cover
Contact Name
Nurul Fatimah
Contact Email
nurul.fatimah@ekuitas.ac.id
Phone
+628112340891
Journal Mail Official
nurul.fatimah@ekuitas.ac.id
Editorial Address
Jl. P.H.H. Mustofa No. 31 Bandung 40124 Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Review of Accounting and Business
ISSN : -     EISSN : 27745287     DOI : https://doi.org/10.52250/reas.v2i2
Core Subject : Economy,
Review of Accounting and Business publishes research articles from various topics in functional areas of accounting and business, including but is not limited to the following topics: 1. Financial Accounting 2. Public Sector Accounting 3. Management Accounting 4. Islamic Accounting and Financial Management 5. Accounting Information System 6. Taxation 7. Auditing 8. Accounting Education 9. Behavioural Accounting 10. Corporate Reporting 11. Corporate Governance 12. Ethics and Professionalism of Accountant 13. Corporate Finance 14. Capital Market 15. Banking
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022" : 7 Documents clear
Pengaruh Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Aulia Fashion di Kabupaten Jember Muhammad Syarofi
Review of Accounting and Business Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022
Publisher : Accounting Undergraduate (S1) and Diploma Study Program (D3), STIE EKUITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/reas.v3i1.499

Abstract

Aulia fashion meruakan salah satu brand produk perusahaan dalam bidang produksi fashion muslimah, untuk melengkapi kebutuhan style muslimah di Indonesia. Sebagai tangan pertama yang memproduksi produk sendiri dan memenuhi kebutuhan fashion muslimah dengan beraneka jenis pakaian dengan model penjualan level kemitraan, distributor, agen premium dan reseller. Dengan sisi keunikan yang terletak pada pembelian produk sistem arisan yang diakukan seminggu sekali sebesar Rp. 25.000, sistem tabungan setiap bulan sekali sebesar Rp. 50.000-Rp. 100.000 dan sistem hari raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi dan persepsi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk Aulia Fashion di Kabupaten Jember. Metode penelitian ini dngan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan jenis penelitian survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rumus Cochran. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner (angket). Analisis data dengan uji validitas dan reliabilitas, pengujian data dengan uji t (parsial), uji F (simultan), uji R2 (koefisien determinasi), dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung sebesar 3,192 > ttabel 1,980. Variabel persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung sebesar 2,961 > ttabel 1,980. Dan variabel motivasi dan persepsi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen dengan nilai Fhitung 43,707 ≥ Ftabel 3,11. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,474 bahwasannya variabel motivasi dan persepsi terhadap keputusan knsumen pada pembelian produk Aulia fashion di Kabupaten Jember sebesar 47,4% sisanya 52,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Kualitas Laba Rani Ramadhanty
Review of Accounting and Business Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022
Publisher : Accounting Undergraduate (S1) and Diploma Study Program (D3), STIE EKUITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/reas.v3i1.515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance terhadap kualitas laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifiatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan hasil sampel sebanyak 18 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan Software Eviews 9 sebagai alat perhitungan. Dengan hasil penelitian ini menunjukkan jika hasil uji t dengan nilai signifikansi diatas 0,05 yaitu 0,1163 (0,1163 > 0,05) dan 0,8733 (0,8733 > 0,05) maka secara parsial mekanisme tata kelola perusahaan dengan indikator keahlian dewan direksi (BEXP) dan mekanisme corporate governance dengan indikator kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Selanjutnya mekanisme tata kelola perusahaan dengan indikator independensi dewan direksi (BDIND) dengan signifikansi sebesar 0,0014 lebih kecil dari 0,05 (0,0014 < 0,05) maka secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Dari hasil uji f menunjukkan jika f hitung sebesar 3.978787 dengan nilai probabilitas (0.000009 < 0.05) maka disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara mekanisme corporate governance dengan indikator independensi dewan direksi (BDIND), dewan direksi. Keahlian Direktur (BEXP), Kualitas Audit (Big-Four) terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020.
Strategi Pemasaran Industri Keripik di Toko Minarasa Soditan, Kartasura Amanda Yuniarta; Rita Sukmawati; Ariefna Rizki Ramadhan; Rifqi Ahmad Nasrudin; Aris Prio Agus Santoso; Agus Suyatno
Review of Accounting and Business Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022
Publisher : Accounting Undergraduate (S1) and Diploma Study Program (D3), STIE EKUITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/reas.v3i1.458

