cover
Contact Name
Rochmat
Contact Email
jurnaltechnoump17@gmail.com
Phone
+62281636751
Journal Mail Official
jurnaltechnoump17@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Kembaran Banyumas Telp : (0281) 636751
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Techno
ISSN : 14108607     EISSN : 25799096     DOI : 10.30595/techno
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) adalah jurnal ilmu teknik yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu April dan Oktober. Tujuan penerbitan jurnal techno adalah mempublikasikan hasil penelitian, ide dan karya terbaru ilmu teknik. Scope ruang lingkup jurnal techno meliputi: Clean Energy Technology, Catalyst and Reaction Engineering, Environmental and Safety Technology, Food and Bioprocess Engineering, Fundamental of Chemical Engineering and Applied Chemistry, Industrial Chemical Engineering, Material Science and Engineering, Process and Control Engineering, Separation and Purification Technology, Structural Engineering, Construction Engineering, Material Engineering, Water Resources Engineering, Environmental Engineering, Municipal or Urban Engineering, Transportation Engineering, Forensic Engineering, Geotechnical Engineering, Design Research considers the processes of shaping and making of places, Power System and Information Technolog, Industrial electronics, Sensors, Micro-machines and Robotics, Biomedical Electronics, Electronics and Electrical Engineering, Photonics and Optoelectronics, Wireless/Mobile Communication and Computing, Industrial electronics, Mechatronica, Signal processing, Image Processing, Network Security and Cryptography, Parallel and Distributing Computing, High-Performance Computing, Autonomic and Trusted Computing, Software Engineering and Knowledge Engineering, Artificial Intelligence and Machine Learning, Knowledge Discovery and Data Mining, Virtual Reality and Visualization, Biomedical Informatics and Computation, Information and Its Technical Education, Mobile and Ubiquitous Computing, Analytical smart big data.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018" : 7 Documents clear
Turbin Air Tesla dengan Variasi Diameter Lubang Keluaran Mirmanto Mirmanto; Arif Mulyanto; Buyung Anugerah
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v19i2.3196

Abstract

Paper ini menyajikan hasil pengujian turbin air menggunakan prinsip turbin Tesla. Diameter lubang keluaran, yang berjumlah 4, divariasikan yaitu 10 mm, 15 mm dan 20 mm. Sedangkan diameter piringan turbin yang digunakan sebesar 120 mm dengan tebal piringan 2 mm, jumlah piringan 3 dan jarak antar piringan 2 mm serta terbuat dari CD bekas. Turbin diuji dengan head setinggi 5,2 m. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi besar diameter lubang pada piringan turbin terhadap unjuk kerjanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa torsi terbesar dihasilkan oleh turbin dengan besar diameter lubang 20 mm yaitu 0,07 Nm pada putaran poros 203 rpm dan torsi terkecil didapat oleh besar diameter lubang 10 mm sebesar 0,01 Nm pada putaran 702 rpm. Daya maksimum dihasilkan sebesar 2,03 W pada putaran poros 403 rpm dan diameter lubang 20 mm. Daya minimum dihasilkan oleh turbin dengan diameter lubang 10 mm sebesar 0,404  W pada putaran poros 702 rpm. Efisiensi terbesar dihasilkan oleh turbin dengan diameter lubang 20 mm yaitu sebesar 6,57% dan efisiensi terkecil didapat pada turbin dengan diameter lubang 10 mm yaitu sebesar 1,3%.
Analisis Torsi dan Efisiensi pada Motor Induksi Tiga Fasa Rotor Sangkar Winarso dsl; Dian Nova Kusuma Hardani
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v19i2.3070

Abstract

Motor induksi merupakan mesin listrik yang banyak digunakan sebagai penggerak misalnya motor sebagai penggerak belt konveyer untuk industry, pompa air,  penggerak  alat-alat perkakas dan penggerak  peralatan rumah tangga. Motor induksi yang sudah digunakan pasti akan mengalami penurunan torsi dan efisiensi karena penurunan kemampuan nilai material. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya torsi dan efisiensi motor induksi yang sedang dioperasikan. Motor induksi yang sedang digunakan harus di analisis apakah masih efisien atau tidak, tetapi tidak mungkin melepas motor tersebut karena sedang aktif melayani beban. Dengan mengukur parameter motor induksi tanpa harus melepas motor dari beban  maka dapat diketahui torsi dan efisiensi motor tersebut. Pada pengujian motor tanpa beban, uji beban penuh dan uji berbeban didapatkan nilai impedansi belitan stator,impedansi belitan rotor dan slip motor. Dari nilai impedansi dan slip dapat diketahui daya input ke stator, daya mekanik rotor, torsi dan efisiensi. Pada pengujian motor induksi dalam keadaan berbeban dengan tegangan kerja 375 volt di dapatkan daya input  2565 watt dengan  kerugian pada kumparan stator dan rotor  sebesar 743 watt, daya mekanik yang dikeluarkan oleh motor induksi adalah sebesar 1823 watt,  torsi yang dihasilkan rotor sebesar  14 Nm dan efisiensi motor sebesar  71,07 %.
Analisis Gaya Geser Dasar Seismik Berdasarkan SNI-03-1726-2002 dan SNI 1726:2012 pada Struktur Gedung Bertingkat besty afriandini; Dani Nugroho Saputro
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v19i2.3453

