cover
Contact Name
Radiyan Rahim
Contact Email
jsit@rcf-indonesia.org
Phone
+6281267426503
Journal Mail Official
jsit@rcf-indonesia.org
Editorial Address
Jl. Garuda III Blok C/10 Komplek Pondok Permai, Kel. Limau Manis Salatan, Kec. Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sains Informatika Terapan (JSIT)
ISSN : -     EISSN : 28281659     DOI : -
The scope of this journal is all about Computer Science that are: 1. Artificial Intelligence 2. Computer System 3. Data Mining 4. Information System 5. Decision Support System (DSS) etc.
Articles 31 Documents
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SALES SHOP ISTANA BONEKA-WEBSITE Ratih Purwasih; Dori Mittra Candana; M Afuan
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.548 KB)

Abstract

Saat ini Jumlah industri kecil yang mempromosikan dan menjual produknya terbatas pada wilayah tempat usaha tersebut berada.Hal ini akan menyebabkan produk hanya dikenal oleh masyarakat sekitar dan penjualan tidak akan meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan area pemasaran adalah dengan menggunakan sistem informasi berbasis web atau crm penjualan online. Dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis web dengan menambahkan crm untuk penghubung antara konsumen dengan pemilik toko,serta produk-produk usaha industri kecil tersebar luas dari kawasan regional hingga internasional.Oleh karena itu untuk meningkatkan konsumen maka diperlukan media promosi dan juga wadah untuk transaksi jual beli Boneka agar para penggemar Boneka bukan hanya kalangan anak-anak saja orang dewasa juga dan konsumen dapat memantau boneka yang ada dan jika ingin melakukan transaksi pembelian boneka bisa langsung melalui web, promosi media penjualan dan boneka.
GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEM DESIGN WEB-BASED MAPPING OF HOSPITALS IN PADANG CITY Hari Marfalino; Aulia Fitrul Hadi; Surmayanti Surmayanti; Rima Liana Gema
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.017 KB)

Abstract

Along with the rapid development of information technology, which can help the processing and reporting of data, it is very helpful for humans in completing work. Every aspect of life is attached to technology, the system does not have human activities that are separated from the role of technology. Information system is a system within an organization which is a combination of users, facilities, technology, media, procedures and controls aimed at obtaining complex information.The diverse hospitality sector with its uniqueness and supported by facilities and transportation facilities available in tourist areas can provide a very large government income. The Padang City Government has carried out promotions through mass media such as newspapers and pamphlets. However, this method is not enough to inform hospitality widely to local and foreign tourists. The tourists will have difficulty in determining the planning of the selection of lodging. Therefore, through the design and manufacture of a hospitality GIS, it is hoped that it can display an overview of the Padang City hospitality map so that it is more attractive and can be enjoyed by the wider community. Presentation of information in web form will make it easier for the public to access it.Geographic Information System (GIS) technology has developed rapidly. GIS is created using information derived from processing a number of data, namely geographic data or data relating to the position of objects on the earth's surface. GIS technology integrates database-based data processing operations that are commonly used today, such as capturing unique visualizations and the various advantages that geographic analysis can offer through map images. GIS can be presented in the form of a web-based application
PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN DI PT DAMAI ABADI Radiyan Rahim
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.002 KB)

Abstract

Pada saat ini masih banyak kecurangan yang sering terjadi dalam dunia kerja mulai dari penerimaan karyawan,kenaikan jabatan dan juga penilaian terhadap karyawan, sehingga banyak kesalahan yang timbul contoh nya menempatkan posisi jabatan pada orang yang tidak ada kompetensinya sehingga dapat merugikan sebuah organisasi atau perusahaan, Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas, serta untuk mendapatkan karyawan bertalenta terbaik maka ditentukan berdasarkan aspek-aspek yang di tentukan saat pengambilan keputusan, dalam pengambilan keputusan juga harus menggunakan metode yang sesuai. Profile matching merupakan tahapan seleksi dimana profil dari penerimaan karyawan dibandingkan dengan profil karyawan yang ditetapkan, sehingga dapat diketahui perbedaan (GAP) dari profilnya. Semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih besar untuk diterima suatu perusahaan. Selain itu Profile Matching merupakan suatu proses yang sangat penting dalam manajemen SDM dimana terlebih dahulu ditentukan kompetensi (kemampuan) yang di perlukan, Kompetensi kemampuan tersebut haruslah dapat dipenuhi oleh pemegang atau calon yang akan mengikuti seleksi penerimmaan karyawan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN BANK RAKYAT INDONESIA DENGAN METODE MULTI CHANNEL DAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC Firdaus Firdaus; Ade Saputra
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.851 KB)

