cover
Contact Name
Rochmat
Contact Email
jurnaltechnoump17@gmail.com
Phone
+62281636751
Journal Mail Official
jurnaltechnoump17@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Kembaran Banyumas Telp : (0281) 636751
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Techno
ISSN : 14108607     EISSN : 25799096     DOI : 10.30595/techno
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) adalah jurnal ilmu teknik yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu April dan Oktober. Tujuan penerbitan jurnal techno adalah mempublikasikan hasil penelitian, ide dan karya terbaru ilmu teknik. Scope ruang lingkup jurnal techno meliputi: Clean Energy Technology, Catalyst and Reaction Engineering, Environmental and Safety Technology, Food and Bioprocess Engineering, Fundamental of Chemical Engineering and Applied Chemistry, Industrial Chemical Engineering, Material Science and Engineering, Process and Control Engineering, Separation and Purification Technology, Structural Engineering, Construction Engineering, Material Engineering, Water Resources Engineering, Environmental Engineering, Municipal or Urban Engineering, Transportation Engineering, Forensic Engineering, Geotechnical Engineering, Design Research considers the processes of shaping and making of places, Power System and Information Technolog, Industrial electronics, Sensors, Micro-machines and Robotics, Biomedical Electronics, Electronics and Electrical Engineering, Photonics and Optoelectronics, Wireless/Mobile Communication and Computing, Industrial electronics, Mechatronica, Signal processing, Image Processing, Network Security and Cryptography, Parallel and Distributing Computing, High-Performance Computing, Autonomic and Trusted Computing, Software Engineering and Knowledge Engineering, Artificial Intelligence and Machine Learning, Knowledge Discovery and Data Mining, Virtual Reality and Visualization, Biomedical Informatics and Computation, Information and Its Technical Education, Mobile and Ubiquitous Computing, Analytical smart big data.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022" : 8 Documents clear
Pengaruh Penambahan Carboxymethyl Cellulose Terhadap Karakteristik Hidrogel Film Polivinil Alkohol Sebagai Aplikasi Pembalut Luka Dengan Chemical Crosslinking Method Haryanto Haryanto; Gika Annisa Selviana
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.14196

Abstract

Hidrogel, yang sangat biokompatibel dan mudah beradaptasi dengan jaringan biologis, telah menunjukkan kegunaan yang besar dalam aplikasi biomedis. Pada penelitian ini hidrogel pembalut luka dibuat menggunakan crosslinker asam sitrat sebagai alternatif dari glutaraldehid yang mana menimbulkan masalah kesehatan karena toksisitasnya, serta dilakukan penambahan zat aditif untuk mengetahui mengetahui pengaruhnya terhadap hidrogel PVA. Hidrogel PVA/CMC telah berhasil dibuat dengan metode ikat silang kimia. Formulasi konsentrasi karboksimetil selulosa (CMC) yang digunakan adalah 0% hingga 50%. Karakteristik yang diukur adalah fraksi gel, rasio swelling, dan sifat mekanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai crosslinking menurun dengan penambahan CMC yang ditunjukan dengan fraksi gel hidrogel PVA/CMC yang menurun dari konsentrasi 0% sebesar 63.603%, dan terus menurun hingga tersisa 54.326%. Nilai rasio swelling pun menurun pada konsentrasi 0% sebesar 572.794%, dan terus menurun. Kuat tarik dan elongasi hidrogel menurun dengan penambahan CMC, dengan nilai terbesar pada konsentrasi 0% yaitu 18.33 N/mm2 dan 282.51%. Hasil penelitian ini menunjukkan penambahan CMC menurunkan karakteristik hidrogel, namun nilainya sudah lebih baik dari beberapa penelitian terdahulu, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai aplikasi pembalut luka.
Potensi Penggunaan Pasir Lahar Dingin Gunung Sinabung Sebagai Campuran Beton Rika Deni Susanti; Aazokhi Waruwu; Debby Endriani; Indra Lesmana
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.11018

