cover
Contact Name
Ridho Alfarisi
Contact Email
alfarisi.fkip@unej.ac.id
Phone
+6282139291360
Journal Mail Official
alfarisi.fkip@unej.ac.is
Editorial Address
Jl. Kalimantan No 37 Kampus Tegalboto Sumbersari 68121 Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Published by Universitas Jember
ISSN : 20857519     EISSN : 2798382X     DOI : -
Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan, etnomatematika, STEM Education dan penelitian-penelitian lainnya di bidang pendidikan.
Articles 24 Documents
Penerapan Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Rafiantika Megahnia Prihandini; Robiatul Adawiyah
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Department of Education Faculty of Teacher and Training Education University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah matematika diskrit melalui model project based learning. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Jember. Metode penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sedangkan tes dipilih sebagai teknik penelitian yang kemudian dianalisis dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan terdapat 9 orang mahasiswa dengan persentase 28% yang memenuhi standar minimal kelulusan. Setelah dilakukan tindakan, terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa yaitu dari 22 orang dengan persentase 69% menjadi 30 orang dengan persentase 94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat membantu dalam proses peningkatan hasil belajar mahasiswa.
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik (MASIK) Berbasis Augmented Reality pada Materi Volume Bangun Ruang Fatima tuzzahro; M Sulthon Masyhud; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1421.974 KB)

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan kegiatan belajar dan mengajar yang memecahakan masalah persoalan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika pada anak SD membutuhkan media untuk menyampaikan informasi dengan mudah, menyenangkan, dan inovatif salah satunya yaitu media komik. Media Komik diharapkan dapat meningkatkan belajar, keaktifan, motivasi belajar, dan keefektifan belajar adalah komik. Karena komik MASIK memadukan antara konsep bermain serta belajar volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui keefektifan relatif media komik MASIK berbasis Augmented Reality. Desain penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall terdiri dari 10 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji lapangan produk utama, revisi produk, uji lapangan skala luas, revisi produk final, dan Deseminasi. Penelitian pengembangan komik MASIK hanya menggunakan 9 tahap dari 10 tahap dikarenakan yang berhak menyebarkan media adalah dinas bersangkutan. Penelitian ini bertempat di MI Unggulan Nuris pada kelas 5, dengan menggunakan 2 kelas yaitu 5A dan 5B. Hasil 2 validator memiliki rerata validitas produk sebesar 92,405 dengan kategori sangat layak dan valid digunkan media tersebut. Hasil dari uji Independent Sample T-test nya menunjukan sig.2 Tailed< 0,05 yaitu ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil angket keterbacaan media, kepraktisan media, dan respon siswa secara berurutan adalah 98,833%, 96,288%, dan 92,963% berkategori sangat layak. Hasil dari keefektifan relatif sebesar 18,522% berkategori sangat rendah,sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan keefektifan dari kelompok eksperimen dan kontrol. Kesimpulannya keefektifan relatif berkategori sangat rendah dalam hal ini media bukan satu-satunya faktor dari hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi banyak faktor antara lain kecerdasan IQ siswa, minat siswa, lingkungan sekolah, perekonomian keluarga,dan faktor lainnya.
Analisis Literasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VI SDN 2 Kedunggebang Banyuwangi Ganistya Mareta Putti; Titik Sugiarti; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17958.832 KB)

Abstract

Literasi matematis adalah kapasistas atau potensi siswa secara individual untuk dapat merumuskan, menerapkan konsep serta menginterpretasikan ilmu matematika dalam konteks tertentu. Penelitian ini mengambil jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dilakukan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa kelas VI SDN 2 Kedunggebang dengan dasar kemampuan matematika yang diklasifikasikan menjadi tiga level yakni level rendah, level sedang, level tinggi. Didapatkan 7 siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah, 16 siswa yang memiliki kemampuan sedang dan 5 siswa yang memiliki kemampuan tinggi Didapatkan hasil yakni literasi matematis siswa merupakan representasi dari kemampuan matematika siswa, ditunjukkan oleh kemampuan menyelesaikan literasinya dari soal literasi yang diberikan. Pada kemampuan rendah siswa mampu menyelesaikan dengan runtut dan tepat literasi matematika hanya 1 soal dari 4 soal yang diberikan, sedangkan kemampuan matematika sedang mampu menyelesaikan dengan runtut dan tepat literasi matematika pada 2 soal dari 4 soal yang diberikan, dan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan literasi matematika dengan runtut dan tepat pada 3 soal dari 4 soal yang diberikan.
Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring Rizka Damaiyanti; Hari Satrijono; Fajar Surya Hutama; Yuni Fitriyah Ningsih; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.508 KB)