Abstract

Antrian merupakan sesuatu yang lazim kita temukan di tempat -tempat pelayanan, Hampir semua pelayanan membentuk antrian misalnya antrian dibank, restoran cepat saji, kantor pos, swalayan, dan masih banyak lagi. Penelitian dilakukan untuk menentukan pelayanan yang optimum sehingga pelayanan nasabah pada Bank BRI menjadi lebih efisien, efektif, dan memuaskan para nasabah yang menggunakan jasa Bank tersebut, pembatasan masalah dilakukan hanya mencakup waktu kedatangan, waktu selesai pelayanan, disiplin antrian dan jumlah fasilitas pelayanan yang tersedia. Pada penelitian ini menggunakan metode multi channel–single phase. Metode multi channel–single phase terjadi kapan saja di mana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan dialiri oleh antrian tunggal. Aplikasi ini menghasilkan suara yang berupa informasi nomor antrian nasabah. Selain itu nasabah juga mendapatkan lembar nomor antrian yang tercetak dengan printer. Hasil penilitian ini diharapkan dapat membatu pimpinan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah bank dalam melakukan Transaksi dibank dan juga bagi teller dan costome service dalam memberikan pelayan
PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGENAL SEJARAH TRADISI TARIAN BARONGSAI Riki Iskandar; Robby Usman
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.398 KB)

Abstract

Perancangan Multimedia Interaktif Mengenal Sejarah Tradisi Tarian Barongsai ini dilatarbelakangi karena banyaknya masyarakat khususnya remaja keturunan Tionghoa di kota Padang yang tidak mengetahui sejarah dari barongsai. Perancangan ini bertujuan untuk menjaga tradisi tarian barongsai agar tidak hilang. Tahap selanjutnya yang dilakukan adalah mengumpulkan data berupa data verbal dan visual. Pengumpulan data verbal dilakukan dengan melakukan observasi ke lapangan dan mewawancarai narasumber untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai sejarah barongsai. Data visual yang dikumpulkan berupa foto dokumentasi dari tempat penyimpanan barongsai di perkumpulan Tionghoa kota Padang. Setelah data dikumpulkan dilakukan analisis masalah atau data yang didapat dengan menggunakan Analisis SWOT dan 5W1H untuk mengetahui dan memfokuskan target yang ingin dicapai. Setelah melakukan analisis masalah, dilakukan proses perancangan untuk menghasilkan solusi dari masalah yang ditemukan. Dalam perancangan multimedia interaktif ini, dilakukan dengan menambahkan ilustrasi, animasi dan warna- warna yang menarik dan mencirikan kebudayaan Tionghoa. Selanjutnya multimedia interaktif ini di burning ke sebuah CD dan dijual saat ada event- event yang bernuansa Tionghoa.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA PERANCANGAN EBROUCHURE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID Riska Robianto; Harkamsyah Andrianof; Emil Salim
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.896 KB)

Abstract

- Augmented Reality (AR), adalah sebuah teknologi baru yang memungkinkan pengguna melihat gambar 2D (dua dimensi) menjadi gambar 3D (tiga dimensi) secara langsung dengan menggunakan smartphone, netbook, dan lain-lain. Teknologi ini dapat diterapkan dalam berbagai macam bidang, salah satunya dalam bidang promosi yang menggunakan brosur. Aplikasi ini penulis namakan eBrouchure pengganti brosur biasa. Aplikasi ini menggunakan media brosur yang telah diberi marker sebagai alat peraga yang akan diidentifikasi melalui kamera smartphone android untuk memunculkan sebuah objek 3D. Tujuan penelitian ini akan menampilkan objek 3D dari Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan melalui smartphone android pada media brosur sehingga pengguna mendapatkan informasi yang lebih jelas dibandingkan brosur yang sudah ada
DETERMINASI LOKASI, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA DAERAH WISATA HARAU Yulasmi Yulasmi; Vicky Brama Kumbara
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.094 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Lokasi, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjung dengan Kepuasan Konsumen Sebagai pengambilan sampel yaitu dengan manggunakan Probability Sampling dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi linear bererganda dan analisis jalur (Path Analysis). Menggunakan SPSS 21.variabel intervening pada Daerah Wisata Harau. Metode pengumpulan data melalui kuisiner dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden. Teknik Hasil penelitian diperoleh Lokasi,Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumrn pada Daerah Wisata Harau. Lokasi, Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjung pada Daerah Wisata Harau. Kepuasan Konsumen memediasi Lokasi terhadap Minat Kunjung pada Daerah Wisata Harau. Kepuasan Konsumen memediasi Promosi terhadap Minat Kunjung pada Daerah Wisata Harau. Berarti Kepuasan Konsumen memediasi Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjung pada Daerah Wisata Harau.
IMPLEMENTASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA TOKO GROSIR DAN ECERAN BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : TOKO ANUGRAH ) Niko Meigi Dwi Alfino; Wifra Safitri; Annisak Izzaty Jamhur
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.121 KB)

