cover
Contact Name
M Mansyur
Contact Email
mansyurhurdi@gmail.com
Phone
+6287853147623
Journal Mail Official
jurnalelfata@gmail.com
Editorial Address
Komplek PP Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan, KM 11 Palenggaan Kab. Pamekasan, Jawa Timur
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah
ISSN : -     EISSN : 28278968     DOI : https://doi.org/10.36420/eft
Core Subject : Religion, Education,
El-fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah merupakan Jurnal Ilmiah kerjasama antara Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Pamekasan, sebagai media publikasi karya ilmiah kolaboratif antar Dosen, Mahasiswa atau Dosen dengan Mahasiswa di Fakultas Tarbiyah. El-fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah terbit dua kali dalam satu tahun (Februari dan November) melalui mekanisme yang telah ditentukan dengan scope kajian seputar: 1) Pendidikan dan Pembelajaran. 2) analisis dan pengembangan kurikulum pembelajaran. 3). Kajian-kajian pendidikan islam
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 02 (2023)" : 7 Documents clear
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN MOTIVASI PENDIDIKAN DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA Nila Apriliana; Rr. Kusuma Dwi Nur Ma’rifati
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 3 No. 02 (2023)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36420/eft.v3i02.304

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang nilai pendidikan Islam dan motivasi pendidikan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Teori-teori yang digunakan antara lain teori tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan motivasi pendidikan Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, atau biasa disebut analisis teks. Analisis teks digunakan untuk mengumpulkan muatan sebuah teks berupa katakata, gagasan, tema dan segala bentuk pesan yang dapat dikomunikasikan. Selanjutnya, jenis penelitian ini adalah kepustakaan (Library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer, sekunder, dan tersier. Sumber primer adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata, sumber sekunder adalahb semua buku yang berkaitan dengan judul penelitian ini, dan sumber tersier adalah dokumen-dokumen yang dapat menjelaskan tentang dokumen primer dan sekunder, seperti kamus, ensiklopedi, dll.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata adalah: Nilai Istikamah, ikhtiar, tawakal, jujur, ikhlas, sabar, dan kepedulian. Nilai motivasi pendidikan yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata diambil dari dua tokoh utama yakni: Desi Istiqomah dan Aini. Desi, guru matematika yang idealis, unik, kharismatik, fenomenal, cantik, cerdas tiada banding, tegas dan menjunjung tinggikejujuran. Dan Aini, cita-cita dokter, tokoh yang giat, pekerja keras, disiplin, dan penuh tanggungjawab.
METODE PEMBIASAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BAGI SISWA DI SEKOLAH POLISI NEGARA POLDA JATIM KABUPATEN MOJOKERTO Riska Rikarna Diana
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 3 No. 02 (2023)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36420/eft.v3i02.348

Abstract

Pembinaan karakter menjadi unsur terpenting yang harus ada dalam kepolisian atau dalam setiap sendi kehidupan bangsa untuk mewujudkan negara yang berkarakter. Fungsi utama POLRI bertugas menegakkan keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan rasa aman, perlindungan, dan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pendidikan karakter disiplin bagi siswa Sekolah Polisi Negara Polda Jatim dilakukan dalam 3 langkah yaitu (1). Pembiasaan rutin (2). Pembiasan spontan (3). Pembiasaan keteladanan. Kemudian dengan seluruh pemaparan data tentang pembiasaan rutin kegiatan yang dilakukan terjadwal di SPN Polda Jatim yaitu: (a). Kegiatan Apel (b). Kegiatan pemeliharaan kebersihan diri dan barak (c). Olahraga (d). Literasi (e). Kegiatan fisik harian dan (f). Sholat 5 waktu berjamaah. Kegiatan pembiasaan spontan tidak terjadwal dalam kejadian khusus di SPN Polda Jatim yaitu: (a). Antri (b). Membuang sampah pada tempatnya dan (c). Perilaku 5s. Kegiatan lain yang berperan dalam pelaksanaan pembiasaan keteladanan dalam bentuk perilaku sehari-hari yang dicontohkan oleh pengasuh dan pendidik seperti: (a). Sikap tampang (b). Apresiasi dan (c). Korve. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembiasaan pendidikan karakter disiplin siswa di SPN Polda Jatim terdapat 2 faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung pelaksanaan metode pembiasaan pendidikan karakter disiplin siswa di SPN Polda Jatim yaitu: (a). Internal: Kesadaran dari dalam diri siswa dan eksternal: (a). Faktor lingkungan (b). Faktor kurikulum. Faktor penghambat pelaksanaan metode pembiasaan pendidikan karakter disiplin siswa di SPN Polda Jatim yaitu: (1). Internal Kematangan pola pikir siswa dan eksternal: (2). Tidak konsistennya tenaga pendidik.
IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KERAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO Umi Takhammulil Fadlilah; Ashari Ashari
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 3 No. 02 (2023)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36420/eft.v3i02.350

