cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
abduljalil@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
info@idpublishing.org
Editorial Address
Gg. Broto Manunggal V, Brajan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta
ISSN : -     EISSN : 28082281     DOI : 10.47134/trilogi
Core Subject : Social,
Jurnal ini Merupakan jurnal Ilmiah yang di kelola oleh Forum Komunikasi Alumni (FOKAL) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jember (Merah Maroon Isntitute) dan di terbitkan oleh Penerbit Jurnal Indonesia. Jurnal Ini pertama kali di terbitkan pada bulan September 2021. Harap baca pedoman ini dengan cermat. Penulis yang ingin mengirimkan naskahnya ke redaksi Jurnal Trilogi harus menjadi pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, maka akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan.
Articles 33 Documents
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di SMP Negeri 1 Pakem Bondowoso Nanik Susilawati; Akhmadi Akhmadi; Dhian Wahana Putra
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 1 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i1.2

Abstract

Pendidikan merupakan amanat yang harus dikenalkan dari generasi ke generasi berikutnya. Oleh karena itu untuk tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran, peran guru sangat menentukan sehingga guru menjadi salah satu faktor yang paling menentukan berhasilnya proses pembelajaran. Guru juga mempunyai peran yang sangat urgen yaitu untuk mengarahkan dan membentuk perilaku atau kepribadian anak didiknya, baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing, motifator dan faktor pendukung serta penghambat dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 1 pakem Bondowoso. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif dan reflektif thinking. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, membuat kesimpulan (verifikasi). Dan uji keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI sebagai pembimbing dan motivator dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 1 Pakem sudah memberikan pencegahan dengan cara mengoptimalkan kegiatan agama untuk memberikan kegiatan positif diharapkan dengan pengetahuan tentang keilmuan PAI serta intensitas beribadah dapat tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk mengatasi siswa yang terlanjur bermasalah, dengan di bantu guru BK dilakukan pendekatan khusus untuk diberikan binaan rohani dan bimbingan konseling
Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Snack Pada UD Vira Jember Fitra Fidianti Ningsih; Akhmad Suharto; Yohanes Gunawan Wibowo
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 1 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i1.3

Abstract

Bauran pemasaran atau lebih dikenal dengan marketing mix merupakan strategi yang memiliki dampak pada keputusan pembilan suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menguji pengaruh dari marketing mix yaitu produk,harga,promosi dan lokasi/saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pada UD Vira Jember. Penelitian semacam ini menyelidiki hubungan antara sebab dan akibat. Konsumen atau pembeli barang-barang UD Vira Jember membentuk populasi studi, sebanyak 80 orang dimasukkan dalam sampel. Beberapa regresi linear digunakan dalam perangkat lunak analisis. Hasil penelitian membuktikan bahwa marketing mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa jika produk, harga, promosi, dan lokasi/saluran distribusi dikembangkan lebih baik lagi maka akan meningkatkan keputusan pembelian pada UD Vira Jember.
Dampak Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan : (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara X Ajung di Jl. MH. Thamrin Ajung) bachtiar apriyanto; Feti Fatimah; Nursaidah Nursaidah
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 1 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i1.4

Abstract

Setiap perusahaan memiliki keinginan untuk melakukan kemajuan dalam menjalankan usahanya. Salah satu sumber keberhasilan suatu perusahaan adalah tenaga kerja yang berkualitas dan mempunyai efektivitas kerja yang memadai. Cara terbaik untuk menciptakan tenaga kerja yang berkualitas adalah dengan pelatihan kerja. Dari alasan tersebut maka peneliti mengangkat variabel yang terdiri dari pelatihan kerja, lingkungan kerja, kompensasi yang dapat menciptakan kinerja karyawan yang lebih baik. Variabel pelatihan kerja sebagai salah satu pendorongnya agar kinerja karyawan lebih baik kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak pelatihan kerja, lingkungan kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pelatihan kerja X1, lingkungan kerja X2, kompensasi X3 variabel terikat adalah kinerja karyawan Y. Hasil analisis menggunakan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 3,636 + 0,662 X1+ 0,304 X2 + 0,481 X3. Hasil uji t didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) menunjukkan pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel lingkungan kerja menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), dapat disimpulkan variabel lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel kompensasi menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), dapat disimpulkan variabel kompensasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PTPN X Kebun Ajung Gayasan Jember. Selain itu nilai R square yang sebesar 0,719 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 71,9% dan sisanya 28,1%. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 76 responden. Alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan perangkat lunak SPSS versi 22.00
Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan Covid 19 Sri Wahyuni Ardiani; Dwi Indriani Damayanti; Febita Bella Pratidila; Hendra Puji Purwantoro; Dani Masita Sari Fawaid
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 1 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i1.8

