cover
Contact Name
Aprilianto Amir
Contact Email
aprilianto.amir@gmail.com
Phone
+6282299551985
Journal Mail Official
admbisnis.utb@gmail.com
Editorial Address
Universitas Tulang Bawang (UTB) Lampung Jl. Gajah Mada. No. 34 Kotabaru, Bandar Lampung 35121
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Business Perspective Journal
ISSN : 27977498     EISSN : 27979164     DOI : https://doi.org/10.37090/bpj
Core Subject : Economy,
Business Perspective Journal is an online and printed journal published by the Business Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Tulang Bawang University, Lampung. This journal contains various articles related to research results and studies in the field of business administration at the local and national scope, covering the fields of organization, management, administration, marketing, finance, taxation and accounting.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Business Perspective Journal" : 6 Documents clear
Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Performa Bisnis Suradi Suradi
Business Perspective Journal Vol. 1 No. 2 (2021): Business Perspective Journal
Publisher : Prodi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Tulang Bawang Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.909 KB) | DOI: 10.37090/bpj.v1i2.564

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CRM terhadap business performance. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang yang menggunakan metode studi literature (literature review) yaitu metode yang mengumpulkan dan mensitesis peneltian sebelumnya. Dengan metode penelitian kualitatif, peneliti melakukan analisis deskriptif. Metode analitis-deskriptif dilakukan dengan cara memberikan keterangan dan gambaran yang sejeleas-jelasnya secara sistematis, objektif. Simpulan penelitian ini adalah CRM berpengaruh terhadap performa bisnis.
Analisis Pengembangan Jaringan Bisnis Produk Multivitamin Pt. Amindoway Jaya di Bandar Lampung Aprilianto Amir; Ellen Chintia
Business Perspective Journal Vol. 1 No. 2 (2021): Business Perspective Journal
Publisher : Prodi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Tulang Bawang Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.53 KB) | DOI: 10.37090/bpj.v1i2.565

Abstract

Perusahaan multi level marketing adalah perusahaan yang membangun jaringan distribusi untuk mempromosikan produk dan layanan langsung ke konsumen. Jaringan bisnis seperti ini membuka peluang bagi seseorang yang ingin memiliki usaha sendiri. Bisnis multi level marketing ini tidak membutuhkan modal awal yang tinggi, kebutuhan tempat usaha, sementara produk telah disiapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengembangan jaringan bisnis produk multivitamin PT. Amindoway Jaya. Populasi penelitian adalah perusahaan multi level marketing PT. Amindoway Jaya, khususnya Amway Business Owner (ABO). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskritif kualitatif. Metode ini menyajikan hakikat hubungan antara peneliti dan responden secara langsung. Mendorong perolehan data yang lebih rinci dan akurat dengan keterlibatan peneliti sendiri di lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk mengembangkan jaringan bisnis berdasarkan aspek armada penjualan yaitu Amway Business Owner (ABO) yang didukung oleh sistem Network Twenty One (N21) dengan 6 langkah praktis, diantaranya menuliskan cita-cita/impian, membuat daftar nama, membuat janji, presentasi, memakai produk dari bisnis sendiri, mengikuti sekolah bisnis. Berdasarkan aspek pembagian keuntungan, telah terprogram dengan baik. Amway Business Owner (ABO) memiliki potensi keuntungan yang sangat besar bahkan tidak terbatas dari bisnis ini. Berdasarkan aspek penjualan, sistem penjualan produk dilakukan secara langsung atau direct selling. Untuk mempertahankan persaingan dengan perusahaan multi level marketing lainnya maka semua produk PT. Amindoway Jaya dilindungi dengan Amway Promise. Kata kunci: pengembangan jaringan, multi level marketing, sistem network 21
Pengaruh Promosi terhadap Penjualan Popok Bayi Sweety pada Distributor PT. Perdana Adhi Lestari di Bandar Lampung Suryani Suryani; Aditya Revando
Business Perspective Journal Vol. 1 No. 2 (2021): Business Perspective Journal
Publisher : Prodi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Tulang Bawang Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.304 KB) | DOI: 10.37090/bpj.v1i2.566

