cover
Contact Name
Muhamad Fuat Asnawi
Contact Email
jurnal.storage@gmail.com
Phone
+6285292912229
Journal Mail Official
jurnal.storage@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bunga Cempaka No. 51D. Medan. Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer
ISSN : -     EISSN : 28285344     DOI : https://doi.org/10.55123/storage
STORAGE adalah Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer yang diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November oleh Yayasan Literasi Sains Indonesia. Jurnal ini merupakan jurnal yang dapat akses secara terbuka bagi para Peneliti, Mahasiswa dan Dosen yang ingin mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang Teknik dan Ilmu Komputer. STORAGE adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis dibidang perkembangan teknologi terkini yang meliputi bidang Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Ilmu Komputer.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus" : 13 Documents clear
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-WALLET DANA MENGGUNAKAN METODE SUS Nurul Huda; Daniel Adriano Tambunan; Femas Satria; Muhammad Rizki Bintang Putra
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2191

Abstract

DANA application is a digital wallet platform designed to make transaction possible in a non-cash manner, whether online or offline. This study was used to determine the lvl of UI/UX usability in the DANA application using the System Usability Scale Method. The results in the DANA application obtained an average score of 72,41 with grade “B” which stated that the DANA application was in the “Excellet” category, and had acceptable ranges in the “High” category, which was caused by the small number of responses to odd questions on the questionnaire stating the application DANA is easy to use, while the even questions on the questionnaire state that the DANA application is difficult to use. So that the DANA application needs to improve the function of using the DANA application and make the application display easier to understand.
Analisis Sentimen Terhadap Kinerja KPU Menjelang Pemilu 2024 Berdasarkan Opini Twitter Menggunakan Naïve Bayes Fuad Amirullah; Syariful Alam; M.Imam Sulistyo S
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2293

Abstract

Era globalisasi saat ini memengaruhi pesatnya kemajuan teknologi informasi yang beredar di masyarakat salah satu perantaranya ialah melalui media sosial Twitter, Twitter dapat dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan pendapat terkait saran, kritik, maupun opini-opini publik. Salah satunya perihal kinerja KPU menjelang pemilu 2024 yang muncul diakhir tahun 2022 dan awal tahun 2023, mengenai skandal manipulasi data keanggotaan parpol di website KPU, hingga penundaan pemilu. Penelitian ini menggunakan metode text mining yang terdiri dari tahapan scraping data, labeling, cleansing, preprocessing, algoritma Naïve Bayes, pembobotan memakai perhitungan TF-IDF, pengujian data memakai confusion matrix dengan menggunakan pemrograman python. Didapatkan data yang berjumlah 2475 data, yaitu sebanyak 321 data positif, 409 data netral, dan 1745 data negatif. Berdasarkan hasil pengujian confusion matrix dengan pemrograman python didapatkan hasil akurasi negatif sebesar 74.5% berdasarkan nilai tersebut membuktikan tingkat kepercayan pada kinerja KPU menjelang proses pemilu 2024 mendatang tergolong kurang baik.
ANALISA RANCANGAN ANGGARAN BIAYA DAN PENJADWALAN PADA PEMBANGUNAN DINDING PENAHAN TANAH Filipus Alfriyadi Junaidi; Sely Novita Sari; Oggi Heical Ardian
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2299

Abstract

Proyek pembangunan konstruksi di Indonesia saat ini masih meningkat salah satunya yaitu proyek pembangunan dinding penahan tanah di Jembatan Benyo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa rancangan anggaran biaya dan penjadwalan proyek pembangunan dinding penahan tanah di Jembatan Benyo. Lokasi penelitian ini terletak di Kabupaten Bantul, DIY dan data yang digunakan yaitu data sekunder seperti gambar rencana, Standar Harga Bahan dan Jasa, dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Hasil analisis data rancangan anggaran biaya pekerjaan dinding penahan di Jembatan Benyo dengan dimensi panjang 30 meter dan tinggi 4 meter membutuhkan biaya Rp. 248,307,765.00 dan untuk waktu pelaksanaan proyek dilaksanakan selama 72 hari.
Perancangan Sistem Pendeteksi dan Monitoring Ketinggian Air Berbasis IoT Menggunakan NodeMCU ESP8266 Darso Darso; Muhammad Habib Al Hudry; Firman Fathoni; Yuntafa Ulkhaq; Pras Tio Rifki Wijaya; Muhammad Arkan H
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2307