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 Upaya pencegahan penyebaran virus dan menanggulangi dampak pandemic sangat penting diterapkan pada masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. sebagian besar masyarakat masih jarang mencuci tangan menggunakan sabun dan tidak memakai masker ketika beraktivitas diluar rumah, selain itu masih banyak warga yang berkumpul tanpa menerapkan social distancing, dan banyak fasilitas umum yang tidak menyediakan tempat cuci tangan, sehingga angka kejadian Covid-19 meningkat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan agar memiliki pengetahuan, dan kepedulian mengenai pencegahan penyebaran COVID-19 melalui penerapan protokol kesehatan dengan cuci tangan, memakai masker dan juga melakukan social distancing. Tujuan:  Mengidentifikasi efektifitas pendidikan kesehatan terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Metode: Desain penelitian ini yaitu Pra Eksperimen dengan one grup pre test post test design. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan sampel berjumlah 30 responden. Hasil Penelitian: Sebagian besar masyarakat memiliki pengetahuan kurang sebanyak 20 responden (66,7%) sebelum diberikan pendidikan Kesehatan efektifitas pendidikan kesehatan terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dan setelah dilakukan pendidikan Kesehatan mengalami peningkatan pengetahuan sebanyak 20 responden (66,7%) berpengetahuan baik dan 10 responden (33,3%) berpengetahuan kurang. Kesimpulan: setelah dilakukan Uji Wilcoxon didapatkan hasil pendidikan kesehatan tentang efektifitas pendidikan kesehatan terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 (p-value=0,008). Saran: Dengan pendidikan kesehatan yang lebih sering lagi akan meningkatkan pengetahuan, perilaku dan sikap masyarakat sehingga diharapkan dapat melakukan pencegahan terhadap adanya Covid 19
Melalaikan Tanggung Jawab Sebagai Bentuk Ingkarnya Laki-Laki Merawat Komitmen Perkawinan Ashabul Fadhli
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 1 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan ingkarnya laki-laki dalam merawat komitmen perkawinan. Melalaikan tanggung jawab dalam bentuk penelantaran seperti tidak memberikan nafkah kepada istri dan anak, meninggalkan rumah dalam waktu yang lama serta malas bekerja menjadi pemicu ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Pada penelitian terdahulu, didapati bahwa laki-laki membutuhkan penyesuaian dalam perkawinan agar dapat melanggengkan komitmen. Penyesuaian dipandang sebagai salah satu cara untuk merealisasikan komitmen. Penelitian ini menjadikan putusan hukum Pengadilan Agama Bukittinggi sebagai data skunder dalam pengumpulan data. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data diperoleh melalui salinan perkara di putusan3 Mahkamah Agung tentang putusan perceraian dengan melibatkan 3 pasangan suami istri yang memiliki usia perkawinan rentang 5-18 tahun. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penyesuaian yang lama dalam menjalani perkawinan tidak dapat dijadikan indikator berhasilnya pasangan suami istri merawat komitmen. Tidak adanya rasa tanggung jawab pada masa perkawinan yang baru atau lama sekalipun dapat berpotensi pada pilihan mengakhiri perkawinan. Konsep diri positif merupakan faktor internal yang menentukan intensitas komitmen terhadap perkawinan. Konsep diri ini dapat tergambar pada peran dan komitmen laki-laki yang dijalaninya sebagai individu yang otonom bagi dirinya sendiri, suami dari seorang istri dan ayah bagi anak
Faktor-faktor yang Memengaruhi Niat Pembelian Produk Pangan Organik : Sebuah Studi Literatur Risa Martha Muliasari; Anisa Nurina Aulia; Andika Putra Setiawan; Indah Ibanah
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 1 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i1.11

Abstract

Pasar produk pangan organik mulai tumbuh selama pandemi covid-19. Jumlah produsen juga ikut tumbuh karena dianggap menguntungkan dan menjadi peluang bagi produsen baru untuk ikut mencoba menyediakan produk pangan organik. Tujuan penelitian ini adalah menyintesis temuan-temuan tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat pembelian produk pangan organik. Data diperoleh dari studi literatur jurnal nasional dan internasional sejumlah dua puluh delapan jurnal yang relevan dengan judul. Faktor-faktor yang umumnya memengaruhi niat pembelian produk pangan organik terdiri atas harga, motivasi sehat, karakteristik produk, sikap, distribusi, kepedulian pada lingkungan dan norma subjektif.
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Physical Evidence Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Sheama Glenmore Kabupaten Banyuwangi Mohammad Ubait Hisni; Feti Fatimah; Yohanes Gunawan
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i2.13

