cover
Contact Name
Sudianto
Contact Email
sudianto@unma.ac.id
Phone
+6285317777552
Journal Mail Official
didacticalmathematics@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Program studi Pendidikan Matematika Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Email : didacticalmathematics@unma.ac.id
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Didactical Mathematics
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 26227525     EISSN : 26549417     DOI : https://doi.org/10.31949/dm.v4i1
Core Subject : Education,
The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Teaching Mathematics, Development of Mathematics Teacher Professionals, Ethnomatematics in Mathematics Learning, Didactic Design in Mathematics Learning, Lesson Study in Mathematics Learning
Articles 145 Documents
Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Ijce Hormadia; Aan Putra
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.247 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.914

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran itu sangat diperlukan terutama dalam pembelajaran matematiaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui jurnal-jurnal yang terkait untuk dikaji. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SRL (Systematic Literatul Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan meriview semua artikel mengenai kemampuan berpikir kreatif yang diterbitkan dalam kurun waktu 2015-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 28 artikel jurnal nasional terakriditasi yang diperoleh dari database geogle scholar menggunakan aplikasi publish or perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif sangat erat kaitannya dengan siswa terutama pada pembelajaran matematika karena dengan berpikir kreatif dapat memunculkan banyak manfaat pada siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya teori dan penelitian yang mendukung ketrampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika serta berhasil dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif baik pada siswa tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah
Efektivitas Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi kasus di SMA dan MA Kota Bengkulu) Guspita Malinda
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.265 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.915

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika adalah dalam menyelesaikan masalah matematika. Tuntutan kurikulum mengharuskan siswa menguasai kemampuan pemecahan masalah sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 dan MAN 1 Kota Bengkulu. Instrumen pengumpulan data berupa soal pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji statistik Anova dan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (2) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil uji anova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 dan 0,004 kurang dari alpha (0,05)
Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Pokok Pembahasan Segiempat Acep Jamaludin
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.656 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.1004

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesulitan peserta didik dalam pembahasan materi bangun datar khususnya pada materi segiempat. Setelah diteliti ternyata masih banyak selulitan yang dialami oleh siswa. Terbukti dengan dari 20 siswa, hanya 25 % siswa yang dapat menjawab soal nomor 1, 45 % yang bisa menjawab soal nomor 2, sedangkan untuk soal nomor 3 tidak ada seorangpun siswa yang mampu menjawab dengan benar. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi segiempat masih kurang maksimal. . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang paling dasar. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal segiempat, hal ini terlihat dari hasil observasi yang didapatkan masih kurang maksimal. Siswa masih belum memahami konsep keliling dan luas bangun datar, kurangnya pemahaman unsur-unsur yang terdapat pada bangun datar serta kurangnya penguasaan materi prasyarat dari bangun datar.
Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Matematika SMP di Kota Waingapu Yuliana Nuhamara; Mega Retno Wulandari; Erwin Randjawali
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.394 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.1005

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan kegiatan belajar. Namun, pada kenyataannya penggunaan media pembelajaan belum maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian terkait penggunaan media pembelajaran agar dapat mengetahui penggunaan media pembelajaran matematika, sikap siswa, frekuensi penggunaan media dan manfaat penggunaan media pembelajaran matematika SMP di Kota Waingapu.berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa: 1) Penggunaan media pembelajaran SMP di Kota Waingapu yaitu 66,14% dengan kategori baik artinya guru-guru menggunakan media pembelajaran matematika; 2) Sikap siswa terhadap media pembelajaran matematika yaitu 76,33% dengan kategori baik artinya siswa setuju bahwa media mempengaruhi semangat belajar siswa; 3) Frekuensi penggunaan media pembelajaran SMP di Kota Waingapu yaitu 60,48% dengan kategori cukup artinya guru sudah menggunakan media dalam mengajar namun belum maksimal; dan 4) Manfaat dalam penggunaan media pembelajaran SMP di Kota Waingapu yaitu 84, 59% dengan kategori baik sekali artinya siswa setuju bahwa ada manfaat penggunaan media pembelajaran matematika.
Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Segiempat Vita Nur Millaty
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.916 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.1020

Abstract

Kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis sangat penting untuk dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 32 Semarang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP N 32 Semarang sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tenik kuesioner, observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis sebanyak 8 soal uraian dan angket kemandirian belajar sebanyak 30 skala pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat sebesar 71,8% dan 28,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Penggunaan Podcast Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa selama Gangguan Pandemi Kintan Tyara Augie
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.523 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.1042

