cover
Contact Name
Imang Dapit
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6281327891223
Journal Mail Official
jaka@feb.dinus.ac.id
Editorial Address
Jl. Nakula I no. 5-11, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Kode Pos 50131
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Auditing)
ISSN : -     EISSN : 27232522     DOI : https://dx.doi.org/10.56696/jaka.v3i1
Core Subject : Economy,
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Auditing) adalah jurnal elektronik yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia. JAKA diterbitkan secara berkala dua kali setahun, setiap bulan April dan Oktober. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Auditing) mempublikasikan hasil penelitian untuk memberikan kontribusi baru untuk literatur Akuntansi, Keuangan dan Auditing. Topik Jurnal JAKA terkait dengan semua aspek akuntansi, tetapi tidak terbatas pada topik berikut: 1. Financial Accounting 2. Management Accounting 3. Accounting Information System 4. Auditing 5. Corporate Governance 6. Behavioral Accounting 7. Professional Accounting Ethics 8. Public Sector Accounting 9. Accounting Education 10. Islamic Accounting 11. Capital Market 12. Ethics and Professionalism of Accountant 13. Corporate Social Responsibility
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGARUH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SAMSAT ONLINE TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Kota Paruk Cahu Kalimantan Tengah) Entot Suhartono; Yeheskiel Yeheskiel
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.269 KB) | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.6688

Abstract

ABSTRACTMotor vehicle tax is one of the sources of local tax income, so to increase the amount of income from the sector is to increase taxpayer compliance. One way to improve taxpayer compliance is to provide a better quality of tax services, including providing convenience in paying taxes through Samsat Online. This study aims to analyze whether there is an influence before and after the implementation of Samsat Online on Motor Vehicle Tax Revenue in Puruk Cahu City, Central Kalimantan. The data used in this study are data on motor vehicle tax revenues 8 months before and 8 months after the application of Samsat Online and the analytical tool used in this study is Paired Sample Test. Based on statistical data processing and analysis results, that the application of Samtsat Online for ease of payment of Motor Vehicle Tax there is no significant difference. The conclusion of this research is that the application of Samsat Online does not affect the realization of Motor Vehicle Tax revenue in Puruk Cahu City, Central Kalimantan. Keywords: Taxpayer, Samsat Online, Tax Revenue, Motor Vehicle Tax, Taxpayer Compliance ABSTRAKPajak kendaraan bermotor adalah salah satu sumber penghasilan pajak daerah, sehingga untuk meningkatkan jumlah pendapatan dari sektor tersebut adalah dengan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Salah satu cara meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah memberikan kualitas pelayanan pajak yang lebih baik, diantaranya memberikan kemudahan dalam pembayaran pajak melalui Samsat Online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh sebelum dan sesudah penerapan Samsat Online terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Kota Puruk Cahu Kalimantan Tengah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penerimaan pajak kendaraan bermotor 8 bulan sebelum dan 8 bulan setelah penerapan Samsat Online serta alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Paired Sample Test. Berdasarkan olah data statistik dan hasil analisis, bahwa penerapan Samtsat Online untuk kemudahan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tidak ada perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari peneltian ini adalah penerapan Samsat Online tidak mempengaruhi realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Puruk Cahu Kalimatan Tengah. Kata Kunci: Wajib Pajak, Samsat Online, Penerimaan Pajak, Pajak Kendaraan Bermotor, Kepatuhan Wajib Pajak
IMPLEMENTASI PSAK 71 PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH Agung Prajanto
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.196 KB) | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.6642

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the impact of adjustments to the application of PSAK 71 on the financial statements of banking companies. Qualitative method with content analysis approach and literature study is the method used in this research. This study uses secondary data in the form of monthly, annual and audited financial reports of Bank Jateng for 2019-2021. The results of this study conclude that Bank Jateng has carried out several adjustments to financial instruments in accordance with PSAK 71. The adjustments include changes in asset classification, reassessment of CKPN values as the initial impact of the implementation of PSAK 71 and the use of the stage allocation model to measure CKPN values from early 2020 until with now.Keywords: PSAK 71, CKPN, BankABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengtahui dampak penyesuaian atas penerapan PSAK 71 pada laporan keuangan perusahaan perbankan. Metode Kualitatif  dengan pendekatan analisis isi dan studi kepustakaan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan bulanan, tahunan dan auditan Bank Jateng selama tahun 2019-2021. Hasil dari penelitian ini  menyimpulkan bahwa Bank Jateng telah menjalankan beberapa penyesuaian instrumen keuangan sesuai dengan PSAK 71. Penyesuaian tersebut meliputi perubahan klasifikasi aset, penilaian kembali nilai CKPN sebagai dampak awal penerapan PSAK 71 dan penggunaan model stage allocation untuk mengukur nilai CKPN sejak awal tahun 2020 sampai dengan sekarang.Kata Kunci: PSAK 71, CKPN, Bank
PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH, KUALITAS APARATUR PEMERINTAH DAERAH, GOOD GOVERNANCE DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris pada Kabupaten Batang) Fangela Myas Sari
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.407 KB) | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.6648

