cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jln.Diponegoro No.74,Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO)
ISSN : 14113635     EISSN : 29625645     DOI : -
Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO) Fakultas Teknik - Universitas Persada Indonesia Y.A.I Volume 22, No. 2, Oktober 2021 P-ISSN: 1411-3635
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019" : 11 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Booking Barbershop Dengan Metode RAD Berbasis Mobile Karno Diantoro; Dian Gustina; Toad Maulana
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.815 KB)

Abstract

Dimasa ini perawatan rambut menjadi salah satu faktor penampilan yang kerap diperhatikan oleh pria. Hal ini semakin diperkuat dengan meningkatnya bisnis salon khusus pria atau yang biasa dikenal dengan istilah barbershop, dilihat dari tren startup gaya rambut saat ini, dapat melakukan hipotesa bahwa user yang menggunakan aplikasi memiliki sifat yang konsumtif dan ingin di permudah dalam melakukan reservasi (Booking). Menurut survei rata-rata pengunjung barbershop berkisar antara 35 orang dalam 1 hari berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan perlunya membangun aplikasi reservasi (Booking) berbasis mobile android yang dapat membantu permasalahan pelanggan barbershop dan pengusaha barbershop yang sudah di paparkan sebelumnya. Aplikasi yang dibangun menangani Booking, dan pengunjung dapat memilih sendiri siapa barberman yang melakukan cukur dan waktu kedatangannya, aplikasi ini adalah aplikasi client server, yaitu perangkat mobile android yang terhubung internet sebagai client dan dengan PHP sebagai server dengan metode UML. Dari hasil rancang bangun aplikasi Booking ini barbershop dapat meningkatkan Produktifitas dan Kreatifitas dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pendapatan untuk dapat bersaing dalam dunia bisnis Barbershop yang semakin ketat, sistem Booking ini pelanggan dapat menghemat waktu dan agar menjadi lebih nyaman, dan bagi penulis menambah pengalaman dalam membangun Aplikasi berbasis Android. Kata kunci: Aplikasi Booking, Android, Barbershop, metode RAD
PERBANDINGAN ANALISA PEMILIHAN VENDOR TRUCKING MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS PADA PT. YUSHAR PUTERA JAYA Rinaldo Rinaldo; Apsari Susanti
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.906 KB)

Abstract

Yushar Putera Jaya adalah sebuah perusahaan ekspedisi angkutan darat dengan kegiatan utamanya menyediakan jasa penyewaan truk, pada proses operasionalnya rekanan atau vendor mengajukan delivery order yang kemudian akan disortir oleh bagian operasional. Dalam menentukan penerimaan delivery order ini hanya berdasarkan intuisi dan sulit menentukan vendor mana yang lebih memberikan keuntungan optimal dikarenakan seringnya waktu pengiriman lebih dari yang ditentukan, biaya yang membengkak dan klaim barang yang timbul Dalam penelitian ini penulis melakukan meotde wawancara langsung dengan narasumber dan menggunakan studi pustaka sebagai referensi. Menggunakan alat bantu berupa metode AHP dan TOPSIS untuk dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan bagi operasional berdasarkan kriteria harga, jenis muatan (kerugian yang mungkin timbul atau klaim barang) dan pembayaran. Hasil yang diharapkan yaitu membandingkan metode AHP dan TOPSIS sehingga diperoleh metode yang sesuai untuk pemilihan vendor mana yang dapat memberikan keuntungan optimal bagi perusahaan. Kata kunci: Vendor, Klaim, AHP,Topsis
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN METODE FUZZY MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING MODEL YAGER (STUDI KASUS: DIHUB KOMINFO KABUPATEN BREBES) Sarip Hidayatuloh; Hani Zakiatul Lutfiana
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1203.44 KB)