Abstract

Membaca permulaan merupakan aspek penting yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan membaca yang baik, maka mempermudah siswa dalam memperoleh informasi yang tertuang dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca permulaan siswa dan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pada masa pembelajaran daring. Melalui penelitian, diketahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Patrang 01 pada masa pembelajaran daring termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan membaca permulaan dari 28 siswa hanya 2 yang termasuk dalam kategori sangat baik, 5 siswa dengan masuk pada kategori baik, 13 siswa masuk pada kategori cukup, dan 8 siswa masuk pada kategori kurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa adalah faktor lingkungan, faktor psikologis, dan faktor intelektual.
Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Karakter Tema Panas dan Perpindahanya untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Maslihak Maslihak; Nuriman Nuriman; Titik Sugiarti
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.137 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku petunjuk praktikum yang valid dalam meningkatkan karakter siswa. Indikator karakter siswa diataranya karakter saling menghargai, karakter santun dan karakter bertangung jawab. Penelitian ini menerapkan penelitian model 4D (definisi, desaign, develope, dan dissaminate). Validasi dilakukan terkait isi atau materi, desain produk serta tata bahasa produk. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas V SDN 02 Balak Banyuwangi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan lembar observasi karakter siswa . Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan sikap siswa yang berdasarkan pada indikator sikap dengan nilai rata-rata dengan interprestasi cukup tinggi. Produk yang dikembangkan cukup layak sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menulis Permulaan Berdasarkan Kurikulum 2013 Tema 5 Subtema 1 Kelas II SDN Slawu II Jember alifin nurriyah; Suhartiningsih Suhartiningsih; Fitria Kurniasih
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.689 KB)

Abstract

Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) menulis permulaan bertujuan sebagai sarana menguasai kecakapan menulis bagi siswa kelas rendah yang dimaksudkan menjadi bekal siswa dalam menyalin, mencatat, dan menyelesaikan tugas sekolah. Pengembangan LKPD difokuskan pada latihan menulis permulaan berupa menyusun huruf menjadi sebuah kata, mengidentifikasi suku kata, melengkapi kalimat rumpang, menulis kalimat menggunakan bahasa sendiri serta menuliskan pengalaman dengan kalimat sendiri yang diintegrasikan dalam pembelajaran tema 5 subtema 1 kelas 2 SD. Penelitian ini mengacu pada metode pengembangan Research and Development (R&D) menurut Sugiyono (2018:409) yaitu: (1) potensi masalah (2) pengumpulan data, (3) desain produk (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk akhir, dan (10) implementasi dan diseminasi. Data penelitian diambil melalui wawancara guru kelas SDN Slawu 02 dan SDN Jumerto 1 Jember, angket respon siswa dan post-test hasil belajar. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil positif dari respon siswa pada tahap ujicoba produk sebesar 92.59 % dan pada tahap ujicoba pemakaian mendapatkan skor 95.75% serta hasil post-test mendapatkan skor 85.83. Berdasarkan pemaparan tersebut, LKPD Menulis Permulaan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran serta memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.
Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas II Sekolah Dasar Tema 3 Tugasku Sehari-Hari Sri Indah Agustin; Yayuk Mardiati; Yuni Fitriyah Ningsih; Mutrofin Mutrofin
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.414 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perilaku siswa yang mulai mengikuti era perkembangan zaman, sehingga dikhawatirkan nilai karakter pada diri siswa mulai luntur. Penanaman nilai karakter dapat dikembangkan melalui buku tematik siswa yang diintergrasi beberapa mata pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter pada buku siswa kelas sekolah dasar tema 3 tugasku sehari-hari. Jenis penelitian ini bersifat deksriptif dengan desain kualititatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dengan objek penelitian muatan nilai karakter. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, jumlah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 95 kalimat nilai karakter. Adapun rincinan jumlah nilai karakter yaitu: 20 nilai tanggung jawab, 20 nilai peduli, 10 nilai santun, 10 nilai cinta tanah air, 8 nilai disiplin, 8 nilai percaya diri, 7 nilai religius, 6 nilai mandiri, 4 nilai kreatif, dan 2 nilai jujur. Nilai karakter yang ditemukan tidak merata, nilai yang paling banyak ditemukan nilai tanggung jawab dan peduli. Pendidikan karakter pada diri siswa sejak dini sangat penting untuk menciptakan generasi bangsa yang berkarakter
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03 M Firjoun Asiasi; M Sulthon Masyhud; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.963 KB)

