cover
Contact Name
Ibnu Rusydi
Contact Email
ibnurs@gmail.com
Phone
+62818637949
Journal Mail Official
ibnurs@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu Jln. Ir. Juanda Km 3 Indramayu Jawa Barat
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Islamic Pedagogia
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 27761037     EISSN : 27764664     DOI : https://doi.org/10.58355/pedagogia
Journal Islamic Pedagogia (JIP) is an journal published by Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies University Wiralodra Indramayu, posted twice a year on March and September. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Indonesia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education in Indonesia
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia" : 7 Documents clear
Pembelajaran Fiqih Berbasis E-Learning di Era New Normal pada Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Alam Indramayu Eva Fitri Yunengsih
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.535 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i2.78

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia terhitung sejak Januari 2020 hinga saat ini, menyebabkan banyak perubahan dalam setiap garis kehidupan, termasuk di dalamnya perubahan sistem dalam proses belajar mengajar di sekolah.. Kebijakan tersebut untuk membantu mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang ada di Indonesia. Pada tanggal 1 Juni 2020 Indonesia memasuki era new normal. Di era new normal ini sistem pembelajaran banyak dilakukan menggunakan e-learning dengan berbagai macam platform-platfrom yang menggunakan berbagai jenis aplikasi. Begitupun yang diterapkan pada pembelajaran fiqih berbasis e-learning di era new normal, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dengan adanya pembelajaran yang berbasis e-learning ini dapat membawa siswa tetap aktif dan dapat mengikuti pelajaran meskipun proses belajar mengajar dilakukan tidak secara langsung atau secara tatap muka di kelas.
Konsep Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Mas’ud dalam Konteks Pendidikan Modern Isri Lailatussaidah; Kambali; Rusydi
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.926 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i2.79

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan menyeluruh, penuh keseimbangan materi dan spiritual untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Pendidikan Islam dewasa ini cenderung mementingkan ‘ulumuddunya’ atau ‘ulumuddin’ saja. Namun secara realitas sering kali tujuan pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya, terbukti dalam proses pendidikan masih diwarnai adanya kekerasan terhadap peserta didik, mengesampingkan potensi peserta didik, serta pendidikan terkonsentrasi pada urusan keduniawian saja serta sistem pendidikan yang belum mendekati fitrahnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) dari penelitian sebelumnya. Abdurrahman Mas’ud menawarkan humanisme religius dalam paradigma pendidikan Islam. kunci dari humanisme religius yakni konsep pendidikan yang memanusiakan manusia, juga mengembangkan kemampuan yang dimiliki, baik kemampuan intelektual ataupun religius tanpa meninggalkan nilai-nilai agama yang mendasarinya.
Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Acara Walimatul ‘Ursy dalam Sebuah Perkawinan di Desa Kasmaran Kec.Widasari Kabupaten Indramayu Triyani Oktofiyah; Jaedi; Kurnaengsih
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.533 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i2.80

Abstract

Masyarakat Desa Kasmaran masih belum sepenuhnya menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam yang sebenarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara pesta pernikahan masyarakat Desa Kasmaran dan nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam acara pesta pernikahan masyarakat Desa Kasmaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara pesta pernikahan masyarakat Desa Kasmaran dan untuk mengetahui nilai- nilai pendidikan yang terkandung dalam pesta pernikahan masyarakat Desa Kasmaran. Kegunaan penelitian adalah menambah wawasan tentang nilai-nilai pendidikan dalam acara pesta pernikahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Walimatul Ursy memiliki nilai-nilai diantaranya nilai aqidah, nilah ibadah, nilai sosial, nilai ahlak dan nilai etika. Selain itu juga walimatul Ursy memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits.
Metode Pembentukan Akhlak pada Anak Menurut Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dalam Buku Prophetic Parenting Cara Nabi SAW Mendidik Anak Vina Syah Niar; Abdul Aziz Romdhoni
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.8 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i2.81