Abstract

Dishubkominfo atau Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Brebes adalah salah satu instansi kepemerintahan yang ditunjuk untuk melakukan pelayanan jasa transportasi yang mencakup pelayanan di bidang perhubungan darat melalui pelayanan uji kendaraan bermotor atau uji berkala. Dalam melakukan uji berkala kendaraan bermotor, dishubkominfo memiliki beberapa kendala diantaranya banyaknya kriteria dan subkriteria yang dinilai membuat pengujian dilakukan dengan waktu yang cukup lama dan rentan terjadi kesalahan. Sistem manual (pencatatan dengan kertas) yang diterapkan dalam melakukan uji berkala membuat laporan hasil pengujian kendaraan bermotor terus menerus bertambah dan bertumpuk tidak teratur. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis bertujuan merancang sebuah sistem pendukung keputusan yang membantu dalam penilaian uji berkala agar lebih cepat dan dapat meminimalisir kesalahan, sistem ini juga diharapkan dapat mengelola data hasil pengujian dan mempermudah penyampaian laporan, sehingga membantu penguji dan staf registrasi dalam melakukan uji berkala pertama dan lanjutan. Adapun untuk melakukan perancangan sistem pendukung keputusan tersebut, penulis menggunakan metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making Model Yager untuk penilaian kriteria dan subkriteria, serta menggunakan metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD), dengan dukungan tools Unified Modelling Language (UML), bahasa pemrograman Personal Home Page (PHP), MySQL sebagai database server, XAMPP sebagai web server, dan Microsoft Visio 2013 untuk mendesain interface. Hasil dari perancangan sistem pendukung keputusan pengujian kendaraan bermotor ini adalah aplikasi untuk menginput data kendaraan bermotor, kemudian melakukan proses penilaian kriteria dan subkriteria kendaraan bermotor, dan menghasilkan keputusan pengujian kendaraan bermotor. Kata Kunci: Dishubkominfo, Sistem Pendukung Keputusan, Pengujian Kendaraan Bermotor, Fuzzy Multi Atribute Decision Making Model Yager, RAD (Rapid Application Development), UML (Unified Modeling Language)
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN LAYANAN BERBASIS KIOSK DI PT. MULTI INFORMATIKA SOLUSINDO Andika Yunianto
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1118.426 KB)

Abstract

Kebutuhan informasi penting bagi semua kalangan. Termasuk masyarakat yang membutuhkan informasi secara detail tentang jenis pelayanan informasi sebuah perusahaan. Selama ini, PT. Multi Informartika Solusindo masih menggunakan media manual dalam hal penyampaian informasi kepada Masyarakat/client. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat sistem layanan informasi antrian interaktif dengan memanfaatkan data informasi di instalasi yang tersedia. Manfaat sistem adalah sebagai media penerima dan penyampai informasi yang terstruktur, konsisten dan dinamis dalam satu paket multimedia, sekaligus sebagai strategi differensiasi pelayanan bagi perusahaan. Adapun metodologi yang digunakan adalah dimulai dengan identifikasi dan analisa kebutuhan informasi melalui survey lapangan dan kuisioner sebagai bahan isi materi sistem kiosk. Identifikasi kebutuhan sistem dan desain sistem dengan DFD dan ERD. Implementasi dari desain system menggunakan tekhnologi VB.Net dan PHPMYSQL sebagai database. Semua file multimedia dan data informasi dari server database akan dipanggil dan disebarkan kepada client melalui jalur display Digital Signage. Terakhir Dilakukan evaluasi dengan lingkup aspek kebutuhan informasi, aspek teknis, aspek bahasa dan aspek desain. Uji coba yang dilakukan meliputi aspek: Informasi, Teknis, Bahasa dan Desain. Dari penelitian didapat kebutuhan informasi client meliputi: company profile, produk dan infomasi layanan. Penayangan info dalam format sound berjalan lebih lambat. Untuk aspek desain dan bahasa dibuatkan kuisioner untuk pengguna. Kata kunci : kiosk informasi, informasi pelayanan perusahaan, sistem antrian
ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN M-SERVICE PADA PT. ASTRAGRAPHIA XPRINS INDONESIA BERBASIS WEB Dwi Mariastuti; Asril Basry
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1229.372 KB)

