cover
Contact Name
Adiyanto
Contact Email
info@ipem.ac.id
Phone
+6285213677334
Journal Mail Official
info@unipem.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM)
ISSN : 23384093     EISSN : 26866382     DOI : 10.58217
Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Insan Pembangunan Indonesia sejak Juni 2017. IPSIKOM memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. IPSIKOM berkomitmen untuk memuat artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan dapat menjadi rujukan utama para peneliti dalam bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. Scope Jurnal IPSIKOM Big Data Artificial Intelligence Information system Accounting System Information Education Technology Information Security information Data mining Application Information System Business Intelligence Decision Support Systems Intelligent Systems Machine Learning Network and Computer Security Optimization Pattern Recognition Soft Computing Software Engineering Information Technologi
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI GAME EDUKASI PENGENALAN BINATANG BUAS PADA ANAK USIA DINI MUSTAR AMAN
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.199

Abstract

ABSTRACT The use of educational game technology in the teaching and learning process of children is one of the right ways, Educational games are games that are packaged to stimulate thinking power and are one way to train the concentration of users. The problem that occurs at the Tangerang Regency Early Childhood Education Institution is that it has not implemented educational games as an alternative to learning and problems in delivering subject matter at an early age, one of which is child boredom in learning and in understanding the learning material provided, because the concept of learning is still conventionally used. includes child-centred early childhood. The learning approach used is a scientific approach (a series of processes of observing, asking, gathering information, reasoning, and communicating, all the senses and various sources and learning media. The purpose of the research is to overcome learning problems in increasing interest in learning, helping the development of intelligence and improving children's abilities in learning). the learning process of children at an early age. For this reason, interactive, interesting, and fun learning media are needed so that the delivery of this educational game can be done by playing while learning. The research method used is the Multimedia Development Life Cycle method which consists of six stages, namely conceptualization , designing, collecting materials, making, testing, and distributing, but in this study it was limited to the testing stage.The results of the research were in the form of a mobile game application as an alternative medium of learning for Early Childhood Education teachers in changing the way of learning. Conventional games become a way of learning simulation games, so they can develop children's creativity, because educational games have elements of challenge, accuracy, reasoning and ethics. Keywords: Game, Education, PAUD, Wild Animals. ABSTRAK Penerapan teknologi Game pada proses belajar pada anak usia dini merupakan cara yang tepat, Game edukasi merupakan permainan yang dikemas untuk merangsang daya pikir dan termasuk cara untuk melatih meningkatkan konsentrasi anal usia dini. Masalah yang terjadi pada Anak Usia Dini Kabupaten Tangerang adalah belum menerapkan game edukasi sebagai alternative pembelajaran dan masalah dalam penyampaian materi pelajaran pada anak usia dini salah satunya seperti kebosanan anak dalam belajar serta dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan, karena konsep pembelajaran masih secara konvensional. Pendekatan pembelajaran yang digunakan pendekatan saintifik (rangkaian proses mengamati, bertanya, mengumpulan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan, seluruh indera dan berbagai sumber dan media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan minat belajar, membantu perkembangan kecerdasan dan meningkatkan kemampuan anak dalam peroses belajar anal usia dini. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menyenangkan sehingga penyampaian Game edukasi ini dapat dilakukan dengan bermain sambil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahap yaitu pengonsepan, pendesainan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian, namun dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap pengujian saja. Hasil penelitian berupa aplikasi mobile game sebagai media alternatif pembelajaran guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam mengubah cara belajar konvensional menjadi cara belajar simulasi game, sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak, karena dalam game edukasi memiliki unsur tantangan, ketepatan, daya nalar dan etika. Kata Kunci: Game, Edukasi, PAUD, Binatang Buas.
PENERAPAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK PADA SISTEM INFORMASI ANGGARAN DANA DESA BERBASIS WEB MUSTAR AMAN
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.204

Abstract

ABSTRAK Dengan perkembangan Technology secara pesat tentu akan ada perubahan pada sektor usaha, Anggaran desa adalah anggaran yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa yang di transfer melalui anggaran belanja daerah Kabupaten/kota. Anggaran ini digunakan untuk membiayai penyeleggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa, Sedangkan alokasi anggaran desa adalah merupakan bagian dari anggaran pertimbangan keuangan pusat dan daerah yang di terima daerah/Kabupaten untuk desa paling sedikit 10 persen yang pembagiannya untuk desa. Masalah yang terjadi pada sistem informasi anggaran desa Munjul Kabupaten Tangerang yang belum terintegrasi atau masih secara konvensional karena sistem anggaran dana desa masih memanfaatkan aplikasi Microsoft excel, prose's input data anggaran masih secara tradisional dan data alokasi anggaran dana desa yang belum terstruktur, sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui perihal alokasi anggaran dana desa yang dikeluarkan untuk pengembangan Desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedure pengelolaan Anggaran Desa pada tahun anggaran 2018 pada Desa Munjul Kec. Solear Kab. Tangerang, pada tahap perencanaan dan pelaksanaan, sampai laporan pertanggungjawaban yang diutamakan bagi masyarakat desa serta bagaimana penggunaan dan pengontrolan anggaran Desa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil yang diharapkan dari penelitian adalah berupa perangkat lunak yaitu informasi anggaran desa secara online yang dapat menyajikan informasi yang akurat tentang anggaran desa yang telah di kelurkan untuk pembangunan desa.
SISTEM PENDUKUNG DIAGNOSA IRIDOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL METODE TRANSFORMASI HOUGH REKSA ANUGRAH
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.198