Abstract

ABSTRAK Untuk menanggulangi kerusakan dan keruntuhan bangunan akibat gempa bumi yang sering terjadi, di Indonesia sendiri terdapat peraturan yang mengatur tentang tata cara perencanaan ketahanan terhadap gempa, yaitu yang termuat dalam SNI SNI 1726:2012 yang menggantikan peraturan sebelumnya yaitu SNI 03-1726-2002. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perubahan peraturan yang mengatur ketahanan terhadap gempa di Indonesia dari SNI 03-1726-2002 menjadi SNI 1726:2012, terhadap gaya geser dasar seismik dan simpangan antar lantai. Penelitian ini dilakukan pada model struktur gedung beton bertulang bertingkat tujuh dengan analisis 3D yang diletakan pada 6 ibukota provinsi di pulau Jawa yang rawan gempa yaitu kota Jakarta, Banten, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya dengan asumsi jenis tanah sedang (SD). Metode analisis menggunakan statik ekivalen dan dilakukan dengan bantuan software SAP. Hasil analisis menunjukan nilai gaya geser dasar seismik dan simpangan antar lantai yang terjadi di 6 lokasi yang ditinjau, akibat beban gempa rencana berdasarkan SNI 1726:2012 lebih besar dibandingkan dengan SNI 03-1726-2002.  Kata kunci : beban gempa; gaya geser dasar seismik; simpangan antar lantai tingkat; SNI 03-1726-2002; SNI 1726:2012;ABSTRACTThe standard about Planning Procedures of Earthquake Resistance for Building Structure and Non-Building Structure in Indonesia, is SNI 1726:2012 that officially replaces the previosly applicable standard, is SNI 03:1726:2002. The research purpose was to determine the influence of the changes of the standar SNI 03-1726-2002 became SNI 1726:2012, toward base shear and story drift. The object of research is 3Dimension model of frame concrete structure and consist of 7 storey, placed on six capital of the province of Java Island that is Jakarta, Banten, Bandung, Semarang, Yogyakarta, and Surabaya with SD soil. The structure is modeled use software SAP and calculating with static equivalent analysis. The analysis result show that from six observed location, the value of base shear and story drift based on SNI 1726:2012 is bigger than SNI 03-1726-2002. Keywords : base shear, SNI 03-1726-2002, SNI 1726:2012, story drift
Perancangan Jaringan Backhaul Sistem Transmisi Gelombang Mikro Digital Menggunakan Frequency Diversity dan Tanpa Diversity di Wilayah Kepulauan Riau Yosy Yosy Rahmawati; Ade Wahyudin
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v19i2.3178

Abstract

The progress of information and communication technology has resulted in a number of villages in Lingga Regency, Riau Islands still feeling the lack of public information due to signal limitations. One of the islands in the spotlight of the government is Pekajang Island. Economically the population of Pekajang Island interacts more with Bangka Island. A considerable distance and very minimal transportation facilities make Pekajang Island isolated. Therefore, to provide ICT services, a backhaul network is needed to support access to ICT services. In the study, a backhaul network of microwave transmission systems has been designed using frequency and diversity without diversity in the Riau archipelago. From the results of the design test using Pathloss 5.0 Simulator, the reliability value of the system that uses frequency diversity is 99.96879% and without diversity is 99.81417%. It can be concluded that the design results of a microwave transmission system using frequency diveristy are feasible to be applied because it has a system reliability value above the threshold based on ITU-R G.827 and F.1703 standards.Perancangan Jaringan Backhaul Sistem Transmisi Gelombang Mikro Digital Menggunakan Frequency Diversity dan Tanpa Diversity di Wilayah Kepulauan Riau
Analisa Perencanaan Backhaul Untuk Jaringan Long Term Evolution (LTE) Dikota Yogyakarta Muhammad Azhar; Zein Hanni Pradana; Ade Wahyudin
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v19i2.3010