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan PT Perdana Adhi Lestari, pengaruh biaya periklanan terhadap volume penjualan PT Perdana Adhi Lestari, dan pengaruh biaya promosi dan biaya periklanan terhadap volume penjualan pada PT Perdana Adhi Lestari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe explanatory research yang bersifat menjelaskan dan meneliti pengaruh variabel-variabel yang ada. Data yang digunakan selama 3 tahun dari 2017 – 2019 yang terdiri dari biaya promosi, biaya periklanan, dan volume penjualan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dan pengujian signifikansi menggunakan uji t dan uji F. Perhitungan statistik menggunakan analisis regresi sederhana diketahui biaya promosi terhadap volume penjualan Y= 5222,9 + 0,0000193 X1, biaya periklanan terhadap volume penjulan Y = 5638,8+ 0,00007478 X2. Melalui analisis regresi berganda antara biaya promosi dan biaya periklanan terhadap volume penjualan Y = 5044,6 + 0,0000195 X1 + 0,0000904 X2. Dengan menggunakan uji F diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 18,2 lebih besar dari F tabel (df1 = k = 2 dan df2 = n – k - 1 = 72 – 2 - 1 = 69) sehingga F tabel sebesar 3,13. Didapatkan nilai signifikansi (P value) sebesar 0,001. Karena nilai P value kurang dari 0,05 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif biaya promosi terhadap volume penjualan dengan t hitung = 5,224 lebih besar dari t tabel = 1,691 dengan signifikansi 5%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan biaya periklanan terhadap volume penjualan dengan t hitung = 4,729 lebih besar dari t tabel = 1,691 dengan 5%; (3) Terdapat pengaruh signifikan biaya promosi dan biaya periklanan terhadap volume penjualan dengan F hitung = 24,147 lebih besar dari F tabel = 3,260 dengan taraf kesalahan 5%. Kata kunci: biaya promosi, biaya periklanan, volume penjualan
Efek Promosi dan Electronic Word of Mouth terhadap Peningkatan Penjualan di Media Sosial Instagram Dora Rinova; Caesar Lorenzo Zulio
Business Perspective Journal Vol. 1 No. 2 (2021): Business Perspective Journal
Publisher : Prodi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Tulang Bawang Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.975 KB) | DOI: 10.37090/bpj.v1i2.567

Abstract

Bersamaan meningkatnya interaksi orang satu sama lain dengan memakai dunia digital, menjadikan dunia digital bukan cuma hanya selaku fasilitas komunikasi melainkan fasilitas perdagangan dan jadi fasilitas promosi. Tujuan dari riset ini merupakan buat mengenali dampak promosi terhadap kenaikan penjualan dengan media sosial instagram, buat mengenali dampak electronic word of mouth terhadap kenaikan penjualan dengan social media instagram, buat mengenali dampak promosi serta electronic word of mouth terhadap kenaikan penjualan dengan media sosial instagram. Tipe riset yang digunakan merupakan riset asosiatif sebab dalam riset ini memakai 3 variabel yang hendak diteliti. Hasil riset membuktikan kalau promosi (x1) serta electronic word of mouth (x2) secara bersamasama (simultan) pengaruhi signifikanterhadap kenaikan penjualan (y). Jika promosi tidak menarik maka konsumen kurang tertarik dengan jasa yang ditawarkan sehingga persepsi konsumen terhadap jasa dari Eternal.Lab kurang meyakinkan dan testimoni dari para konsumen akan berkurang, maka akan berkurang juga tingkat penjualan yang dihasilkan oleh Eternal.Lab. Kata kunci: efek promosi, elektronic word of mouth, peningkatan penjualan, media sosial instagram
Kualitas Pelayanan Administrasi di Kecamatan Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara Suhartina Suhartina; Tina Tina
Business Perspective Journal Vol. 1 No. 2 (2021): Business Perspective Journal
Publisher : Prodi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Tulang Bawang Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.992 KB) | DOI: 10.37090/bpj.v1i2.568

