cover
Contact Name
Wildan Saugi
Contact Email
sajiejournal@gmail.com
Phone
+6285327884670
Journal Mail Official
sajiejournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.A.M. Rifaddin Kampus II UINSI Samarinda, Samarinda, Kalimantan Timur Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Southeast Asian Journal of Islamic Education
ISSN : 26215845     EISSN : 26215861     DOI : https://doi.org/10.21093/sajie
Core Subject : Education,
Southeast Asian Journal of Islamic Education accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in English and Arabic related Islamic Education. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education. These issues include: Islamic Education Management, Madrasah Education, Islamic Early Childhood Education, Islamic Higher Education, Issues of Islamic Education, Science and Technology in Islamic Education, Curriculum of Islamic Education, Innovation of Islamic Education, Pesantren Education, Philosophy of Islamic Education, Islamic Education Policy, Figure of Islamic Education, and Comparison of Islamic Education.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019" : 13 Documents clear
Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan Kalimantan Timur Muhammad Anhar
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.225 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1353

Abstract

Belajar bahasa Arab masih dianggap sulit oleh mahasiswa terutama mahasiswa baru yang lulus dari sekolah umum. Mereka harus menghadapi mata kuliah yang cukup sulit menggunakan buku-buku klasik. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah dosen yang kurang kreatif dalam memilih bahan ajar yang sesuai dengan kemampuan siswa lulus dari sekolah umum. Perbedaan antara bahan pengajaran yang lama dan yang baru dalam hal minat dan permintaan untuk meningkatkan kompetensi bahasa asing siswa STIT Balikpapan mengakibatkan perlunya mengembangkan Bahan Ajar Bahasa Arab. Bahan ajar yang bervariasi mengenai sudut pandang dianggap mampu mengurangi kesenjangan pengajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar untuk meningkatkan minat dan meningkatkan kompetensi Bahasa Arab siswa Sekolah Tinggi Pendidikan Balikpapan. Untuk mengetahui masalah tersebut, penulis menganalisis masalah dengan melakukan USG dan Fishbone terhadap siswa STIT Balikpapan. Berdasarkan hasil, ada kesulitan di antara siswa dalam memahami buku-buku Arab lama; sebaliknya, mereka bisa lebih mudah memahami buku-buku berbahasa Arab baru. Siswa STIT Balikpapan lebih tertarik pada bahan ajar yang baru daripada yang lama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar baru mendapat skor 9,2 yang dikategorikan sangat baik dan bahan ajar lama mendapat nilai 7,4 yang dikategorikan cukup baik.
Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi Sidik Nuryanto
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.446 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1442

Abstract

Profesi atau cita-cita adalah hal yang ingin dicapai seseorang setelah mendapatkan pendidikan. Saat ini masih banyak anak yang tidak tahu kapan mereka bekerja sebesar cita-citanya itu. Indonesia Mengajar hadir dengan salah satu tujuannya untuk memperkenalkan jenis profesi yang ada. Gerakan ini mengundang para profesional yang sukses untuk turun tangan dalam berbagi cerita dan pengalaman kerja selama sehari di Hari Inspirasi. Begitu kutipan kalimat yang terdapat pada gerakan Indonesia mengajar.Kelas inspirasi adalah salah satu bagian dari program Indonesia Mengajar, mengundang para pemimpin profesional di bidangnya untuk berbagi pengalaman mereka tentang profesi mereka dan berbagi cerita tentang pengalaman mereka di tingkat sekolah dasar selama satu hari. Kelas inspirasi adalah manifestasi dari partisipasi masyarakat dalam mendukung keberhasilan pendidikan di Indonesia. Pendidikan tidak hanya mendominasi dengan pencapaian nilai-nilai kognitif, tetapi juga perlu membekali anak-anak dengan berbagai nilai dan keterampilan untuk menjadi bekal kehidupan masa depan mereka. Partisipasi masyarakat berarti tindakan yang mengambil bagian atau berpartisipasi dalam proses pendidikan. Ini dapat dilakukan dengan melibatkan mental dan emosional untuk berkontribusi pada pendidikan. Sumbangsih tidak harus materi, tetapi segala sesuatu yang dapat mendukung kesuksesan pendidikan dapat diberikan. Dengan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan, ini menyiratkan bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya guru.
RETRACTED: Peran Kurikulum Pengkaderan HMI UIN Sunan Kalijaga dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Ahmad Bustomi
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.573 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1444

