cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 25 Documents clear
Standar operasional prosedur food & beverage product di simply social restaurant ubud di tengah pandemik covid-19: Standard operating procedure for food & beverage product at simply social restaurant ubud in the middle of the covid 19 pandemic I Kadek Dodi Indrawan Febri
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan SOP Food and Beverage di Simply Social Restaurant Ubud pada saat pandemik covid 19. Tempat Penelitian ini di Ubud Bali, Waktu penelitian Maret - Juni 2021. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan SOP F&B sebagai acuan penelitian ini.Sampel adalah bagian F&B Product sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan SOP di Simply Social Restaurant Ubud sudah dilaksanakan dengan baik pada masa pandemik Covid 19 hanya saja masih ada beberapa item yang belum bisa di terapkan dengan baik
Pembuatan stok di el_patio restaurant melia bali nusa dua: Making stock at el_patio restaurant melia bali nusa dua Dewa Yogi Buddhi Adnyana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.181

Abstract

Penelitian ini dilakukan di food & baverage department Melia Bali Resort Nusa Dua khususnya di El_Patio Restaurant yang membahas tentang pembuatan stock di El_Patio Restaurant. Penelitian ini dilakukan karena pemakaian daging trimingan untuk pembeuatan stock di El_Patio Restaurant. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar Untuk mengetahui prosedur pembuatan Stock menggunakan trimingan daging di Restourant Melia Bali Nusa Dua dan Untuk menangetahui kendala yang terjadi saat terjadinya masalah pada pembuatan stock Restouran Melia Bali Nusa Dua. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa ada beberapa prosedur yang berpengaruh dalam pembuatan stok di El_Patio Restauran. Kendala-kendala serta solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut juga ditemukan saat penulis melakukan observasi dan wawancara di El_Patio Restaurant Melia Bali Nusa Dua
Penerapan standar operasional prosedur pelayanan kamar occupied oleh room attendant di hotel segara village sanur: Implementation of standard operating procedures for room occupied by room attendant at hotel segara village sanur. I Made Wirasatya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.182

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan standar operasional prosedur pelayanan kamar tamu occupied yang dilakukan oleh seorang room attendant di hotel Segara Village Sanur. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pencatatan dokumen, Penulis melakukan perbandingan mengenai teori SOP menurut Agus Nawar (2009) dengan penerapan SOP yang ada di hotel Segara Village Sanur. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan SOP di hotel Segara Village Sanur sudah diterapkan dengan baik akan tetapi masih ada 3 poin SOP yang belum diterapkan dengan maksimal oleh room attendant di hotel Segara Village Sanur yakni, (1) Masih ada beberapa room attendant yang tidak menerapkan standar operasional prosedur mencuci gelas dan asbak yang ada di kamar tamu dikarenakan masih terlihat bersih. (2) Beberapa room attendant tidak memeriksa kembali semua lampu / AC yang terdapat di kamar tamu dikarenakan untuk menghemat waktu pembersihan kamar, sehingga jika ada lampu / AC yang tidak bisa diperbaiki dengan cepat. (3) Beberapa room attendant tidak melakukan double check setelah membersihkan kamar tamu, dikarenakan untuk menghemat waktu yang diperlukan saat membersihkan kamar tamu.
Strategi pemasaran kisah coffee and tea di kota denpasar: Marketing strategy kisah coffee and tea in denpasar city I Gede Bayu Widhi Kurniawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.183

Abstract

Kopi adalah komoditas ekspor yang beperan penting sebagai salah satu sumber pendukung devisa negara. Budaya konsumsi kopi biasanya dilakukan masyarakat di warung kopi. Dengan seiring perkembangannya istilah baru untuk menyebut warung kopi adalah dengan sebutan kedai kopi. Meminum kopi merupakan kegemaran dan kebutuhan setiap harinya bagi masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat dunia sangat menyukai kopi baik saat makan pagi, kumpul antara teman atau keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kisah Coffee and Tea. Kemudian untuk mengetahui strategi pemasaran digunakanlah metode wawancara dengan kuesioner kepada karyawan dan pelanggan Kisah Coffee and Tea. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil kuesioner dan wawancara dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang dilakukan Kisah Coffee and Tea adalah baik, yang dimana pemasaran di Kisah Coffee and Tea sudah memenuhi kriteria dari strategi pemasaran pada umunya.
Implementasi sop dalam penanganan lost and found di adiwana resort jembawan: Sop implementation on handling lost and found in adiwana resort jembawan Dewa Putu Bagus Ryanda Parawangsa
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.184

