cover
Contact Name
Surti Milarisa
Contact Email
surti_milarisa@umberau.ac.id
Phone
+6285273447700
Journal Mail Official
accountiajournal@umberau.ac.id
Editorial Address
Dr. Murjani II Street, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur 77311
Location
Kab. berau,
Kalimantan timur
INDONESIA
Accountia Journal (Accounting, Trusted, Inspiring and Authentic Journal)
ISSN : 26228270     EISSN : 26205335     DOI : -
Core Subject : Economy,
This journal is a scientific journal that presents original articles about the latest knowledge, research and development information in the field of accounting. This journal is a means of publication and a forum for sharing scientific knowledge related to accounting and open to practitioners and academics and university researchers, research institutes, librarians, undergraduate, graduate and postgraduate students to share information on the results of research in the field of accounting. The focus of this journal relates to any aspect of accounting, including the following topics: Financial Accounting Public sector accounting Accounting management Sharia Accounting and Financial Management Auditing Behavioral Accounting (Including Ethics and Professionalism) Financial management Accounting (Ethics) Education Taxation Capital Market and Investment Banking and insurance accounting Accounting information system
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018" : 8 Documents clear
ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PT. MUTIARA TANJUNG LESTARI DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM SAP (SYSTEM APPLICATION AND PRODUCT IN DATA PROCESSING) DAN PERBANDINGANNYA DENGAN SISTEM MANUAL
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.688 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan sistem akuntansi untuk penerimaan kas dan pengeluaran kas pada PT. Mutiara Tanjung Lestari menggunakan sistem SAP (Sistem Aplikasi dan Produk dalam pengolahan data) dan perbandingannya dengan sistem manual.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan sistem SAP pada penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Mutiara Tanjung Lestari lebih efektif karena semua catatan telah dicatat dalam sistem masing-masing pengguna, dalam melaksanakan pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas di bagian keuangan membuat pemantauan sehingga pengingat dapat dibuat dan pembayaran dan penagihan dapat dilakukan tepat waktu. Penggunaan sistem manual yang sebelumnya digunakan oleh PT. Mutiara Tanjung Lestari membuat catatan administrasi tidak lengkap dan tidak efektif, dengan sistem SAP ini, dapat membantu kinerja yang lebih efektif dan sistem SAP dapat membuat pembaruan yang lebih fleksibel mengikuti PT. Mutiara Tanjung Lestari. ABSTRACT The purpose of this study is to find out the comparison of accounting systems for cash receipts and cash expenditures at PT. Mutiara Tanjung Lestari using the SAP system (System Application and Product in data processing) and its comparison with the manual system. Based on the results of the study it can be seen that the use of the SAP system on cash receipts and disbursements at PT. Mutiara Tanjung Lestari is more effective because all records have been recorded in the system of each user, in carrying out internal control of receipts and cash expenditures in the finance department makes monitoring so that reminder can be made and payment and billing can be done on time. The use of manual systems previously used by PT. Mutiara Tanjung Lestari makes administration records incomplete and ineffective, with this SAP system, it can help more effective performance and the SAP system can be made more flexible updates following PT. Mutiara Tanjung Lestari.
ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH PADA SEKRETARIAT DEWAN PENGURUS KORPRI KABUPATEN BERAU
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.547 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian penyajian Laporan Keuangan Daerah pada Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Berau dengan Permendagri No.64 Tahun 2013 tetang Standar Akuntansi Pemerintahan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Alat analisis yang digunakan yaitu: Permendagri No.64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Berau telah sesuai berdasarkan Permendagri No.64 Tahun 2013. Komponen dari penyajian laporan Keuangan Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Berau adalah Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan. Laporan keuangan Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Berau memakai basis akuntansi cash toward accrual dimana laporan realisasi anggaran berbasis kas dan laporan operasional, laporan perubahan ekuitas dan neraca berbasis akrual. Menolak hipotesis yang telah diajukan sebelumnya, karena Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Berau dalam menyajikan Laporan Keuangan Daerah sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan pada Permendagri No.64 Tahun 2013. ABTRACT The purpose of this study was to determine the extent of the suitability of the presentation of the Regional Financial Statements at the Secretariat of the Berau Regency KORPRI Management Team and Permendagri No. 64 of 2013 regarding Government Accounting Standards. The reseacrh analysis in this study is descriptive analysis. The instrument of this reseacrh namely Permendagri No. 64 of 2013 concerning the Application of Accrual-Based Government Accounting Standards to Local Governments. The results of this study indicate that the presentation of the financial statements of the Secretariat of the Berau Regency KORPRI Management team is in accordance with Permendagri No.64 of 2013. The component of the presentation of the financial statements of the Secretariat of the Berau Regency KORPRI Management team is the Budget Realization Report, Balance Sheet, Operational Report, Equity Change Report and Notes on Financial Statements. The financial statements of the Secretariat of the Berau Regency KORPRI Management team use the basis of cash accounting toward accruals in which cash-based budget realization reports and operational reports, reports on changes in equity and accrual-based balance sheets. Based of theresult of the study the hypothesis was rejected, it shown that that the Secretariat of the Berau Regency KORPRI Management Board in presenting the Regional Financial Report is in accordance with the Government Accounting Standards in Permendagri No. 64 of 2013.