Abstract

Kepuasan konsumen adalah tujuan primer setiap usaha pada bidang jasa. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, physical evidence, serta kepercayaan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen Salon Sheama. Jenis penelitian ini memakai kuantitatif deskriptif. Metode analisis pada penelitian ini merupakan analisis regresi berganda, Populasi pada penelitian ini yaitu pelanggan Salon Sheama. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian tersebut didukung oleh nilai t hitung pada variabel dengan t hitung sebesar 4,301 dan tingkat signifikasi 0,000. (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 3,751 dan tingkat signifikasi 0,000. (2) variabel physical evidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 3,223 dan tingkat signifikasi 0,002. (3) variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kualitas pelayanan, physical evidence, dan kepercayaan secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Salon Sheama.
Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman JNE Cabang Tegal Besar Feti Fatimah; Resa Yova Ferdiansa; Yohanes Gunawan
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i2.14

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan tujuan utama setiap pelaku bisnis dalam bidang jasa. tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image, harga, serta kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen jasa JNE Cabang Jember. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan jasa JNE Cabang Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 140 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 2,988 dan tingkat signifikasi 0,003. (2) variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. dengan t hitung sebesar 2,238 dan tingkat signifikasi 0,027. (3) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan t hitung sebesar 6,073 dan tingkat signifikasi 0,000. Variabel brand image, harga dan kualitas pelayanan secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada jasa JNE Cabang Jember.
Analisa Kualitas Layanan Dalam Pengukuran Kepuasan Konsumen Dengan Metode IPA (ImportancePerformance Analysis) Pada UD Mulya Jaya Jember Achmad Hilmi Azisi; Feti Fatimah; Yohanes Gunawan Wibowo
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i2.16

Abstract

Perkembangan bisnis industri di indonesia saat ini semakin meningkat menunjukan adanya persaingan yang semakin ketat. Pemasaran yang baik dapat diharapkan mempengaruhi kepuasan konsumen, kepuasan konsumen ysng di lakukan konsen mengimplikasikan keyakinan konsumen terhadap tindakan dalam mumutuskan suatu produk yang akan di gunakan. Analisa kualitas layanan sebagai pengukur kepuasan konsumen pada UD. Mulya jaya si sukorambi jember dengan metode IPA. Bertujuan untuk mengetahui atribut kualitas pelayanan yang menentukan kepuasan pelanggan . Jenis penelitian ini deskripsi kuantiftatif. Populasi dalaam penelitian ini adalah pelanggan UD. Mulya jaya sukorambi jember dan sampel yang di gunakan berjumlah sebanyak 75 responden , dan menggunakan alat analisis IPA (importence performanc analisis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil anlisa menggunakan metode IPA yakni terdapat 3 atribut pelayanan yang termasuk dalam kuadran 1 yang artinya ada 3 atribut pelayanan yang harus di prioritaskan untuk di tingkatkan karena kinerja atribut pelayanan tersebut kurang memuasakan pelanggan dan oleh pelanggan di anggap penting.  
Efektifitas Sistem Absensi Finger Print dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Sekretariat DPRD Buton Sry Mayunita; Siti Hidayatul Jumaah
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta Vol. 1 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/trilogi.v1i2.19

Abstract

Sistem absensi manual sudah tidak relevan, sebab mudah dimanupalsi dan dianggap tidak ramah lingkungan. Sistem absensi manual juga disebut boros waktu dan biaya, serta menimbulkan pelanggaran terhadap disiplin kinerja pegawai. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya pelanggaran kedisiplinan, maka mulai diterapkannya penggunaan sistem absensi finger print, termasuk di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Buton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan absensi finger print untuk meningkatkan kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil pada Sekretari DPRD Kabupaten Buton. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dilihat dari beberapa indikator yang digunakan untuk menganalisis, yaitu: 1) pemahaman, pegawai sudah memahami dan mampu beradaptasi terhadap penerapan absensi finger print, 2) tepat sasaran, pegawai memahami bahwa absensi fnger print merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan kedisiplinan, 3) tepat waktu, pegawai merasa termotivasi untuk datang tepat waktu, 4) tercapainya tujuan, tingginya angka kedatangan pegawai yang tepat waktu menunjukkan bahwa tujuan penerapan absensi finger print sudah tercapai, dan 5) perubahan nyata, dibuktikan dengan semakin rendahnya jumlah pegawai yang absen baik karena sakit, izin, cuti, dan lain sebagainya. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan absensi finger print di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Buton sudah cukup efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai

Page 1 of 4 | Total Record : 33