cover
Contact Name
Jalaludin
Contact Email
jalaludinstiesip@gmail.com
Phone
+6281909400190
Journal Mail Official
jammiah@sties-purwakarta.ac.id
Editorial Address
Jalan Veteran No. 150-152 Ciseureuh Purwakarta Jawa Barat 41118
Location
Kab. purwakarta,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JAMMIAH)
ISSN : 2797197X     EISSN : 2797040X     DOI : https://doi.org/10.37726/jammiah
Core Subject : Economy,
Ruang Lingkup materi Jammiah (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) adalah artikel-artikle yang berhubungan dengan Ekonomi Syariah, Industri Halal, Manajemen Keuangan Perusahahan Syariah, Manajemen Sumber Daya Insani, Dan artikel-artikel lain yang berhubungan dengan Ekonomi Syariah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)" : 5 Documents clear
Penerapan Pelayanan Islami Pada Customer service Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara Julianti Sawitri Rahayu; Ahmad Saepudin; Vikri Ganjar Anugrah
JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) Vol 2 No 1 (2022): JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)
Publisher : STIE Syariah Indonesia Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.055 KB) | DOI: 10.37726/jammiah.v2i1.199

Abstract

Customer service salah satu garda terdepan untuk memastikan nasabah mendapatkan pelayanan yang terbaik, tidak sedikit nasabah yang tutup rekening gara-gara pelayanan customer service yang tidak memuaskan nasabah. Maka dari pelayanan customer service menjadi salah satu pendukung terhadap keberlangsungan hidup bank syariah, apalagi lembaga bank syariah harus mampu menciptakan layanan-layanan yang berbasis islami atau syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Pelayanan Islami pada Customer service di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan islami pada Customer service di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara telah memenuhi prinsip-prindip pelayanan islami, seperti 1) Fathonah (profesional), customer service melayani nasabah menerapkan prinsip ramah, antusias, cepat memberikan solusi, empati, dan bertanggungjawab; 2) Amanah (Dapat dipercaya), Customer service melayani nasabah dengan duduk tegak, condong kedepan, tidak bersandar; menjaga sikap antusias, ramah sopan; selalu tersenyum; nada bicara harus di jaga; kesan yang ramah dan tenang; menepati janji dengan nasabah; 3) Siddiq (Jujur), Customer service menyampaikan informasi solusi, layanan, dan ketentuan dengan sebenar-benarnya; menyampaikan informasi benefit, fiture, dan persyaratan produk (call service dan brosur) dengan jujur; serta mencatat data nasabah dengan baik dan benar., 4) Tabligh (Dapat menyampaikan), Customer service memastikan bantuan yang diberikan customer service sudah cukup, memastikan nasabah memahami dan menerima solusi yang di berikan customer service, customer service menawarkan bantuan lain, dan customer service memastikan nasbah tidak keberatan untuk di interupsi.
Analisis Pemberian Kompensasi Islami terhadap Kinerja Karyawan di PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia Moh Wahyudi; Lita Anis Setya; Epa Nurpadilah
JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) Vol 2 No 1 (2022): JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)
Publisher : STIE Syariah Indonesia Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.581 KB) | DOI: 10.37726/jammiah.v2i1.225

Abstract

Karyawan merupakan aset utama di dalam perusahaan dan menjadi penggerak setiap kegiatan dan rutinitas yang ada di dalam perusahaan, oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja karyawan perlu diperhatikan kesejahteraan karyawan melalui pemberian kompensasi yang adil sesuai dengan tugas, fungsi, jabatan, dan prestasi kerjanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompensasi yang di terapkan di PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia dan untuk mengetahui bagaimana kompensasi islami terhadap kinerja karyawan di PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan proses teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia memberikan kompensasi secara langsung yang meliputi (upah, tunjangan, insentif, penghargaan) dan kompensasi tidak langsung yang meliputi (bantuan sosial dan kesejahteraan, pemeliharaan kesehatan) serta penerapan kompensasi islami pada PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia sudah sesuai dengan kompensasi islami di lihat dari upah (penetapan dan pembayaran), bantuan sosial, pemeliharaan kesehatan, gaji, insentif, bonus, tunjangan dan fasilitas sesuai dengan kaidah dan dasar hukum kompensasi islami.
Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Kerjasama BUMDES Jawara Dengan Pelaku Usaha Maggot (Studi Kasus di Desa Wantilan Kab. Subang) Novia.Rahmawati Saputra; Siti Rohmat; Fitri Laily
JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) Vol 2 No 1 (2022): JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)
Publisher : STIE Syariah Indonesia Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.667 KB) | DOI: 10.37726/jammiah.v2i1.253