Abstract

Perkembangan dunia digitalisasi semakin berkembang. Teknik pengukuran umumnya menggunakan peralatan dengan pengukuran manual seperti mengukur perangkat yang ingin diketahui panjang dan ketinggian suatu objek. Namun, era saat ini dunia digitalisasi mampu melakukan pengukuran tanpa menyentuh perangkat yang akan diukur. Salah satunya dengan memanfaatkan sumber gelombang suara atau biasa disebut sebagai gelombang ultrasonik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perancangan sistem untuk mengukur ketinggian air secara digital berbasis mikrokontroler. Perancangan sistem ini menggunakan sensor Ultrasonic HCSR04, mikrokontroler ESP8266 serta Platform Internet of Things (Blynk). Hasil pengukuran ditampilkan dalam perangkat komputer untuk memudahkan pembacaan. Perancangan ini dikendalikan melalui NodeMCU ESP8266 Lolin v3 dan Platform Internet of Things (Blynk). Hasil pengujian prototype alat dapat berjalan dengan baik dan bisa diakses secara real time. Pengukuran alat ini dapat membaca jarak air dengan baik dari posisi alat yaitu jarak aman ≥ 8 cm, waspada 5-7 cm, bahaya 0-4 cm.
OBSERVASI IMPLEMENTASI BAHASA ARSITEKTUR FRANK GEHRY PADA BENTUK BANGUNAN GUGGENHEIM MUSEUM BILBAO REZA PHALEVI SIHOMBING; Kylie Dwi Andreas
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2314

Abstract

Setiap karya arsitektur bukan hanya sekedar karya seni yang bisa dijelaskan mengenai bentuk dan estetika namun juga perihal makna hipotesis mendalam dari sang perancang yang sebenarnya bisa ditelaah dari berbagai macam jenis perspektif yang berbeda. Sama seperti apa yang dikatakan oleh Amos Rapoport (1981) bahwa arsitektur adalah tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Hal tersebutlah yang bisa melahirkan ide-ide yang bersifat komprehensif salah satunya menuangkan tata bahasa komunikasi atau linguistik menjadi sebuah pemikiran elok yang membentuk sistem kompleks dalam bentuk sebuah bangunan. Guggenheim Museum merupakan salah satu implementasi bahasa diri seorang Frank Gehry yang diawali dari struktur pemikiran yang kemudian dituangkan dalam objek struktur kompleks berkurva. Analisa karya arsitektur ini selain bertujuan sebagai pengetahuan baru juga memastikan kesamaan landasan hasil karya dengan sebuah analogi yang menjadi pemikiran dari perancangnya dengan metode mensinkronisasi hasil karya dengan teori-teori para ahli yang telah dikemukakan.
ANALISIS SENTIMEN BERDASARKAN ULASAN PENGGUNA APLIKASI MYPERTAMINA PADA GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES Gilbert; Syariful Alam; M. Imam Sulistyo
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2333

Abstract

Pada aplikasi MyPertamina peneliti menemukan banyak ulasan tidak sesuai dengan rating yang diberikan. Pada kasus ini juga peneliti membaca beberapa artikel / berita tentang pro dan kontra nya aplikasi MyPertamina dalam beberapa hal, Maka dari itu harus dilakukan analisis sentimen untuk mengetahui apakah ulasan pemakai aplikasi MyPertamina itu lebih banyak arah positif atau negatif. Penelitian ini menggunakan metode text mining yang terdiri dari tahapan scraping data, labelling, cleaning, preprocessing (transformation, tokenization, filtering). Untuk algoritma yang digunakan yaitu naïve bayes karena mempunyai nilai probabilitas atau peluang tertinggi untuk pengklasifikasian data, untuk pembobotan menggunakan perhitungan TF-IDF, dan pengujian data menggunakan confusion matrix dan visualisasi menggunakan wordcloud. Hasil penelitian ini mengenai analisis sentimen ulasan pengguna MyPertamina pada Google PlayStore berjumlah 3948 data, disimpulkan bahwa ulasan pengguna MyPertamina tergolong negatif dengan hasil presentase 91% nilai akurasi, 92% nilai precision, dan 100% recall nya.
Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) Pada Google Play Store Menggunakan Metode Naive Bayes Sendi Alpin Rizaldi Rizaldi; Syariful Alam; Imay Kurniawan
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2334