Abstract

Toko Anugrah merupakan toko yang bergerak di bidang pembelian dan penjualan berbagai barang harian.Dimana toko ini juga menyediakan bahan-bahan pokok sehari-hari konsumen. Dengan tujuan untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen dengan lengkap dan cepat, memberikan pelayanan terbaik serta harga yang terjangkau, Toko Anugrah kini telah menjadi salah satu Toko yang dicari dan diminati oleh masyarakat, khususnya Rao Selatan. Dalam transaksi pembelian, penjualan barang yang ada masih menggunakan pembukuan sederhana, sehingga kurang efektif dan efisiennya waktu yang digunakan serta terkadang terjadi kesalahan data yang diakibatkan rusak atau hilang yang disebabkan oleh pihak toko, Belum adanya sistem informasi untuk mengelola manajemen barang, Tidak hanya itu dalam pengelolaan stok produk sering terjadinya kelebihan stok dan kekurangan stok dikarenakan kurang adanya pengelolaan barang dengan baik. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah program aplikasi sistem informasi yang membantu dalam pengelolaan data barang, persediaan barang, dan penjualan barang
Perancangan Komik Bisindo Tentang Belajar Berhitung Untuk Anak Usia Dini Muhammad Rio Akbar
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.016 KB)

Abstract

Belajar Berhitung Untuk Anak Usia Dini Perkembanga ilmu dan Illustarsi dan komik sangant pesat terutama dibidang Illustaris dan Komik salah satunya adalah Bahasa Isyarat . Sampai saat ini media yang serimg digunakan untuk memperlajari gerakan dan cara belajar Bahasa Isyarat Indonesia adalah komik yang disertai gambar, meskipiun sudah banyak bermunculan komik-komik panduan tentang Bahasa isyarat minat anak-anak untuk mempelajari atau belajar masih kecil. belajar sebelumnya in I masih kurang efektif, Maka dari itu di buat belajar yang berbentuk media komik Ayo Belajar Bisindo agar anak-anak dapat mempelajari tentang panduan berbahasa isyarat yang lebih menarik dari visualnya yang meningkatkan daya Tarik anak kepada pelajaran Bahasa isyarat sehingga anak paham dan mengerti dengan Bahasa isyarat. Dalam penelitian ini, penulis mengunakan metode analisa SWOT. Melaluai metode tersebut, maka hasil yang di capai adalah sebuah media komik yang akan akan di beri nama Ayo Belajar Bisindo. Disamping itu juga di rancang media pendukung dalam bentuk Poster, X-Banner, Pin, Stiker
Sistem Informasi Kendali Harga Sewa Billboard Berdasarkan Nilai Pajak Mira Susanti
Jurnal Sains Informatika Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sains Informatika Terapan (Februari, 2022)
Publisher : Riset Sinergi Indonesia (RISINDO)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.632 KB)

Abstract

Produk digital printing banyak diminati oleh para pengguna cetak, hal tersebut dikarenakanproses cetak dengan teknik digital sangat sesuai dengan harapan konsumen.Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa metode Sistem Development Life Cycle(SDLC) ,Tujuan penelitian ini adalah membantu pekerjaan pada bagian keuangan dalam mengakurasi kemungkinan pajak akan dibayarkan setiap tahunnya dan mendukung dan memudahkan kinerja dalam pengaksesan data seperti pemesanan biillboard yang dapat dilakukan oleh beberapa user yang telah memiliki hak akses.

Page 1 of 4 | Total Record : 31