PENGARUH PENGALAMAN KERJA, OBJEKTIVITAS, INTEGRITAS, DAN KOMPETENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT APARAT PENGAWASANINTERN PEMERINTAH (APIP) DENGAN ETIKA AUDITORSEBAGAI VARIABEL MODERASI
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.835 KB) | DOI: 10.35915/accountia.v2i02.285

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman kerja, objektivitas, integritas dan kompetensi terhadap kualitas audit Aparatur Pengawas Internal Pemerintah dengan etika auditor sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan melalui metode survei berupa kuesioner tertulis kepada Aparat Pengawas Intern Pemerintah di Kantor Inspektorat Makassar, Inspektorat Kabupaten Tana Toraja dan Inspektorat Kabupaten Toraja Utara. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Berganda dan Analisis Regresi Moderated. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja, objektivitas, integritas dan kompetensi memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kualitas audit APIP. Etika auditor memoderasi pengaruh pengalaman kerja, objektivitas, integritas, dan kompetensi pada kualitas audit APIP. Nilai koefisien determinasi R square 0,795 menunjukkan bahwa variasi kualitas audit Inspektorat Kota Makassar, Inspektorat Kabupaten Tana Toraja dan Inspektorat Kabupaten Toraja Utara ditentukan oleh pengalaman kerja, objektivitas, integritas, dan kompetensi dengan etika auditor 79,5%, sedangkan sisanya 20,5 persen ditentukan oleh faktor lain di luar variabel independen dalam penelitian ini. ABSTRACT This study aims to examine the effect of work experience, objectivity, integrity and competence on audit quality of Government Internal Supervisory Apparatus with auditor ethics as a moderation variable. This research was conducted through survey method in the form of written questionnaire to Government Internal Supervisory Apparatus at Inspectorate Office of Makassar, Inspectorate of Tana Toraja Regency and Inspectorate of North Toraja District. Hypothesis testing using Multiple Regression Analysis and Moderated Regression Analysis. The results showed that work experience, objectivity, integrity and competence have a positive and significant impact on the quality of APIP audit. The ethics of the auditor moderates the effect of work experience, objectivity, integrity, and competence on the quality of APIP audit. The value of R square determination coefficient 0,795 indicates that variation of audit quality of Inspectorate of Makassar, Inspectorate of Tana Toraja Regency and Inspectorate of North Toraja Regency is determined by work experience, objectivity, integrity, and competence with auditor's ethics 79,5%, while the rest is 20,5 percent is determined by other factors outside the independent variables in this study.
PERAN HARGA JUAL DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TOKO SUPER MURAH DI MARISA
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.025 KB)

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ilmiah ini adalah Peran Harga Jual dan Kualitas Layanan untuk meningkatkan volume penjualan pada Penjualan Toko Super Murah di Marisa. Masalah utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga jual dan kualitas layanan dalam meningkatkan volume penjualan di Super Cheap Stores di Marisa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran harga jual dan kualitas layanan. dalam meningkatkan volume penjualan Hasil penelitian dan analisis data adalah hipotesa yang diterima, terbukti bahwa harga jual dan kualitas layanan memiliki peran positif sebesar 0,334 dan signifikan dalam meningkatkan volume penjualan Super Cheap Stores di Marisa. ABSTRACT The title of this scientific research is The Role of Selling Price and Service Quality to increase the volume of selling on Super Cheap Shop Sales in Marisa. The main problem of this reseacrh is to find out ;How is the influence of the selling price and service quality in increasing sales volume at Super Cheap Stores in Marisa.The research objectives of this reseacrh was to analyze the role of selling prices and service quality in increasing the sales volume The results of the research and data analysis are the hyphothesis accepted, it was proven that the selling price and the service quality have a positive role of 0.334 and are significant in increasing the sales volume of Super Cheap Stores in Marisa.
PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.163 KB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi, sesuai sistem akuntansi keuangan regional yang diperlukan yang merupakan bagian dari akuntansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan regional terhadap kualitas laporan keuangan daerah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pohuwato. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh Pegawai Negeri Sipil di BPKAD Kabupaten Pohuwato sebanyak 48 orang, oleh karena itu jumlah total dipilih sebagai responden. Data dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan sistem akuntansi keuangan regional yang terdiri dari grafik perkiraan standar yang seragam (X1), sistem pencatatan entri ganda (X2), dan basis akuntansi (X3), sekaligus memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (Y) sebesar 0,697 atau 69,7%. penerapan sistem akuntansi keuangan regional dalam bentuk: grafik perkiraan standar seragam (X1), secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (Y) sebesar 1,298. sistem pencatatan entri ganda (X2), secara parsial memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Y) pada 0,398. dasar akuntansi (X3),secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Y) sebesar 0,923. The implementing of regional autonomy and decentralization, accordingly a regional financial accounting system required which is part of accounting government. This study aims to determine the effect of the application of regional financial accounting systems on the quality of regional financial reports in the Pohuwato District Regional Financial and Asset Management Agency. The population in this study is the number of all Civil Servants in Pohuwato District BPKAD as many as 48 people, therefore the total number was chosen as respondents. Data were analyzed using multiple regression. The results of this study are the application of a regional financial accounting system which consists of a uniform standard estimate chart (X1), double entry recording system (X2), and accounting basis (X3), simultaneously having a positive and significant effect on the quality of financial statements (Y) equal to 0.697 or 69.7%. the application of regional financial accounting systems in the form of: a uniform standard estimate chart (X1), partially positive and significant effect on the quality of financial statements (Y) at 1,298. double entry recording system (X2), partially has a positive but not significant effect on the Quality of Financial Statements (Y) at 0.398. accounting basis (X3), partially positive and significant effect on the Quality of Financial Statements (Y) of 0.923.
ANALISIS PENDAPATAN UKM OLAHAN JAMBU MENTE ( STUDI KASUS UKM RIDHO BEDUNGUN TANJUNG REDEB BERAU)
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.397 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to analyze the income received from the cashew processing business, the present state of business activities and also the conditions that will come from planning or action. The method used in this study was a descriptive method with a case approach. With this method, the data is processed and analyzed qualitatively and quantitatively. Qualitative analysis is carried out to find out the conditions experienced by business people today in processing cashew nuts as the main product. The quantitative analysis chosen is UKM Ridho's income analysis, and the analysis of revenue and cost balance (R / C Ratio). To calculate the income of UKM Ridho in monoculture, a simple tabulation was carried out by calculating UKM Ridho's income for the cash and UKM Ridho's revenue for the total cost. The results of research on the processing business of UKM Ridho cashew in Tanjung Redeb Berau showed that this business is profitable with this can be seen from the comparison of total income with a total cost is greater than one, which has a figure of 1.46> 1. In other words the value of R / C amounting to 1.46 means for every Rp. 100, - costs incurred, then the cashew nut processing business owner Ridho earns Rp. 14,6 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan yang diterima dari usaha pengolahan jambu mente dan bertujuan untuk menggambarkan keadaan sekarang kegiatan usaha ini dan menggambarkan keadaan yang akan datang dari perencanaan atau tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode derkriptif dengan pendekatan kasus. Dengan metode ini data diolah dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk mengetahui kondisi yang dialami pelaku usaha saat ini dalam melakukan pengolahan jambu mente sebagai produk utama. Analisis kuantitatif yang dipilih adalah analisis pendapatan UKM Ridho, dan analisis imbangan penerimaan dan biaya (R/C Ratio). Untuk menghitung pendapatan UKM Ridho secara monokultur, dilakukan tabulasi sederhana dengan menghitung pendapatan UKM Ridho atas biaya tunai dan pendapatan UKM Ridho atas biaya total. Hasil penelitian pada usaha pengolahan jambu mente UKM Ridho di Tanjung Redeb Berau menunjukkan bahwa usaha ini menguntungkan dengan Hal ini dapat dilihat dari perbandingan total pendapatan dengan total biaya yang lebih besar dari satu, yaitu memiliki angka 1,46 > 1. Dengan kata lain nilai R/C sebesar 1,46 bermakna, untuk setiap Rp.100,- biaya yang dikeluarkan, maka pelaku usaha pengolahan jambu mente UKM Ridho memperoleh pendapatan sebesar Rp. 14,6-.
