cover
Contact Name
Khairiatul Muna
Contact Email
alkawnu@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281953551996
Journal Mail Official
alkawnu@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Jalan Ahmad Yani Km 4,5 Banjarmasin Phone: 082218320771 (Febrianawati Yusup,M.Pd - Editor in Chief) Email: febrianawati.yusup@uin-antasari.ac.id
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal
ISSN : 28093542     EISSN : 28093542     DOI : https://doi.org/10.18592
Core Subject : Science, Education,
Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal is Open Access and Peer Reviewed journal that published by Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia Department, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. This journal include research articles about science learning consists development and design of learning, learning strategy, learning evaluation, inclusive education, teacher profesionalism, digital technology, and other relevant topics with the focus of science education; natural science consists theoretical and empirical research studies on natural science (biology, chemistry, physics or science application) and applied science that related the local wisdom and/or integrated to value of religion and culture. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal publishes biannually on October and April. This journal accepts submissions all year round. The template manuscripts can be downloaded here. This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in science learning, natural science and applied science. Editorial board receives the articles from the educators, obsrvers, researchers to be published after having tight selection, peer review, and serious editing.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2023): April 2023" : 4 Documents clear
Analisis Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di SMPN 1 Jenangan Ponorogo Arif Rahman Hakim; Risky Meita S; Sulistya Oktaviona
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol 2, No 2 (2023): April 2023
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v2i2.7883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. fokus dari penelitian ini adalah pada analisis terhadap proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jenangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripti dengan subjek penelitian terdiri dari waka kurikulum, guru IPA, dan peserta didik SMPN I Jenangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi dan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data dan analisis yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di SMPN 1 Jenangan pada tahap perencanaan telah terdeskripsikan dengan jelas sesuai dengan langkah-langkah dalam pendekatan saintifik, pada tahap pelaksanaan pendakatan saintifik telah dilaksanakan sesuai dengan yang tertulis di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan melakukan perubahan karena adanya kondisi atau situasi kelas yang tidak memungkin pelaksanakan pembelajaran sesuai rencana awal yang ditetapkan, dan untuk pelaksanaan pendekatan saintifik dalam kegiatan penilaian juga telah dilaksanakan dengan tepat dimana teknik yang digunakan disesuaikan dengan ranah yang dinilai yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik.
Analisis Penggunaan ILS Go-Labs dalam Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Nazifa Mumtaza; St. Maisarah; Akhmad Firdaus
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol 2, No 2 (2023): April 2023
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v2i2.7410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan ILS Go-Labs dalam pembelajaran kolaboratif guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ( library research ) yang menggunakan data sekunder dari berbagai sumber yang kemudian dianalisis secara berulang hingga data terpenuhi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pengembangan e-bookdengan menggunakan Go-Lab sebagai media pendukung dalam pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan semangat dan keingintahuan siswa. Penelitaian yang dilakukan oleh Durriyatut Tayyibah dan Fida Rachmadiarti pada tahun 2022 yang dibuka melalui jurnal BioEdu ini mendapatkan hasil yang sangat valid dengan skor teoritis 98,92% masuk dalam kategori sangat positif dan layak serta dapat melatih keterampilan literasi sains dengan skor 99,27% dengan kategori sangat positif dan layak Penerapan pembelajaran kolaboratif dalam pelajaran fisika juga efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dapat dilihat dari penelitian Inas Amania yang mendapatkan hasil nilai rata-rata laporan praktikum siswa, yang nilainya sudah mencapai . Tentunya hal ini memberikan pengaruh positif terhadap siswa.
Pengaruh Penggunaan Media Kartu Pintar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Materi Ekosistem Zakiyah Miskiyah; Nur Lina Safitri
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol 2, No 2 (2023): April 2023
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v2i2.7444

Abstract

Proses penyampaian pesan kepada siswa perlu dibuat menyenangkan, agar siswa tidak tegang dan lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran, karena hal ini bisa berdampak terhadap hasil belajar. Pendidik  perlu mempertimbangkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu pintar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gondangwetan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment pretest posttest control group design, dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa (1) Hasil Uji Independent Sample t-test angket motivasi belajar menyatakan Ho ditolak dengan skor sig. (2-tailed)sebesar 0,022 (2) Hasil Uji Independent Sample t-test tes hasil belajar menyatakan Ho ditolak dengan skor sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa penggunaan media kartu pintar dalam penelitian ini berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Gondangwetan.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Nurul Lathifah
Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal Vol 2, No 2 (2023): April 2023
Publisher : Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ak.v2i2.7570

Abstract

This study aims to determine how student learning outcomes on the material of the human digestive system class XI SMA Al Munawwir Tamban use flash card media. The design of this study used a pre-experimental research design with the type of One-Group Pretest-Posttest Design. The sample in this study used one class of 16 students. The treatment in this class is divided into two, namely by using flash card media and not using flash card media. The instrument given is in the form of a test instrument which consists of 30 multiple choice questions. The results showed that in the t-test the t-table value was 2.131, thus the t-count value was 15.800> 2.131, then the t-count value with t-table, it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an average difference between the pretest learning outcomes. with posttest, which means that there is an effect of using flash card media on Biology learning outcomes in class XI SMA Al Munawwir Tamban. Keywords: Flash card, learning outcomes.

Page 1 of 1 | Total Record : 4