cover
Contact Name
Fathurohim
Contact Email
fathur1876@gmail.com
Phone
+6285879856006
Journal Mail Official
jebi@stais.ac.id
Editorial Address
JL.KH.Sufyan Tsauri Majenang PO BOX 18 Cilacap
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam
Published by Rumah Jurnal STAIS
ISSN : -     EISSN : 28292995     DOI : https://doi.org/10.57210/j-ebi.v1i02.49
Core Subject : Economy,
JEBI (Jurnal ekonomi dan Bisnis Islam) adalah adalah terbitan berkala yang menerbitkan artikel ilmiah dalam bidang: Ekonomi Syariah, Manajemen, Manajemen Bisnis, Akuntansi Syariah, Manajemen Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf, Entrepreneurship dan Bisnis Islam, Hukum Ekonomi Islam, Pemikiran Ekonomi Islam dan Asuransi Syariah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 02 (2022): J-EBI: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM" : 6 Documents clear
PENGARUH PENERBITAN SUKUK TERHADAP REAKSI PASAR MODAL SYARIAH DI INDONESIA Muhammad Rozaq; Nadia Anatul
J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam Vol 1, No 02 (2022): J-EBI: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
Publisher : J-EBI (Jurnal Ekonomi Bisnis Islam)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.258 KB) | DOI: 10.57210/j-ebi.v1i02.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai penerbitan, karakteristik sukuk, dan rating penerbitan sukuk terhadap reaksi pasar modal syariah di Indonesia yang di ukur dengan abnormal return. Populasi pada penelitain ini adalah perusahaan yang menerbitkan sukuk dan tercatat di bursa efek Indonesia tahun 2021. Tehnik pengambilan sempel yang dilakukan dalam penelitian yaitu meggunakan metode  market-adjusted model  yang dalam model ini tidak menggunakan metode estimasi yang ada pada model lain dimana penelitian yang didapatkan berdasarkan pada data sekunder di rating update tahun 2021 terhadap analisa ststistik dengan SPSS yang terkait dengan variable yang akan di teliti. Dan penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan terhadap penerbitan sukuk terhadap reaksi pasar modal syariah di Indonesia. Dan berdasarkan criteria yang telah ditentukan diperoleh jumlah sample sebanyak 14 penerbitan sukuk dengan rating yang dikeluarkan oleh 2 perusahaan penerbit sukuk yang memenuhi kriteria. Tekhnik analisis yang digunakan yaitu uji beda  dengan tingkat signifikansi 5% maka kesimpulannya data tidak berdistribusi normal, dan tidak ada pengaruh di antara BANK PAN dan MANDALA MULTIFINANCE Tbk.
PENGARUH MOTIVASI, MANFAAT DAN EDUKASI PASAR MODAL SYARIAH TERHADAP MINAT BERINVESTASI MAHASISWA FEBI IAIN KUDUS Rahma Camilia; Ida Wahyuningsih
J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam Vol 1, No 02 (2022): J-EBI: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
Publisher : J-EBI (Jurnal Ekonomi Bisnis Islam)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.21 KB) | DOI: 10.57210/j-ebi.v1i02.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi, manfaat, dan edukasi pasar modal syariah terhadap peningkatan minat berinvestasi mahasiswa IAIN Kudus khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2018 yang telah mendapatkan mata kuliah Pasar Modal Syariah yaitu terdiri dari mahasiswa prodi Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, dan Perbankan Syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 responden dengan teknik random sampling. Hasil dari penelitian berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 21,2% yang berarti sisanya masih dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa F hitung F tabel atau 8,270 2,72 yang berarti variabel motivasi, manfaat, dan edukasi berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat berinvestasi. Berdasarkan hasil Uji T nilai sig motivasi sebesar 0,04 0,05 dan t hitung 0,2926 1,99085 yang berarti motivasi berpengaruh terhadap minat investasi, nilai sig manfaat sebesar 0,66 0,05 dan t hitung sebesar 1,863 1,99085 yang berarti manfaat tidak berpengaruh terhadap minat investasi, dan nilai sig edukasi sebesar 0,278 0,05 dan t hitung sebesar 1,092 1,99085 yang berarti edukasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi.Kata Kunci: Motivasi; manfaat; edukasi; minat investasi
MITIGASI PEMBIAYAAN BERMASALAH DALAM AKAD MUDHARABAH DI BANK SYARIAH Yosinta Pangestuti; Bayu Sudrajat
J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam Vol 1, No 02 (2022): J-EBI: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
Publisher : J-EBI (Jurnal Ekonomi Bisnis Islam)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.493 KB) | DOI: 10.57210/j-ebi.v1i02.191

