cover
Contact Name
-
Contact Email
semnas.uniba@gmail.com
Phone
+6281567862654
Journal Mail Official
semnas.uniba@gmail.com
Editorial Address
jl. Agus Salim No. 10 Surakarta (UNIBA Surakarta) Universitas Islam Batik Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
prosiding seminar nasional
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Publikasi dan akses prosiding-prosiding hasil-hasil Seminar Nasional dan Seminar Internasional UNIBA | Universitas Islam Batik Surakarta Di koordinasikan oleh : Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M UNIBA)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI" : 12 Documents clear
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Allivia Ayuningtyas; Anita Wijayanti; Yuli Chomsatu
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.499 KB)

Abstract

Many companies do not have a CSR program for the community, because the company considers it a burden. But actually, CSR companies that are given to the community make a good contribution, namely reducing operational costs and a good image because it can increase the prosperity of the local community. The purpose of this study was to analyze the effect of Corporate Social Responsibility on ROA Profitability, ROE Profitability, Leverage, and Operational Costs (OER) in manufacturing companies listed on the IDX in 2017-2019. The sample was taken using purposive sampling. totaling 44 companies. The data analysis technique in this research is multiple linear analysis. The results of the study are ROA, ROE, Leverage affects Corporate Social Responsibility, while OER or operational costs do not affect Corporate Social Responsibility. Keywords: CSR, Leverage, ROA, ROE, Operational Costs.
WORD OF MOUTH, IKLAN, DAN KUALITAS PRODUK BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAMYPOKO DI LUWES KESTALAN Reza Kurniawati; Burhanudin; Ratna Damayanti
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.783 KB)

Abstract

Bayi yang lahir0 di Indonesia cukup besar angkanya mencapai 4,8 juta pertahunnya. Angka ini merupakan angka yang besar bagi pasar di sektor consumer good (kebutuhan sehari-hari). Bagi perusahaan yang memproduksi popok bayi perlu melakukan inovasi dan strategi supaya dapat bertahanndan produknya dapat diterima oleh masyarakat. Dengan tujuan menciptakan keputusan pembelian, agar perusahaan tersebut bisa bertahan dan naik pendapatanya (BKKBN: 2019). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, iklan, dan kualitas produk baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian popok bayi. Objek penelitian ini adalah swalayan Luwes Kestalan Surakarta. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah semua konsumen yang telah melakukan pembelian produk MomyPoko yang ada di swalayan Luwes Kestalan Surakarta,dengan jumlah yang tidak dapat diketahui dengan pasti. Sehingga untuk sampel penelitian ini, mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini tidak dapat diketahui dengan pasti, maka dalam penelitian ini diambil 1000responden sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dengan menggunakan teknik sampling purposive 0sampling. Penelitian ini dilakukan di Swalayan Luwes Kestalan Surakarta, dalam waktu selama 3 bulan yaitu pada bulan Januari – Maret 2021. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth, iklan, dan 0kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. Variabel word of mouth (0,000 < 0,05), iklan (0,000 < 0,05), dan kualitas produk (0,005 < 0,05). Selanjutnya, untuk pengujian simultan didapatkan nilai Fhitung 0(41,513) < Ftabel (2,70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara word of mouth, Iklan, dan kualitas produk secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan 0pembelian. Kata0Kunci: word of mouth, iklan, kualitas produk, keputusan pembelian
FAKTOR PENENTU FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN LQ45 Marisa Ayu Nurrohmah; Yuli Chomsatu; Anita Wijayanti
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.073 KB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan cara investor memandang keberhasilan suatu perusahaan melalui harga sahamudimana jika hargaasaham perusahaan tinggi di pasaran maka tinggi juga nilai dari perusahaan tersebut.mPenelitian ini bertujuan untukmmenguji dan menganalisis pengaruhuDebt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Return Of Equity (ROE), Firm Size dan Likuiditas terhadap nilai perusahaan. Dalamipenelitian ini,iteknik pengambilanmsampelmmenggunakan metodei purposiveisampling, jumlahisampel yangidiperoleh sebanyaki32 sampelidari 8 perusahaanmLQ45 yangiterdaftar diiBEI selamaiperiodei2017-2020. Teknikmanalisis datamstatistic deskriptif,nuji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.iHasilipenelitian menunjukkan bahwa secara simultan, Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Return Of Equity (ROE), Firm Size dan Likuidtas tidak berpengaruhiterhadap nilai perusahaan. Secaraiparsial, hasilmpenelitian menunjukkan bahwamLikuiditas dan Return Of Equity (ROE) berpengaruh terhadapmnilai perusahaan. SedangkanmDebtiTonEquity Ratio (DER), ReturnmOn Asset (ROA), dan Firm Size tidakiberpengaruhiterhadapinilai perusahaan. Kata kunci : Debt To Equity Ratio (DER), Likuiditas, Nilai Perusahaan, Return On Asset (ROA), Return Of Equity (ROE), Ukuran Perusahaan.
LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS PADA LORIN HOTEL SOLO) Budiawan Hendratmo
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.415 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan di Lorin Hotel Solo, dan untuk Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan di Lorin Hotel Solo. Dalam penelitian ini, jenis penelitiannya termasuk penelitian asosiatif yang bersifat menyatakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang disebar pada tamu atau konsumen pengguna Hotel Lor In. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil kuisioner yang diisi oleh responden, dan sekunder yang berupa jumlah pengguna ataiu tamu Hotel Lor In. Metode analisis data yang digunakan analisis kualitatif, uji validitas dan uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji f (uji bersama-sama), dan uji t (uji parsial). Hasil penelitian menggunakan regresi linier berganda ada pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Uji F ada pengamh antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Uji t (uji parsial) ada pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dan ada pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Optimalisasi Triple Helix Dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing UMKM di Era New Normal Umu Khouroh; Christina Sri Ratnaningsih; Bayu Rahayudi
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.055 KB)

Abstract

Peran UMKM dalam pembangunan ekonomi suatu negara membawa implikasi penting bagi peningkatan pendapatan, pengurangan pengangguran, pengentasan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi. Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk dan mengancam kelangsungan hidup UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika model triple helix dengan mengkaji peran masing-masing helix: universitas, perusahaan, dan pemerintah untuk membantu UMKM bangkit dari keterpurukan. Penelitian ini mengidentifikasi profil perilaku dalam hal kinerja model triple helix dari perspektif UMKM dan mengenali faktor kunci bagai kesuksesan inovasi dan daya saing. Survei yang dilakukan melibatkan 134 UMKM. Metode analisis menggunakan SEM-PLS dengan WarpPLS07. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara sinergi pemerintah dan akademisi dalam meningkatkan inovasi dan daya saing UMKM. Inovasi mampu menjadi mediator bagi sinergi pemerintah dan akademisi dalam meningkatkan daya saing UMKM. UMKM perlu bersikap lebih aktif dan proaktif, peran pemerintah dan akademisi masih perlu ditingkatkan serta dibarengi peran optimal helix lainnya terutama komunitas dan media sebagai salah satu strategi untuk bertahan dan berkembang dalam situasi pandemic Covid-19. Kata Kunci: Triple Helix, Inovasi, Daya Saing
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PENDAPATAN JASA PELAYANAN UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS SEBELAS MARET Azis Setyo Utomo; Anita Wijayanti; Purnama Siddi
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.291 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penerimaan kas atas pendapatan jasa rawat inap pada Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada sistem yang tersedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diolah adalah data yang di peroleh dari hasil wawancara tidak terstruktur dan observasi yang akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, sistem akuntansi penerimaan kas instalasi rawat inap pada Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta sudah sangat bagus. Hal ini dapat dilihat dari sudah adanya prosedur-prosedur penerimaan pasien yang mulai dari pendaftaran rawat inap sampai pasien keluar. Begitupun dengan prosedur penerimaan kas yang telah sesuai dengan sistem yang ada yaitu dengan adanya pemisahan fungsi operasional dan fungsi penerimaan serta fungsi pencatatan dan pelaporan dengan dokumen pendukung. Sistem penerimaan kas instalasi rawat inap di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, yaitu dapat merekam billing pasien secara detail dan cepat juga dapat memberikan informasi yang cepat, sedangkan kekurangan yaitu pada bagian pendaftaran yang masih perlu meningkatkan pelayanan terhadap pasien, kekurangannya juga meliputi kesesuaian jumlah klaim pada pasien BPJS yang belum dapat dilakukan oleh sistem, penghitungan untuk naik kelas oleh pasien BPJS juga belum dapat secara otomatis dilakukan oleh sistem, tambahan biaya pada penggunaan kartu debit dan kredit masih harus dilakukan secara manual, dan sistem belum dapat memberikan peringatan terkait dengan nominal tagihan pasien rawat inap yang telah melebihi 5 juta dan belum terdapat deposit oleh pasien. Rumah Sakit masih perlu untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien, alur/prosedur pembayaran pasien yang kurang jelas, sehingga perlu dilakukan pembuatan Data Flow Diagram atau Flowchart agar dapat memudahkan para pengguna informasi akuntansi. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan Kas, Rumah Sakit UNS
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN PLASTIK DAN KEMASAN Tri Widiyastuti
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.203 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap agresivitas pajak perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sampel perusahaan sebanyak 13 (tiga belas perusahaan) perusahaan, sebanyak 5 (empat) tahun periode penelitian dan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sampel penelitian sebanyak 60 sampel. Hasil pengujian hipotesis pertama menjelaskan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap agresivitas pajak pada perusahaan dan kemasan..Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hasil pengujian hipotesis 3 menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci : Agresivitas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN PERBANKAN PERIODE 2016 – 2019 Anis Sri Utami; Anita Wijayanti
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.552 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh ROA, ROE, size dan FAR terhadap struktur modal perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019 sebanyak 42 perusahaan dan 121 sampel. penelitian ini menggunakan regresi linear berganda sebagai aalat analisis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ROA berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan, ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi ROA yang dimiliki perusahaan, maka akan semakin menurunkan struktur modal perusahaan. Pengujian hipotesis 2 menunjukkan bahwa ROE berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan. Kata Kunci : Struktur Modal Perusahaan, Rasio Keuangan
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KREDIT BERMASALAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF INTERNAL DEBITUR PADA HIMPUNAN BANK MILIK NEGARA (HIMBARA) CABANG SURAKARTA PERIODE 2017-2019 Salma Alfian Dita; Rina Trisnawati
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.044 KB)

