cover
Contact Name
Agus Riyanto
Contact Email
agusriyanto@uwgm.ac.id
Phone
+6281350504689
Journal Mail Official
ekonomika@uwgm.ac.id
Editorial Address
Jl. KH.Wahid Hasyim Sempaja KAMPUS BIRU No.28, Samarinda Utara,75124, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi & Perbankan Syari'ah
ISSN : 25276379     EISSN : 25808117     DOI : https://doi.org/10.24903/je.v11i1.1143
Core Subject : Economy,
EKONOMIKA: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan Maret (periode Oktober-Maret) dan September (periode April-September). Jurnal diterbitkan sebagai media untuk mengkomunikasikan dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian empiris di bidang Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah yang dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan praktik dan memperkaya literatur Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah. EKONOMIKA: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah menerima artikel hasil penelitian Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel merupakan karya original dan bukan hasil plagiasi. Penulis harus membuat pernyataan bahwa naskah yang dikirim belum pernah dipublikasikan atau sedang tidak dalam proses reviu oleh jurnal atau media lain. Bagi artikel hasil penelitian dengan pendekatan survei atau penelitian eksperimen harus mencantumkan instrumen penelitian seperti : kuisioner, daftar wawancara, kasus serta memberikan data dan informasi mengenai cara memperoleh data. Tujuan dari jurnal ilmiah EKONOMIKA: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah adalah untuk mendiseminasikan hasil penelitian empiris dalam bidang akuntansi dan keuangan bagi para akademisi dan profesional, praktisi, mahasiswa serta pihak-pihak lainnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2016)" : 5 Documents clear
Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger Pada PT. Kalbe Farma.tbk” M.Astri Yulidar Abbas
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 5 No. 1 (2016)
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.948 KB) | DOI: 10.24903/je.v5i1.215

Abstract

Kinerja keuangan PT. Kalbe Farma ditinjau dari rasio profitabilitas terjadi fluktuasi, artinya rasio ini mengalami naik turun setiap tahunnya. Namun dilihat dari Net Profit Margin sebelum merger pada tahun 2002 sebesar 10,42%, tahun 2003 sebesar 11,18%, tahun 2004 sebesar 10,91% dan sesudah merger pada tahun 2005 sebesar 10.66%, tahun 2006 sebesar 11,14%, tahun 2007 sebesar 10,07%, tahun 2008 sebesar 8,97%, tahun 2009 sebesar 10,22%, tahun 2010 sebesar 12,58%, pada tahun 2011 sebesar 14,11%, pada tahun 2012 sebesar 12,99%, tahun 2013 sebesar 12,52%. Dilihat dari Return On Investmentsebelum merger pada tahun 2002 sebesar 13,24%, tahun 2003 sebesar 13,19%, tahun 2004 sebesar 12,34% dan sesudah merger pada tahun 2005 sebesar 13,51%, tahun 2006 sebesar 14,63%, tahun 2007 sebesar 13,73%, tahun 2008 sebesar 12,39%, tahun 2009 sebesar 14,33%, tahun 2010 sebesar 18,29%, pada tahun 2011 sebesar 18,61%, pada tahun 2012 sebesar 18,82%, tahun 2013 sebesar 17,71%. Dan dilihat dari Return On Equitysebelum merger pada tahun 2002 sebesar 54,49%, tahun 2003 sebesar 38,95%, tahun 2004 sebesar 30,54%dan sesudah merger pada tahun 2005 sebesar 26,84%, tahun 2006 sebesar 22,59%, tahun 2007 sebesar 20,84%, tahun 2008 sebesar 19,51%, tahun 2009 sebesar 21,55%, tahun 2010 sebesar 23,94%, pada tahun 2011 sebesar 23,63%, pada tahun 2012 sebesar 24,04%, tahun 2013 sebesar 23,58%.
Metode Break Even Point (BEP) Untuk Menentukan Besarnya SPP Mahasiswa pada Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda Suyanto Suyanto; Erni Setyawati
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 5 No. 1 (2016)
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.638 KB) | DOI: 10.24903/je.v5i1.216

