cover
Contact Name
Elana Era Yusdita
Contact Email
elaradita@unipma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fipa@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Setia Budi no 85 Madiun 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (FIPA)
ISSN : 23379723     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The proceedings contain papers in the field of accounting science and education that have been presented in Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi or Scientific Forum on Accounting Education (FIPA). This forum not only contains paper presentations, but also seminars with competent speakers in accounting and education. FIPA is held twice a year on March and September by HIMADIKSI (Accounting Students Association Students) under the auspices of Accounting Education Study Program, Universitas PGRI Madiun. Its focus and scope include financial accounting, accounting management, public sector accounting, accounting information system, auditing, taxation, accounting sharia, entrepreneurial accounting, banking accounting, innovation in accounting learning.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2016): FIPA 8" : 2 Documents clear
PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BTN CABANG MADIUN Anggin Nur
FIPA : Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Vol 4, No 2 (2016): FIPA 8
Publisher : FIPA : Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.352 KB)

Abstract

Penelitian inibertujuanuntuk mengetahuipengaruh produk knowledge dan terhadap pelayanan terhadap kepuasan nasabah secara simultanmaupunparsial.Sampel dalampenelitianini sebanyak 183 responden nasabah Bank BTN Cabang Madiun.Teknikpengambilansampel yang digunakandalampenelitianinimenggunakantekniksimple random sampling.Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala productknowledge, skala pelayanan, skala kepuasan nasabah.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif.Metode analisis yang digunakanadalahregresiberganda.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. BANK BTN Cabang Madiun yang berjumlah 350 nasabah dengan sampel sebanyak 183 orang responden.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi, Instrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner atau angket. Hasil dalam peneliian ini adalah 1)Productknowledgesecara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BTN Madiun. 2) Pelayanan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah harga Bank BTN Madiun. 3) Product knowledge dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BTN Madiun
ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PIUTANG UNTUK MENGURANGI RISIKO KREDIT MACET PADA KSU. AMANAH KABUPATEN NGAWI Siska Ratna Hartanti
FIPA : Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Vol 4, No 2 (2016): FIPA 8
Publisher : FIPA : Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem akuntansi piutang untuk mengurangi risiko kredit macet pada KSU. AMANAH Kabupaten Ngawi dan menganalisis prosedur pemberian kredit KSU. AMANAH kepada para anggota atau nasabahnya. Penelitian ini dilaksanakan di KSU. AMANAH Kabupaten Ngawi, pada bulan Maret sampai dengan Juli 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data yang dignakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, dengan sumber-sumber data yang meliputi wawancara dengan informan, observasi lapangan, dokumentasi, dan studi pustaka berupa literatur, jurnal, maupun referensi dari sumber lain yang terkait dengan varibel penelitian. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini, digunakan teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSU. AMANAH Kabupaten Ngawi sudah menerapkan sistem informasi akuntansi dan prosedur pemberian kredit pada anggota atau nasabah dengan baik sehingga berhasil meningkatkan kualitas sistem akuntansi piutang dan prosedur pemberian kredit di KSU. AMANAH Kabupaten Ngawi. Hal ini dapat diketahui dari jawaban sebagian besar informan yang menyatakan bahwa sudah cukup baik dalam menggunakan sistem akuntansi piutang yang terkomputerisasi. Kepuasan anggota atau nasabah terhadap kualitas pemberian kredit pada KSU. AMANAH Kabupaten Ngawi secara umum sesuai dengan teori dan kebijakan dari koperasi AMANAH. KSU. AMANAH Kabupaten Ngawi sudah memenuhi ketetapan dalam buku pedoman prosedur pemberian kredit dan ketetapan berdasarkan Undangundang No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Page 1 of 1 | Total Record : 2