cover
Contact Name
Moh Shidqon
Contact Email
ajid.shidqon@trisakti.ac.id
Phone
+6281574360223
Journal Mail Official
abdikaryasakti@trisakti.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Program Doktor Ilmu Ekonomi Kosentrasi Akuntansi Gedung Hendriawan Sie (S) Lt. 1 Jl. Kyai Tapa No.1 Grogol-Jakarta Barat Tlp. 021 56969061, 5603646, 5663232, Pes. 8346, Fax. 021 5644270
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL ABDIKARYASAKTI
Published by Universitas Trisakti
ISSN : 2776270X     EISSN : 27762769     DOI : doi.org/10.25105/ja
Core Subject : Economy,
Jurnal ABDIKARYASAKTI merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Fungsinya untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan karya ilmiah berupa penerapan pemikiran konseptual dan ide-ide dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi dan praktisi dengan tujuan agar dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Jurnal ini berisi hasil kegiatan yang telah dilakukan dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, peluang, tantangan, dan hambatan yang ada di masyarakat di bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Di antaranya adalah keuangan, tata kelola, strategi bisnis, perpajakan, system dan teknologi informasi, kewirausahaan, pengentasan kemiskinan, serta keberlanjutan dan pengembangan usaha. Pelaksanaan kegiatan melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra kerjasama. Kegiatan pengabdian masyarakat diatur ke dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu setiap April dan Oktober. Karya ilmiah potensial akan dilakukan proses blind review oleh reviewer professional
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober" : 5 Documents clear
AKUNTANSI SEDERHANA BAGI PERUSAHAAN KECIL OLAHAN LELE ALUMNI SEKOLAH KEWIRAUSAHAAN BINA AMANAH CORDOVA Etty Murwaningsari; Deni Darmawati; Sofie Sofie; Sistya Rachmawati
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.607 KB) | DOI: 10.25105/ja.v2i2.8915

Abstract

Abstrak Tujuan Pelaksanaan kegiatan PKM membantu pemilik usaha kecil olahan lele untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman konsep akuntansi sederhana. Pokok bahasan dalam kegiatan PKM meliputi : 1. Pemahan siklus akuntansi 2. Pendampingan praktik klasifikasi transaksi, membuat catatan kas, membuat jurnal transaksi,3. Kegiatan PKM ini diprogramkan sebagai kegiatan yang berkelanjutan, sehingga pada akhir pendampingan diharapkan peserta akan mampu memahami tentang konsep serta mampu melakukan praktik akuntansi sederhana dalam pencatatan keuangan usahanya. Metode yang digunakan dalam pelaksanan PKM adalah penyuluhan, pelatihan dan diusulkan untuk pendampingan melalui presentasi materi oleh tim pengabdian masyarakat. Dilakukan diskusi dengan peserta dengan dipandu oleh moderator secara hybrid tatap muka langsung dan melaluli zoom. Umpan balik dilakukan dengan kuesioner.. Hasil evaluasi pelaksanaan PKM baik pada saat tatap muka dan melalui kuesioner menunjukan bahwa peserta PKM menyatakan puas dengan kegiatan, dan tujuan PKM tercapai dimana peserta merasa Akuntansi sederhana. Dan peserta PKM mampu menerapkan praktik mengklasifikasi transaksi, membuat jurnal, serta membuat catatan kas. Kata kunci: Akuntansi Sederhana, Siklus Akuntansi, Jurnal Pencatatan, Catatan Kas
ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN USAHA MIKRO DALAM UPAYA MENJAGA KEBERLANJUTAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA MIKRO GENKI YOGHURT) Yoga Tantular Rachman; Eriana Kartadjumena; Bachtiar Asikin; R. Ait Novatiani; Debbie Christine; Yogo Heru Prayitno; Radhi Abdul Halim Rachmat
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.252 KB) | DOI: 10.25105/ja.v2i2.12483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan usaha mikro yang efektif dan efisien untuk jangka panjang dalam upaya meningkatkan laba usaha dan keberlanjutan dari usaha tersebut melalui penerapan akuntansi manajemen seperti penetapan harga pokok penjualan, harga jual, lalu akuntansi keuangan dalam penyusunan laporan keuangan dan digitalisasi akuntansi, strategi pemasaran dan inovasi produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif berdasarkan sumber dari literatur (jurnal, artikel, buku dan lain-lain).               Hasil dari penelitian ini akan memberikan gambaran yang kuat mengenai penerapan strategi dalam pengelolaan usaha mikro dalam upaya meningkatkan pendapatan, laba dan keberlanjutan usaha. Penentuan harga pokok produksi yang akurat akan menentukan ketepatan dalam menentukan harga jual produk serta menentukan strategi pemasaran yang tepat. Pelaporan keuangan yang memadai akan memberikan informasi bagi usaha itu sendiri dalam menentukan pengembangan usaha di masa yang akan datang. Digitalisasi pelaporan keuangan membuat alur informasi di perusahaan menjadi lebih cepat sehingga keputusan-keputusan dan strategi bisa segera ditetapkan seperti pengembangan atau inovasi produk
SOSIALISASI PAJAK PENGHASILAN DAN RISIKO PEMERIKSAAN PAJAK BAGI PELAKU UMKM DI KOTA TANGERANG Deden Tarmidi; Rieke Pernamasari; Sri Purwaningsih; Indraguna Kusumabrata; Hotma Timbul Gultom
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.807 KB) | DOI: 10.25105/ja.v2i2.13946