Abstract

Standar Operasional Prosedur atau yang disingkat SOP adalah sebuah panduan bagi sebuah perusahaan untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan. SOP dibuat dengan tujuan memastikan kegiatan operasional dari perusahaan berjalan dengan lancar. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian SOP penanganan lost and found yang staff housekeeping Adiwana Resort Jembawan lakukan dalam pekerjaan operasional mereka di hotel. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah mereka sudah menjalankan SOP yang berlaku di hotel seperti mendata barang dengan detail yang lengkap dan melakukan tindak lanjut ke tamu dalam waktu 24 jam, namun ada beberapa poin yang terkadang dilewati oleh karyawan seperti barang tamu yang ditemukan tidak langsung diberikan kepada housekeeping. Walau demikian, sebagian besar SOP yang berlaku sudah dilakukan sehingga operasional hotel terbilang baik dan terorganisir.
Motivasi dan kendala kerja room attendant di hotel ibis budget bali seminyak: Motivation and working constraints of room attendant at ibis budget bali seminyak hotel Gede Mas Darma Yasa
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.185

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi dan kendala kerja sebagai room attendant di Hotel Ibis Budget Bali Seminyak. Penelitian yang berlokasi di Jalan Camplung Tanduk no.9 Seminyak Bali menggunakan data kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di Hotel Ibis Budget Bali Seminyak mendapatkan 2 motivasi kerja staf yaitu, pertama karena sejak pertama kali bekerja di industri pariwisata sudah memilih bersekolah dibidang perhotelan. Kedua karena uang tambahan (tip) yang didapatkan menjadi motivasi yang kuat bekerja di bagian room attendant. Namun salah satu staf memiliki motivasi kerja yang unik yaitu, suka melihat kamar yang bersih, menyukai bekerja sendiri, dan menyelesaikan masalah sendiri. Kendala kerja yang dimiliki staf di Hotel Ibis Budget Bali seminyak adalah keterbatasan linen pada saat high season terutama pillow case king. Strategi yang diterapkan untuk meningkatkan motivasi kerja di Hotel Ibis Budget Bali Seminyak kepada para stafnya dalam bekerja yaitu, dengan diadakan acara tahunan best employee (karyawan terbaik) yang diwakili setiap departemen, bagi yang memenangkan acara tahunan tersebut akan mendapatkan beberapa hadiah.
Pemanfaatan bunga telang dibandingkan daun pandan sebagai pewarna alami dalam proses pembuatan kelepon: Utilization using eagle flower compared to pandan leaves as an ingridient in kelepon Dewa Putu Agus Karang Mahendra
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.186

Abstract

Kelepon merupakan makanan tradisional khas dari Pulau Jawa, kelepon merupakan tipe jajanan basah yang memiliki tekstur lembut dengan isian gula merah cair didalamnya dan berisi parutan kelapa yang menutupi lapisan luar dari kelepon, selain itu kelepon juga sudah banyak dijumpai di seluruh daerah bali dengan warna dan rasa yang sama seperti di Pulau Jawa. (1) sejalan dengan perkembangan pariwisata khusunya di bidang kuliner, di Bali masih sangat sedikit yang menjual kelepon dengan pewarna alami dari bunga telang dan juga maysarakat masih sangat sedikit mengetahui kandungan dan kegunaan dari bunga telang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas kelepon dengan pewarna alami bunga telang dari segi warna,tekstur,aroma,dan rasa serta dapat mengetahui anggaran biaya produksi dan juga minat beli. (2) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. (3) Hasil dari penelitian menunjukkan kelepon dari bunga telang memiliki rasa sangat enak tekstur lembut aroma harum dan warna biru gelap sedangkan kelepon daun pandan memiliki rasa enak tekstur lembut aroma harum dan warna hijau gelap. (4) Kualitas kelepon dengan bunga telang memiliki kualitas yang baik dan dapat menarin minat pembeli.
Kualitas praline dengan bahan dasar gula aren bali dan kacang tanah : The quality of praline made with balinese palm sugar and groundnut Inkka Tantora Theodoroes
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.187