Abstract

Rendahnya peringkat global siswa Indonesia dalam hal matematika menjadi masalah baru di dunia pendidikan. Namun, masalah menjadi lebih kompleks ketika pandemi datang dan mengakibatkan lahirnya sistem belajar jarak jauh. Dalam situasi seperti ini, seorang guru dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya dalam pelajaran matematika dengan mengembangkan berbagai keterampilan yang dimiliki oleh siswanya, sembari memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satu keterampilan siswa yang dapat dikembangkan adalah keterampilan berpikir komputasi. Keterampilan ini dapat dikembangkan melalui media pembelajaran podcast. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran podcast untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasinya di masa pandemi. Subjek pada penelitian ini meliputi siswa kelas X di tiga SMA Kabupaten Garut yang berusia 15-16 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan fokus penelitian adalah mengkaji respons siswa terhadap penggunaan podcast untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasi siswa selama situasi pandemi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons siswa ada dalam kategori kuat yang artinya siswa merespons dengan baik penggunaan podcast sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir komputasi selama gangguan pandemi.
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpiir Kritis Siswa Sekolah Dasar Erni Nurjanah; Ardi Cahyadireja; Zulfah Wulandari
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.929 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.1057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi operasi hitung pecahan di kelas IV SDN 2 Cidadap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa SDN 2 Cidadap dan SDN 1 Pasirhalang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN 2 Cidadap dan kelas IVA SDN Pasirhalang. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes berbentuk soal uraian dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pada saat pretest dan posttest. Hasil analisis data pretest diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar kelas IV SDN 2 Cidadap masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 48. Sedangkan, hasil analisis data pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 80. Berdasarkan hasil uji t independen atau Independent Sample T Test diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Dari hasil temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi operasi hitung pecahan di kelas IV SDN 2 Cidadap.
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Timbangan Bilangan SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi Dariyanto; Awiria; Suharjudin
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 1 (2021): April 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.27 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i1.1197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan media timbangan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SDN Teluk Pucung I Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas SDN Teluk Pucung I Bekasi tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas model Kemmis and Taggard yang terdiri dari dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes formatif, observasi guru, dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan prestasi belajar matematika menggunakan media timbangan. Pada siklus pertama menghasilkan nilai dengan prosentase 54 % dan pada siklus kedua menghasilkan nilai dengan prosentase 70%. Pembelajaran dengan menggunakan media timbangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah prestasi belajar siswa semakin baik. Berdasarkan hal tersebut disarankan agar media timbangan ini digunakan sebagai salah satu media yang menjadi bahan pertimbangan guru untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
Analisis Buku Teks Matematika Kelas VII Semester II Kurikulum 2013 Terbitan Erlangga Berdasarkan Pendekatan Saintifik Jesica Angela Fitri; Hari Sumardi; Edi Susanto
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.622 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i2.1351

Abstract

This research purposed to analyzed the suitability the presentation of the material in the mathematics textbook for seventh grade semester second of the 2013 Curriculum published by Erlangga chapter on geometry based on a scientific approach. The type of research was descriptive qualitative research. The facts studied in this research were the suitability of presenting material in textbooks based on a scientific approach using 2 data collection techniques, namely documentation and observation sheets. The results showed the suitability of presenting material in mathematics textbooks in the angles and parallel lines chapter of 81.56% included in the very suitable criteria. Percentage of the observing stage of 91,66%, questioning stage of 67,11% , experimenting stage of 97,22%, associating stage of 68,05%, and communicating stage of 83,77%. In the rectangular chapter, the level of conformity was 91.65%, which included in the very suitable criteria. Percentage of the observing stage of 100%, questioning stage of 85,05% , experimenting stage of 97,22%, associating stage of 86,88%, and communicating stage of 88,88%. In the triangle chapter had a high level of the suitability of 94.1% included in the very appropriate criteria. Percentage of the observing stage of 100%, questioning stage of 92,75%, experimenting stage of 100%, associating stage of 77,75%, and communicating stage of 100%.
Analisis Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Terbitan Erlangga Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik Dwi Agusantia; Hari Sumardi; Edi Susanto
Didactical Mathematics Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.704 KB) | DOI: 10.31949/dm.v3i2.1354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian penyajian materi pada buku teks matematika SMP kelas VIII semester II terbitan Erlangga kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik. Materi yang dianalisis terdiri dari dua bab, yaitu: (1) Statitika, dan (2) Peluang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembar observasi. Adapun aspek-aspek yang dinilai terdiri dari 5M tahapan saintifik, yaitu: (1) Menyajikan objek atau masalah yang akan diamati siswa, (2) Objek atau masalah yang disajikan memuat pertanyaan yang mendorong siswa untuk bertanya dan memahami materi lebih lanjut, (3) Objek atau masalah memuat data atau informasi yang berkaitan dengan materi, (4) Objek atau masalah memuat data atau informasi yang dapat membantu siswa melakukan pengolahan data, dan (5) Objek atau masalah yang disajikan dapat menuntun siswa membuat simpulan. Sumber data pada penelitian ini yaitu buku matematika SMP/MTS kelas VIII semester II terbitan Erlangga kurikulum 2013 yang disusun oleh M.Cholik Adinawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bab Statistika memiliki tingkat kesesuaian sebesar 76% dengan kategori sangat sesuai, dan (2) bab peluang memiliki tingkat kesesuaia sebesar 86% dengan kategori sangat sesuai.

Page 1 of 15 | Total Record : 145