Abstract

UMKM di Indonesia menguasai 99% pasar di Indonesia, di Kota Tangerang sendiri tercatat 94 ribu pelaku UMKM yang terverifikasi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM pada Tahun 2020. Umumnya UMKM memiliki keterbatasan sumber daya manusia dalam pencatatan keuangan, akuntansi dan pajak, hal tersebut karena UMKM lebih mengedepankan proses penjualan produk. Hal tersebut merupakan risiko dalm hal kepatuhan pajak yang berdampak pada pemeriksaan pajak dan akhirnya tax cost yang akan menguras kantong pelaku UMKM sendiri. Dari sisi regulator, Pemerintah sebenarnya telah menerbitkan aturan dalam mengatasi keterbatasan tersebut. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 yang kini diganti dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini disampaikan kepada pelaku UMKM di Kota Tangerang untuk membantu Direktorat Jenderal Pajak dalam sosialisasi aturan dan prosedur perpajakan khususnya penghitungan Pajak Penghasilan dan Risiko Pemeriksaan serta membantu UMKM yang selama ini kurang mendapatkan informasi tersebut.
PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR PAJAK MELALUI WEBGAMES ULAR TANGGA DI SMK N 2 TANGERANG Agustine Dwianika; Augury El Rayeb; Fitriyah Nurhidayah; Nuni Rosiana
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.878 KB) | DOI: 10.25105/ja.v2i2.14032

Abstract

Aktivitas Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan agar para siswa sekolah menengah atas di Wilayah Tangerang dan Banten mampu memahami pembelajaran pajak dengan mudah dan menarik. SMK N 2 dipilih sebagai percontohan dalam pengembangan webgames ini karena memiliki sumberdaya dan sarana prasarana yang cukup untuk pengembangan dan terbuka pada upaya peningkatan edukasi pajak berkelanjutan. Hasil wawancara kepada perwakilan forum guru mata pelajaran akuntansi menemukan bahwa terdapat kejemuan dari para siswa belajar pajak dengan metode konvensional, terutama di masa pandemi Covid-19 secara daring. Mata pelajaran ini dianggap menjadi sulit karena latihan-latihan soal diberikan tanpa inovasi. Hal ini berdampak pada nilai mata pelajaran para siswa. Upaya peningkatan pemahaman pajak siswa perlu ditingkatkan, agar tercipta generasi emas sadar pajak di masa datang. Metode atau tata cara dilakukan dengan metode offline dengan prokes ketat pada laboratorium sekolah. Pengabdi melakukan edukasi melalui ular tangga pajak secara manual, kemudian melakukan percontohan pada 50 siswa melakukan pembelajaran pajak dengan webgames. Dilakukan pre-test dan post-test terhadap responden pada peningkatan pengetahuan pajak, setelah melakukan permainan secara manual dan berbasis web. Disamping itu, dilakukan wawancara singkat kepada 5 responden untuk mengetahui tingkat minat belajar pajak berbasis webgames. Data berupa skor dan wawancara kemudian di analisis. Hasil dari aktivitas menunjukan bahwa pelatihan ini telah berjalan cukup efektif. Peserta lebih memahami pembelajaran pajak dibandingkan sebelumnya, dan mereka lebih menyukai webgames dibanding manual. Kata kunci: Edukasi Pajak, Webgames, Siswa Menengah Atas, Pengetahuan Pajak
STRATEGI PEMASARAN IKLAN DIGITAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS ONLINE Kurniawati Kurniawati; B. Medina Nilasari; Netania Emilisa; Fatik Rahayu
JURNAL ABDIKARYASAKTI Vol. 2 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.885 KB) | DOI: 10.25105/ja.v2i2.14187

Abstract

Transaksi perdagangan online (e-commerce) di Indonesia memiliki masa depan cerah. Aktivitas jual beli secara online tersebut memang sedang naik daun dalam beberapa tahun belakangan. Marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Di sisi lain, online shop tidak memerlukan perantara. Penjual langsung menjual produknya di platform mandiri kepada pembeli. Jadi tidak ada perantara sama sekali. Berjualan melalui online shop menuntut untuk lebih mandiri. Sebelum pandemi Covid-19, pengusaha UMKM di Indonesia dihadapkan pada dua masalah serius yang harus ditangani bersamaan yaitu modal bisnis yang terbatas dan promosi yang belum efektif. Dengan adanya pandemi Covid-19, masalah yang terjadi pada pengusaha UMKM semakin perlu perhatian lagi bagi semua pihak. Tim penyuluh telah melakukan survei pada masyarakat di sekitar Kelurahan Palmerah di mana terdapat pengusaha UMKM binaan Yayasan Insan Palma Sejahtera. Metode penyampaian materi kepada para pengusaha UMKM adalah dengan diskusi menggunakan fasilitas zoom meeting. Untuk meningkatkan kompetensi pengusaha UMKM dilakukan pelatihan strategi pemasaran iklan digital dengan membuat iklan digital yang lebih menarik. Hal ini diperlukan agar perkembangan bisnis dari pengusaha UMKM tersebut bisa lebih baik lagi terutama menghadapi pandemic covid-19. Tim selanjutnya akan memberikan pelatihan strategi human capital dalam proses pengambilan keputusan secara online sehingga para pengusaha tersebut dapat dengan mudah melakukan proses pengambilan keputusan walaupun secara online.

Page 1 of 1 | Total Record : 5