Abstract

Penelitian ini memfokuskan kepada pemanfaatan kacang tanah dan gula aren bali yang dikreasikan dari bahan lokal menjadi suatu cemilan khas Amerika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kacang tanah dan gula aren bali sebagai bahan pengganti dalam pembuatan praline. Kacang tanah dan gula aren masing masing memilik kandungan protein, kalium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan. Penggunaan kacang tanah dan gula aren bali pada praline dapat menghasilkan praline dengan kualitas yang baik yakni bertekstur renyah. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan tujuan mengetahui kualitas pada praline berbahan dasar gula aren dan kacang tanah dilihat dari aspek rasa, tampilan, tekstur dan aroma. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualitatif, dalam penelitian ini diperoleh dari daya instrument test penilaian. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang terdiri dari sekelompok mahasiswa, sahabat, dan kenalan staff restoran luar yang mempunyai kepekaan dan ahli dalam bidangnya. Praline masih sangat asing di lidah masyarakat Indonesia dan masih sangat jarang diperjualbelikan di Bali. Untuk biaya bahan pangan juga masih sangat tinggi jika membeli produk impor. Maka karena itu peneliti ingin membuat versi ekonomis dari makanan manis khas amerika ini. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas praline berbahan dasar gula aren bali dan kacang tanah ini dari segi tampilan menarik, rasanya enak, aromanya lumayan harum dan tekturnya renyah. Dikarenakan masih minim popularitas dari praline ini sendiri, maka minat masyarakat untuk membeli produk ini juga masih rendah sehingga belum banyak penelitian dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan besar.
Kualitas pembuatan pancake subtitusi tepung kacang hijau: Quality of making mung bean flour substitute pancakes Andri Tamin
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.188

Abstract

Pancake adalah salah satu makanan yang sudah dikenal banyak orang dengan bentuk pipih dan juga bundar, yang disajikan sebagai menu sarapan modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pancake tepung kacang hijau sebagai subtitusi tepung terigu, penelitian ini dilakukan di kitchen peneliti. Metode yang diterapkan di penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian. Dalam menentukan kualitass dari pancake dengan menggunkan tepung kacang hijau dinilai megunakan uji organoleptik yang di ujikan di 10 responden dengan aspek yang diuji meliputi rasa, warna, aroma dan tekstur. Hasil penelitian yang telah di lakukan dari 3 sample ( P1 25% tepung kacang hijau dan75% tepung terigu) mendapatkan skor paling tinggi sejumalah 150 sedengkan ( P2 50% tepung kacang hijau 50% tepung terigu) mendapatkan 153, lalu (P3 75% tepung kacang hijau 25% tepung terigu) mendapatkan 148. Data yang di dapat tadi merupakan jumlah total dari 4 indikator yang telah di ujikan , saran untuk kedepanya mengurangi jumlah tepung kacang hijau.
Pemanfaatan tepung biji nangka dalam pembuatan mi: Utilization of jackfruit seed flour in noodle making I Made Ardiana Putra
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v1i10.189

Abstract

Mi adonan yang terbuat dari tepung yang telah digulung, dikeringkan dan dimasak dalam air mendidih. Mi pada umumnya terbuat dari tepung terigu yang berasal dari olahan terigu. Sehingga penulis tertarik untukmencoba, jika bahan dasar mi yaitu tepung terigu diganti dengan tepung biji nangka, dan untuk mengetahui kualitas dari tepung biji nangka jika diolah menjadi mi apakah lebih baik dibandingkan tepung dari gandum atau terigu. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari mi berbahan dasar tepung biji nangka dari segi tekstur, warna, aroma dan rasa mi tersebut. Penelitian ini menggunakan data deksriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, pendekatan kuantitatif karena ada pengumpulan data menggunakan istrumen kuisioner ada populasi dan sampel. Data kualitatif penelitian ini diproleh dari kuisioner tes uji orgaoleptik dari 2 orang yang ahli dibidang tata boga, 28 orang mahasiswa / masyarakat umum. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah, dipresentasikan dan disajikan dalam bentuk tabel. Data kuantitatif penelitian ini diperoleh dari hasil kandungan mie jika berbahan dasar tepung biji nangka. Hasil dari uji organoleptik mi dari tepung biji nangka berdasarkan tekstur mendapati skor sebesar 111 dengan kriteria kenyal, pada segi warna mendapati skor sebesar 110 dengan kriteria menarik, pada segi aroma mendapati skor sebesar 108 dengan sedap, dan pada segi rasa mendapati skor sebesar 124 dengan kriteria sangat enak.

Page 1 of 3 | Total Record : 25