cover
Contact Name
Marissa utami
Contact Email
marissautami@umb.ac.id
Phone
+6285159228701
Journal Mail Official
ikhafi.hrd@gmail.com
Editorial Address
Jl. Timur Indah Raya, Kota Bengkulu Kota Bengkulu, Bengkulu 38229.
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika
ISSN : 2655755X     EISSN : 27238091     DOI : -
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika (JUKOMIKA) adalah jurnal ilmiah peer-review yang membahas mengenai desain dan implementasi algoritma dalam sebuah perangkat lunak. Selain itu, jurnal ini juga membahas mengenai perangkat lunak yang dikembangkan berbasis robotika, kecerdasan buatan, pengolahan data serta informasi. Jurnal menerbitkan secara berkala dua kali setahun yaitu pada Juni dan Desember. Jurnal diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Penerbitan dan Percetakan Indonesian Scholar Khiar Wafi (LPPMPP IKHAFI) dibawah Yayasan Sejahtera Bersama Bengkulu. Semua artikel publikasi di Jurnal JUKOMIKA bersifat open-acess (terbuka) yang tersedia secara bebas online tanpa harus berlangganan. P-ISSN: 2655-755X E-ISSN: 2723-8091
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 5 (2019): Oktober" : 5 Documents clear
"PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYANDANG DISABILITAS BERBASIS WEB ABLE FOR DISABLE (AforD)” Wiwin Ade Mulyani
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 2, No 5 (2019): Oktober
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1100.392 KB)

Abstract

Paper ini menjelaskan mengenai usulan rancangan situs Sistem Informasi Penyandang Disabilitas Berbasis Web “Able for Disable (AforD)”, dimana penyandang disabilitas dan nondisabilitas dapat berbagi informasi, pengalaman, bakat serta memberikan edukasi berupa materi atau bahan pembelajaran untuk dapat berkomunikasi dengan penyandang disabilitas serta bersama-sama melakukan kegiatan sosial galang dana dan donasi bagi sesama yang sedang membutuhkan.
APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERLENGKAPAN GUNUNG BERBASIS WEB ( STUDI KASUS DI MEDITERANIAN OUTDOOR ) Achmad Hafiz Huzaefah
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 2, No 5 (2019): Oktober
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.847 KB)

Abstract

Mediteranian Outdoor merupakan tempat yang menyediakan produk perlengkapan gunung yang memfokuskan pada pelayanan dan kualitas produk yang baik. Pengolahan data penjualan dan persediaan barang pada Mediteranian Outdoor masih menggunakan sistem pembukuan serta sulitnya pemilik toko memberi informasi kepada konsumen mengenai barang yang sudah dikirim melalui jasa pengiriman logistik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah applikasi penjualan perlengkapan gunung berbasis web yang menggunakan perangkat lunak Sublime Text 3,  PHP dan MySql untuk data base, mengetahui implementasi sistem dan mengetahui analisis dan pengujian program pada Mediteranian Outdoor.
Aplikasi Manajemen Keuangan Pribadi (ANGSA) Berbasis Android Fauzani Fauzani
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 2, No 5 (2019): Oktober
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.315 KB)

Abstract

Manajemen keuangan pribadi menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada zaman ini sikap konsumtif masyarakat membuat individu cukup sulit untuk mengatur keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat  aplikasi manajemen keuangan pribadi berbasis android untuk membantu setiap individu mengatur keuangannya seperti pemasukan, pengeluaran, dan manajemen keuangan lainnya. Metodologi penelitian ini terdiri dari tahap pengumpulan data, analisa, perancangan serta implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi manajemen keuangan pribadi yang dapat mencatat transaksi keuangan setiap individu, menampilkan laporan keuangan serta simulasi perhitungan KPR syariah.
Aplikasi Marketplace Bahan Bangunan Berbasis Android (Studi Kasus: Toko Bangunan Bali) Ridoan Saleh Nasution
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 2, No 5 (2019): Oktober
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.937 KB)

Abstract

Aplikasi marketplace bahan bangunan ini mengambil studi kasus TB Bali di daerah Menteng Atas, Jakarta Selatan. Aplikasi ini diberi nama Golek. Terinspirasi dari nama buah mangga. Golek adalah sebuah media bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pemesanan bahan bangunan dengan mudah dan aman. Aplikasi ini diciptakan untuk membantu para pemilik toko bangunan meningkatkan hasil penjualannya serta mendorong masyarakat supaya lebih efisien dalam membeli bahan bangunan. Pembeli tidak perlu keliling kota untuk mencari toko bangunan yang menyediakan kebutuhannya. Aplikasi Golek dibuat menggunakan bahasa JavaScript dengan framework React Native dan penyimpan data berupa Firebase untuk klien. Aplikasi yang akan dibangun akan berbasis mobile dan kompatibel pada sistem operasi Android dan iOS. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall. Aplikasi ini diharapkan dapat: 1. Memudahkan masyarakat membeli bahan bangunan, 2. Meningkatkan daya jual toko bahan bangunan, 3. Menciptakan lapangan kerja baru.
Analisa dan Perancangan Aplikasi DUDU Untuk Manajemen Persediaan Bahan Baku dan Penjualan (Studi Kasus : Donat Madu Cihanjuang Cinere) Dwi Wanda Ramadhan; Handrie Noprisson
JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika) Vol 2, No 5 (2019): Oktober
Publisher : JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.202 KB)

Abstract

Pencatatan transaksi penjualan dan pendataan stok bahan baku pada Donat Madu Cihanjuang Cinere masih menggunakan cara konvensional yaitu menggunakan buku dengan perhitungan hasil penjualan yang mengandalkan sebuah kalkulator, sehingga menyulitkan karyawan atau owner dalam melakukan pengecekan dan pembuatan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi DUDU agar dapat memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi dan meminimalisir kesalahan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall namun hanya sampai pada Analisa kebutuhan dan desain sistem dengan menggunakan pemodelan visual Unified Modelling Language (UML). Hasil yang diharapkan berupa rancangan aplikasi DUDU yang memudahkan karyawan dalam pendataan stok bahan baku, penjualan dan laporan di Toko Donat Madu dan pemilik dapat melihat informasi secara real time dan akurat tanpa harus membuat pembukuan yang memakan banyak waktu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5