Abstract

Telah ditemukan pelanggaraan etika publikasi dari artikel yang diterbitkan dalam Southeast Asian Journal of Islamic Education yang berjudul "Peran Implementasi Kurikulum Pengkaderan HMI UIN Sunan Kalijaga dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa" Volume 1, Nomor 2, hlm. 181-194, Juni 2019 dan telah ditarik kembali. Artikel tersebut ditemukan memiliki kesamaan di sebagian besar bagian artikel, yakni bagian pendahuluan, landasan teori, metode penelitian, dan referensi. Tim Redaksi menyelidiki dan menemukan bahwa artikel yang kemiripannya tinggi ini telah diterbitkan dalam Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Volume 7. Dokumen dan isinya telah dihapus dari Southeast Asian Journal of Islamic Education.
Improving Reading Achievements in Descriptive Text by Using TPRC (Think, Predict, Read and Connect) Strategy Hani Atus Sholikhah; Mar’atul Azizah
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.828 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1481

Abstract

This research investigates about the use of  TPRC strategy to improve reading achievement in descriptive text of the eleventh graders of MTS Nurul Falah Kutapandan . The research is conducted based on the main problems: (1) Is there any significant difference in reading achievement using descriptive text between students who are taught by using TPRC strategy and those who are not? (2) Does TPRC strategy give contribution to the students’ better achievement in reading and listening skills or not? To answer the questions, the researcher collect data from 64 students as a sample in two classes, one class as experimental research method. The researcher chosen two classes as a sample while class eight graders is experiment method, the data is gathered through pre-test and post-test.  The result data were analyzed by calculated by using SPSS 21 version. Based on the result paired sample t-test in reading there were found: first, the mean score of pretest in the experimental group was 58.37 and posttest was 79.78. Second, mean score of pretest in control group was 57.15 and posttest was 71.46.
Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor dalam Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan Dwi Nur Aini Dahlan
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.108 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan inventaris, frekuensi penggunaan dan bagaimana menggunakan permainan outdoor dalam pembelajaran di taman kanak-kanak di desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan. Pembelajaran efektif anak usia dini berorientasi pada bermain. Game edukasi anak-anak adalah salah satu permainan outdoor yang berfungsi dalam mengoptimalkan berbagai jenis kemampuan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pencapaian kredibilitas yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa permainan outdoor seperti ayunan, jungkat-jungkit, slide, bar monyet, bola dunia, mangkuk berputar dan terowongan ban. Game yang sering digunakan adalah ayunan, slide, dan mangkuk berputar dengan kondisi baik. Game yang jarang digunakan adalah jungkat-jungkit dan terowongan ban, dan yang tidak pernah digunakan adalah jaring laba-laba dan game dengan kondisi buruk. Penggunaan permainan luar dalam pembelajaran tidak optimal karena tidak menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan tidak didokumentasikan.
Mata Pelajaran IPS di MI/SD: Sebuah Strategi Pembelajaran Implementatif Tri Wibowo
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.424 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji strategi pembelajaran implementatif yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran ilmu sosial di Sekolah Dasar Islam Negeri Wirasaba Purbalingga sebagai sampel representatif, purposive dan inspirasional. Hal ini disebabkan sejumlah hal yang melatarbelakanginya, seperti dalam kegiatan pembelajaran ilmu sosial di tingkat pendidikan dasar hanya menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang berpusat pada guru. Selain itu, guru tidak tepat dalam pemilihan, pemilahan dan penerapan strategi pembelajaran. Kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran semakin membuat siswa kurang / tidak menguasai materi pelajaran dengan baik. Pada akhirnya dengan kurang / tidak menguasainya siswa pada mata pelajaran ilmu sosial membuat hasil / nilai pembelajaran menjadi buruk (jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimum / KKM yang telah ditetapkan).Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan dan hasil penelitian ini berupa strategi pembelajaran implementatif dalam kegiatan pembelajaran di bidang ilmu sosial (studi di Sekolah Dasar Islam Negeri Wirasaba Purbalingga) umumnya dibagi menjadi tiga langkah, yaitu perencanaan; waktu, urutan kegiatan pembelajaran, metode, media / bahan pembelajaran, implementasi; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutupan dan tindak lanjut dan akhiri dengan evaluasi; tes dan non-tes. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ilmu sosial adalah membaca dengan keras, berbagi pengetahuan aktif dan diskusi kelompok kecil.
Development of Plants and Animals Puppet Media Based on Conservation Values in Learning to Write Creative Drama Scripts in Elementary Schools Hamidulloh Ibda
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.096 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.1564

Abstract

This research is motivated dissatisfaction of teachers and students on learning media in school. The purpose of this study is (1) describe the development needs of plants and animals puppet media, (2) determining the value of the puppet characters of plants and animals, (3) describe the use of plants and animals puppet media, (4) test the effectiveness of the use of plants and animals puppet media. The method used is Research and Development (R & D). The eight stages covering explore the potential and problems, analyze the needs, preparation of media design, media validation, revision, testing a limited scale, revision back, and wide-scale trials. The results of this study indicate that (a) the needs of the media by the learner, including packaging, contents, materials, physical, and values contained in the media; (B) the character of the value of plants and animals puppet media is conservation values; (C) the utilization of plants and animals puppet media carried out in groups with one group consists of 2-3 people; (D) the development of plants and animals puppets charged effective conservation for students fifth grade elementary school.
Index Subject & Author Wildan Saugi
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.805 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.2388