Abstract

Kegiatan kerjasama sudah banyak dilakukan dikalangan masyarakat dengan masyarakat lainnya maupun dengan instansi pemerintah. Dalam ekonomi syariah juga terdapat kerjasama antara dua belah pihak atau lebih, kerjasama dalam tinjauan ekonomi syariah diatur berdasarkan landasan hukum Al-quran dan Hadits. Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di desa Wantilan mengembangkan kegiatan kerjasama dengan pelaku usaha Maggot yang ada di desa Wantilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengenai kerjasama yang terjalin antara BUMDES dengan pelaku usaha maggot ditinjau dari persfektif ekonomi syariah, dengan penyertaan modal dari masing-masing pihak yang terlibat serta pembagian presentase keuntungan dari kedua belah pihak. Hasil dari penelitian ini Badan Usaha Milik Desa dengan pelaku usaha maggot di desa Wantilan, belum sesuai dengan akad syirkah ‘inan, karena persayaratan yang belum terpenuhi seperti halnya dalam penyertaan modal terdapat perbedaan yang keluarkan BUMDES dengan pelaku usaha, dimana pelaku usaha memberikan modal lain berupa peralatan dan maggotnya. Sehingga jika ditinjau dari persfektif ekonomi syariah kegiatan kerjasama ini belum sesuai dengan kerjasama syirkah ‘inan. Untuk pembagian presentase keuntungan yang diperoleh pihak BUMDES sebesar 25%, dan untuk pihak pelaku usaha maggot mendapat keuntungan dengan presentase 15%. Lalu Keterbatasan Sumber Daya Manusia dalam kerjasama yang terjalin masih menjadi kendala yang harus diperbaiki dari kerjasama yang dilakukan untuk kedepannya, agar usaha yang dilakukan bersama-sama ini terus mengalami kemajuan.
Praktek Tabungan Easy Wadiah Bank Syariah Indonesia dalam Perspektif Fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000 Sherlie Agneza; Jalaludin Jalaludin; Rinawati Rinawati
JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) Vol 2 No 1 (2022): JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)
Publisher : STIE Syariah Indonesia Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.061 KB) | DOI: 10.37726/jammiah.v2i1.292

Abstract

Tabungan easy wadiah merupakan salah satu produk bank syariah indonesia yang banyak di minati nasabah. Hal ini terjadi karena fasilitas dan keuntungan yang menarik minat nasabah dalam praktek tabungan easy wadiah di landasi dengan fatwa yang mengatur perhimpunan dana pada bank syariah. Tabungan easy wadiah merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip wadiah yad dhamanah dimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetor setiap saat. Penelitian ini bertujuan Fokus atau tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek tabungan easy wadiah pada bank syariah Indonesia, dan untuk mengetahui praktek tabungan easy wadiah bank syariah indonesia dalam perspektif fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000. Berdasarkan hasil pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa tabungan esay wadiah merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip Wadiah Yad Dhamanah dimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetor setiap saat. Selanjutnya praktek tabungan easy wadiah di bank syariah indonesia sudah sesuai dengan fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000 dan aturan PBI nomor 7/46/PBI/2005, tentang penghimpunan dana masyarakat dengan menggunakan akad wadiah. Kesesuaian tersebut seperti tabungan easy wadiah yang bersifat simpanan, easy wadiah adalah simpanan yang bisa diambil kapan saja, dan dalam tabungan easy wadiah tidak ada imbalan yang diisyaratkan saat pembukaan rekening tabungan.
Gaya Kepemimpinan Islami Terhadap Motivasi Kinerja Karyawan Di PT. Kinenta Indonesia Eki Saepurhman; Jalaludin Jalaludin; Ai Sinwani
JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) Vol 2 No 1 (2022): JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)
Publisher : STIE Syariah Indonesia Purwakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.137 KB) | DOI: 10.37726/jammiah.v2i1.309

Abstract

Kepemimpinan diartikan sebagai proses mempengaruhi dan mengarahkan berbagai tugas yang berhubungan dengan aktifitas angota kelompok. Kepemimpinan juga di artikan sebagai kempampuan mempengaruhi berbagai strategi dan tujuan, kemampuan mempengaruhi komitmen dan ketaatan terhadap tugas untuk mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan adalah pengaruh antara pribadi yang diarahkan melalui proses komunikasi ke arah pencapaian tertentu. Dalam memahami motivasi kerja dalam islam, terlebih ahulu perlu mengetahui tentang fungsi serta keduduka bekerja. Bekerja atau mencari nafkah dalam islam merupakan suatu kewajiban serta ibadah yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Artinya motivasi tidak hanya berdasarkan apa yang di ucapkan oleh motivator tetapi dengan melihat gaya kepemimpinanyapun itu menjadi motivasi terhadap karyawan. Fokus atau tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan islami terhadap motivasi kinerja karyawan di PT. Kinenta Indonesia. Gaya kepemimpinan yang diterapkan atau dilaksanakan oleh leader di PT. Kinenta Indonesia sudah sesuai dengan norma atau aturan gaya kepemimpinan islami. Karena unsur gaya kepemimpinan islami yaitu siddiq, amanah, fathanah dan tabligh semuanya sudah terpenuhi. Gaya kepemimpinan islami yang diterapkan di PT. Kinenta Indonesia mempunyai efek terhadap motivasi kinerja karyawan, karena para karyawan merasa terbantu dan terlindungi dengan sikap leader yang memilki gaya kepemimpinan islami. Selain itu, para karyawan juga banyak yang berubah niat, yang tadinya hanya sebatas kerja mengejar urusan duniawi, berubah mengejar dan berlomba-lomba dalam hal kebaikan menuju kehidupan atau urusan ukhrawi. Karena leader di PT. Kinenta Indonesia selalu memberikan arahan dan motivasi kerja setiap selesai berkeja yakni saat brefing akhir pekerjaan atau serah terima pekerjaan antar shift.

Page 1 of 1 | Total Record : 5