cover
Contact Name
AOS
Contact Email
fisip@untagcirebon.ac.id
Phone
+6281221073405
Journal Mail Official
fisip@untagcirebon.ac.id
Editorial Address
Kampus 1, Jl. Perjuangan No. 17 Kota Cirebon Kode Pos: 4513
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal CENDEKIA Jaya
ISSN : -     EISSN : 26560828     DOI : https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya
"CENDEKIA Jaya" FISIP UNTAG CIREBON merupakan jurnal media komunikasi dan publikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, berisikan hasil penelitian, makalah, skripsi dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan ilmu sosial dan ilmu politik.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Edisi Juli" : 2 Documents clear
KARAKTERISTIK UMKM DI KABUPATEN BEKASI kang Warjo Fisip
CENDEKIA Jaya Vol 4 No 2 (2022): Edisi Juli
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v4i2.318

Abstract

Keberadaan sektor UMKM (Usaha Kecil Menengah dan Mikro) sangat mendukung kekuatan perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari besarnya tingkat penyerapan tenaga kerja yang ada. Terjadinya pandemi Covid 19 memberikan dampak yang signifikan terhadap kegiatan UMKM, banyak UMKM yang mengalami penurunan omzet penjualan sehingga menurunkan permintaan produk UMKM dalam negeri sebesar 30,5%. Penurunan omzet ini tentunya akan mempengaruhi kinerja UMKM dalam mendukung kegiatan ekonomi. Sehubungan dengan kondisi tersebut, diperlukan penelitian untuk mengetahui karakteristik UMKM yang ada. Dengan mengetahui karakteristik UMKM maka dapat diambil kebijakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perekonomian Kabupaten Bekasi sebagian besar didominasi oleh sektor Industri Pengolahan dengan indeks LQ 1,86 dan Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum dengan indeks LQ 1,15. Sebagian besar usaha UMKM bergerak di bidang perdagangan dan penjualan makanan dan minuman. Masalah utama adalah kurangnya modal karena sebagian besar modal adalah modal sendiri sebesar 36%. Penggunaan dana perbankan masih sekitar 26%. Tingkat persaingan masih kecil yaitu 0,04 artinya hanya sekitar 4 warga dari 100 warga yang melakukan kegiatan usaha. Sesuai dengan kondisi tersebut, kebijakan pengembangan UMKM difokuskan pada sektor manufaktur untuk mendukung kegiatan industri. Selain itu, perlu adanya upaya peningkatan peran perbankan dalam pembiayaan sektor UMKM dan pemberian legalitas usaha.
EFEKTIVITAS SOSIALISASI POLITIK: STUDI TENTANG MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH DI KABUPATEN INDRAMAYU Ade Setiadi
CENDEKIA Jaya Vol 4 No 2 (2022): Edisi Juli
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v4i2.395

Abstract

Salah satu perwujudan demokrasi dalam seleksi kepemimpinan di Indonesia adalah melalui mekanisme Pemilihan Umum (Pemilu). Pemilihan umum merupakan salah satu sarana suksesi politik dalam sebuah negara yang demokratis. Akan tetapi permasalahan yang selalu timbul adalah dinamisnya angka partisipasi pemilih yang naik turun dalam setiap kegiatan penyelenggaraan Pemilu atau Pilkada. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efektivitas sosialisasi politik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan tujuan dari efektivitas sosialisasi politik oleh KPU Kabupaten Indramayu dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Indramayu. Hasil penelitian didapatkan bahwa langkah yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Indramayu yaitu meningkatkan daya tarik kegiatan sosialisasi agar masyarakat dapat hadir ketika ada acara sosialisasi sehingga diharapkan masyarakat menjadi lebih paham tentang regulasi dan tahapan Pemilu atau Pilkada dan ketika hari pemilihan tiba masyarakat berpartisipasi dalam pemilihan; menyisir segmentasi pemilih agar waktu pelaksanaan sosialisasi menjadi lebih efektif; perekrutan relawan demokrasi sebagai agen sosialisasi dan terjalinnya koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi yang efektif antara KPU sebagai penyelenggara dengan pemerintah, partai politik, stakeholder, dan media. Hal ini terbukti efektif dengan meningkatnya jumlah pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indramayu dari yang semula pada tahun 2015 angka partisipasi pemilih 58,95% menjadi 66,19% di tahun 2020.

Page 1 of 1 | Total Record : 2