cover
Contact Name
Agus Riyanto
Contact Email
agusriyanto@uwgm.ac.id
Phone
+6281350504689
Journal Mail Official
ekonomika@uwgm.ac.id
Editorial Address
Jl. KH.Wahid Hasyim Sempaja KAMPUS BIRU No.28, Samarinda Utara,75124, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi & Perbankan Syari'ah
ISSN : 25276379     EISSN : 25808117     DOI : https://doi.org/10.24903/je.v11i1.1143
Core Subject : Economy,
EKONOMIKA: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan Maret (periode Oktober-Maret) dan September (periode April-September). Jurnal diterbitkan sebagai media untuk mengkomunikasikan dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian empiris di bidang Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah yang dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan praktik dan memperkaya literatur Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah. EKONOMIKA: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah menerima artikel hasil penelitian Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel merupakan karya original dan bukan hasil plagiasi. Penulis harus membuat pernyataan bahwa naskah yang dikirim belum pernah dipublikasikan atau sedang tidak dalam proses reviu oleh jurnal atau media lain. Bagi artikel hasil penelitian dengan pendekatan survei atau penelitian eksperimen harus mencantumkan instrumen penelitian seperti : kuisioner, daftar wawancara, kasus serta memberikan data dan informasi mengenai cara memperoleh data. Tujuan dari jurnal ilmiah EKONOMIKA: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah adalah untuk mendiseminasikan hasil penelitian empiris dalam bidang akuntansi dan keuangan bagi para akademisi dan profesional, praktisi, mahasiswa serta pihak-pihak lainnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2018): March" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG TAX AMNESTY DI WILAYAH KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BONTANG KALIMANTAN TIMUR Iskandarsyah Satriya; Elsika Suci Ramadhani
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 7 No. 1 (2018): March
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.479 KB) | DOI: 10.24903/je.v7i1.441

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerapan efektifitas tax amnesty terhadap penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Bontang Pratama pada periode pertama Juli satu, 2016 hingga September tiga puluh satu 2016, periode kedua Oktober satu 2016 hingga Desember tigapuluh satu 2016 dan periode ketiga Januari yang 2017 hingga Maret tiga puluh satu 2017.Data dianalisis dengan metode deskriptif dalam menggambarkan prosedur Pengampunan Pajak. Analisis kualitatif digunakan untuk menunjukkan tingkat implementasi efektifitas Pengampunan Pajak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan efektivitas Pengampunan Pajak pada tahun 2016 sebesar 79,10% dan peningkatan terjadi pada tahun 2017 sebesar 88,69%, yang dikatakan memadai.
ANALISIS RELATIONSHIP VALUE, RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MALL LEMBUSWANA SAMARINDA Novel Reonald; Dian Irma Aprianti
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 7 No. 1 (2018): March
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.3 KB) | DOI: 10.24903/je.v7i1.442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah relationship value yang terdiri dari economic value, service value, relational value dan social value mempengaruhi relationship quality dan untuk menguji pengaruh relationship quality terhadap loyalitas pelanggan pada mall lembuswana samarinda.Metode analisis yang digunakan metode anteseden untuk menguji variabel relationship value terhadap relationship quality dan loyalitas pelanggan dengan menggunakan perhitungan Regresi Linier Berganda.Hasil dari penelitian ini adalah variabel Economi value berpengaruh pada Relationship Quality sebesar 0,00, Service value berpengaruh tidak signifikan terhadap Relationship Quality, Relational value berpengaruh terhadap Relationship Quality sebesar 0,00, Social value berpengaruh terhadap Relationship Quality, Variabel Economic Value, Service Value, Relational Values dan Social Value berpengaruh secara serentak terhadap Relationship Quality sebesar 0,00, variabel Relationship Quality (Y1) > Y2, yaitu 0,125 > 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa Relationship Quality (Y1) berpengaruh tidak signifikan terhadap Customer Loyality (Y2) di Mall Lembuswana .
ANALISIS PENDEKATAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA BLACKBERRY SMARTPHONE DI BAZZAR COMPUTER Reslianty Rachim; Meti Selviyana
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 7 No. 1 (2018): March
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.657 KB) | DOI: 10.24903/je.v7i1.443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Blackberry Di Samarinda. Analisi ini menggunakan alat analisis regresi linear regresi berganda dengan variabel X yaitu Sense, Feel, Think, Act, relate. Berdasarkan hasil uji t kelima variabel yang terdiri dari Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), dan Relate (X5) dapat dilihat bahwa variabel yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen adalah Sense (X1) karena dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel . dan hasil Sig >. Hal ini berarti bahwa variabel Sense pada produk Blackberry smartphone dominan mempengaruhi kepuasan konsumen dibandingkan dengan variabel lainnya
STRATEGI PEMBINAAN KEPEMUDAAN DI KOTA SAMARINDA Suyanto Suyanto
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 7 No. 1 (2018): March
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.954 KB) | DOI: 10.24903/je.v7i1.444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang diperlukan untuk melakukan pembinaan Kepemudaan di Kota Samarinda. Penelitian ini didasari oleh kompleksitasnya permasalahan  pemuda baik dari sisi positif dan negatifnya serta pentingnya peran pemuda sehingga  diperlukan strategi yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan peran serta pemuda dalam seluruh aspek kehidupan manusia dan memperhatikan serta melibatkan pemuda ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.Perlu adanya pembinaan dan pengembangan kepemudaan secara terstruktur, terprogram dan berkesinambungan agar tidak lagi terjadi tumpang tindih peran dalam pengembangan kepemudaan.
Pengaruh Customer Offline dan Customer Online Terhadap Penjualan Pada Toko 3 Second Plaza Mulia Samarinda” Zulkifli Zulkifli; Maria Goreti Solot
Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari'ah Vol. 7 No. 1 (2018): March
Publisher : Economic Faculty, University of Widya Gama Mahakam Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.318 KB) | DOI: 10.24903/je.v7i1.445

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh Customer Offline dan Customer Online  terhadap penjualan Toko 3 Second Plaza Mulia dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada pelanggan toko.Customer offline dan customer online secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pada Toko 3Second Plaza Mulia Samarinda. Customer offline berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada Toko 3Second Plaza Mulia Samarinda.Customer online berpengaruh signifikan dan lebih dominan terhadap penjualan pada Toko 3Second Plaza Mulia Samarinda.

Page 1 of 1 | Total Record : 5