Abstract

Kemajuan pembangunan berbanding lurus dengan kebutuhan konstruksi beton. Beton memerlukan inovasi dalam penggunaan material utama maupun bahan tambahan untuk meningkatkan kinerja yang kuat, kokoh, dan tanah lama. Banyak upaya yang dilakukan dalam inovasi material yang digunakan, namun perlu pertimbangan efektifitas dan daya guna dari material. Salah satu limbah erupsi gunung berapi yang dapat dimanfaatkan adalah pasir lahar dingin. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan potensi pasir lahar dingin sebagai pengganti pasir sungai dalam meningkatkan kuat tekan beton. Pasir lahar dingin dari limbah erupsi Gunung Sinabung digunakan dengan variasi 0-100% untuk mengganti pasir sungai yang biasa digunakan. Beton yang menggunakan pasir lahar dingin diuji dengan alat kuat tekan untuk melihat sejauh mana material ini meningkatkan kuat tekan beton. Hasil penelitian dari uji kubus beton menunjukkan bahwa nilai kuat tekan beton dengan pasir lahar dingin lebih tinggi daripada kuat tekan beton pasir sungai. Peningkatan maksimum terjadi pada penggunaan 60-70% pasir lahar dingin. Potensi pasir lahar dingin dalam meningkatkan kuat tekan didapatkan sekitar 1,4 kali lebih tinggi dari kuat tekan beton biasa dengan pasir sungai.
Perencanaan dan Pembuatan Sistem Deteksi Tingkat Kelelahan Pada Pengemudi Kendaraan Bermotor Muhammad Taufiq Tamam; Itmi Hidayat Kurniawan; Anis Kusumawa
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.14198

Abstract

Traffic accidents on the highway are common. One of the causes is the fatigue factor of the driver so that his driving concentration will decrease. The condition of fatigue in the driver occurs due to decreased levels of oxygen in the blood (SpO2). This application to monitor the driver's fatigue level is done by installing a heart rate sensor and blood oxygen saturation (SpO2) on the driver's wrist. The measurement results are displayed on an OLED screen that contains the condition of the heart rate, oxygen saturation (SpO2) and the level of fatigue. If the fatigue level is at a high level then there will be a warning. Based on the results of trials that have been carried out, the average heart rate measurement error is 1.08% and the oxygen saturation in the blood (SpO2) is 0.81%.
Studi Efisiensi Struktur Fondasi Pada Penggunaan Dinding dan Panel Lantai Beton Ringan Aerasi Iwan Rustendi; Ary Sismiani
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.11180