Abstract

ABSTRAK Aplikasi dengan menggunakan citra digital semakin banyak diminati. Dewasa ini penggunaan diagnosa tradisional melalui iris mata atau iridologi semakin berkembang, antara lain karena tingginya biaya kesehatan yakni rumah sakit dan tidak efektifnya lembaga penjamin biaya kesehatan. Iridologi adalah diagnosis alternatif dengan biaya rendah untuk memprediksi kondisi kesehatan manusia melalui diagnosa iris mata. Beberapa peneliti telah mengembangkan citra digital untuk iridologi, namun belum mengarah pada spesifik untuk citra iridologi yang memerlukan pengamatan lebih lanjut pada zonanya. Sistem pendukung diagnosa iridologi dengan metode Transformasi Hough adalah solusinya. Sistem yang diusulkan menggunakan Deteksi garis dan deteksi puncak untuk mendeteksi area tertentu pada citra iris mata digital, Penelitian dengan citra digital ini dilakukan terhadap 4 model citra iridologi spesifik yakni, Psora, DarahTinggi, Depresi, dan Arcus Senilis. Kata kunci: Transformasi Hough; Iridologi; Pengobatan Alami; Citra Digital.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN PADA SMK GEMA BANGSA . JUMRONI; JAKA SUWITA; BEBY TIARA
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.202

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi di era saat ini berjalan yang sangat pesat, hal ini terbukti dengan banyaknya penggunaan jaringan internet diberbagai kalangan masyarakat saat ini. Seperti halnya pendidikan untuk mengetahui layanan informasi pembayaran SPP. Pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), belum banyak sekolah yang mengenal dan memanfaatkannya dengan baik teknologi ini. Salah satunya yaitu sekolah SMK gema bangsa dalam kegiatan pelayanan administrasi pembayaran SPP, masih dilakukan secara manual dengan melakukan pencatatan manual kedalam sebuah buku besar, lamanya dalam proses antrian pembayaran SPP, dan sering melakukan kesalahan dalam hasil pembuatan laporan, sehingga sistem yang berjalan saat ini belum optimal, karena itu perlu adanya peningkatan sistem secara terkomputerisasi pada laporan pembayaran SPP. Sebagai media penghubung antara wali murid dan pihak sekolah, agar wali murid dapat mengecek pembayaran putraputrinya setiap bulannya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian dan membuatkan sebuah sistem baru yang dapat dimanfaatkan untuk pembayaran SPP bertujuan untuk meningkatkan keakuratan, kecepatan, serta ketetapan dalam pembuatan laporan sehingga mengurangi kesalahan dalam laporan pembayaran. metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Alat bantu analisis yang digunakan yaitu Unified Modeling Language (UML). Sistem informasi ini dibangun agar dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data. Sistem yang baru dapat memaksimalkan pekerjaan bendahara dalam penyampaian informasi pembayaran, ketelitian maupun pelayanan administrasi pembayaran SPP dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA IFA INTERIOR ENGGAR MAYLIANDA AYU; . ADIYANTO; MASDUKI ASBARI
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.203

Abstract

ABSRAK Ditengah ekonomi yang kompetitif seperti sekarang, perusahaan dan organisasi maupun Home Industry harus mementingkan pelanggan serta meningkatkan komunikasi dengan pembeli secara lebih baik. Kunci sukses menghadapi pasar yang kompetitif ialah prefrensidan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan bisa menjadi jaminan kelangsungan hidup bagi perusahaan. IFA Interior menyadari akan pentingnya loyalitas pelanggan tersebut. Untuk mengurangi kelemahan pada Strategi Bisnis, maka peneliti merancang suatu sistemyang bermaksud untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menerapkan salah satu strategi yaitu CRM. Diharapkan dengan menerpkan strategi CRM, IFA Interior dapat memenangkan loyalitas pelanggan dan terus meningkatkan loyalitas pelanggannya. Kesimpulan yang dapat penulis sampaikan adalah sebelum adanya sistem ini dalam Strategi Bisnis mendapatkan loyalitas pelanggan masih dilakukan dengan cara tatap mukadengan pengunjung toko atau survey ke lokasi pembuatan Furniture namun setelah adanyasistem ini melihat katalog dan berinteraksi dengan Store IFA Interior dapat diakses dalamsistem berbasis web, yang dapat bermanfaat bagi Store IFA Interior dan juga pelanggan.
PERANCANGAN APLIKASI PENGGAJIAN STUDI KASUS STMIK INSAN PEMBANGUNAN BUDI HARYANTO; . NURASIAH; YAYAH YULIA; INDRA FAOZI
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.205