Abstract

ABSTRACKThis research aims to know the influence the application of government accounting standards, the quality of regional government apparatus, good governance and the utilization of technological information toward the quality of the financial statement of local in Regional Device Organization (OPD) of Batang Districts. This research included the correlational research. The sample of this research was determined by purposive sampling technique and it was obtained 63 respondents. The data analyzed by using multiple linier regression with SPSS software 23 version. The result of this research showed that the application of accounting standards and the utilization of technological information gave influence on the quality of the local financial statement, while the application of the quality of regional government apparatus and good governance did not give affect on the quality of the local Government financial’s statement.Keyword: government accounting standards, the quality of regional government apparatus, good governance the utilization of technological information and quality financial statement.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan standar akuntansi pemerintah kualitas aparatur pemerintah daerah, good governance dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan daerah di OPD Kabupaten Batang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan memperoleh 63 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan standar akuntansi pemerintah dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, sementara kualitas aparatur pemerintah daerah dan good governance tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah.Kata kunci: standar akuntansi pemerintah, kualitas aparatur pemerintah daerah, good governance pemanfaatan teknologi informasi dan kualitas laporan keuangan
ANALISIS PERTUMBUHAN NASABAH DEPOSITO MUDHARABAH PADA TAHUN 2016-2020 (STUDI KASUS DI KSPPS BMT AN-NAJAH KAUMAN WIRADESA) Siska Dewi; Anni Safitri; Adam Firdaus
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.481 KB) | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.6649

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this observation is to determine the growth of mudharabah deposit customers carried out by KSPPS BMT An-Najah Kauman Wiradesa where there is an unstable growth in the number of customers in 2016-2020. This study uses qualitative research methods and for data collection using observations, interviews, literature studies and documentation. Based on the research conducted, it is concluded that KSPPS BMT An-Najah in the growth of the number of customers on mudharabah deposit products has increased every year in 2016-2019. However, in 2020, the number of customers decreased, because the main cause was the COVID-19 virus pandemic.Keywords: mudharabah deposits, customers ABSTRAKTujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan nasabah deposito mudharabah yang dilakukan oleh KSPPS BMT An-Najah Kauman Wiradesa dimana adanya ketidakstabilan pertumbuhan jumlah nasabah pada tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian kualitatif dan untuk pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara,  studi kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan  penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa KSPPS BMT An- Najah dalam pertumbuhan jumlah nasabah pada produk deposito mudharabah mengalami peningkatan setiap tahunnya pada tahun 2016-2019. Akan tetapi berbeda pada tahun 2020 mengalami jumlah nasabah yang menurun, dikarenanakan penyebab utama adalah pandemi virus covid-19. Kata Kunci: deposito mudharabah, nasabah 
ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN LIMBAH PADA PT PANGGUNG JAYA INDAH Anni Safitri; Fushilat Sari
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.98 KB) | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.6640

Abstract

AbstractThe purpose of this study was to determine the ability to apply environmental accounting to waste management so as to minimize the costs incurred, to be able to control the company's responsibility in preserving the company's environment, and to be able to make environmental cost reports to be used as management guidelines in decision making. The research method used is comparative descriptive with data collection techniques using interviews, archival recordings, and direct observation. The results of this study indicate that PT Panggung Jaya Indah does not yet have a separate financial report for waste management. Thus, in this study environmental accounting needs to be applied to waste treatment to control corporate responsibility. Keywords: Environmental Accounting, Waste ManagementAbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penerapan akuntansi lingkungan terhadap pengelolaan limbah sehingga dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan, dapat mengontrol tanggung jawab perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan perusahaan, serta dapat membuat laporan biaya lingkungan untuk dijadikan pedoman manajemen dalam pengambilan keputusan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif komperatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, rekaman arsip, serta observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Panggung Jaya Indah belum memiliki laporan keuangan tersendiri untuk pengelolaan limbah. Dengan demikian, maka dalam penelitian ini akuntansi lingkungan perlu diterapkan pada pengolahan limbah untuk mengontrol tanggung jawab perusahaan.Kata Kunci: Akuntansi Lingkungan, Pengelolaan Limbah
HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA KANTOR KONSULTAN CAMILLE SEMARANG Ika Hariyanti
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.043 KB) | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.6641