ANALISIS FRAUD DIAMOND TERHADAP PENDETEKSIAN FINANCIAL STATEMENT FRAUD DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015)
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.95 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian kuantitatif ini memiliki sampel sebesar 162 perusahaan dengan tahun observasi 2010-2015. Teknik pengambilan sampel digunakan secara purposive sampling. Data penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan. Metode penelitian regresi logistik diolah dengan menggunakan paket statistik untuk ilmu sosial (SPSS v.22). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan, peluang saat dimoderasi oleh tata kelola perusahaan, rasionalisasi, kapabilitas. Kemampuan yang dimoderasi dengan tata kelola perusahaan dapat digunakan dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan. Sementara itu, tekanan adalah ketika moderator dengan tata kelola perusahaan, peluang dan rasionalisasi tata kelola perusahaan tidak dapat digunakan dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan. ABSTRACT This quantitative research has sample amounted to 162 companies with observation year from 2010-2015.The technique of sampling was used purposive sampling. This research data using secondary data in the form of financial statement. Logistic regression research method was processed by using statistical package for social sciences (SPSS v.22). The results of the research showed that pressure, opportunity when moderated by corporate governance, rationalization, capability. The capability moderated with coorporate governance can be used in detecting financial statement fraud. Meanwhile, the pressure was when the moderated with corporate governance, opportunity and rationalization corporate governance can’t be used in detecting financial statement fraud.
ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS ANGGARAN BELANJA PADA BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN BERAU TAHUN 2013 – 2017
AKUNTIA JURNAL Jurnal Akuntansi, Terpercaya, Menginspirasi dan Asli Vol 2 No 02 (2018): Vol 02 No 02 (2018): Accountia Journal Volume 02 No 02 Oktober 2018
Publisher : ACCOUNTING STUDY PROGRAM, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BERAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283 KB)

Abstract

ABSTRACT Based on the results of the study, it can be seen that the percentage of the level of efficiency of budget expenditures in the Berau District Planning, Research and Development Agency shows that during the 5 (five) years the budget efficiency level of the Planning, Research and Development Agency of Berau Regency fluctuates from year to year. In 2013, the efficiency level of 75.82% entered the criteria quite efficiently. Then in 2014 the level of efficiency dropped to 66.76% but entered into the efficient category. In 2015 the level of efficiency dropped to 59.39% but included in the category of very efficient. Then in 2016 there was an increase in the level of efficiency to 64.48% but the criteria dropped to be efficient and in 2017 again there was a decrease in the efficient level to 59.49%, but the criteria included were very efficient. the percentage level of effectiveness of the budget for the Planning, Research and Development Agency of the Berau Regency shows that the 5 (five) years have undergone significant changes. In 2013 the level of effectiveness was 75.84% which then decreased in 2014 to 73.79%. After that, in 2015 it increased to 74.40%. In 2016, it experienced a dramatic increase to 80.05%. Then in 2017 there was an increase to 82.37%. ABSTRAK Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui persentase tingkat efisiensi anggaran belanja Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Berau menunjukkan selama 5 (lima) tahun tingkat efisiensi anggaran belanja Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Berau berfluktuasi dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013 tingkat efisiensi sebesar 75,82% masuk pada kriteria cukup efisien. Kemudian pada tahun 2014 tingkat efisiensinya turun menjadi 66,76% namun masuk kedalam kategori efisien. Pada tahun 2015 tingkat efisiensinya turun menjadi 59,39% namun termasuk kedalam kategori sangat efisien. Kemudian pada tahun 2016 terjadi kenaikan tingkat efisiensi menjadi 64,48% tetapi kriterianya turun menjadi efisien dan pada tahun 2017 kembali terjadi penurunan tingkat efisien menjadi 59,49% namun kriterianya termasuk kedalam sangat efisien. persentase tingkat efektifitas anggaran belanja Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Berau menunjukkan selama 5 (lima) tahun berjalan mengalami perubahan yang tidak terlalu signifikan. Pada tahun 2013 tingkat efektifitas sebesar 75,84% yang kemudian mengalami penurunan pada tahun 2014 menjadi 73,79%. Setelah itu pada tahun 2015 mengalami kenaikan menjadi 74,40%. Pada tahun 2016 mengalami peningkatan yang cukup drastis menjadi 80,05%. Kemudian pada tahun 2017 kembali terjadi peningkatan menjadi 82,37%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8