cover
Contact Name
Meilina Ardiani
Contact Email
pembahas.editor@gmail.com
Phone
+6281364832383
Journal Mail Official
encikabdulrazak25@gmail.com
Editorial Address
Jalan Ababil No. 7A, Manyar Sakti Kelurahan Simpangbaru, Kecamatan Binakrida 29285 Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
ISSN : 28095367     EISSN : 28096355     DOI : 10.55909/jpbs
Core Subject : Education,
Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of language and literature teaching. Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) is a journal that covers issues concerning at languages and lerature teaching and learning  at the all level of education. This article is based on the results of research and theoretical studies which are equivalent to research supported by various theoretical studies that produce research in the form of educational research, learning research, and classroom action research. Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) is published six times a year in January, March, May, July, September, and November
Articles 52 Documents
Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD Sri Hariyati
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.486 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) kategori membaca pemahaman; 2) sama-tidaknya kategori membaca instruksi per kelompok sampel; 3) kategori penguasaan soal cerita dalam matematika; 4) sama-tidaknya kategori penguasaan soal cerita dalam matematika per kelompok sampel; 5) kompaasi antara membaca instruksi dan penguasaan soal cerita dalam matematika. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel berjumlah 41 siswa dari 45 siswa yang dipilih secara random. Instrumen penelitian: 1) tes objektif membaca instruksi; 2) tes objektif penguasaan soal cerita dalam matematika. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan April 2021. Analisis data menggunakan statistik inferensial yakni uji t satu sampel, uji t sampel independen, dan uji ANOVA dua arah. Semua analisis statistik inferensial paramtetrik ini dipakai karena data memenuhi syarat uji asumsi. Hasil penelitian memperlihatkan: penguasaan soal cerita berkategori rendah, tidak terdapat perbedaan penguasaan soal cerita dalam matematika per kelompok sampel, membaca instruksi berkategori rendah, tidak terdapat perbedaan membaca instruksi menurut kelompok sampel, dan tidak terdapat perbedaan penguasaan soal cerita dalam matematika dan membaca instruksi per kelompok sampel.
Pembelajaran Membaca Permulaan Bermedia LKPD Berbasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah Rusnah
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.284 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.9

Abstract

Supervisi klinik bidang pembelajaran merupakan kegiatan strategis yang dilakukan kepala sekolah terhadap para guru di lingkungannya. Bagi guru, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat mengamati langsung prosedur pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah. Bagi kepala sekolah, kegiatan ini bermanfaat untuk memenuhi tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor. Supervisi klinik berbentuk pembelajaran membaca permulaan berbasis bahan ajar alternatif di semester ganjil 2021-2022 kelas 1 SD Negeri 020 Pancur, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Sasaran utama pembelajaran untuk supervisi guru tentang cara meningkatkan membaca permulaan melalui LKPD. Subjek berjumlah 11 siswa yang belum mampu membaca kata dasar berfonem rangkap dan 2 orang guru kelas 1 yang sekaligus bertindak sebagai observer. Instrumen penelitian: 1) tes esai membaca permulaan; 2) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam pembelajaran; 3) kuesioner pernyataan guru tentang pemahaman mereka untuk melaksanakan pembelajaran berbasis bahan ajar alternatif. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan Oktober 2021 untuk 6 kali pertemuan. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) para guru kelas 1 menyatakan dapat mengikuti prosedur mengajar untuk kegiatan inti seperti yang diperagakan oleh kepala sekolah; 2) empat dari 11 orang siswa (36,36 persen) tuntas membaca permulaan pada siklus I dan 36,36 persen juga untuk siklus II melalui LKPD.
Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: Hasil Prates Menggunakan Google Form Muhammad Zulfadhli
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.037 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan tentang karya tulis ilmiah bagi mahasiswa baru. Deskripsi ini juga dibedakan atas nama jurusan. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan di awal semester ganjil tahun akademis 2020/2021. Populasi penelitian adalah 145 mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Sampel dipilih secara random sederhana sebanyak 107 orang. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda dengan 5 opsi yang memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan melalui tes secara virtual melalui fasilitas google form. Analisis data menggunakan statististik inferensial parametriks yakni uji t satu sampel dan uji Anova searah melalui penghitungan SPSS. Prosedur statistik inferensial parametriks dipakai karena data berasal dari anggota populasi yang berdistribusi normal dan sampel ditarik secara random dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan tentang karya tulis ilmiah bagi mahasiswa baru berkategori rendah; dibuktikan oleh nilai uji t satu sampel sebesar -1,20 yang sig. 0,265 > p = 0,05; 2) tidak terdapat perbedaan kategori pengetahuan tentang karya tulis ilmiah bagi mahasiswa baru berdasarkan kelompok sampel pada nilai F = 0,314 yang sig. 0,903 > p = 0,05. Hasil ini sangat berguna untuk kaji-ulang atas bahan ajar yang sudah dipersiapkan tentang materi aspek pengetahuan karya tulis ilmiah.