Abstract

Pada bagian kebutuhan perlengkapan kantor yaitu mesin fotocopy & printer akan terus menurus dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan operasional setiap kantor atau perusahaan. Dan dalam pemakaiannya yang terus menurus tentu akan menimbulkan beberapa masalah terhadap mesin, mulai dari kerusakan secara teknis maupun non teknis yang dapat mempengaruhi aktifitas kinerja bagi perusahaan. Untuk tidak menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi sebuah perusahaan, masalah tersebut tentunya harus segera diatasi dengan cara menghubungi customer service yang bertugas untuk melakukan pengaduan dan perbaikan. Namun pelanggan biasanya harus menunggu cukup lama dalam menghubungi customer service tersebut bahkan harus bersabar untuk mengantri menunggu giliran dalam penanganannya. Dengan memanfaat kan teknologi internet dapat di buat sebuah aplikasi pelayanan untuk membantu pelanggan dalam mengetahui masalah yang terjadi pada mesin fotocopy & printer hingga biaya yang akan dikenakan untuk perbaikan tersebut. aplikasi ini di buat dengan menggunakan PHP,MySQL,framewrok PHP Native. Sehingga pelanggan dapat di bantu dalam mengetahui masalah serta estimasi biaya yang akan dikenankan untuk perbaikan mesin Fuji Xerox tertentu. Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah website yang bertujuan dapat membantu pelanggan PT. Astragraphia Xprins Indonesia atas masalah yang terjadi pada mesin Fuji Xerox mereka. Kata kunci : aplikasi layanan, mesin fotocopy & printer, PHP, MySQL, PHP Native, Fuji Xerox
APLIKASI SPYLOC ANAK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE TRACKING Eka Budhy Prasetya
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.828 KB)

Abstract

Salah satu bentuk kejahatan adalah penculikan. Penculikan adalah perbuatan melarikan orang secara paksa dan melawan hukum dengan maksud menempatkan orang tersebut dibawah kuasanya atau kuasa orang lain. Sasaran penculikan melingkupi semua tingkatan umur dan pada umumnya terjadi pada anak-anak. Penculikan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itu dari masalah tersebut dibuatlah aplikasi pemantauan anak yang dapat memantau keberadaan lokasi anak dari kejauhan dengan metode Tracking. Metode Tracking merupakan suatu teknologi yang berfungsi sebagai alat untuk mengetahui keberadaan posisi dari objek GPS tersebut berdasarkan titik koordinat Latitude dan Longitude. Aplikasi ini dibuat untuk mengantisipasi terjadinya penculikan terhadap anak-anak yang secara fisik tidak dapat membela diri melawan dari penculiknya. Terdapat 6 data sampel anak yang akan di ujicoba pada aplikasi. Dari pengujian yang telah dilakukan menggunakan black box testing, semua fungsionalitas pada apikasi sudah berjalan dengan baik. Pada aplikasi ini terdapat beberapa menu yang dapat digunakan anak dan orangtua untuk saling berkomunikasi diantaranya ialah pesan, panggil, suara, maps dan emergency. Sedangkan untuk ke pelacakan atau detailnya terdapat menu tracking dan sos yang menyimpan rekam jejak dari pelacakan lokasi tersebut. Hasil keluaran dari aplikasi ini ialah dapat membantu orangtua atau pemantau untuk mendapatkan rekam jejak lokasi yang tersimpan pada aplikasi tersebut. Kata Kunci: Penculikan, tracking, aplikasi, rekam jejak
PERANCANGAN APLIKASI PINJAMAN KARYAWAN BERBASIS WEB STUDI KASUS CV. BERKAH ANANDA Essy Malays Sari Sakti; Nana Trisnawati
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1182.117 KB)

Abstract

BERKAH ANANDA adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan limbah pabrik. Dalam menjalankan aktifitasnya CV. BERKAH ANANDA sudah menggunakan Sistem Penggajian, dimana penghitungan gaji berdasarkan gaji pokok, kehadiran dan lembur dan belum ada tentang data pinjman sehingga bila seorang karyawan melakukan pinjaman maka Bagian Keuangan akanmenghitung cicilan pinjaman secara manual dan atas kesepakatan bersama sesuai dengan peraturan perusahaan tentang cicilan pinjaman dan pembayarannya yang akan dipotong dari gaji karyawan yang bersangkutan. Dengan tidak adanya data pinjmam dari Sistem Penggajian maka proses pengiriman uang / transfer untuk membayar gaji karyawan pada CV BERKAH ANANDA menjadi lama dan berakibat adanya keterlambatan pembayaran gaji pada Karyawan yang mempunyai pinjamam pada perusahaan. Untuk menangani masalah tersebut maka dibangun Aplikasi Pinjamam yang dapat menghitung cicilan pinjamam. Perancangan aplikasi pinjaman menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Effisiency, Service) dan untuk perancangannya menggunakan metode WDLC (Web Development Life Cycle) dan bahasa pemrograman PHP , database MySQL serta pemodelam sistem UML (Unified Modeling Language) . Hasil pengujian memperlihatkan bahwa penghitungan cicilan pinjaman menjadi lebih cepat sehingga pembayaran gaji Kaywawan yang mempunyai pinjaman akan tepat pada waktunya.
SMART CITY : KONSEP KOTA PINTAR DI DKI JAKARTA Arman Syah Putra
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.588 KB)