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk menyusun perencanaan manajemen khususnya bagian keuangan guna menentukan besarnya SPP per semester per mahasiswa pada tahun akademik berikutnya dengan metode titik impas (break even point). Metode break even point (BEP) erat kaitannya dengan hubungan biaya, volume, pendapatan dan laba yang merupakan teknik untuk menggabungkan, mengkoordinasikan dan menafsirkan data produksi untuk  membantu  manajemen  dalam  mengambil  keputusan.  Untuk dapat menggunakan metode BEP, biaya yang terjadi harus dipisahkan menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dan bertambah dengan adanya perubahan volume kegiatan. Biaya variabel adalah biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Penelitian ini menggunakan alat analisis Total Approach dan Marginal Approach dengan bantuan work sheet excel for windows. 
PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI TINGKATAN ARTI MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS MEREK PADA PRODUK THE BODY SHOP YOGYAKARTA Dian Irma Aprianti
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 5 No. 1 (2016)
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.936 KB) | DOI: 10.24903/je.v5i1.217

Abstract

The main objective of this study is to test empirically the direct effect of the consumer’s on six dimensions of the brand level, and direct effect through customer;s satisfaction as an intervening variable on brand loyalty. The primary data of this study was received from customers of the body shop, that collected by field survey, the result show that consumer’s perception on six dimensions of brand level had a positive and significant relation to customer’s satisfaction and brand loyalty, and by using partial mediating method can be concluded that the costumer’s satisfaction works as intervening variable to the relation between consumer’s perception on six dimensions of brand level to brand loyalty. This result indicates that customer’s brand loyalty happens as the accumulation of customer’s satisfaction.
Praktik Promosi Produk KPR Syari’ah (Studi Kasus Brisyariah Kcp Samarinda Sebrang) Al Hafid Ibnu Qayyim
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 5 No. 1 (2016)
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.094 KB) | DOI: 10.24903/je.v5i1.218

Abstract

Penelitian ini berfokus  pada sarana promosi produk KPR Sejahtera Bank BRISyariah KCP Samarinda Sebrang, yang menyatakan bahwa sarana promosi advertising dan personall selling merupakan sarana promosi yang sering dipergunakan dalam mempromosikan produk KPR Sejahtera. Sedangkan sarana promosi yang lainnya yaitu sales promotion dan publisitas kurang dalam penerapannya. Praktik promosi produk KPR Sejahtera yang diterapkan di Bank BRISyariah sendiri dari segi etika promosi sudah sesuai, yaitu dengantetap berada dalam ketentuan-ketentuan Al-Qur’an dimana promosi yang dilakukan tidak menyimpang dari etika promosi syariah seperti tidak mudah mengobral sumpah dalam beriklan, jujur terbuka dan tidak menyembunyikan cacat barang dagangan, menghindari berpromosi palsu dan berusaha menjaga agar selalu memenuhi akad dan janji serta kesepakatan-kesepakatan diantara dua belah pihak (penjual dan pembeli).
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja pegawai pada dinas kesehatan Kabupaten kutai timur Meita Sondang Rizki
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 5 No. 1 (2016)
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.707 KB) | DOI: 10.24903/je.v5i1.219

Abstract

The study tries to identify to what extent incentive, competence, motivation, discipline, work environment, social security, nutrition and health of staff   Health Department, it will also identify which factors give the most impact toward staff performance.       This research excepted to benefit to all side, especially for institution head to dig elements that increasing performance of staff   Health Department  in Sangatta. Analysis model used to prove hypothesis is model analysis multiple linier regression that be analysed with using statistics computer program package, that is SPSS v. 14.0 for Windows. Responden that becoming objective this research  are counted 75 of staff  Health Department. Result of statistics analysis show that coefficient of the free variables regression, that is involvement  factor in incentive (X1) =  0,164, competence (X2) = 0,178, motivation (X3) = 0,148, discipline (X4) = 0,048, work environment (X5) = 0,287,  social security  (X6) = 0,176, nutrition and health  (X7) = 0,130, and constanta equal  to 0,366. Equation  of multiple linier regression is : Y = 0,366 + 0,164 X1 + 0,178 X2 + 0,148 X3 + 0,048 X4 + 0,287 X5 +  0,176 X6 + 0,130 X7 Conclusion that receive that level of influence explained by incentive, competence, motivation, discipline, work environment, social security, nutrition and health as independent variable impact toward performance of staff  Health Department equal to correlation  coefficient (R), that is 0,869  and level of depended  performance to seventh of  free variables above is equal to determination  coefficient value (R2) that is 0,755 or 75,5 %.  Result of analysis F – test  indicate that all free variables by together have significant influence toward performance of staff Health Department.  By parsial, variable incentive, competence, motivation, work environment, social security, nutrition and health  have  significant  influence to performance of staff  Health Department. Only one variable is discipline have no significant.  Variabel independent  have dominant influence to performance of staff   Health Department is work environment (X5).  

Page 1 of 1 | Total Record : 5