Abstract

. Latar belakang pada penelitian ini yaitu tentang pembentukan akhlak yang baik. Hal ini dikarenakan melihat fenomena yang terjadi di masyarakat seperti: anak yang berani membentak orang tua, tidak patuh, serta kurangnya sopan santun baik kepada orang tua maupun orang lain. Melalui analisis buku ini, dapat dijadikan bahan bagi orang tua untuk membentuk anak menjadi lebih baik dan berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kepustakaan (library research) dari sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan fokus penelitian yaitu studi pustaka dengan mengumpulkan sejumlah buku-buku, jurnal, majalah, leaflet, dan sebagainya yang berkaitan dengan penelitian, dan analisis data menggunakan content analysis. Dijelaskan pula bahwa di dalamnya terdapat metode pendidikan anak dalam islam dan metode pembentukan akhlak pada diri anak analisis buku Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak karya Dr. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid.
Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Menurut Jalaluddin Rumi Mochammad Asep Nurrochmat; Zaenudin
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.762 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i2.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Indonesia yang kaya akan latar belakang suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa dan kebudayaan. Penelitian ini menggunakan stuti pustaka tentang nilai-nilai multicultural menurut Jalaludin Rummy. Hasil penelitian menunjukan bahwa fakta kemajemukan tersebut tentu menjadi aset yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia Namun, ketika kemajemukan itu muncul ke permukaan dan mulai merusak tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, justru menjadi masalah tersendiri yang harus segera diatasi dan dibenahi. Kekhawatiran akan timbulnya gesekan dan konflik di masyarakat Indonesia yang beragam tersebut tentu menjadi kehawatiran bersama. Potensi untuk terjadinya gesekan dan konflik antarkelompok, ras, agama dan suku bangsa juga cukup besar.
Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu Rica Anita; Didik Himmawan
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i2.64

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada santri TPQ Hidayatul Ihsan Kec. Sindang, Kab. Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode kualitatif merupakan suatu proses dalam penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan dilakukan pada TPQ Hidayatul Ihsan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan pembelajaran di TPQ Hidayatul Ihsan dimulai dari hari senin sampai dengan jumat pukul 16.00 s.d 17.30 WIB. Proses pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan do'a atau penutup. (2) Metode qiroati menurut para santri dan wali santri di pandang cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca alquran karena bacaan mudah dipahami.
Pelaksanaan Ekskul Kepenulisan Pembuatan Karya Ilmiah pada Kelas XII MA Al-Urwatul Wutsqo Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu Didik Himmawan; Rinih
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i2.66

Abstract

Karya ilmiah merupakan suatu bentuk karya tertulis yang memuat kajian berupa masalah tertentu sesuai kaidah keilmuan. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari karya ilmiah bahkan bukan suatu hal yang mustahil dalam membuat karya ilmiah. Dari sinilah terbentuk kebijakan bahwa syarat kelulusan kelas XII ialah dengan membuat karya ilmiah. Oleh karena itu, ekskul kepenulisan menjadi wadah dalam memberikan pemahaman tentang karya ilmiah dan berperan aktif dalam membantu siswa-siswi kelas XII untuk menyelesaikan tugasnya dalam membuat karya ilmiah. Untuk melihat seberapa besar peran ekskul kepenulisan dalam membantu siswa-siswi dalam membuat karya ilmiah sebagai tugas akhir dari kelulusan. Cara atau Proses dalam mengumpulkan sumber data melalui metode penelitian kualitatif, dimana berupa wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.  Melalui prosedur pengumpulan data baik dari hasil wawancara, kuesioner, maupun dokumentasi dihasilkan bahwa ada pengaruh positif dari ekskul kepenulisan kepada siswa-siswi MA Al-Urwatul Wutsqo dalam menyelesaikan tugas akhir pembuatan karya ilmiah pada kelas XII MA Al-Urwatul Wutsqo

Page 1 of 1 | Total Record : 7