Kedudukan Tokoh dalam Novel Siti Nurbaya menurut Interpretasi Mahasiswa Welsi Damayanti
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.627 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jumlah posisi pelaku dalam novel Siti Nurbaya menurut interpretasi mahasiswa. Selain itu, juga dideskripsikan hubungan antara interpretasi itu dengan perbedaan etnis dan jenis kelamin. Penelitian dilakukan di semester ganjil tahun akademis 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah 1.200 mahasiswa yang mengisi kuesioner melalui google form dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka yang beretnik Minang berjumlah 496 orang terbagi dari 124 orang lelaki dan 372 orang perempuan. Mereka yang beretnik non-Minang berjumlah 704 orang, terbagi dari 212 orang lelaki dan 492 orang perempuan. Sampel ditetapkan sebanyak 300 sesuai dengan prinsip Slavin. Instrumen penelitian adalah kuesioner melalui google forma yang berisi 5 jenis biodata mahasiswa dan pertanyaan tentang kedudukan 4 tokoh dalam Siti Nurbaya. Sampel dipilih secara random sederhana sesuai dengan perbandingan anggota populasi. Data kedudukan tokoh menurut interpretasi mahasiswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data hubungan antara kedudukan tokoh menurut interpretasi mahasiswa dengan jenis etnik dan jenis kelamin dianalisis menggunakan statistik inferensial nonparametriks yakni uji korelasi kontingensi. Temuan penelitian, menurut interpretasi mahasiswa, Siti Nurbaya adalah tokoh utama, Syamsul Bahri adalah tokoh kedua, Baginda Sulaiman sebagai tokoh pembantu pertama. Datuk maringgi sebagai tokoh pembantu kedua. Tidak ada hubungan signifikan antara kedudukan tokoh menurut interpretasi mahasiswa dengan etnik dan jenis kelamin.
Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Bahan Ajar Alternatif di Kelas 1 SD Hasnawati
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.751 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.12

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini memiliki 2 tujuan. Pertama, mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca permulaan yang menggunakan bahan ajar alternatif di kelas 1 SD Negeri 013 Tembilahan Hilir. Kedua, mendeskripsikan angka peningkatan ketuntasan membaca permulaan melalui pembelajaran yang menggunakan bahan ajar alternatif di kelas 1 SD Negeri 013 Tembilahan Hilir. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SD Negeri 013 Tembilahan Hilir, Indragiri Hilir, Riau. Subjek penelitian sebanyak 9 siswa kelas 1 SD. Instrumen penelitian: 1) RPP; 2) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa; 3) tes objektif membaca permulaan. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan di bulan Oktober 2021 dalam pembelajaran konvensional dengan kelas kecil karena mengikuti protokol Covid-19. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yakni prosedur persen. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Pertama, dijumpai pembelajaran 2 siklus. Siklus I dilaksanakan untuk 3 kali pertemuan sedangkan siklus II hanya berlangsung 2 pertemuan. Penggunaan bahan ajar alternatif terfokus kepada pendekatan individual. Kedua, besaran peningkatan ketuntasan hanya 3 orang (33,33 persen) di siklus I dan 5 orang (55,55 persen) di siklus II. Di akhir siklus II masih menyisakan seorang siswa (11,11 persen) yang belum mencapai KKM 80,00 persen.
Kemampuan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA: Pendekatan Dua Bahasa Fajar Marta; Diki Salman Alqo
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.22 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca teks eksposisi siswa SLTA. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2021/2022. Populasi adalah para siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungaraya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Populasi berjumlah 142; terbagi dari 5 kelas paralel. Sampel ditetapkan 105 dari 142 populasi yang ditarik secara random. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan membaca teks eksposisi. Tes berbentuk pilihan ganda 4 opsi yang dilaksanakan via google form. Instrumen tes teks eksposisi dibuat dalam dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tes memenuhi syarat validitas isi. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji satu t sampel dan uji ANOVA searah melalui fasilitas SPSS. Kemampuan membaca teks eksposisi versi bahasa Indonesia bagi siswa kelas X berkategori rendah; nilai uji t satu sampel 1,874 memiliki sig. = 0,064. Nilai ini lebih besar dari nilai alfa 0,05. Karenanya, hipotesis pertama diterima. Kemampuan membaca teks eksposisi versi bahasa Inggris berkategori rendah; nilai uji t satu sampel -5,701 memiliki sig. = 0,000. Nilai ini kecil dari nilai alfa 0,05. Karenanya, hipotesis kedua ditolak. Kemampuan membaca teks eksposisi versi bahasa Indonesia bagi siswa kelas X berkategori sama menurut perbedaan kelompok sampel; nilai uji F sebesar 0,357 memiliki sig. = 0,839. Nilai ini besar dari nilai alfa 0,05. Karenanya, hipotesis ketiga diterima. Hal yang sama juga terjadi untuk teks eksposisi versi bahasa Inggris; nilai uji F = 0,460 memiliki sig. = 0,765. Nilai ini lebih besar dari nilai alfa 0,05. Karenanya, hipotesis keempat diterima.
Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD Satria; Suntoko
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 2
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.706 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i2.14

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan menggali isi teks eksplanasi melalui pembelajaran teknik kloz per siklus. Penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa kelas VI SD Negeri 006 Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Semua mereka belum tuntas dalam pembelajaran masa orientasi. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan 4 prosedur per siklus yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus berisi 3 kali pertemuan termasuk sekali pertemuan yang didominasi oleh kegiatan tes formatif. Instrumen penelitian tindakan kelas ini: 1) LKPD teks eksplanasi dalam bentuk teks kloz; 2) RPP; 3) pedoman observasi; 4) tes kloz berbasis teks eksplanasi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan September 2021. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Analisis data kualitatif dilakukan secara tematik tentang kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran. Ditemukan penelitian tindakan dalam 2 siklus. Untuk siklus pertama terdapat 4 siswa (40,00 persen) yang mencapai KKM 80,00. Untuk siklus kedua, siswa mencapai KKM sebanyak 6 orang (60,00 persen) dari jumlah siswa.
Efektivitas Teknik Substitusi Numerik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Juriati Juriati; Darlisa Muhamad
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.187 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas teknik substitusi numerik dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian berlangsung di semester ganjil 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen, kelas IPS berjumlah 18 orang sebagai kelompok perlakuan dan kelas IPA sebanyak 18 oang sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian mencakup: LKPD yang berisi teknik numerik untuk pembelajaran menulis paragraf prosedur, RPP untuk pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur, dan instrumen tes menulis paragraf prosedur. Pembelajaran pada kelompok kontrol menggunakan teknik konvensional yakni memanfaatkan materi keterampilan menulis yang termuat di dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas XI. Pertemuan di setiap kelompok sebanyak 2 kali yakni 2 x 45 untuk pertemuan reguler dan 2 x 45 menit lainnya unuk pertemuan repetisi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan teknik substitusi dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur dinyatakan efektif. Hasil prates keterampilan menulis paragraf prosedur berkategori rendah. Hasil postes keterampilan menulis paragraf prosedur berkategori sedang untuk kelompok kontrol, tetapi berkategori tinggi untuk kelomppok eksperimen.
Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Nilfa Yenti; Dina Ramadhanti; Aruna Laila
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.038 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovey learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti, Sumatera Barat. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen. Rancangan yang dipilih adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 30 siswa SMP Negeri 2 Lembah Gumanti, Sumatera Barat. Instrumen penelitian terdiri atas tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksposisi, LKPD keterampilan menulis teks eksposisi melalui model dicovery learning, dan RPP terkait. Prosedur penelitian adalah pelaksanaan pretes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum perlakuan, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi melalui mode discovery learning, dan postes keterampilan menulis teks eksposisi. Untuk mengetahui pengaruh model disecovey learning dalam pembelajaran dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t sampel berpasangan secara manual tetapi divalidasi secara SPSS. Hal ini dilakukan karena semua uji asumsi yakni uji nomalitas dan uji homogenitas terpenuhi. Hasil pengujian ditemukan bahwa nilai t = 5,621. Nilai t tabel pada tingkat kepercayaan 0,95 dan derajad kebebasan 29 sebesar 1,699. Dengan demikian, t = 5,621 > t0,95(29) = 1,699 sehingga Ho ditolak. Kesimpulannya, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
Keefektifan Model Pembelajaran Demonstrasi Bisu terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Aldifron Aldifron; Dina Ramadhanti; Aruna Laila
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1: Januari (2022): JURNAL PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.463 KB) | DOI: 10.55909/jpbs.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran demonstrasi bisu terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen. Rancangan yang dipilih adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Instrumen penelitian terdiri atas tes unjuk kerja keterampilan menulis teks prosedur, LKPD keterampilan menulis teks prosedur melalui model demonstrasi bisu, dan RPP terkait. Prosedur penelitian adalah pelaksanaan pretes keterampilan menulis teks prosedur sebelum perlakuan, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur melalui model demonstrasi bisu, dan postes keterampilan menulis teks prosedur. Untuk mengetahui efektivitas model demonstrasi bisu dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t sampel berpasangan secara manual tetapi divalidasi melalui SPSS. Hal ini dilakukan karena semua uji asumsi yakni uji nomalitas dan uji homogenitas terpenuhi. Uji t satu sampel untuk data pretes 0,114 pada sig. 0,910 sehingga sig. 0,910 > 0,05 maka Ho diterima. Dengan demikian, perkiraan mean pretes maksimal 11 (52,38%) terhadap hasil pretes 11,03 (52,51%) ternyata benar berkategori rendah. Uji t satu sampel untuk data postes sebesar -1,734 pada sig. 0,091 sehingga sig. 0,091 < 0,05 maka Ho diterima. Dengan demikian, perkiraan mean pretes maksimal 16,5 (78,57%) terhadap hasil postes 16,47 (78,38%) ternyata benar yang berkategori tinggi. Uji t sampel berpasangan = 46,381. Nilai ini berada pada sig. 0.00 < nilai alpha 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak. Kesimpulannya, model demonstrasi bisu efektif terhadap pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang.