cover
Contact Name
Imam Basori
Contact Email
unj.jptv@gmail.com
Phone
+6285274624665
Journal Mail Official
unj.jptv@gmail.com
Editorial Address
L Building, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka, RT 11/RW 14, Rawamangun, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional
ISSN : 25021605     EISSN : 26203065     DOI : https://doi.org/10.21009
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan) adalah jurnal yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Negeri Jakarta. JPTV adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian asli dan artikel hasil ulasan yang relevan dengan Pendidikan Teknik dan Kejuruan.
Articles 76 Documents
PERANCANGAN MODEL PENDIDIKAN TENTANG PEMBENTUKAN KESUKAAN ANAK TERHADAP MAKANAN BERGIZI SEIMBANG PADA IBU BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Mutiara Dahlia; Rusilanti Rusilanti; Sachriani Sachriani; Nur Riska
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 1 No 1 (2015): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 1 No 1 Tahun 2015
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.213 KB) | DOI: 10.21009/JPTV.1.1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangan model pendidikan masyarakat berupa media digital web site yang sesuai dengan konsep berbasis teknologi informasi. Penelitian pembuatan ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta dengan mitra Klinik Husada Serpong Jl. Boulevard Gading Serpong BA 3 No. 21 Tangerang. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah mengembangkan model pendidikan masyarakat berbasis teknologi informasi berupa web site tentang terapi gizi berbagai penyakit yakni hipertensi, diabetes mellitus, obesites, jantung koroner, dan kanker dalam bentuk artikel dan program pakar. Pada penelitian kali ini metodologi pengembangan yang akan digunakan adalah metodologi pengembangan Agile dengan XP (Extreme Programming) yang disesuaikan untuk pengembangan situs web. Penilaian ahli media, hasil nilai rata-rata keseluruhan yang dicapai adalah sangat baik yaitu dengan poin nilai 4,28. Uji pada ahli materi hasil nilai rata-rata keseluruhan yang dicapai adalah baik yaitu dengan poin nilai 3,93. Uji coba perorangan (one to one) hasil nilai rata rata keseluruhan yang dicapai adalah sangat baik, yaitu dengan poin nilai 4,23. Hasil nilai rata rata keseluruhan pada uji coba terbatas (small grup) yang dicapai adalah sangat baik, yaitu dengan poin nilai 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pengembangan Media Gizi Berbasis Jejaring Sosial Untuk Remaja Dengan Orang Tua Penderita Diabetes Melitus memiliki kualitas baik. Pada tahap uji lapangan, media pembelajaran ini diujicobakan kepada tiga puluh orang mahasiswa Tata Goga-IKK-FT-UNJ secara bersamaan. Hasil nilai rata rata keseluruhan uji lapangan media pembelajaran yang dicapai adalah sangat baik, yaitu dengan nilai keseluruhan kualitas media adalah 1930 dengan nilai rata-rata 4,29. Hal ini menunjukkan bahwa model pendidikan berbasis teknologi informasi melalui terapi gizi dengan memanfaatkan penggunaan web site berupa media dalam bentuk artikel dan program pakar memiliki kualitas sangat baik.
MENGAPA SARJANA PENDIDIKAN TIDAK MEMILIH PROFESI KEGURUAN? Lutfiyah Hidayati
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 1 No 1 (2015): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 1 No 1 Tahun 2015
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi jenis-jenis profesi non-keguruan yang saat ini dijalani oleh lulusan LPTK Tata Busana, 2) menginvestigasi tentang faktor-faktor yang melatarbelakangi para lulusan LPTK Tata Busana memilih profesi non keguruan. Artikel ini dihasilkan dari serangkaian penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yang dilakukan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sumber data adalah para lulusan LPTK Tata Busana dari Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Negeri Yogyakarta yang tersebar di Pulau Jawa. Penentuan informan atau sumber data dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model Interpretative Phenomenology Analysis (IPA) meliputi: 1) Reading and re-reading; 2) Initial noting; 3) Developing Emergent themes; 4) Searching for connections across emergent themes; 5) Moving the next cases; dan 6) Looking for patterns across cases. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) pilihan pekerjaan non keguruan yang digeluti para lulusan calon guru tata busana adalah sebagai karyawan dan sebagai wirausahawati baik di bidang yang terkait dengan busana maupun yang tidak terkait dengan busana, 2) faktor-faktor yang melatar belakangi pemilihan profesi non keguruan ini berasal dari diri (instrinsik) dan dari lingkungan (ekstrinsik). Cara pandang lulusan terhadap dunia keguruan dan lingkungan sekolah, pandangan terhadap prospek bisnis busana berdasarkan pengalaman nyata yang memperkuat tekad untuk mengejar profesi non keguruan, dan pengaruh lingkungan (orangtua, pasangan hidup) dan kebiasaan di lingkungan tempat tinggal.
MODEL PENDIDIKAN GURU VOKASIONAL YANG PEDULI LINGKUNGAN HIDUP Henita Rahmayanti; Rosmawita Saleh; Amos Neolaka
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 1 No 1 (2015): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 1 No 1 Tahun 2015
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi informasi sangat pesat pada masa sekarang ini, sehingga setiap pristiwa yang terjadi baik dan buruk, pada waktu yang bersamaan dapat diketahui oleh semua pihak termasuk peserta didik. Hal ini memberikan makna pada bahwa semua pristiwa yang terjadi, seperti: maraknya korupsi, kebebasan seksual, perkosaan anak-anak, pornografi, narkoba, dan perilaku kehidupan yang tidak mencintai/peduli lingkungan, menjadi konsumsi peserta didik kita sehari-hari. Sangat disadari bahwa model pendidikan kita saat ini belum cukup mendorong peserta didik khususnya generasi usia produktif untuk peduli pada lingkungan hidup. Dikatakan demikian karena pelaku pendidikan, seperti: orangtua, guru/pendidik, para pemimpin, dan masyarakat kurang memberikan contoh teladan harmonis dengan lingkungan, yang dapat ditiru anak-anak atau peserta didik. Orangtua menyerahkan anaknya pada guru, sebaliknya guru mengembalikannya kepada orangtua, sementara pengaruh teknologi informasi memberi dampak pada perilaku anak didik. Maka dibutuhkan model pendidikan guru khususnya guru vokasional yang menjadi contoh peduli pada lingkungan hidup. Model pendidikan ini dapat berjalan jika ada kemauan untuk melaksanakannya. Tujuan penulisan adalah untuk mengemukakan adanya model pendidikan guru vokasional yang memperhatikan dan peduli lingkungan hidup. Kita semua menginginkan agar generasi usia produktif, yaitu siswa-siswa yang sekarang belajar di PAUD/TK, sekolah dasar/SD, dan bayi yang akan lahir lima tahun mendatang, memperoleh pendidikan yang layak dan mencintai lingkungan hidupnya agar keberlanjutan dapat diwujudkan. Pada saat sekarang ini Model pendidikan yang bagaimana yang dapat menolong generasi penerus peduli pada lingkungan hidup
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DENGAN TEKNOLOGI EFISIENSI PENCAHAYAAN RUANG DALAM BANGUNAN RAMAH LINGKUNGAN Doddy Rochadi; Cynthia Riescanita Putri; Henita Rahmayanti
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 1 No 1 (2015): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 1 No 1 Tahun 2015
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan kota besar yang sangat pesat telah menyebabkan bermunculnya bangunan-bangunan bertingkat tinggi. Efisiensi energi adalah istilah umum yang mengacu pada penggunaan energi lebih sedikit untuk menghasilkan jumlah layanan atau output. Dalam pandangan masyarakat umum efisiensi energi diartikan juga sebagai penghematan energi. Pencahayaan pada gedung terutama perkantoran yang diolah pada umumnya menggunakan pencahayaan buatan, pemanfaatan pencahayaan alami masih kurang diolah. Oleh karena itu pengolahan bukaan atau lubang cahaya sebagai media pencahayaan alami dengan daya serap yang tinggi membawa kemungkinan dari pemanfaatan pencahayaan alami di dalam gedung. Dalam hal ini aspek yang diteliti adalah penggunaan simulasi DIALux EVO untuk menganalisa besarnya konsumsi energi pada bangunan gedung dan mengenali cara-cara untuk penghematannya. Perancangan ini mula-mula dengan membuat desain bangunan menggunakan autoCAD dan kemudian merancang sistem pencahayaan menggunakan software DIALux EVO. Hal yang mungkin menjadi permasalahan, dapat berupa model bukaan, sistem pencahayaan alami, dan penggunaan lampu terhadap gedung yang diamati. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi pencahayaan buatan pada bangunan yang diamati hampir memenuhi standar, namun untuk kondisi pencahayaan alami pada bangunan tersebut berdasarkan hasil simulasi didapat nilai iluminasi yang cukup besar sehingga perlu dilakukan beberapa cara untuk mengoptimalkan tingkat pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruang, meliputi: penambahan atau penggantian bahan dan warna dinding serta lantai dengan warna yang sedikit gelap, melakukan pemadaman lampu di area yang terkena cahaya sinar matahari sehingga dapat mengurangi biaya operasional. Upaya effisiensi yang dilakukan adalah dengan melakukan simulasi pada perangkat lunak, dan dengan melalui studi kasus, diperoleh gambaran nyata mengenai pengetahuan tentang analisa penghematan energi.Teknologi dengan menggunakan simulasi bagi guru yang mengajar bidang perencanaan gedung sangat dibutuhkan, untuk memberi masukan dalam menghasilkan bangunan ramah lingkungan, melalui effisiensi pencahayaan ruang.
PENDEKATAN WORK_BASED LEARNING (WBL) UNTUK MENDUKUNG TERCAPAINYA KOMPETENSI LULUSAN Rina Febriana
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 1 No 1 (2015): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 1 No 1 Tahun 2015
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendukung tercapainya kompetensi lulusan pada pendidikan kejuruan (vokasi) dengan pendekatan Work_based Learning (pembelajan berbasis kerja). Pembelajaran Berbasis Kerja telah menjadi ciri khas pendidikan kejuruan pada berbagai negara di berbagai Negara yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Salah satu karakteristik pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja, sehingga seharusnya pendidikan kejuruan didasarkan atas demand driven yakni kebutuhan akan dunia kerja. Implementasi dari Program WBL adalah WBL merupakan program bersama antara dunia pendidikan dan dunia kerja, mengintegrasikan antara studi akademik dengan pengembangan karir dan pendekatan melalui pelatihan di tempat kerja, dilakukan di tempat kerja, sebagai sarana bagi lulusan dalam memilih karir, tempat belajar untuk mengembangkan sikap dan perilaku bekerja. Semua hal ini tertuang dalam kurikulum yang disusun secara bersama antara lembaga pendidikan dengan dunia industri. Sebagai konsekuensinya Pelaksanaan program WBL tidak bisa dilaksanakan secara parsial tetapi harus didukung oleh peran-peran lembaga terkait yaitu lembaga/institusi sekolah, dudi, asosiasi profesi, kadin. Depnakertrans, pemda, dan ikatan alumni.
PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN D3 TRANSPORTASI UNJ DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INDUSTRI & SDM BIDANG TRANSPORTASI LAUT Winoto Hadi; Yusfita Christinawati
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 1 No 1 (2015): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 1 No 1 Tahun 2015
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang perlu diperhatikan dan diperbaiki dalam pengembangan sistem pendidikan di Prodi D3 Transportasi FT UNJ guna memenuhi tuntutan kebutuhan sumber daya manusia di industri transportasi laut. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survai. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan dilakukan teknik pembobotan dalam bentuk kuadran kartesius guna melihat aspek yang perlu ditingkatkan, dipertahankan atau sudah mencukupi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek sarana prasarana perkuliahan perlu diperbaiki. Sedangkan materi ilmu yang masih perlu diperdalam adalah export-import dan logistik, terminal petikemas dan yard serta ship planner, pelabuhan dan pengerukan
EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG ZE Ferdi Fauzan Putra; Ridwan Ridwan; Indrati Kusumaningrum
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 2 No 1 (2016): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 2 No 1 Tahun 2016
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.435 KB) | DOI: 10.21009/JPTV.2.1.1

Abstract

Abstrak: Program Prakerin diharapkan bisa menjadi sarana bagi siswa untuk menjadi tenaga kerja yang profesional yang siap mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi di kemudian hari. Namun, kondisi dan fakta di lapangan saat ini tidak seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana konteks, masukan, proses, dan hasil pada program Praktik Kerja Industri di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method) secara urutan pembuktian. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa program Praktik Kerja Industri SMK Muhammadiyah 1 Padang sudah berada pada kategori baik, namun masih perlu perbaikan dan peningkatan pada komponen proses (process).
HUBUNGAN PENGETAHUAN HYGIENE SANITASI DAN SIKAP HIDUP SEHAT SISWA SMK TERHADAP PENERAPAN PERSONAL HYGIENE (Survey Di SMK Negeri Rumpun Pariwisata di Jakarta Pusat Tahun 2017) Yohana Dyahayu Luhsudarmi; Yuliatri Sastrawijaya; Ridawati Ridawati
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 2 No 1 (2016): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 2 No 1 Tahun 2016
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.369 KB) | DOI: 10.21009/JPTV.2.1.2

Abstract

Abstrak: Hubungan Pengetahuan Hygiene Sanitasi Dan Sikap Hidup Sehat Siswa Smk Terhadap Penerapan Personal Hygiene (Survey Di Smk Negeri Rumpun Pariwisata Di Jakarta Pusat Tahun 2017). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara pengetahuan hygiene sanitasi dan sikap hidup sehat siswa SMK terhadap penerapan personal hygiene.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri rumpun Pariwisata di Jakarta Pusat tahun 2017 yang melibatkan tiga ratus siswa Tata Boga kelas X, XI dan XII sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara dua variable dengan penerapan personal hygiene. Pertama terdapat hubungan positif antara pengetahuan hygiene sanitasi terhadap penerapan personal hygiene. kesimpulan tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi pengetahuan hygiene sanitasi, akan semakin baik pula penerapan personal hygiene. Kedua terdapat hubungan antara sikap hidup sehat siswa SMKN dengan penerapan personal hygiene. Kesimpulan tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi sikap hidup sehat siswa, akan semakin baik pula penerapan personal hygiene Ketiga terdapat hubungan pengetahuan hygiene sanitasi (X1) dan sikap hidup sehat siswa (X2) secara bersama-sama dengan penerapan personal hygiene (Y) ditunjukan oleh persamaan garis regresi 22,342 + 0,394X1 + 0,109X2. Koefisien korelasi ganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat (Ry12) sebesar 0,540. Dari koefisien korelasi tersebut, dapat dihitung koefisien determinasi (R) koefisien korelasi tersebut, dapat dihitung koefisien determinasi (R2y12) sebesar 0,291 berarti bahwa 29,1% proporsi varians penerapan personal hygiene dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh pengetahuan hygiene sanitasi serta sikap hidup sehat.
ANALISIS IMPLEMENTASI WEBSITE UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA BERDASARKAN KRITERIA WEBOMETRICS Wiwie Marwiyah; Hartati Hartati; Lipur Sugiyanta
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 2 No 1 (2016): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 2 No 1 Tahun 2016
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.678 KB) | DOI: 10.21009/JPTV.2.1.3

Abstract

Abstrak: Analisis Implementasi Website Universitas Negeri Jakarta Berdasarkan Kriteria Webometrics. Penelitian dilakukan pada website Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Website merupakan salah satu sarana untuk mempromosikan perguruan tinggi. Dengan adanya website, perguruan tinggi dapat dikenal oleh dunia. Berdasarkan latar belakang penelitian, perlu dilakukan evaluasi terhadap website UNJ berdasarkan Webometrics, yaitu sistem pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan pada pemanfaatan teknologi dan informasi yang mengukur atau memberikan penilaian melalui website universitas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif karena tujuan penelitian untuk mengkaji dan mengevaluasi bagaimana implementasi penilaian website UNJ berdasarkan kriteria webometrics dalam mendeskripsikan website secara sistematis dan akurat mengenai kualitas web, menyediakan struktur dan aktivitas dari Universitas sehingga dapat meningkatkan peringkat Webometrics.Teknik pengumpulan data dilakukan denganmenyebarkan instrumen melalui telaah pakar dan wawancara terhadap pengelola website serta search engine menggunakan google dan scholar google. Webometrics memiliki empat kriteria, yaitu Impact, Presence, Openness, dan Excellence. Hasil yang didapat dari penelitian adalah Kriteria impact dideskripsikan dengan baik melalui aspek accesibility, usability, content, design, dan security. Umumnya penilaian pada aspek tersebut cukup baik, hanya kurangnya content yang di update. Kriteria opennes, presence, dan excellence dapat dideskripsikan dengan baik menggunakan layanan Google dan scholar google. Pada kriteria-kriteria tersebut ranking webometric UNJ masih berada jauh dari perguruan tinggi pembanding.
EVALUASI PROGRAM PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG SISTEM INFORMASI DAN TELEKOMUNIKASI BAGI APARATUR DAN MASYARAKAT DENGAN MODEL KIRKPATRICK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI PAPUA Viktor Aisoki; Agus Dudung R; Soeprijanto Soeprijanto
JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional) Vol 2 No 1 (2016): JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional FT UNJ Vol. 2 No 1 Tahun 2016
Publisher : LPPM, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.357 KB) | DOI: 10.21009/JPTV.2.1.4

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program pelatihan sumber daya manusia bidang sistem informasi dan telekomunikasi bagi aparatur dan masyarakat dengan model Kirkpatrick. Subyek penelitian ini adalah dampak dari peserta pelatihan, pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan berjalan baik dengan pencapian sesuai tujuan. Hasil dari Program pelatihan bagi aparatur dan masyarakat pada dinas komunikasi dan informatika pada pelaksanaannya berdampak baik sekali pada peserta.