cover
Contact Name
Moh Shidqon
Contact Email
ajid.shidqon@trisakti.ac.id
Phone
+6281574360223
Journal Mail Official
abdikaryasakti@trisakti.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Program Doktor Ilmu Ekonomi Kosentrasi Akuntansi Gedung Hendriawan Sie (S) Lt. 1 Jl. Kyai Tapa No.1 Grogol-Jakarta Barat Tlp. 021 56969061, 5603646, 5663232, Pes. 8346, Fax. 021 5644270
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL ABDIKARYASAKTI
Published by Universitas Trisakti
ISSN : 2776270X     EISSN : 27762769     DOI : doi.org/10.25105/ja
Core Subject : Economy,
Jurnal ABDIKARYASAKTI merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Fungsinya untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan karya ilmiah berupa penerapan pemikiran konseptual dan ide-ide dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi dan praktisi dengan tujuan agar dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Jurnal ini berisi hasil kegiatan yang telah dilakukan dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, peluang, tantangan, dan hambatan yang ada di masyarakat di bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Di antaranya adalah keuangan, tata kelola, strategi bisnis, perpajakan, system dan teknologi informasi, kewirausahaan, pengentasan kemiskinan, serta keberlanjutan dan pengembangan usaha. Pelaksanaan kegiatan melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra kerjasama. Kegiatan pengabdian masyarakat diatur ke dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu setiap April dan Oktober. Karya ilmiah potensial akan dilakukan proses blind review oleh reviewer professional
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober" : 5 Documents clear
Meningkatkan Profit Umkm Dengan Menerapkan Penjualan Melalui Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19 Rini Septiowati; Silvia Sari; Purwatiningsih Purwatiningsih; Ruruh Dyatmiko; Widayat Widayat
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.6 KB) | DOI: 10.25105/ja.v1i2.9311

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul Meningkatkan profit UMKMdengan menerapkan penjualan melalui digital marketing di masa pandemic covid-19 ini bertujuan untuk memberikan pengenalan tentang digital marketing, mengajak serta menanamkan kesadaran kepada para pelaku UMKM bahwa sangat penting mengembangkan pemasaran melalui digital marketing untuk bisa meningkatkan penghasilan dan bertahan di masa pandemi covid. Target dari pengabdian ini adalah UMKM di Dusun Cisadap, Ciamis Jawa Barat. Hasil dari PKM ini terbukti para pelaku UMKM dapat mengusai cara penjualan melalui e-commerce dan digital marketing agar tetap bisa bertahan di masa pandemic covid-19.Keywords: digital marketing, e-commerce, penghasilan, UMKMAbstract: Community Service entitled UMKM Development by implementing sales through digital marketing during the Covid-19 pandemic aims to provide an introduction to digital marketing, invite and instill awareness to UMKM players that it is very important to develop marketing through digital marketing to increase income and survive. during the covid pandemic. The target of this service is UMKM in Cisadap Hamlet, Ciamis - West Java. The results of this PKM are proven that UMKM players can master the way of selling through e-commerce and digital marketing so that they can survive during the Covid-19 pandemic. Keywords: digital marketing, e-commerce income, UMKMĀ 
PEMBERDAYAAN UKM MELALUI PENYULUHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN Aprih Santoso; Ardiani Ika Sulistyawati; Nir Setyo Wahdi
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.522 KB) | DOI: 10.25105/ja.v1i2.9385

Abstract

The main problem of UKM players in Pedurungan Tengah Village is that there is no financial report correctly and they still like the UKM players. The purpose of community service is to provide knowledge and understanding to UKM of Pedurungn Tengah Village in making financial reports correctly. This PKM uses extension methods. The result of PKM is that UKM players in Pedurungan Tengah Village can understand and increase their knowledge about the preparation of financial reports in carrying out their business activities. They can independently compile business financial reports so there is no need for assistance from the PKM FE Team of the University of Semarang.
PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER DAN APLIKASI ALAT INJAK HAND SANITIZER DI DESA BULUSAN, SEMARANG Heny Kusumayanti; Ida Hayu Dwimawanti; Aulia Windyandari Windyandari; Budiyono Budiyono; Agus Purwanto; Adi Kurniawan Yusim; Yusuf Arya Yudanto; Hanif Muhammad Fathurrahman
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.028 KB) | DOI: 10.25105/ja.v1i2.9398