Abstract

Salah satu tugas pokok pemerintah adalah memberikan pelayanan. Pelayanan publik adalah pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh publik (masyarakat) dan tentu saja dengan tujuan agar dapat menigkatkan kesejahteraan masyarakat, dan penyelengaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya, mulai dari permohonan sampai ketahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan, baik buruknya pelayanan juga akan mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap sistem kepemerintahan dan kesejahteraan masyarakat. Dan pada penelitian ini juga guna untuk mendeskripsikan pelayanan di kecamatan kota bumi yang dilakukan apakah sudah baik atau belum yang nanti akan dinilai melalui wujud pelayanan , kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati . Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualititatif dengan metodepengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah dilakukan pembahasan secara bertahap pada bab-bab sebelumnya terutama dalam pelayanan kartu tanda penduduk elektronik di kantor kecamatan kota bumi masih kurang maksimal. Penyebab masih buruknya beberapa aspek dari kualitas pelayanan seperti kecepatan pelayanan, tanggapan masyarakat masalah waktu penyelesaian E-KTP yang terlalu lama dan masalah disiplin kerja pegawai yang menyebabkan pelayanan E- KTP belum baik. Peneliti juga menyarankan agar pegawai kependudukan harus lebih cepat dan tepat waktu dalam melayani masyarakat. Serta memperhatikan waktu masuk dan keluar kerja guna meningkatkan kualitas pelayanan.Kemudahan pelayanan yang pegawai lakukan ialah harus memberikan informasi yang jelas dan langsung kepada masyarakat agar supaya informasi tersebut dapat dipahami oleh masyarakat. Pegawai hendaknya selalu melihat ke dimensi keadilan karena pelayanan dalam bentuk kesamaan waktu yang diberikan pegawai kependudukan masih kurang, sehingga pihak kependudukan harus lebih disiplin dan tidak boleh lebih mementingkan kepentingan pribadi atau kerabat. Kata kunci: kualitas, pelayanan, administrasi
Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Laptop Asus pada CV. Warna Komputer di Bandar Lampung Melan Susanty; Guruh Parhan Mayyusuf
Business Perspective Journal Vol. 1 No. 2 (2021): Business Perspective Journal
Publisher : Prodi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Tulang Bawang Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.626 KB) | DOI: 10.37090/bpj.v1i2.569

Abstract

Warna Komputer merupakan salah satu toko yang menjual berbagai merek dan type Laptop, salah satunya yaitu laptop Asus yang cukup banyak diminati oleh banyak orang, yang beralamat di Simpur Center lantai 4, Jalan Brigjend Katamso Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan penjualan Laptop pada CV. Warna Komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara CV. Warna Komputer dalam menerapkan strategi apa yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan Laptop, dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan Teori Bauran Pemasaran yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi ketatnya Persaingan usaha dibidang yang sama pihak pengusaha dituntut untuk terus berinovasi dan menciptakan hal-hal baru mulai dari menciptakan produk unggulan, tempat yang menarik, harga yang terjangkau dan strategi promosi yang baik juga dapat meningkatkan pembelian. Pemanfaatan media sosial dan market place sebagai media promosi yang dilakukan CV. Warna Komputer sudah cukup efektif, terlebih dengan melihat pada zaman era digital ini semua orang lebih dimudahkan dengan jaringan internet, adanya fitur-fitur media sosial dan market place yang dapat membantu CV. Warna Komputer dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat. Kata kunci: strategi, pemasaran, bauran pemasaran, penjualan

Page 1 of 1 | Total Record : 6