Abstract

Pada penelitian kali ini peneliti meneliti kesiapan dari kota Jakarta untuk mengadopsi konsep Kota Pintar di semua konsep sendi kehidupan dan di semua sisi bidang nya, dengan mengadopsi kota pintar di harapkan kota Jakarta menjadi kota yang sangat maju dalam hal teknologi, dan semua bisa terhubung dan pemerintah bisa mengawasi semua warga nya dengan sangat mudah, dengan keteraturan ini masayarakat akan sangat sadar hukum dan dalam bertindak akan sangat baik, dengan kota pintar masyarakat akan sangat di manjakan dengan kemudahan dalam semua bidang, dengan mudah nya melakukan apa pun dalam genggaman tangan, dengan melihat berbagai masalah yang di hadapi kota Jakarta ini penulis membuat riset akan kota pintar agar memudahkan semua pihak. Keyword : Kota Pintar, DKI Jakarta, Hukum, Masyarakat.
RANCANG BANGUN SISTEM PENYEWAAN KESENIAN BUDAYA BETAWI DI JAKARTA BERBASIS ANDROID Yunita Sari; Erwin Suhandono; Syarah Syardiana
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2093.965 KB)

Abstract

budaya yang berbeda-beda. Jakarta sebagai daerah khusus ibukota dengan mayoritas penduduknya suku Betawi memiliki kesenian budaya yang dikenal dengan kesenian budaya Betawi. Beberapa kesenian budaya Betawi yang terkenal diantaranya Ondel-ondel, Palang Pintu, Gambang Kromong, Tanjidor, Hadro, Marawis dan Tarian Betawi biasa disewa dalam acara pernikahan, khitanan, atau acara lainnya sebagai hiburan. Penyewaan kesenian budaya Betawi saat ini masih secara manual. Dengan menerapkan teknologi informasi penyewaan kesenian budaya Betawi dapat dilakukan melalui sistem aplikasi berbasis Andoid , sehingga prosesnya menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien. Keyword: Android, Betawi, Jakarta, kesenian budaya, penyewaann, sistem aplikasi, teknologi informasi.
PENGELOLAAN KAPASITAS LAYANAN UNTUK PERENCANAAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. XYZ Fahrul Nurzaman
Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika Vol 20 No 2 (2019): Vol 20, No 2, Bulan Oktober 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.047 KB)

Abstract

Pengelolaan kapasitas layanan Teknologi Informasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengelola kapasitas dan ketersediaan layanan Teknologi Informasi yang diawali dengan adanya proses pengawasan yang bertujuan untuk menentukan tugas, fungsi dan tanggung jawab serta standar prosedur kerja, pembuatan metode penghitungan tingkat ketersediaan layanan Teknologi Informasi yang bertujuan untuk menghitung ketersediaan suatu sistem/layanan yang kompleks, pembuatan matriks parameter teknis pengawasan yang bertujuan untuk menentukan parameter, perangkat dan tools yang digunakan pada teknik pengawasan kinerja, serta pembuatan format laporan pengawasan yang bertujuan untuk mendapatkan data hasil pengawasan kapasitas dan ketersediaan layanan Teknologi Informasi. Framework IT-IL adalah sebuah kerangka best practice untuk mengelola layanan layanan Teknologi Informasi yang terintegrasi dan berbasiskan proses, juga merupakan suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi Teknologi Informasi. Pengelolaan kapasitas layanan dengan Framework IT-IL pada penyusunan infrastruktur Teknologi Informasi pada PT. XYZ perlu dilakukan untuk memastikan tercapainya hasil dari perencanaan dan pelaksanaan implementasi layanan Teknologi Informasi. Kata kunci: kapasitas layanan, Ketersediaan Layanan, Infrastruktur Teknologi Informasi, Framework IT- IL

Page 1 of 2 | Total Record : 11