cover
Contact Name
Ria Rizki Agustini
Contact Email
nurodin@iuqibogor.ac.id
Phone
+6285716203613
Journal Mail Official
instruktur@iuqibogor.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch Noh Nur No. 112 Leuwiliang Bogor-Jawa Barat
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Instruktur: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Core Subject : Religion, Education,
INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (November dan Mei), adalah jurnal yang mengkhususkan diri dalam Studi pendidikan dasar. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Redaksi menyambut para sarjana, peneliti dan praktisi pendidikan dasar di seluruh Indonesia untuk mengirimkan artikel ilmiah untuk diterbitkan melalui jurnal ini. Semua artikel akan ditinjau oleh para ahli sebelum diterima untuk publikasi. Setiap penulis bertanggung jawab penuh atas isi artikel yang diterbitkan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
EFEKTIVITAS MIND MAPPING DALAM MEMBENTUK KECAKAPAN ABAD 21 DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI Siti Aisah
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 1 (2021): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1013.637 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i1.148

Abstract

Penyesuaian kurikulum pendidikan adalah sebuah keniscayaan dalam era global yang menuntut adaptasi terhadap perubahan teknologi yang serba cepat. Belum tuntas mengakomodir berbagai keterampilan abad 21, kita dikejutkan oleh disrupsi yang tak diprediksi, pandemi Covid-19. Tuntutan adaptasi terhadap kondisi keduanya mengharuskan adanya inovasi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang memberi ruang munculmya kecakapan yang siap menghadapi tantangan era global, namun tetap adaptif diterapkan di masa pandemi yang menuntut kemandirian belajar peserta didik. Kunci dalam pembelajaran jarak jauh adalah guru mampu mambangun dan mempertahankan keterlibatan peserta didik dalam belajar. Mind mapping adalah inovasi pembelajaran yang mampu memunculkan kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah, pola pikir kreatif dan inovatif, kemampuan komunikasi aktif, serta memunculkan kemandirian belajar
PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM Willa Putri
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 1 (2021): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1333.068 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i1.149

Abstract

Fokus dari tulisan ini adalah bagaimana peran keluarga dalam membentuk karakter anak dalam perspektif Islam. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research (penelitian kepustakaan). Hasil dari penelitian ini bahwa keluarga mempunyai peran yang signifikan dalam memberikan pengaruh kepribadian anak. Pendidikan karakter dalam perspektif Islam pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama seperti perspektif pendidikan karakter pada umumnya, karena pendidikan karakter mempunyai tujan untuk membentuk manusia yang baik dan beradab. Pendidikan karakter dalam Islam berpijak pada dua sisi penting, yaitu iman dan akhlak. Iman adalah sisi abstrak dari kepatuhan terhadap hukum-hukum Allah yang diwujudkan dalam perilaku akhlakul karimah
HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIRANGGAP CIGUDEG BOGOR BARAT Durohtun Nasihah
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 1 (2021): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1269.946 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i1.150

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya tindakan verbal bullying di sekolah. Tindakan bullying sering dianggap sepele bagi sebagian guru maupun siswanya. Akibat dari verbal bullying mudah marah, depresi, mudah menangis. Tujuan dalam penelitian ini adalah mencari hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan emosional siswa kelas lima sekolah dasar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan emosional siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas lima sekolah dasar negeri Siranggap. Banyaknya populasi adalah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan sampel jenuh, sampel jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, sampel yang berjumlah 24. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan wawancara. Hasil uji validitas item diperoleh 29 item kecerdasan emosional dan 33 item verbal bullying. Hasil reliabilitas verbal bullying adalah 0,913 dan kecerdasan emosional sebesar 0,890. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment menunjukan bahwa ada hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan emosional siswa sekolah dasar, dengan hasil koefisien korelasi 0,523
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MI IBNU ‘AQIL BOGOR Muhamad Riyad; Zakia Alawiyah
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 1 (2021): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1287.715 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i1.151

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dimana manusia akan dibimbing dan untuk membentuk jati dirinya agar menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi negara dan agamanya. Seseorang akan mulai membangun kerangka hidupnya menjadi berkualitas berdasarkan ilmunya setelah pendidikannya di bimbing, diarahkan dan dibekali oleh teori yang cukup tentang bagaimana cara dia menjalankan hidupnya. Realita yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas, terkadang kaku dan tidak menyenangkan sehingga siswa menjadi kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Maka dari itu pendidik dituntut untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan sehingga siswa menjadi senang ketika proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan setelah peneliti melaksanakan dua siklus penelitian adalah minat belajar siswa kelas dua di MI Ibnu ‘Aqil meningkat dan siswa-siswi menjadi bersemangat ketika proses pembelajaran
PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI IBNU ‘AQIL CIOMAS BOGOR Ecih Permatasari
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 1 (2021): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1198.278 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i1.156

