publik, yang membutuhkan suatu sistem agar dapat menciptakan kinerja yang maksimal, baik dan juga akuntabilitas sampai mampu untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dari tindak kecurangan yang merugikan negara. Akuntansi sektor publik merupakan sebuah sistem akuntansi yang digunakan oleh organisasi Lembaga-lembaga pemerintah atau lembaga layanan publik untuk sebagai sebuah cara atau alat untuk suatu pertanggungjawaban kepada masyarakat umum. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan dan mengetahui pentingnya implementasi Akuntansi Sektor Publik di dalam suatu instansi pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap instansi pemerintah harus menerapkan akuntansi sektor publik karena dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas pelaporan keuangan.
Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Bumdesa Lestari Jaya Putri Ariella Belinda; Prayuga Kurniawan
JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.746 KB) | DOI: 10.36563/jamanta_unita.v1i1.422

Abstract

Abstract Along with the development of an era, BUMDes is expected to improve welfare in the village by creating conducive conditions for employees to carry out accounting information system management work. With the application of the BUMDes Accounting Information System, it really helps the computerized financial administration process. This study aims to deepen understanding of the implementation of accounting information system applications at BUMDesa LESTARI JAYA, Bendo Village, Gondang District, Tulungagung Regency. This study uses a qualitative descriptive method with data collection procedures using observation, interviews and literature study. The results show that this BUMDes was established as a way to help the community meet their needs, and the simple and easy operation of the BUMDes SIA application can improve the quality of BUMDes financial governance. Abstrak Seiring berkembangnya suatu jaman, BUMDes diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan di desa dengan menciptakan kondisi yang kondusif bagi pegawai untuk melakukan pekerjaan pengelolaan sistem informasi akuntansi. Dengan penerapan aplikasi sistem informasi akuntansi BUMDes sangatlah membantu proses administrasi keuangan terkomputerisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang implementasi aplikasi sistem informasi akuntansi pada BUMDesa Lestari Jaya, Desa Bendo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan prosedur penghimpunan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes ini didirikan sebagai salah satu cara untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka, dan pengoperasian aplikasi SIA BUMDes yang sederhana dan mudah dapat meningkatkan kualitas tata kelola keuangan BUMDes.

Page 1 of 1 | Total Record : 6