Abstract

Industri keripik menjadi salah satu sector usaha kecil yang tersus berkembangdi Indonesia, apalagi dengan adanya pandemi Covid 19 ini membuat seluruh perusahaan besar maupun kecil mengalami penurunan pendapatan sebagai dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran usaha industri keripik di “toko MINARASA” soditan, kartasura. Penelitian ini dilakukan dengan menggukan metode pendekatan studi dilapangan yang dilakukan di desa soditan kartasura, dengan mewawancarai pemilik perusahaan kecil keripik tersebut. Dengan metode kualitatif, data dianalisis untuk mengetahui strategi usaha industri keripik di toko Minarasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran di toko Minarasa dengan menggunakan 4P, yaitu yang pertama price dimana harga dari usaha ini sangat terjangkau dikalangan masyarakat, yang kedua product dimana usaha ini tidak hanya memproduksi 1 produk saja melainkan ada banyak salah satunya kripik ini, ketiga promosi perusahaan ini menggunakan promosi dengan metode social media, dan yang keempat place dimana lokasi ini sangat dapat dijangkau karena tidak jauh dari jalan raya.
Upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali dalam Meningkatkan Industri Gamelan di Era New Normal Aisya Aswari; Friska Amelia Putri; Isnaini Nur; Nia Nuraini; Sintiya Cahya Maulany
Review of Accounting and Business Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022
Publisher : Accounting Undergraduate (S1) and Diploma Study Program (D3), STIE EKUITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/reas.v3i1.460

Abstract

Gamelan adalah perpaduan beberapa alat musik , yang diantaranya gambang , gendang , dan gong . Perpaduan ini memiliki system nada non diatonis yang dapat menumbuhkan suara indah jika dimainkan secara haemonis . Kata gamelan sendiri berasal dari Bahasa jawa , ‘Gamel’ yang artinya memukul atau menabuh . Merajuk juga pada jenis palu yang digunakan untuk memukul instrument , sedangkan akhiran “an” merujuk pada kata benda . Laporan penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana dinas kebudayaan menjadi eksistensi gamelan di Daerah Boyolali dan pengusaha gamelan apakah mengalami kesulitan dimasa pandemic ini . Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengambilan hasil data dan melakukan wawancara kepada narasumber dan responden . Luaran Hasil Jurnal diharapkan akan diterbitkan di Jurnal REAS (Review of Accounting & Business) ABSTRAC Gamelan is a combination of several musical instruments, including the xylophone, drum, and gong. This combination has a non-diatonic tone system that can grow a beautiful sound when played haemonically. The word gamelan itself comes from the Javanese language, 'Gamel' which means hitting or beating. It also refers to the type of hammer used to hit the instrument, while the ending "an" refers to a noun. This research report was made to find out how the cultural service became the existence of gamelan in the Boyolali area and whether gamelan entrepreneurs experienced difficulties during this pandemic. This research method uses qualitative research methods by collecting data results and conducting interviews with informants and respondents.
Pengaruh Insentif Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Pandemi Covid-19 Hesty Nugraheni
Review of Accounting and Business Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022
Publisher : Accounting Undergraduate (S1) and Diploma Study Program (D3), STIE EKUITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/reas.v3i1.516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cibeunying, dengan subjek penelitian Wajib Pajak Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Cibeunying. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survey dengan instrument kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah dengan metode simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 31 orang. Hasil pengujian yang diperoleh peneliti yaitu variabel insentif pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Nilai koefisien determinasi menggunakan Adjusted R Square sebesar 0,528 atau 52,8%. Hal ini berarti bahwa variabel insentif pajak (X1) dan sanksi perpajakan (X2) menjelaskan sebesar 52,8% terhadap kepatuhan wajib pajak (Y) selama pandemi Covid-19.
Pengaruh Penerapan Loan Management System (LMS) terhadap Non Performing Loan (NPL) pada Bank Bjb Dhea Auliaurrohamani
Review of Accounting and Business Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022
Publisher : Accounting Undergraduate (S1) and Diploma Study Program (D3), STIE EKUITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/reas.v3i1.517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan loan management system (LMS) terhadap non performing loan (NPL) pada bank bjb dengan melihat pada 5 tahun sebelum penerapan LMS dan 5 tahun setelah penerapan LMS. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Wilcoxon menggunakan SPSS, analisis ini dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh dengan adanya LMS atau tidak. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan atau annual report. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi / data sekunder dan wawancara kepada narasumber. Populasi dalam penelitian ini yaitu Laporan Keuangan Bank Bjb. Sampel pada penelitian ini adalah NPL pada Laporan Keuangan Bank Bjb tahun 2012 – 2021. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu, yaitu NPL dari tahun 2012 - 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan loan management system terhadap non performing loan pada bank bjb.
Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dewi Sri Provinsi Jawa Barat) Syifa Nuraini Sahadah
Review of Accounting and Business Vol 3 No 1 (2022): Review of Accounting and Business: Vol 3 No 1, June 2022
Publisher : Accounting Undergraduate (S1) and Diploma Study Program (D3), STIE EKUITAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52250/reas.v3i1.520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi dan kinerja karyawan, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kinerja karyawan di Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat (Koperasi Dewi Sri). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi sebagai variabel independen. Sedangkan kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat (Koperasi Dewi Sri) yang berjumlah 32 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian sebanyak 32 pegawai. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS Ver.25.00. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Koperasi Pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat (Koperasi Dewi Sri). Selain itu bahwa kemampuan variabel sistem informasi akuntansi dalam menjelaskan variabel kinerja karyawan adalah sebesar 59,2%, sedangkan sisanya sebesar 40,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7