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan kepribadian manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik buruknya pribadi manusia. Guru merupakan salah satu peran penting dalam mencapai keberhasilan. Oleh karena itu guru harus mempunyai cara yang kreatif untuk memotivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas lll pada mata pelajaran bahasa Arab di Mi Ibnu ‘Aqil Ciomas Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel yang diambil dalam penelitian ini siswa Mi Ibnu ‘Aqil yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif antara reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa di Mi Ibnu ‘Aqil Ciomas Bogor. Hal ini ditunjukan dengan uji korelase maka rtabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,336. Jika rxy ≥ dari rtabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, sebaliknya jika rxy ≤ dari rtabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Dari hasil penghitungan yang diperoleh peneliti rxy (0,481) lebih besar dari rtabel, karena rxy lebih besar dari rtabel maka Ha diterima dan Ho ditolak
PENGARUH METODE BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA dI MI AL-QOLAM CIBUNGBULANG BOGOR Gugun Gunawan; Shela Nur Anbarsari
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 1 (2021): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1239.591 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i1.157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel X yaitu metode mind mapping terhadap variabel Y minat belajar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Dalam model ini terdapat dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji “t”. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis thitung= 8,321 >  ttabel=1,671 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi metode mind mapping terhadap minat belajar siswa di MI Al-Qolam
HUBUNGAN PERILAKU PESERTA DIDIK DENGAN HASIL PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MI AMANATUL MUSLIMIN JAKARTA Azwar Anas; Lola Vivi Auliyah
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 2 (2022): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.78 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i2.158

Abstract

Peserta didik biasanya mempunyai perilaku atau karakter yang berbeda, dari yang berperilaku positif maupun negatif, kebanyakan dari peserta didik belum mengetahui apakah hal yang mereka lakukan perilaku yang  baik atau buruk, maka dari itu dengan adanya pelajaran akidah akhlak, peserta didik mampu mempelajari pembentukkan ahklak secara teoritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perilaku Peserta didik di MI Amanatul Muslimin Jakarta, penelitian ini termasuk kuantitatif dengan pendekatan korelasional, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Amanatul Muslimin Jakarta adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara perilaku peserta didik dengan hasil pembelajaran akidah akhlak, hal ini berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment memiliki nilai signifikasi 0,152 > lebih besar dari 0,05, maka artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel perilaku peserta didik dengan Variabel hasil pembelajaran akidah akhlak
KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMANATUL MUSLIMIN JAKARTA Ria Rizki Agustini; Aminah
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 2 (2022): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1108.901 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i2.159

Abstract

Kecerdasan adalah suatu kemampuan. Pada dasarnya setiap siswa tentu memiliki kecerdasan dengan tingkat yang berbeda. Proses pembelajaran akan berdampak positif apabila siswa dapat mengontrol emosinya. Artikel ini berusaha untuk memahami, sejauh mana kecerdasan emosional memiliki hubungan terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI Amanatul Muslimin Jakarta. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Amanatul Muslimin Jakarta. Sampel diambil secara keseluruhan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian diberikan instrumen angket untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan instrumen tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Hasil analisis data pada taraf signifikansi  pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelasional Product Moment diperoleh thitung = 4,67 dan ttabel = 1,69 serta nilai koefisien sebesar 43% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Amanatul Muslimin Jakarta
PENGARUH MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI MAN BAHUL ULUM 2 CIAMPEA Imronudin; Ilham Arrasyid
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 2 (2022): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.946 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i2.160

Abstract

Pengelelolaan kelas merupakan keterampilan seorang guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal sedangkan atau digerakkan dengan adanya dorongan dari internal maupun eksternal terciptanya kondisi belajar yang optimal tidak terlepas dari seorang guru yang seorang guru adalah saat seluruh siswa di dalam kelas termotivasi untuk semangat dalam belajar. Penelitian ini di laksanakan di MI Manbahul Ulum 2 Ciampea yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di MI Manbahul Ulum 2 Ciampea Populasi kelas terhadap motivasi belajar siswa di MI Manbahul ulum 2  Ciampea populasi yang di ambil adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 Siswa Metode penelitian yang di gunakan adalah dekskriptif  kuantitatif . Data yang di peroleh itu di peroleh itu di olah dengan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil dari perhitungan uji regresi antara Variabel X dan Y di ketahui nilai signifikasikan 0,000< 0,05 dan T hitung 5,647 > T tabel 4, 275 hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh seacara signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar di kelas VI MI Manbahul ulum 2 Ciampea
PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP SISWA YANG MENGGUNAKAN BAHASA DAERAH Elyvia Widyaswarani; Istiqomah
INSTRUKTUR Vol. 1 No. 2 (2022): INSTRUKTUR
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1085.521 KB) | DOI: 10.51192/instruktur.v1i2.298

Abstract

Fokus dari tulisan ini adalah bagaimana peran guru dalam mengajarkan Bahasa Indonesia terhadap siswa yang menggunakan bahasa daerah sebagai komunikasi interpersonal dalam keluarganya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research,. Hasil dari penelitian ini bahwa guru mempunyai peran yang sangat besar terhadap kemampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia pada dasarnya merupakan landasan awal pembelajaran di sekolah karena tujuan pembelajaran dapat tercapai jika siswa memahami dan menguasai penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar yang digunakan dalam komunikasi pembelajaran.

Page 1 of 3 | Total Record : 24