Abstract

Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Rangka Peningkatan Prestasi Sekolah di MTs Al Muna Samarinda Sumaningsih Sumaningsih
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.477 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.3253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah kepala sekolah menyusun rencana kerja bersama dalam rangka peningkatan prestasi sekolah di MTs Al Muna Samarinda, (2) kegiatan kepala sekolah dalam dalam rangka peningkatan prestasi sekolah mengimplementasikan rencana kerja di MTs Al Muna Samarinda, (3) faktor yang mendukung dan menghambat kepala sekolah dalam memimpin MTs Al Muna Samarinda di Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, guru, staf, dan komite sekolah. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Pertama, rencana kerja yang dilakukan kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan prestasi sekolah adalah kepala sekolah menyusun program sekolah yang berkaitan dengan komponen manajemen pendidikan yaitu bidang kurikulum, bidang kesiswaan, Staf TU, guru, bidang sarana dan bidang hubungan masyarakat. Proses penyusunan program tersebut memiliki tujuan utama untuk dapat mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dalam pelaksanaan program MBS menekankan transparasi, partisipatif dan akuntabilitas untuk peningkatan prestasi sekolah. Kedua, implementasi yang dilakukan sekolah dalam manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan prestasi sekolah  adalah melakukan kegiatan kurikulum, kesiswaan, tata usaha, guru, sarana dan prasarana dan humas. Implementasi perencanaan kerja tersebut tidak terlepas dari keterlibatan semua unsur/komponen Team Work yang kompak dan transparan didalam setiap kegiatan untuk menunjukan adanya kepercayaan masyarakat kepada sekolah. Ketiga, Faktor Pendukung dan Penghambat kepemimpinan Kepala Sekolah. Faktor pendukung yang menonjol adalah dukungan guru. Dukungan guru tersebut merupakan kemampuan kepala sekolah dalam membentuk team work yang kompak dan transparan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari pihak sekitar sekolah dalam kegiatan ekstra kurikuler karena dianggap mengganggu.
أهداف تعليم اللغة العربية المستخدمة في المدرسة الإبتدائية الإسلامية الحكومية الأولى سمارندا Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah; Farida Farida
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 1 No 2 (2019): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (993.209 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v1i2.3810

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar penambahan pemahaman pembaca tentang tujuan pembelajaran Bahasa Arab dan penambahan pengetahuan tentang Taksonomi Bloom, dengan narasumber utama salah satu guru di MIN 1 Samarinda, penelitian ini diharapkan dapat menjadi refrensi dalam kegiatan belajar mengajar dan menambah wawasan terkait tujuan pembelajaran dan Taksonomi Bloom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan guru bahasa Arab di MIN 1 Samarinda dan untuk mengetahui evaluasi tingkatan Taksonomi Bloom yang digunakan oleh guru pada tujuan pembelajarannya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif evaluatif. Dengan sumber utama penelitian oleh guru mata pelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru menerapkan tujuan pembelajaran Bahasa Arab sesuai dengan buku acuan guru. Termasuk didalamnya standar kompetensi, yang dispesifikan lagi menjadi kompetensi dasar dan indikator persubbab keterampilan bahasa Arab. Digolongkan menjadi tiga ranah taksonomi Bloom, tujuan pembelajaran yang digunakan guru di MIN 1 Samarinda pada aspek sikap yang terdiri dari lima tingkatan kemampuan mengembangkan emosi pada taksonomi Bloom, siswa diharapkan mampu mencapai hingga tingkat ketiga (Menghargai), pada aspek pengetahuan dalam taksonomi Bloom terbagi menjadi enam tingkatan, siswa diharapkan mampu mencapai pada tingkat ketiga (Mengaplikasikan), dan pada aspek keterampilan terdiri dari lima tingkatan kemampuan dalam teori taksonomi Bloom, tujuan yang diterapkan oleh guru siswa diharapkan mampu mencapai hingga tingkat kedua (Memanipulasi). Sedangkan menurut tingkatan kompetensi kurikulum 2013 yang terbagi menjadi enam tingkatan kemampuan, tujuan pembelajaran yang dilaksanakan di MIN 1 Samarinda pada mata pelajaran Bahasa Arab masuk pada tingkat kedua (jenjang kelas 4 MI) dan tingkat tiga (jenjang kelas 5 MI) dan didalamnya sudah mencakup tiga aspek pencapaian kemampuan. Penyebutan aspek pencapaian tujuan pada Kurikulum 2013 berbeda dengan Taksonomi Bloom, pada kurikulum 2013 dinamakan aspek sikap (spiritual dan sosial), aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan pada Taksonomi Bloom disebutnya dengan ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotorik.

Page 1 of 2 | Total Record : 13