Abstract

Penggunaan beton ringan aerasi sebagai material dinding akan mengakibatkan beban gravitasi dan beban gempa yang dipikul oleh struktur bangunan menjadi berkurang dibandingkan apabila menggunakan dinding bata merah. Karena beban yang bekerja menjadi berkurang intensitasnya maka gaya dalam yang timbul pada struktur gedung atau portal (balok dan kolom) menjadi berkurang juga begitu juga reaksi perletakannya, sehingga akan terjadi pengurangan dimensi dan penulangan pada struktur fondasi. Pengurangan tersebut akan lebih signifikan apabila beton ringan aerasi tersebut diaplikasikan juga pada pelat lantai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengurangan atau efisiensi struktur fondasi pada bangunan gedung yang menggunakan beton ringan aerasi pada dinding dan pelat lantainya, terhadap bangunan gedung yang menggunakan bata merah dan pelat lantai beton normal. Metode penelitian ini meliputi pengumpulan data (berupa gambar bestek bangunan, data tanah dan karakteristik beton ringan), mendesain model rangka gedung untuk Gedung I yaitu gedung yang menggunakan pelat lantai beton normal dan dinding bata merah dan Gedung II yaitu gedung yang menggunakan panel lantai dan dinding beton ringan aerasi, preliminary design, menghitung pembebanan struktur, analisis struktur dengan SAP2000, dan perancangan struktur fondasi. Dari hasil perhitungan didapatkan beban dinding pada Gedung I adalah sebesar 850 kg/m dan pada Gedung II berkurang menjadi 425 kg/m atau berkurang sebesar 50%. Sementara untuk beban mati lantai pada Gedung I sebesar 450 kg/m2 dan pada Gedung II berkurang menjadi sebesar 195,5 kg/m2 atau berkurang sebesar 57%. Reaksi perletakan Gedung I pada fondasi Tipe I adalah sebesar 1.867,321 kN, dan pada fondasi Tipe II adalah sebesar 1.087,644 kN. Sementara reaksi perletakan Gedung II pada fondasi Tipe I adalah sebesar 1.349,381 kN, dan pada fondasi Tipe II adalah sebesar 821,458 kN. Dimensi fondasi Gedung I untuk fondasi Tipe I adalah 2,75 x 2,75 x 0,56 m3 dengan penulangan D16-125, dan untuk fondasi Tipe II adalah 2,10 x 2,10 x 0,42 m3 dengan penulangan D16-175. Sementara dimensi fondasi Gedung II untuk fondasi Tipe I adalah 2,40 x 2,40 x 0,48 m3 dengan penulangan D16-150 , dan untuk fondasi Tipe II adalah 1,80 x 1,80 x 0,35 m3 dengan penulangan D16-200. Volume fondasi Gedung I adalah 115,38 m3 untuk betonnya dan 11.364,63 kg untuk tulangannya. Sementara volume fondasi Gedung II adalah 72,01 m3 untuk betonnya dan 6.619,02 kg untuk tulangannya.The use of aerated lightweight concrete as a wall material will reduce the gravity load and earthquake loads borne by the building structure compared to using brick walls. As a result of the working load being reduced in intensity, the internal forces that arise in the building structure or portal (beams and columns) are reduced as well as the joint reaction, so that there will be a reduction in dimensions and reinforcement in the foundation structure. The reduction will be more significant if the aerated lightweight concrete is also applied to the floor slab. The purpose of this study was to determine the reduction or efficiency of the foundation structure in buildings that use aerated lightweight concrete on the walls and floor slabs, for buildings that use red bricks and normal concrete floor slabs. This research method includes data collection (in the form of building pictures, soil data and lightweight concrete characteristics), designing a building frame model for Building I, which is a building that uses normal concrete floor slabs and  brick walls and Building II is a building that uses floor and wall panels. aerated lightweight concrete, preliminary design, calculating structural loading, structural analysis with SAP2000, and designing the foundation structure. From the calculation results, the wall load in Building I is 850 kg/m2 and in Building II it is reduced to 425 kg/m or reduced by 50%. Meanwhile, the floor dead load in Building I was 450 kg/m2 and in Building II it was reduced to 195.5 kg/m2 or reduced by 57%. The reaction for the placement of Building I on the Type I foundation is 1,867,321 kN, and on the Type II foundation it is 1,087,644 kN. Meanwhile, the reaction for the placement of Building II on the Type I foundation is 1,349,381 kN, and on the Type II foundation it is 821,458 kN. The dimensions of the Building I foundation for Type I foundations are 2.75 x 2.75 x 0.56 m3 with D16-125 reinforcement, and for Type II foundations are 2.10 x 2.10 x 0.42 m3 with reinforcement D16-175 . Meanwhile, the dimensions of the Building II foundation for the Type I foundation are 2.40 x 2.40 x 0.48 m3 with D16-150 reinforcement, and for the Type II foundation it is 1.80 x 1.80 x 0.35 m3 with reinforcement D16- 200. The volume of the foundation of Building I is 115.38 m3 for the concrete and 11,364.63 kg for the reinforcement. Meanwhile, the volume of the foundation for Building II is 72.01 m3 for the concrete and 6,619.02 kg for the reinforcement.
Production Of Lecithin As An Emulsifier From Vegetable Oil Using Water Degumming Process Alwani Hamad; Noni Indriani; Anwar Ma'ruf
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.15189

Abstract

Lecithin is a phospholipid that has amphiphilic properties resulted polar and non-polar regions, thus it is very effective to be food emulsifier. However, commercial lecithin derived from animal organs such as pig brain, that it is clearly haram. Today, commercial vegetable lecithin derived from soybean oil only. Therefore, lecithin production from other vegetable oils can be made Halal food. In this study, it determined production of lecithin from vegetable oils (coconut oil, palm oil, corn oil and soybean oil) using water degumming process. Vegetable oil is heated up to 70 ° C and added 3% of soft water and then stirred for an hour. To separate the gum, it is used centrifuge at 5000 rpm for 20 minutes. The results showed that only gum from corn oil that can be potentially produce crude lecithin as an emulsifier, resulted gum dry yield (0.11%) and acetone insoluble (AI) 62.75%. This result has significantly the same with soybean lecithin as a control. Unfortunately, it has water content of 6.14% that need further improvement.
Pengaruh Beban Lalu Lintas Terhadap Kerusakan Jalan (Studi Kasus : Jalan Ajibarang - Wangon) Roro Ayu Anggraita; Juanita Juanita
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.11364

