cover
Contact Name
Ibnu Rusydi
Contact Email
ibnurs@gmail.com
Phone
+62818637949
Journal Mail Official
ibnurs@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu Jln. Ir. Juanda Km 3 Indramayu Jawa Barat
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Islamic Pedagogia
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 27761037     EISSN : 27764664     DOI : https://doi.org/10.58355/pedagogia
Journal Islamic Pedagogia (JIP) is an journal published by Department of Islamic Education the Faculty of Islamic Studies University Wiralodra Indramayu, posted twice a year on March and September. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Indonesia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education in Indonesia
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Islamic Pedagogia" : 5 Documents clear
Pembahasan Kata Ummy Dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Surat Al-Jumu’ah) Mufidah Zafirah
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (961.363 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i1.21

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Tafsir Pendidikan yakni menganalisis surat Al-Jumu’ah ayat 2, mengenai pembahasan kata Ummiy dalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa  kata ummiy dalam Al-Qur’an surat Al-jumu’ah ayat 2, didapatkan dalam Tafsir Para Mufassir terhadap ayat-ayat ummi dalam beberapa kitab tafsir diantaranya, Tafsir al-Mishbah, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir al-Maraghi, Tafsir Jalalayn, dan Tafsir al-Muyassar. Dan berbagai sumber yang jelas. Tafsir Al-Mishbah dan Al-Maraghi dalam kata ummiyyīna dengan ayat tersebut tidak bisa membaca dan menulis. Berbeda dengan Ibnu Katsir beliau berpendapat bahwa kata ummi tersebut adalah Allah Swt membangkitkan Nabi Muhammad Saw dari kalangan mereka sendiri, disini beliau berbeda pendapat dengan dua mufassir sebelumnya yang menyebutkan bahwa nabi tidak bisa membaca dan menulis.
Konsep danTujuan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Baqoroh fauziyatun muhazzaroh
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.383 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i1.22

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk membedah atau menafsirakan surat Al-Baqoroh ayat 151 dalam kontesk untuk mengetahui isi kandugan dari ayat tersebut dan sebagai pelajaran kita dalam mempelajari ilmu tafsir dan untuk diterapkan dalam dunia nyata. Penelitian ini menggunakan dmetode kualitatif dengan jenis studi pustaka. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena di dalam penafsiran surat Al-Baqoroh ayat 151, seorang muslim tidak cukup hanya dengan menyatakan keislamannya tanpa berusaha untuk memahami islam dan mengamalkannya. Pernyataan ini harus di buktikan dengan melakanakan konsekuensi dari islam,karna itu kita membutuhkan ilmu. menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim maupun muslimah.
Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu Sella Selviana; Didik Himmawan; Naelul Muna
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.962 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i1.72

Abstract

Perilaku jenuh siswa saat proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam membuat pembelajaran tidak terserap maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memahami cara pengaplikasian serta tingkat efektivitas Mind Map dalam mengatasi kejenuhan yang dialami siswa saat pembelajaran SKI di MTs Al-Ghozali, sehingga pembelajaran dapat terserap maksimal. Untuk memperoleh data yang lengkap, penelitian ini memakai metode kualitatif, dengan teknik observasi, dimana pengamatan secara langsung dengan teknik pengumpulan data berupa tulisan, dokumentasi, dan tabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar siswa merasakan kejenuhan serta kebosanan saat proses pembelajaran SKI. Peneliti berupaya untuk mencoba salah satu metode Mind Mapping untuk melihat efek terhadap proses pembelajaran SKI. Setelah menggunakan metode Mind Mapping, siswa lebih antusias, aktif dan tidak jenuh seperti sebelumnya. Penggunaan metode Mind Mapping cukup tepat untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Mind Mapping merupakan alternatif untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah kejenuhan yang siswa alami dalam proses belajar SKI.
Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam (Studi atas Pemikiran Fatimah Mernissi) Al Hidayati; Ibnu Rusydi; Suhendrik
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.727 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i1.76

Abstract

Kesetaraan gender merupakan pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak diskriminasi yang mengacu pada hak, tanggung jawab dan kesempatan yang sama antara perempuan dan laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis konsep dari kesetaraan gender dalam pendidikan Islam menurut Fatimah Mernissi. Hasil penelitian ini adalah Pendidikan merupakan kunci terbentuknya keadilan gender dalam masyarakat, kemampuan dan pengetahuan juga sebagai alat untuk mengkaji dan menyampaikan ide-ide baru. Pendidikan merupakan sebuah sarana strategis dalam melakukan perubahan khususnya pendidikan Islam
Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga (Studi Analisis Buku Dr. Nur Ahid, M.Ag) Anah Patimah; Ibnudin
Journal Islamic Pedagogia Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Islamic Pedagogia
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.504 KB) | DOI: 10.31943/pedagogia.v2i1.77

Abstract

Berbicara tentang keluarga pasti selalu menarik perhatian, karena di dalamnya terdapat banyak persoalan. Apalagi dikaitkan dengan pendidikan. Penelitian ini membicarakan tentang konsep pendidikan Islam dalam keluarga, yang saya fokuskan pada buku pendidikan keluarga perspektif Dr. Nur Ahid, M. Ag. Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian pustaka (Library research). Sifat dari penelitian ini termasuk dalam "Deskriptif Kualitatif". Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi, adapun teknis analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dalam pandangannya tentang konsep pendidikan Islam dalam keluarga, beliau menjelaskan bahwa pendidikan jasmani dan kesehatan dijelaskan di awal pembahasan, hal ini dikarenakan pendapatnya yang menyatakan bahwa pendidikan jasmani dan kesehatan telah dimulai sejak anak masih dalam kandungan atau belum lahir. Selain itu dalam membahas proses sosialisasi anak, Nur Ahid tidak hanya fokus pada bagaimana peran orang tua dalam membimbing anak untuk melakukan sosialisasi dan interaksi dalam keluarga saja, tetapi juga menguraikan mengenai peran orang tua dalam mendidik anak di lingkup masyarakat juga.

Page 1 of 1 | Total Record : 5