Abstract

Pelayanan telekomunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan modern. Perkembangan Teknologi LTE dikota sangat besar. Selaku Operator Memerlukan adanya backhaul yang handal namun juga efisien dari transmisi maupun dari segi kapasitas. Backhaul  adalah  suatu jalur  yang menghubungkan dari suatu Base Station ke Base  Station lain atau dari suatu Base Station ke core network untuk mengambil trafik dari Base Station tersebut.Pada Penelitian ini Membahas tentang analisa perencanaan backhaul untuk jaringan Long term Evolution di kota Yogyakarta. Dengan menggunakan Microwave sebagai teknologi Backhaul. Penelitian ini membahas Mengenai Perencanaan jaringan Long Term Evolution dengan Frekuensi 1800 MHz agar dapat Mengakomodasi Trafik di kota Yogyakarta dengan Menggunakan Perencanaan Capacity Maupun Coverage.  Pada hasil perencanaan Jaringan Long Term Evolution menggunakan Frekuensi 1800 MHz  Nilai Rereference Signal Receive Power (RSRP)  didapat dari hasil simulasi  dari Parameter Long Term Evolutin adalah adalah  rata-rata sebesar -75.66 dBm Sedangkan Pada Perencanaan Backhaul Menggunakan Teknologi Microwave diperoleh rata-rata daya terima >-78 dBm dan nilai Availability >99,999% untuk link dibawah  jarak <1,7km. Sehingga dapat diambil Kesimpulan Bahwa Backhaul Dengan Teknologi Microwave Pada penelitian ini bekerja dengan baik dan Optimal. dapat menghubungkan Jaringan LTE di Kota Yogyakarta dengan Jarak <1,7 km. Perencanaan ini dilakukan menggunakan atoll 3.3.
Prediksi Peningkatan Sedimentasi Dengan Metode Angkutan Sedimen (Studi Kasus Sedimentasi Di Waduk Mrica) Teguh Marhendi; Dewi laras Sulastri Ningsih
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v19i2.3006

Abstract

Permasalahan sedimentasi di Waduk Mrica berdampak pada pengurangan kapasitas maupun umur fungsi waduk. Sedimentasi terjadi karena proses erosi di hulu daerah aliran sungai di hulu Waduk Mrica dan tertampung atau mengendap pada waduk..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sedimentasi di Waduk Mrica menggunakan metode angkutan sedimen. Analisis dilakukan  dengan menghitung angkutan sedimen yang melayang dan mengendap menggunakan metode Mayer Petter Mullermelalui pendekatan empirik. Berdasarkan analisis tersebut, selanjutnya dilakukan prediksi 10 tahun terakhir (2005-2014) dan menghitung prediksi 10 tahun mendatang (2015-2024). Analisis Statistika dihitung menggunakan  metode Gumbel dan Log Person Tipe III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debit sedimen ini diprediksi terus mengalami peningkatan selama 10 tahun mendatang. Kata Kunci : Sedimentasi, angkutan sedimen, metode Mayer Petter Muller, Waduk Mrica
Analisa Model Matematik Arus Sejajar Pantai Pada Groin Seri Permeable Adi Surya Pria Pranata; Novi Andhi Setyo Purwono; Ary Sismiani
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 19, No 2 (2018): Techno Volume 19 No.2 Oktober 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v19i2.3173

Abstract

This research is the mathematical model has been made with two groins, permeable and impermeable groins, with the variation is in length and distance; 50 meters, 100 meters, 150 meters and 200 meters. A modelling has been done by using the data of physical modeling study by Chen., et al, 2003, and used as input to the simulation of mathematical models using 2D Boussinesq software.Results of the research showed the influence of variation model long distance between the groins, the reduction of longshore current velocity along the coast with an average 59.21% reduction for the double permeable groin with 50 meters long, 76.02% for 100 meters, 79.50% for 150 meters, 80.49% for 200 meters. The reduction of longshore current velocity along the coast are 57.42% for an impermeable groin groin double with 50 meters, 84.61% for 100 meters, 150% for 88.89 meters, and 89.91% for 200 meters. The distance variation between one groin to the other groin has a result that a longer permeable or impermeable groin affects the reduction longshore current velocity along the coast of the Surf Zone with the addition of longshore current velocity reduction occurs along the coast up to 20%. Reduction of longshore current velocity along the coast by the permeable and impermeable groin Permeable and impermeable groins has not been significantly occured in the long-term groin area exceeding Surf zone with an average additional reduction up to 5%. The longshore current velocity approaching the speed of currents along the coast for the existing conditions at a distance up to 2.4 times of length of groins. And the distance between the groins are too close if we compare to the long groins causing the current direction of movement towards the sea (rip Current). 

Page 1 of 1 | Total Record : 7