Abstract

ABSTRAK Sistem Penggajian adalah sistem yang dibutuhkan dalam semua institusi bisnis dan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam kegiatan rutin dalam semua institusi bisnis. Apabila kita menggunakan sitem penggajian dengan cara manual maka akan banyak sekali masalah yang akan timbul, diantaranya adalah masalah lamanya pembagian laporan penggajian kepada semua karyawan dikarenakan diharuskan memberikan satu persatu kepada masing masing karyawan, di samping itu dikarenkan pencatatan yang masih manual akan sulit sekali membuatkan pelaporan pelaporan yang dibutuhkan kepada manajemen. Penggunaan teknologi informasi di suatu bidang seharusnya membantu suatu pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Untuk itulah dibuatkan sistem Informasi Penggajian yang diharapkan dapat membantu proses yang selama ini berjalan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PREVENTIVE MAINTENANCE BERBASIS WEB PADA PT MACROPRIMA PANGANUTAMA NURI WIYONO; . RIYANTO; ARIS SRI REJEKI
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.206

Abstract

ABSTRAK Proses penjadwalan perawatan mesin produksi dan pengolahan data laporan penjadwalan pada PT Macroprima Panganutama masih dilakukan secara manual, sehingga prosesnya memerlukan waktu yang relatif lebih lama, baik dalam proses penjadwalan, maupun dalam hal pembuatan laporan. Sistem Informasi penjadwalan perawatan mesin produksinya mencakup pengolahan data jadwal perawatan mesin produksi, data teknisi, data toolskit, data user, data mesin produksi dan konfigurasi admin. Dalam penelitian ini digunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Digunakan Data kualitatif. dimana bertujuan untuk menganalisa permasalahan yang terjadi di PT Macroprima Panganutama. Dalam merancang sebuah sistem informasi penjadwalan perawatan mesin produksi akan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai database untuk tempat penyimpanan datanya. Hasil penelitian dari penerapan sistem informasi penjadwalan perawatan mesin produksi, merujuk pada menurunnya downtime pada mesin produksi akibat dari kurannya perawatan, dan efisiensi waktu dalam pembuatan laporan, sehingga proses penjadwalan mesin produksi dapat dilakukan dengan cepat dan terhindar dari kesalahankesalahan dalam pembuatan laporannya
PERANCANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA BERBASIS ANDROID BUDI HARYANTO; . NURASIAH; YAYAH YULIA; TIA HENI PANGESTI
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.207

Abstract

ABSTRAK Buku ajar dan media pembelajaran adalah hal penting didalam sistem perkuliahan di STMIK Insan Pembangunan yang akan menunjang sistem belajar mengajar. Saat ini media pembelajaran sebagian besar masih menggunakan media presentasi dari masing masing dosen, dimana terkadang materi yang disampaikan kurang jelas atau kurang detail. Hal lain dari kurang nya media belajar yang hanya mengandalkan media presentasi dari dosen adalah saat mahasiswa berhalangan hadir sehingga dia tidak bisa mendapatkan hal yang disampaikan oleh dosen walaupun sudah mempunyai materi presentasi. Penelitian ini mencoba memberikan solusi alternatif dengan menggunakan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat saat ini, yaitu menyediakan materi pembelajaran baik itu berupa media presentasi, media audio visul dan website, sehingga diharapkan mahasiswa akan dapat lebih memahami dari perkuliahan yang ada. Kata kunci: Buku Ajar, Media Pembelajaran, Android ABSTRACT Textbooks and learning media are important things in the lecture system at STMIK Insan Pembangunan which will support the teaching and learning system. Currently most of the learning media still use presentation media from each lecturer, where sometimes the material presented is not clear or lacks detail. Another thing about the lack of learning media that only relies on presentation media from lecturers is when students are unable to attend so that they cannot get what is conveyed by the lecturer even though they already have presentation material. This study tries to provide alternative solutions using information technology that is currently developing rapidly, namely providing learning materials in the form of presentation media, audio visual media and websites, so that students are expected to understand better from the existing lectures.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI MOBILE POINT OF SALE PADA OUTLET MAKARONI JUDES BERBASIS ANDROID . JAINURI; . NURASIAH; YULITA HERMILASARI
Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) Vol 9, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58217/ipsikom.v9i2.201

Abstract

ABSTRAK Sektor ekonomi merupakan sektor yang berdampak pada perkembangan bisnis saat ini, salah satunya dengan banyaknya UKM yang berkembang. pada outlet Makaroni Judes pembuatan laporan penjualan masih belum efektif dan efisien karena harus melihat catatan atau nota satu persatu. Keterbatasan karyawan/kasir saat transaksi pelayanan yang cukup banyak, menyebabkan sering terjadi kesalahan hitung dan lainnya. Guna memudahkan sistem kasir pada Outlet Makaroni Judes saat ini maka penulis merancang sistem kasir Mobile Point Of Sale pada Outlet Makaroni Judes guna Membantu meningkatkan kualitas pelayanan pada outlet Makaroni Judes melalui aplikasi kasir yang sudah menggunakan sistem Mobile Point Of Sale sehingga memudahkan para karyawan saat melakukan transaksi

Page 1 of 1 | Total Record : 9