Abstract

Bank Syariah dirancang sebagai suatu sistem dengan bagi hasil sebagai dasar operasionalnya. Prinsip utama yang digunakan adalah kejujuran, terutama dari pihak debitur (nasabah). Hal tersebut ternyata menimbulkan banyak permasalahan yang timbul dalam penerapannya karena banyak data yang disampaikan nasabah tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Hal yang demikian ini akan menimbulkan masalah-masalah dan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh nasabah. Tulisan ini akan menyampaikan tentang masalah-masalah yang muncul serta  mitigasinya pada sistem bagi hasil bank syariah.
ANALISIS HUBUNGAN GAYA HIDUP DAN PERILAKU KONSUMSTIF IMPULSE BUYING DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH Fadhilah Sukur Indra; namira muthia
J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam Vol 1, No 02 (2022): J-EBI: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
Publisher : J-EBI (Jurnal Ekonomi Bisnis Islam)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.529 KB) | DOI: 10.57210/j-ebi.v1i02.114

Abstract

Islamic economics strongly carries the concept of al-falah as a welfare which is the ultimate goal of every living being, so with this transaction carried out in meeting their needs must also be based on this. However, this modern era has brought many social changes for all human beings, one of which is the emergence of a new lifestyle, namely hedonism and which is thought to be one of the factors that influence people to make impulse buying. This study aims to see the relationship of the hedonistic lifestyle to humans so that they are able to do impulse buying and how the Islamic economy responds to this. The method used is library research using several journal references. The results of the study that there is a relationship between the hedonism lifestyle with consumptive behavior of impulse buying and even Islamic economics clearly oppose this happening continuously because it deviates from the teachings of Islam itself.Keywords: Lifestyle, Hedonism, Impulse Buying, Islamic Economics. 
PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG WAKAF UANG DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 hisam ahyani
J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam Vol 1, No 02 (2022): J-EBI: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
Publisher : J-EBI (Jurnal Ekonomi Bisnis Islam)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.187 KB) | DOI: 10.57210/j-ebi.v1i02.49

Abstract

Introduction/Main Objectives: This study aims to determine cash waqf in the view of sharia economic law in the era of the industrial revolution 4.0. Background Problems: The understanding of the Indonesian people regarding cash waqf is still minimal. Even though this waqf has great potential for the welfare of the Indonesian people. Novelty: Regarding research from the perspective of Islamic economic law on cash waqf in the era of the industrial revolution 4.0, no one has researched it. Research Methods: The method used is literature research, qualitative, with statutory, historical, comparative and conceptual approaches and this research is normative. Finding/Results: The view of Shariāh Economics in Indonesia regarding cash waqf is carried out in accordance with Law No.41 / 2004 concerning waqf in which moving objects are in the form of "movable object waqf" which is manifested in the form of money. Conclusion: Waqf money in Indonesia in the era of the Industrial Revolution 4.0 can prosper the economy of the people and also the country. Waqf is positioned as social worship where with waqf in Law no.41 / 2004 concerning waqf article 1 it is explained that waqf is the act of a wakif to separate or give up part of his property to be used forever for worship purposes and also for welfare purposes according to Islamic sharia.
DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN VOLUME TRANSAKSI SAHAM SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. UNILEVER, TBK) Dian Nilam Sari; Yolanda Wahyu Lestari
J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam Vol 1, No 02 (2022): J-EBI: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
Publisher : J-EBI (Jurnal Ekonomi Bisnis Islam)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.852 KB) | DOI: 10.57210/j-ebi.v1i02.60

Abstract

COVID-19 is the latest virus that appeared around December 2019 in Wuhan, China. The virus is spreading rapidly in various parts of the country, including Indonesia. This virus that spreads in Indonesia breaks the myth of "immune" to covid-19. The virus had a negative impact on health. In addition, all sectors are affected as much as the investment sector. COVID-19 cases in Indonesia was announced on March 2, 2020. This study aims at finding out whether there is a significant difference in stock prices and the volume of stock transactions before and after the announcement of COVID-19 (case study of PT Unilever, Tbk). This study uses quantitative research and the data collection methods are using secondary data. The research data was taken before and after 31 days COVID-19 announcement. The researcher uses statistical test using Paired Sample T-Test stated, by using a statistical version 23. From the results of data processing, it shows that there is a significant difference in stock price of PT Unilever, Tbk before and after the announcement of COVID-19. This is indicated by a significance value of 0.00 0.05. Which is the stock price has decreased after the COVID-19 announcement than before the COVID-19 announcement. Meanwhile, the volume of stock transactions before and after the Covid-19 announcement also showed a significant difference. Which is the significance value is 0.00 0.05. Before the Covid-19 announcement, the volume of stock transactions had increased meanwhile had decreased after the Covid-19 announcement

Page 1 of 1 | Total Record : 6