cover
Contact Name
Achmad Fawaid
Contact Email
jurnal.trilogi@gmail.com
Phone
+6282318007953
Journal Mail Official
jurnal.trilogi@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur 67291
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
ISSN : 27744574     EISSN : 27744582     DOI : 10.33650/trilogi
The focus of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is a peer-reviewed journal, open-access journal is to provide readers the original articles on various issues within technology, health, and social humanities. The scope of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is relating to but are not limited to new-renewable energy, food-agriculture, health-pharmacy, transportation, information-communication technology, advanced-materials, maritime-infrastructre, social-arts-education, and religious studies based on academic and scientific research. This journal seeks to publish a balanced mix of theoretical or empirical articles, case studies, review papers, comparative studies, exploratory papers, and book reviews.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023)" : 7 Documents clear
Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Karakter Siswa di SMAN 2 Tanggul Budi Muttaqin
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/trilogi.v4i1.5577

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak khusus pada sektor pendidikan. Pembelajaran daring dinilai kurang optimal dalam pelaksanaanya karena sulitnya guru untuk mengukur kualitas dan karakter peserta didik sehingga pemerintah menciptakan kurikulum merdeka dengan desain projek penguatan profil pelajar pancasila wadah untuk menutupi ketertinggalan pembelajaran. Tujuan penelitian ini ingin mengidentifikasi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMAN 2 Tanggul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator projek, fasilitator, dan siswa kelas X. Kemudian data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen selama pelaksanaan P5. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMAN 2 Tanggul dilaksanakan dengan melalui empat tahapan, yaitu pengenalan, kontekstual, aksi dan share. Dari tahapan tersebut telah ditemukan bahwa tema-tema yang diangkat seperti kewirausahaan, gaya hidup berkelanjutan, dan bhineka tunggal ika telah memberikan output berupa produk-produk ungulan seperti makanan dan minuman kekinian, pupuk organik, sabun dari limbah, masker, miniatur kebudayaan, buku pop-up, dan majalah dinding 3D. Kegiatan P5 yang telah dilaksakanan juga telah membentuk dan mengembangkan karakter berakhlak, berkebhinekaan global, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif pada siswa.
Peningkatan Kemampuan Analisis Pesan Puisi melalui Model Pembelaran Inquiry Learning Terbimbing pada Siswa Kelas XI IPS 5 SMAN 1 Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019 Sahri Sahri
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/trilogi.v4i1.5745

Abstract

This study uses classroom action research. The population in this study were all students of class XI IPS 5 in the fourth (even) semester of the 2018/2019 academic year, totaling 31. Thus, this research is classified as populative research. There are four stages in the implementation of actions in each cycle, namely (i) action planning, (ii) action implementation, and (iii) action observation, and (iv) action reflection. This classroom action research was conducted in two cycles. Before being given action, it turned out that the ability to analyze the poet's message in the poetry of class XI IPS 5 semester four (even) for the 2018/2019 academic year was very disappointing. As many as 31 students did not complete KKM 75. However, after the teacher changing the learning model using guided inquiry learning in cycle I, the ability to analyze the poet's message in poetry has increased tremendously normal. Of the 31 students, 30 students (97%) were declared to have reached KKM 75. There was only one student (3%) who was declared incomplete. In cycle II, the ability of class XI IPS 5 students in terms of analyzing the poet's message in poetry also experienced a remarkable increase. Of the 31 students, 31 students (100%) were declared complete with KKM 75. In addition, the scores obtained by each student also experienced a very significant increase.
Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Formulir pada Materi Elektrostatika Muslikah Muslikah
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/trilogi.v4i1.5751

