cover
Contact Name
Ratna Wulaningrum
Contact Email
ratna@polnes.ac.id
Phone
+6285643008325
Journal Mail Official
jurnaletam@polnes.ac.id
Editorial Address
P3M Politeknik Negeri Samarinda Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Panjang Samarinda 75131, Kalimantan Timur, Indonesia Fax: +62 541 260355 e-mail: jurnaletam@polnes.ac.id
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
ETAM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : 27762750     EISSN : 27762475     DOI : https://doi.org/10.46964/etam
ETAM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is managed by P3M Politeknik Negeri Samarinda with ISSN 2776-2475 (online) and ISSN 2776-2750 (print). This journal published manuscripts as results of community service activities from various disciplines, which contribute to improving the quality and skills of the community, the application of research results, and the use of appropriate technology. Articles published on the focus and scope of community service activities, which include relevant scientific fields (but not limited): Humanities (Arts, Linguistics, Literature, Philosophy) Social Sciences (Social, Economics, Psychology) Natural Science (Chemistry, Biology, Physics) Formal Sciences (Computer, Logic, Mathematics) Architecture, Design, and Planning Business (Accounting, Management, Business Administration, Entrepreneurship) Education Engineering Environment Tourism
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): OCTOBER" : 5 Documents clear
Tata Tulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Samarinda Dyah Kusrihandayani; Indah Martati; Suminto Suminto
Jurnal ETAM Vol. 1 No. 2 (2021): OCTOBER
Publisher : Politeknik Negeri Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.262 KB) | DOI: 10.46964/etam.v1i2.249

Abstract

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PKM) melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Samarinda dimaksudkan untuk membantu mensolusikan permasalahan yang dihadapi mayoritas mahasiswa di perguruan tinggi dalam membuat karya tulis ilmiah secara otomatis. Tujuan yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengotomasi pembuatan karya tulis ilmiah. Peserta pelatihan dihadiri oleh 32 mahasiswa, yang terdiri dari 7 perguruan tinggi.
Pelatihan Strategi Pemasaran Produk UKM Kelompok Usaha Bersama (KUB) "BAROKAH" Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda Heldina Pristanti; Siti Nurhasanah
Jurnal ETAM Vol. 1 No. 2 (2021): OCTOBER
Publisher : Politeknik Negeri Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.313 KB) | DOI: 10.46964/etam.v1i2.250

Abstract

Kegiatan ini diadakan untuk UKM Barokah di Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu. Strategi pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, dan pengendalian program yang dirancang untuk mencapai tujuan usaha. Selain itu, ada beberapa pendekatan dalam pemasaran seperti pendekatan menyeluruh, pendekatan institusi, pendekatan fungsional, pendekatan manajerial, dan pendekatan sosial. Pemasaran untuk usaha kecil dan besar dapat membantu memaksimalkan kepuasan pelanggan meskipun usaha kecil memiliki keterbatasan dalam pendanaan. Namun tetap dapat melakukan pemasaran sebaik usaha besar dengan mengoptimalkan pendanaan yang ada. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pengusaha lain atau rekan kerja dalam melakukan promosi. KUB Barokah telah melakukan banyak cara dalam pengelolaannya. Masalah utama bisnis adalah ketidakmampuan melihat peluang pasar dan potensi untuk mengoptimalkan penjualan. Mereka juga tidak tahu bagaimana memetakan masalah pemasaran dan strategi pemasaran yang tepat. Motivasi pertumbuhan dan komunikasi verbal dan nonverbal masih rendah, sehingga pelatihan strategi pemasaran sangat diperlukan.
Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Online Bagi Pendamping Koperasi di Kota Samarinda Muhammad Kadafi; Amirudin
Jurnal ETAM Vol. 1 No. 2 (2021): OCTOBER
Publisher : Politeknik Negeri Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.143 KB) | DOI: 10.46964/etam.v1i2.251

Abstract

Pendamping koperasi Kota Samarinda bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi aktivitas koperasi di Kota Samarinda dalam rangka memberikan penguatan terhadap struktur organisasi, manajemen pengelolaan termasuk mengevaluasi seluruh kegiatan-kegiatan koperasi. Evaluasi menjadi instrumen yang penting. Media evaluasi pembelajaran dengan tatap muka ditengah pendemi tentu saja berjalan kurang efektif dikarenakan pembatasan berkumpulnya peserta untuk dapat mengerjakan latihan dan berbagai kasus, oleh karena itu diperlukan alternatif media pembelajaran daring (online) untuk dapat melengkapi pembelajaran dengan menggunakan luring (tatap muka).
Pelatihan Penggunaan Sistem Aplikasi Layanan Prima Desa Batuah, Loa Janan, Kutai Kartanegara Karyo Budi Utomo; Farindika Metandi
Jurnal ETAM Vol. 1 No. 2 (2021): OCTOBER
Publisher : Politeknik Negeri Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.313 KB) | DOI: 10.46964/etam.v1i2.252

Abstract

Permasalahan utama desa Batuah adalah profil desa dan potensi yang dimiliki desa Batuah belum terpublikasi secara terstruktur, selain itu proses pelayanan kepada masyarakat masih dilakukan secara konvensional, keberadaan teknologi informasi sebagai garda terdepan dalam optimalisasi pemberian layanan prima kepada masyarakat belum termaksimalkan. Guna mengatasi permasalahan tersebut tim mengembangkan website desa batuah serta mengembangkan sistem aplikasi pelayanan prima untuk kemudian memberikan pelatihan kepada staf desa, ketua RT serta warga masyarakat Batuah untuk proses penggunaan kedua aplikasi tersebut. Dampak dari diimplementasikannya kedua aplikasi tersebut maka akan diperoleh manfat. Masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dan tidak harus datang ke kantor desa untuk mendapatkan pelayanan. Waktu pelayanan menjadi lebih pendek dan tidak ada lagi penumpukan antrian. Warga desa Batuah yang membutuhkan surat pengantar ataupun surat keterangan bisa dilakukan di mana saja karena sistem berbasis online, serta implementasi protokol kesehatan sebagai antisipasi dari penyebaran pandemic Covid-19 dapat lebih maksimal.
Pelatihan Aplikasi Mind Manager untuk Memetakan Konsep, Ide dan Sumber Daya pada Koperasi di Kota Samarinda Amirudin; Muhammad Kadafi
Jurnal ETAM Vol. 1 No. 2 (2021): OCTOBER
Publisher : Politeknik Negeri Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.433 KB) | DOI: 10.46964/etam.v1i2.253

Abstract

Koperasi dalam aktivitasnya tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan seperti permodalan, pemasaran, sumber daya manusia, perizinan dan lain sebagainya. Guna memudahkan memetakan permasalahan tersebut koperasi dapat menggunakan aplikasi mind manager. Aplikasi selain dapat digunakan untuk memetakan permasalahan, juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi sumber daya, ide, pemikiran dan lain sebagainya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5