Abstract

Budaya religius memiliki peranan penting dalam membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Melalui kegiatan pendidikan agama islam yang ada di sekolah mampu mengoptimalisasikan pendidikan karakter siswa sesuai dengan prinsip-prinsip agama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Wawancara terpimpin, (2) Observasi nonpartisipasi, (3) Studi dokumentasi. Analisis data melalui tiga proses yaitu: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan dan keajegan pengamatan dan triangulasi sumber. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Implementasi Budaya Religius dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Kota Mojokerto melalui Kegiatan Budaya Religius diantaranya: Budaya 5S, Menjaga kebersihan,Berdo`a, Tadarus, Shalat Sunnah dan Shalat Wajib, Infaq. (2) Dampak budaya religius dalam membentuk karakter siswa pada pembelajaran PAI yaitu: Akhlak siswa menjadi baik,Semakin melekatnya prilaku sopan santun siswa terhadap guru, Ibadah siswa semakin meningkat, baik ibadah sunnah maupun wajib seperti shalat, tadarus, berdo`a, Memiliki keimanan dan ketakwaan secara mendalam, Belajar siswa semakin rajin, Berjiwa social yang tinggi, Mentaati aturan sekolah, Memiliki tanggung jawab yang tinggi, Menjaga lingkungan sekolah, Menghargai orang lain baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat. (3) Faktor Pendukung dan penghambat budaya religiua dalam membentuk siswa diantaranya: (a) factor pendukung yaitu: sarana prasarana, kerjasama anatar guru agama dan guru mata pelajaran lain, tata tertib sekolah. (b) Faktor penghambatnya yaitu: Kurangnya kesadaran atas tanggung jawab siswa. Pengaruh lingkungan dari luar Sekolah, Belum tertanamnya budaya religius dalam bidang akhlak atau aqidah, Tidak adanya dukungan dari orang tua.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA TRADISI SAKURA (ANALISIS IMPLIKATIF TERHADAP PERTUMBUHAN SIKAP HUMANIS PADA MASYARAKAT LAMPUNG PESISIR KABUPATEN LAMPUNG BARAT) Sheila Zahrotun Nisa; Abdul Halim
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 3 No. 02 (2023)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36420/eft.v3i02.351

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Implikasi Tradisi Sakura Terhadap Pertumbuhan Sikap Humanis Pada Masyarakat Lampung Pesisir Kabupaten Lampung Barat. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi etnografi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumemntasi dengan jenis analisis data yang digunakan adalah jenis kualitatif etnografi model spradley untuk mencari tema-tema budaya yang digunakan oleh peneliti yaitu analisis domain, analisis taksonomi dan analisis komponensial, analisis tema kultural. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya Implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam menumbuhkan sikap humanis masyarakat Lampung tercermin dari perilaku sosial sehari-hari masyarakat seperti selalu melakukan musyawarah dalam menentukan keputusan, memberikan dorongan kepada para muli mekhanai dalam melakukan kegiatan bakti sosial, sikap tolong menolong yang ditunjukan dengan selalu membantu pada saat masyarakat setempat mengadakan acara, serta sikap gotong royong yang ditunjukan dengan kegiatan bersih-bersih desa, serta kegiatan pengajian yang dilakukan untuk memelihara kekerabatan dan persatuan.
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FALSAFAH ULUN LAMPUNG PADA MASYARAKAT PEPADUN DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Via Nindia Lusiwi
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 3 No. 02 (2023)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36420/eft.v3i02.352

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam falsafah hidup ulun Lampung pada masyarakat pepadun di kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dalam pendekatan fenomenologi dapat memungkinkan untuk mengungkap konsep religiusitas yang seharusnya ada dalam diri masyarakat pepadun. Peneliti menggunakan dua sumber data, yang pertama sumber data perimer melalui observasi dan wawancara mendalam kepada bupati Lampung Tengah, tokoh adat, tokoh pemuda adat, masyarakat pepadun, yang kedua sumber data sekunder yaitu melalui dokumentasi dan penelusuran internet. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa : nilai-nilai pendidikan Islam relevan dengan falsafah hidup Lampung yaitu piil pesinggiri, bejuluk adek, nemui nyimah, nengah nyappur, dan sakai sambayan serta internalisasi dari nilai-nilai pendidikan Islam dalam falsafah hidup Lampung pada masyarakat pepadun yaitu terdapat dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal.
PEMANFAATAN QUIZIZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BAHASA ARAB Tika Mardiyah
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 3 No. 02 (2023)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36420/eft.v3i02.357

Abstract

Implementasi pembelajaran abad-21mendorong banyak perubahan dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari imlementasi pembelajaran abad-21. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan hasil perkembangan teknologi informasi berupa aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran interaktif materi Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan quizizz sebagai media pembelajaran interaktif Bahasa Arab mampu merubah suasana pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswapada materi Bahasa Arab
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANORAJA BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACASISWA KELAS IV A PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI MI MIFTAHUL HUDA JENU-TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Rodliyatin Ni’am; Nurul Ngainin
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 3 No. 02 (2023)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36420/eft.v3i02.358

Abstract

Didalam kegiatan pembelajaran, siswa masih mengalami kesulitan untuk membaca aksara jawa. Minimnya media pembelajaran yang sesuai materi, pembelajaran hanya sebatas menggunakan buku, metode ceramah dan tanya jawab, dapat mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran.Permasalahan dalam penelitian ini berhubungan dengan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa, tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran PANORAJA Berbasis Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV A pada mata pelajaran Bahasa Jawa di MI Miftahul Huda Jenu-Tuban tahun pelajaran 2022/2023 yang valid, praktis, dan efektif.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan 10 langkah pengembangan menurut Borg and Gall. Untuk menganalisis tingkat kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan menggunakan angket validasi ahli materi, ahli media, dan ahli penyajian, serta angket kepraktisan siswa dan guru. Untuk menganalisis keefektifan menggunakan lembar observasi siswa pre-test dan post-test.Hasil validasi kelayakan produk memperoleh nilai rata-rata 90,5%(sangat valid), hasil angket respon guru memperoleh nilai 91% (sangat layak), dan angket respon siswa 98% (sangat layak). Hasil analisis keefektifan menunjukkan terjadi peningkatan dari nilai rata-rata pretest 68 (sedang) dan nilai rata-rata posttest 85 (tinggi), sehingga media pembelajaran Panoraja sangat layak dan mampu meningkatkan keterampilan membaca aksara jawa siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7