Abstract

Tujuan penulisan best practice ini adalah : (1) mengetahui cara menerapkan media evaluasi pembelajaran berbasis google formulir, (2) mengetahui respon peserta didik pada penggunaan aplikasi Google Formulir sebagai media evaluasi oleh guru dalam pembelajaran fisika  di  kelas XII IPA pada materi elektrostatika   kelas XII IPA SMAN 2Tanggul Best practice  ini dilaksanakan dengan 3 tahapan (1) tahap perencanaa; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap penutup. Validasi kelayakan media evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Google Formulir  dilaksanakan oleh  dari tim ahli materi dan tim ahli perangkat pembelajaran , angket respon pengguna (peserta didik ), dokumentasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda ( multiple choice) berbasis google formulir..  Dari data pengunaan media evaluasi pembelajaran berbasis google formulir pada pembelajaran fisika  kelas XII IPA, diperoleh  hasil dengan tingkat kevalidan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh 2,60 (rentang penilaian :1,00 - 3,00 ), termasuk kategori valid, penilaian ahli media diperoleh nilai sebesar 2,44 (rentang penilaian :1,00 - 3,00 ) termasuk kategori valid, respon peserta didik yang menggunakan  media evaluasi Google Formulir  sebesar 4,4 (rentang nilai 1,0 – 5,0 ). Berdasarkan data diatas menunjukkan bahwa Google Formulir layak digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran.
Imlementasi Metode Course Review Horay (CRH) dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas 3 MI Azzainiyah 2 Gerinting Faizatul Widat; Mardiyah Mardiyah; Tartilah Tartilah
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/trilogi.v4i1.5761

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendemonstrasikan bagaimana pendekatan course review horay (CRH) digunakan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas 3 MI Azzainiyah 2 Grinting Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan desain studi kasus. analisis data penelitian menggunakan metode Miles dan Huberman. Temuan menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik course review horay (CRH), siswa di kelas 3 lebih bersemangat belajar, merasa mudah untuk memahami subjek, secara konsisten ceria dan menyenangkan, dan saling membantu, terutama dalam hal materi satuan panjang. Guru dan orang tua dapat menemukan solusi dalam implikasi metode course review horay (CRH) untuk meningkatkan minat anak-anak pada matematika di kelas 3. Ini sangat bermanfaat dalam membuat belajar lebih mudah, terutama ketika datang ke matematika, yang secara historis menakutkan. pelajaran bagi anak-anak untuk dipelajari karena sangat sulit untuk memahami konsep dan perhitungan.
Implementasi Strategi Brand Image Lembaga untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Firman Romadhon; Abdurrahman Abdurrahman
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/trilogi.v4i1.5566

Abstract

Efforts to develop Islamic educational institutions are a necessity in the context of recent global economic developments and signal the importance of increasing the independence and competitiveness of a country in the international world. The purpose of this study is to analyze the implementation of brand image in the Zaid Bin Tsabit area of Nurul Jadid Islamic Boarding School. The research method used is qualitative research with a descriptive type with an interview approach, documentation and in-depth observation. The results of this study indicate that the brand image that applies in the Zaid bin Tsabit environment can make people choose and be interested in placing their students so that what is expected can be achieved.
Upaya Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Seni Budaya dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatiroto Sri Indra Wardani
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/trilogi.v4i1.5911

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini penulis mencoba mengajukan usulan tindakan agar aktivitas dan hasil belajar seni budaya materi  menerapkan ragam hias pada bahan tekstil  meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi menerapkan ragam hias pada bahan tekstil dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 jatiroto tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklus terdapat empat komponen, yaitu  perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatiroto yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 28,10% dari 59,47 pada keadaan awal menjadi 76,18 pada siklus 1. Sedangkan ketuntasan klasikal Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 24,71% dari 60,7 pada keadaan sebelum tindakan menjadi 75,7 setelah tindakan pada siklus 1 dengan kategori masih belum tuntas secara klasikal.. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan dari 76,18 menjadi 88,64 atau meningkat sebesar 16,36% . Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat dari 75,7 menjadi 90,9 atau naik sebesar 20,08%.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Dasar Berdasarkan Teori Kastolan Shofia Hidayah
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/trilogi.v4i1.6585

Abstract

This research is qualitative and aims to describe students' mistakes in solving logarithmic problems based on the Castolan theory. The types of errors in this study are classified into three types: conceptual errors, procedural errors, and technical errors. The subjects in this study were 20 students of class XI of IPA MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. The instrument used in this study is the instrument test questions. The test questions used consisted of five questions in the form of descriptions. The conclusion of this study is that the percentage of errors in class XI IPA MA Nurul Jadid in solving logarithmic questions for conceptual errors is 53%, procedural errors are 31%, and technical errors are 16%. The type of conceptual error that students make in solving test questions that is most prevalent is that they tend to deviate from the formula that applies to logarithms. This happens because students do not fully understand the properties that apply to logarithms. Types of procedural errors made by students in solving test questions, namely students not completing the steps of working on the questions so that the answers obtained are incomplete. Types of technical errors made by students in solving test questions include student errors in the calculation process. Students tend to be less careful when doing calculations, so the final answer obtained is not quite right.

Page 1 of 1 | Total Record : 7