Abstract

Tulisan ini menjelaskan bahwa hand sanitizer digunakan sebagai agen pembersih untuk bakteri, kuman atau virus yang bekerja secara efektif, sederhana karena dapat digunakan secara langsung tanpa harus membilasnya. Tujuan pelatihan dan pembuatan hand sanitizer adalah untuk memberikan pengetahuan dan teknologi yang tepat guna kepada masyarakat di Desa Bulusan Semarang, selain membuat hand sanitizer untuk keperluan tersebut, juga dapat dijual sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Hasil dari kegiatan ini adalah hand sanitizer yang memiliki bau wangi peppermint dan daun sirih serta lemon, dengan pH 5 sesuai dengan standar yang ditetapkan SNI 2588-2017, ketika digunakan di tangan tidak menimbulkan iritasi.
STRATEGI BUSINESS PLANNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BAGI VOLUNTEER PENGGIAT ORGANISASI BELAJAR BAHASA BERSAMA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS TRISAKTI Tiara Puspa; Sarfilianty Anggiani; Willy Arafah; Erfita Aprilia; Humaira Uswatun Hasanah; Syakira Nurul Aulia; Clara Dinda Armawan Putri
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.576 KB) | DOI: 10.25105/ja.v1i2.9903

Abstract

Pelatihan dan pengembangan suatu organisasi perlu dilaksanakan untuk mencapai keberhasilan. Oleh karena itu, strategi memerlukan visi, fokus, arah, motivasi, dan dokumen perencanaan yang matang. Strategi pelatihan adalah suatu metode untuk menentukan kompetensi apa yang mungkin dibutuhkan suatu lembaga di masa depan, serta bagaimana mendapatkannya. PkM dilakukan pada Organisasi sosial yaitu BBB (Belajar Bahasa Bersama), dimana pelatihan ditujukan untuk para volunteer atau penggerak kegiatan ini. Tujuan dari kegiatan PkM yang dilakukan adalah untuk memberikan pelatihan tentang organisasi pada volunteer yayasan yang bergerak di bidang sosial. Dimana tujuan ini sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh para volunteer yaitu bagaimana mereka dapat memiliki kompetensi mumpuni dan semangat belajar yang dapat ditularkan pada peserta didiknya. Kegiatan PkM dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada Sabtu, 25 Juli 2020. Pelaksanaan PkM dilakukan dengan metode, ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pengumpulan data untuk evaluasi kegiatan PkM dilakukan dengan google form. Materi yang diberikan selama kegiatan berupa modul mengenai perencanan bisnis, serta modul untuk memotivasi agar terus berkarya. Statistik deskriptif hasil pengolahan data jawaban responden umumnya mengakui bahwa kegiatan ini berjalan efektif, dimana peserta menilai bahwa kualitas materi yang disampaikan sangat baik dan jelas sehingga peserta mendapatkan pengetahuan dan informasi baru cara menjalankan organisasi yang bergerak di bidang sosial.
DAMPAK RELAKSASI PPh UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 Susi Dwi Mulyani; Victor Siagian; Henik Hari Astuti Astuti; Aris Riantori Faisal; Giawan Nur Fitria
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.28 KB) | DOI: 10.25105/ja.v1i2.10033

Abstract

Community Service Activities are one part of the Tri Dharma of Higher Education which is carried out as a form of direct contribution of academics in this case the Faculty of Economics and Business, Trisakti University (FEB Usakti) to the community. The purpose of this activity is to provide training on: i) review of tax incentives for MSME actors provided by the Indonesian government in accordance with the Regulation of the Minister of Finance; ii) tax administration application training to obtain tax incentives; and iii) training on reporting procedures for tax incentives that have been received by MSME actors. On this occasion the FEB Usakti team had the opportunity to collaborate with PD Pasar Jaya, market unit of Santa as a partner, to socialize tax incentives for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) during the COVID-19 pandemic. This pandemic has caused a decline in the performance of MSMEs which then resulted in a very significant decrease in MSME income. The Indonesian government through the Ministry of Finance made a relaxation policy in the form of tax incentives for taxpayers affected by the 2019 corona virus disease pandemic. The Indonesian Ministry of Finance then issued a Minister of Finance Regulation number 44/pmk.03/2020, the last with PMK number 82/PMK.03/2021, one of which provides relaxation for PPh payments to MSME actors. Many MSME business actors do not know about this tax facility. For MSME actors who are subject to Final Income Tax based on Government Regulation Number 23 of 2018, due to the impact of the COVID-19 pandemic, the income tax is borne by the government. The PPh period borne by the government starts in April 2020 and has been extended several times. When the training was held, which was February 24, 2021, the government-paid PPh facilities were still valid and extended until December 31, 2021. This training can increase the understanding of MSME actors towards the tax facilities provided by the government, so that they will take advantage of this facility.

Page 1 of 1 | Total Record : 5