Abstract

Seorang auditor memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan bisnis global saat ini. Peran tersebut berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, Kantor Akuntan Publik (KAP) membutuhkan auditor yang memiliki beberapa hal untuk menunjang kinerja auditor diantaranya kepribadian hardiness, etika profesi, profesionalisme, komitmen organisasi dan struktur audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelima hal tersebut terhadap kinerja auditor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 57 orang, sampel yang digunakan adalah auditor yang bekerja di kantor akuntan publik di Kota Semarang dan Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian hardiness berpengaruh terhadap kinerja auditor dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan keempat variabel yang lain tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor. Kata Kunci: Kepribadian hardiness, etika profesi, profesionalisme, komitmen organisasi, struktur audit
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KREDIT BERMASALAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF INTERNAL DEBITUR PADA HIMPUNAN BANK MILIK NEGARA (HIMBARA) CABANG SURAKARTA PERIODE 2017-2019 Arnanda Reza Pramadani; Dewita Puspawati, S.E., Ak., M.Sc
PROSEDING 2021: PROSIDING FAKULTAS EKONOMI
Publisher : PROSIDING

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.414 KB)

Abstract

Kredit macet disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal penyebab timbulnya kredit macet adalah penyimpangan dalam pelaksanaan prosedur perkreditan, itikad kurang baik dari pemilik, pengurus, atau pegawai bank, lemahnya sistem administrasi dan pengawasan kredit serta lemahya sistem informasi kredit macet. Sedangkan faktor eksternal penyebab timbulnya kredit macet adalah antara lain kegagalan usaha debitur, musibah terhadap debitur atau terhadap kegiatan usaha debitur, serta menurunnya kegiatan ekonomi dan tingginya suku bunga kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah ditinjau dari perspektif internal debitur pada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Cabang Surakarta Periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah semua debitur yang masuk dalam kategori kredit bermasalah pada Bank HIMBARA Cabang Surakarta (BRI, BNI, Mandiri dan BTN). sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus Slovin yang berjumlah 100 orang dari 4 Kantor Cabang Utama Bank HIMBARA di Surakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Dalam membuat kueisoner pertanyaan yang ada dibuat oleh peneliti yang berkaitan dengan variabel independen dan variabel dependen. Uji validitas dan reliabilitas juga dilakukan untuk mengetahui tingkat keabsahan data. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor internal debitur yaitu Karakter debitur tidak berpengaruh terhadap kredit bermasalah, Kapasitas debitur berpengaruh terhadap kredit bermasalah, Kondisi ekonomi tidak berpengaruh terhadap kredit bermasalah, dan Agunan debitur tidak berpengaruh terhadap kredit bermasalah. Kata Kunci: Karakter debitur, Kapasitas debitur, Kondisi ekonomi debitur, Jaminan, Kredit bermasalah

Page 1 of 2 | Total Record : 12