cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6285372738805
Journal Mail Official
cartesiusdikmatust@gmail.com
Editorial Address
Jl. Setia Budi No. 479 F Tanjungsari Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Cartesius
ISSN : 26232251     EISSN : 28286847     DOI : 10.54367
Core Subject : Education,
Jurnal Cartesius merupakan wadah informasi yang berisi artikel ilmiah penelitian, studi literatur, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan penelitian lainnya di bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Cartesius diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Januari dan Desember, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas Medan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No. 2 Tahun 2020" : 6 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN SOFTRE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI Arnold Fidelis Naibaho
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.089 KB) | DOI: 10.54367/cartesius.v3i2.1682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan software Autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis pada materi grafik fungsi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 1 SMA Santo Yoseph Medan dengan jumlah siswa 36 orang. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman matematis dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TPS dengan software Autograph. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TPS dengan software Autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman pada materi grafik fungsi trigonometri di kelas X MIPA 1 SMA Santo Yoseph Medan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SOFTWARE WINGEOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BANGUN RUANG Lukerya Purba
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.776 KB) | DOI: 10.54367/cartesius.v3i2.1685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) dengan media Software Wingeom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII-4 SMP Santo Petrus Medan dengan jumlah siswa 32 orang. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) dengan media Software Wingeom. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bangun ruang setelah memberikan perlakuan pembelajaran dengan berbantuan Software Wingeom
ETNOMATEMATIKA PADA TAMAN WISATA IMAN SITINJO DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH Paulina Simbolon
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.866 KB) | DOI: 10.54367/cartesius.v3i2.1686

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek etnomatematika yang ada di Taman Wisata Iman Sitinjo dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kleas XI IPA-3 SMA Santu Petrus Sidikalang yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui aspek etnomatematika yang ada ditaman iman khususnya dalam bidang geometri bidang datar adalah persegi, persegi panjang, segitiga dan lingkaran. Sehingga Taman Wisata Iman tersebut dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika di Sekolah. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa SMA Santu Petrus Sidikalang, mereka sangat tertarik dan suka dengan pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan benda-benda nyata yang ada dalam kehiduan sehari-hari.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA Lusia Novita Sari Situmeang
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.254 KB) | DOI: 10.54367/cartesius.v3i2.1688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Penalaran siswa pada pembelajaran matematika dengan kelas VII SMP Dharma Wanita Pertiwi Medan dengan menggunakan model pemebelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Software Geometer’s Sketchpad. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Researchand Development (R&D). Hasil temuan menunjukan bahwa nilai rata–rata hasil tes kemampuan awal siswa hanya mencapai 55,33%, sedangkan nilai ketuntasan Belajar secara klasikal yang diproleh hanya 22,23%. Ketuntasan Nilai KKM yaitu 75, sedangkan siswa yang memperoleh hasil tes 75 dinyatakan mencapai ketuntasan belajar. Hal ini yang menunjukan bahwa Nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran siswa mencapai 65,03%, dan ketuntasan Klasikal yang diperoleh adalah 66,67%. Berdasarkan hasil analsis ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Software Geometer’s Sketchpad dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Penalaran siswa
ANALISIS KESULITAN SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI SMP BUDI MURNI 2 MEDAN Rani Pasaribu
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.453 KB) | DOI: 10.54367/cartesius.v3i2.1690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi kubus dan balok di SMP Budi murni 2 Medan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dillakukan maka kesimpulan yang di peroleh adalah kesulitan memberikan beragam ide penyelesaian, kesulitan memberikan beragam cara penyelesaian, kesulitan menguraikan secara rinci penyelesaian terhadap persoalan, dan kesulitan menghasilkan ide penyelesaian yang tidak lazim digunakan oleh siswa. Jenis kesulitan yang dialami siswa paling banyak yaitu kesulitan dalam menghasilkan ide penyelesaian yang tidak lazim digunakan oleh siswa sebanyak 25% sedangkan kesulitan paling sedikit adalah kesulitan memberikan beragam cara penyelesaian sebanyak 7,03%
PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE MATH SOLVER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA¬ DIDIK KELAS X SMA Shinta Simbolon
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.533 KB) | DOI: 10.54367/cartesius.v3i2.1691

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik terhadap kemampuan literasi matematis siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik selama pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning berbasis komik sebesar 81.87, sementara nilai rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional hanya sebesar 76.45. koefisien determinasi sebesar 35% artinya sebesar 35% pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. Berdasarkan hasil analisis respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning berbasis komik

Page 1 of 1 | Total Record : 6