Abstract

ABSTRACT Enterprise Resource Planning (ERP) is a cross-functional or information system which is for manufacturing or service company for integrated and automate business process in finance accounting and human resources in Kantor Konsultan Camille Semarang. Implementation ERP is needed for office investation to grow up the business such as performance efficiency. Basically with ERP system, a company will effective and efficient. Because company with ERP system prevented any fraud and for integrity financial report on the future. The object of this research is the consulting office in Semarang. For startup business, this is very important to used ERP to prevented fraud, because startup business mostly do not available Internal Control. Results of this research verify that ERP corelated with Internal Control effectivity in Consultant Office. This study however states that enterprise resource planning implementation has no effect on internal control effectiveness in Consultant Office. Nevertheless, the ERP implementation need to be socialized due to small number of companies implementing this software.Keywords: Enterprise Resource Planning; Internal Control ; Consultant Office.  ABSTRAKEnterprise Resources Planning (ERP) merupakan sistem informasi atau fungsi silang pada perusahaan manufaktur atau jasa untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasikan alur bisnis dalam bidang akuntansi keuangan dan HRD pada Kantor Konsultan Camille di Semarang. Implementasi ERP diperlukan sebagai sebuah investasi kantor untuk membangun bisnis seperti efesiensi kinerja. Pada dasarnya dengan sistem ERP, suatu perusahaan akan efektif dan efisien. Karena perusahaan dengan sistem ERP akan mencegah tindakan kecurangan untuk integritas laporan keuangan di masa depan. Obyek penelitian ini adalah kantor konsultan Camille di Semarang. Untuk bisnis start up, penggunaan ERP sangat penting untuk pencegahan kecurangan, karena bisnis startup kebanyakan tidak mempunyai Internal Kontrol. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ERP berhubungan dengan efektivitas pengendalian internal di Kantor Konsultan. Pada penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Enterprise Resources Planning tidak terbukti berpengaruh dengan efektifitas pengendalian internal di Kantor Konsultan. Namun implementasi ERP perlu disosialisasikan mengingat masih sedikitnya perusahaan yang mengimplementasikan software ini.Kata Kunci: Enterprise Resource Planning; Internal Kontrol 3; Kantor Konsultan
PERAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS DALAM MEMPENGARUHI PENGHINDARAN PAJAK Izna Baroroh; Hayu Wikan Kinasih; Wikan Isthika
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.6957

Abstract

ABSTRACTThe study objectives are determining the influence of Good Corporate Governance, firm size, leverage, and profitability on tax avoidance. The study was carried out in mining companies listed in the Indonesia Stock Exchange over the period 2015-2020. The number of samples obtained using purposive sampling are 158 companies and analyzed using multiple linear regression analysis. The result of this study indicate that independent commissioners, audit committees, firm size, and leverage have no effect on tax avoidance, while institutional ownership and profitability variables have an effect on tax avoidance. The results of this study indicate that the variability of institutional ownership, independent board of commissioners, audit committee, firm size, leverage, and profitability can explain tax avoidance by 17.1 percent while the remaining 82.9 percent can be explained by other variables. Keywords: Good Corporate Governance, Company Size, Leverage, Profitability, Tax AvoidanceABSTRAKTujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap penghindaran pajak. Penelitian dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2020. Jumlah sampel yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 158 perusahaan dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komisaris independen, komite audit, ukuran perusahaan, dan leverage tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak, sedangkan variabel kepemilikan institusional dan profitabilitas berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabilitas kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas dapat menjelaskan penghindaran pajak sebesar 17,1 persen sedangkan sisanya 82,9 persen dapat dijelaskan oleh variabel lain..Kata Kunci: Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Tax Avoidance
ANALISA TINGKAT STRES KERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SDM KOTA BIMA KOTA BIMA Megasuciati Wardani
JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing) Vol 3, No 1 (2022): JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Auditing)
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56696/jaka.v3i1.9339

Abstract

This research aims to determine and analyze the level of work stress of employees at the BIMA City Personnel and Human Resources Development Agency Office, Bima City. The type of research used is descriptive research. Location This research was carried out at the BIMA City Personnel and Human Resource Development Agency Office. The population in this study were all employees at the BIMA City Personnel and Human Resources Development Agency Office, Bima City, whose address was Raba, Bima City, totaling 40 people. From the population above, 40 employees will be sampled. From the results of respondents' answers, the value is in the interval 1001–1500 in the good category. The calculated t value in the one sample t test analysis is 10.87 which is greater than the t table value of 1.684. Thus, the hypothesis which states that it is estimated that the work stress of employees at the BIMA City Personnel and Human Resource Development Agency Office is lower than 40% can be accepted. The level of work stress for employees at the BIMA City Personnel and Human Resources Development Agency Office is still at a tolerable level.

Page 1 of 1 | Total Record : 8