Abstract

Soal cerita memiliki karakteristik tidak hanya level 1 taksonomi bloom kognitif (C1) tetapi biasanya minimal terdapat lebih dari level C1, Sehingga soal cerita harus dikembangkan dan dibiasakan untuk diberikan kepada siswa, tetapi muncul suatu permasalahan dimana guru kebingungan dalam menentukan soal cerita yang cocok digunakan untuk siswa. Sehingga untuk inovasi tersebut, salah satu dengan mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Teori newman menjadi alat untuk mengetahui tahapan kesalahan yang dialami siswa, yaitu meliputi reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, dan enconding error. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang muncul dan tingkat persentase dalam menyelesaikan soal cerita. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskirptif. Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa kelas V SDN Jember Lor 03. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis kesalahan terbagi akan 2 jenis yaitu analisis kesalahan rill dan analisis kesalahan relatif dimana keduanya sama-sama memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya diperkuat dengan data hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah adalah reading error sebanyak 0%, comprehension error sebanyak 7%, transfromasion error sebanyak 24%, process skillsebanyak 33%, encoding error sebanyak 35%.
Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa Annisa Fasya Purwanti; Mutrofin Mutrofin; Ridho Alfarisi
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.234 KB)

Abstract

Literasi matematika penting dan dibutuhkan dalam kehidupan siswa, akan tetapi hal tersebut belum sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh PISA untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan literasi matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis siswa tingkat tinggi dan rendah. Selanjutnya, untuk mengetahui literasi matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis pada tingkat tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualititatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar dengan subjek sebanyak 26 siswa pada kelas V. Empat siswa diantaranya dipilih secara acak untuk mewakili siswa dengan kecerdasan matematis-logis tinggi dan rendah untuk diwawancarai. Data yang didapat, yaitu melalui angket, tes dan wawancara. Analisis hasil data yang didapat menggunakan uji t-test dan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Analisis data dengan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Reduksi data akan dianalisis menggunakan indikator literasi matematika yang diadopsi dari PISA 2012, yaitu merumuskan masalah, menerapkan konsep dan menafsirkan hasil penyelesaian. Hasil penelitian melalui uji t-test dibuktikan terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05. Analisis melalui indikator literasi matematika siswa dengan kecerdasan matematis-logis tinggi dapat memenuhi 2 indikator literasi matematika. Siswa dengan kecerdasan matematis-logis rendah belum dapat memenuhi indikator literasi matematika. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan secara yang signifikan dan kemampuan literasi matematika yang dimiliki oleh siswa dengan kecerdasan matematis-logis tinggi dapat memenuhi 2 indikator literasi matematika, sedangkan siswa dengan kecerdasan matematis-logis rendah belum mampu untuk memenuhi indikator literasi matematika.
Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Daring Siswa Kelas IVB Tema 7 di SDN Jember Kidul 04 Sefyn Dwi Candra Nurwahyu; Suhartiningsih Suhartiningsih; Zetti Finali
Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.536 KB)

Abstract

Fenomena COVID-19 yang muncul di Indonesia mengharuskan belajar di rumah melalui metode pembelajaran dalam jaringan (daring). Aplikasi yang dipakai sebagai sarana diskusi pembelajaran daring di SDN Jember Kidul 04 adalah whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB di SDN Jember Kidul 04. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena untuk mengetahui nilai pada variabel mandiri yaitu efektivitas penggunaan whatsapp tanpa membandingkan atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas IVB SDN Jember Kidul 04 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB tema 7 di SDN Jember Kidul 04 dapat dikatakan efektif diukur menggunakan 3 indikator yaitu intensitas, komunikasi dan kepuasan.

Page 1 of 3 | Total Record : 24