Abstract

Daerah Ajibarang – Wangon merupakan daerah yang banyak terdapat pabrik dan pertokoan. Jalan Ajibarang – Wangon juga banyak dilalui kendaraan berat. Salah satu penyebab kerusakan jalan adalah adanya beban lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh beban lalu lintas terhadap kerusakan jalan. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data beban lalu lintas dan kerusakan jalan. Metode yang digunakan untuk menghitung beban lalu lintas dan kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga, sedangkan untuk mencari pengaruh beban lalu lintas terhadap kerusakan jalan menggunakan metode analisis regresi. Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Ajibarang – Wangon tepanya dari Pemandian Tirta Alam sampai dengan SD N 1 Karang Bawang. Data yang dimasukkan kedalam analisis regresi adalah kendaraan ringan,kendaraan berat dan nilai kerusakan jalan. Untuk sepeda motor diabaikan karena beratnya kurang dari 2 ton. Dari hasil volume lalu lintas didapatkan jam puncak untuk keempat segmen yaitu pada hari minggu pukul 09.00 s.d 10.00 WIB. Sedangakan untuk hasil perhitungan kerusakan jalan termasuk kategori sedikit sekali dengan nilai kerusakan sebesar 0.332% < 5%. Hasil dari analisis regresi didapatkan nilai determinasi untuk model 1 sebesar 0.498 dan model 2 sebesar 0.513, hasil uji f dan uji t untuk kedua model analisis tidak signifikan, sehingga tidak ada pengaruh antara beban lalu lintas dengan nilai kerusakan jalan.
Sediment Transport Modelling With Shen and Hung Models For Analysis Prediction Of Sediment Increase in Upper Serayu Barrage Teguh Marhendi; Ali Imron
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.12136

Abstract

Serayu Barrage is one of the weirs built in the river segment with a gentle slope of the riverbed. Serayu barrage, which was built in 1993, is used to meet the needs of irrigation water for irrigation areas Gambarsari - Pesangrahan with an area of ± 20,795 ha of irrigated land and to meet the needs of raw water in Cilacap Regency. Because this weir is located in a sloping river segment, with these characteristics the weir will easily increase sediment upstream of the weir due to the low flow velocity of the upstream weir. This study is intended to analyze the increase in sedimentation in the upstream weir based on Shen and Hung's model of sediment transport analysis. An analysis of the increase in sediment upstream of the weir was carried out for the study year from 2007-2036. The results of this study indicate that the increase in sedimentation upstream of the Barrage of Serayu's motion continued throughout the years 2007-2036. Then with using predictive analysis of the second order polynomial model, until 2036, occurs increased sedimentation in the upstream Serayu Barrage of 15,392 tons/day.Keywords: Shen and Hung sediment transport model, Increased sedimentation, Upper Serayu barrage
Implementasi Perangkat Lunak Penjaminan Mutu Menggunakan Metode Rapid Application Development ( RAD ) M Nurul Ihsan; Anton Yudhana; Rusydi Umar
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 23, No 2 (2022): Techno Volume 23 NO.2 Oktober 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v23i2.10427

Abstract

Menjaga kualitas terbaik perguruan tinggi merupakan pekerjaan yang berat penjaminan mutu karena harus mengintegrasikan seluruh kualitas komponen dan dokumen. Sistem penjaminan mutu konvensional  membutuhkan banyak SDM, lambat dan dokumen tidak terpadu. Solusi optimasi sistem penjaminan mutu adalah sistem informasi penjaminan mutu berbasis teknologi informasi yang memudahkan, realtime dan terpadu. Membangun sistem informasi penjaminan mutu membutuhkan metode pengembangan perangkat lunak yang tepat supaya sistem berjalan sesuai kebutuhan.Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan proses pengembangan sistem informasi penjaminan mutu supaya proses pelaksanaannya lebih cepat, terarah, efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode RAD dimana Metode RAD merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang banyak digunakan pengembang perangkat lunak skala kecil dimana menggunakan pendekatan berorientasi obyek.  Metode RAD terdiri requirements planning phase, RAD design workshop dan implementation phase.Metode RAD sangat efektif dalam optimalisasi kerja tim kecil dengan kemampuan SDM yang harus kompeten dibidangnya. Dengan metode ini pengembangan sistem informasi penjaminan mutu dapat diperkirakan selesai dalam kurun waktu lebih pendek.

Page 1 of 1 | Total Record : 8