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan digital di Indonesia menjadikan adanya banyak perubahan diampir seluruh aspek kehidupan. Termasuk aplikasi dalam bidang e-government atau pemerintahan elektronik yang saat ini banyak digunakan untuk layanan infromasi. Salah satunya aplikasi JMO merupakan aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yang sudah rilis di Google Play Store pada 19 Februari 2018 dan di unduh sekitar 10 juta. Ulasan menjadi sumber informasi penting bagi pengembang untuk mengetahui keluhan dari para pengguna. Namun tidak semua ulasan pengguna mewakili pendapat pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna yang menggunakan aplikasi JMO di Google Play Store dengan mengambil ulasan melalui web scraping. Analisis sentimen merupakan proses text mining yang mengklasifikasi data tidak teratur untuk menghasilkan informasi sentimen. Dalam analisis sentimen metode yang digunakan menggunakan algoritma Naive Bayes. Dari hasil penelitian analisis sentimen, data diambil melalui hasil scraping dari bulan September 2018 hingga Februari 2023 sebanyak 5000 data ulasan dan diberi label kedalam kategori positif dan negatif. Didapatkan hasil bahwa pengguna aplikasi JMO memberikan ulasan negatif dimana dari jumlah prediksi klasifikasi sentimen positif sebanyak 1472 dan sentimen negatif sebanyak 3528 data ulasan artinya pengguna banyak memberikan komentar negatif terhadap aplikasi JMO, namun tidak sedikit yang berkomentar positif. Dan hasil klasifikasi dari metode naive bayes didapatkan hasil akurasi 95%, precision 91% dan tingkat keberhasilan (recall) 90%. Dan hasil dari visualisasi data ulasan negatif terdapat kata-kata “aplikasi”, “update”, “login”, “data”, “gagal”dan lain-lain. JMO perlu meningkatkan kemampuan aplikasi dalam melakukan login dan cek saldo karena banyak mengalami gangguan.
KOMPARASI PAYMENT DIGITAL UNTUK ANALISIS SENTIMEN BERDASARKAN ULASAN DI GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE Renaldi AL Anshari Renal; Syariful Alam; Moch Hafid T
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2337

Abstract

Pada era modern saat ini semuanya menjadi sangat mudah dan praktis tentunya dengan bantuan perkembangan teknologi aktivitas manusia menjadi sangat terbantu sekali. salah satunya dalam bidang keuangan atau biasa disebut finance. seperti yang sudah di ketahui saat ini banyak produk keuangan yang di gabungkan dengan kemampuan teknologi atau sering juga di sebut dengan fintech (finansial technology). salah satu produk dari fintech adalah payment digital. Sederhananya digital payment ini merupakan metode pembayaran yang memanfaatkan teknologi jaringan internet dan sejumlah perangkat untuk mendapatkan benefit kepraktisan, efesiensi dan kemudahan. Salah satu aplikasi digital payment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dana dan Ovo, data yang diambil ini adalah data ulasan pengguna dari google playstore dengan cara scraping menggunakan API google play scraper. Tujuan dari penelitian ini utnuk mengetahui ulasan pengguna dan membandingkan mana aplikasi yang mendapatkan banyak komentar positif dan negatif menggunakan algoritma Support Vector Machine, dari masing-masing aplikasi diambil 6000 data, dan untuk hasil akhirnya aplikasi dana yang mendapat nilai tertinggi berdasarkan nilai akurasi 0,92, presisi 0,92 dan nilai recall 100%. Dengan hal itu aplikasi dana cenderung mendapatkan sentiment positif dan negatif lebih banyak di masyarakat berdasarkan ulasan pengguna
ANALISIS OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF Rahmatullah Gafar kahar; Sely Novita Sari; anggi hermawan
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2344

Abstract

Lokasi penelitian terletak di di Dukuh Balong Kelurahan Timbulharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah Metode Time Cost Trade Off melakukan penambahan tenaga kerja, dan, jam kerja lembur. Pengolahan data menggunakan data sekunder seperti rancangan anggaran biaya, time schedule rencana dan realisasi, laporan mingguan, dan gambar kerja. Hasil analisis penelitian dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan antara biaya dan durasi akibat penambahan jam kerja (lembur) dan penambahan tenaga kerja. Pada penambahan lembur 1 jam dengan biaya total Rp 289.876.705,23, selanjutnya pada penambahan lembur 2 jam dengan biaya total Rp 308.391.171,11 dan, pada penambahan lembur 3 jam dengan biaya total Rp 327.196.816,63 dengan total durasi setelah di lakukan lembur menjadi 61 hari jika dibandingkan dengan penambahan tenaga kerja dengan biaya total Rp 156.919.168,62 dengan total durasi setelah di lakukan penambahan tenaga kerja menjadi 59 hari.
ANALISIS SENTIMEN PADA PRODUK CUSHION DI WEBSITE FEMALE DAILY MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) Soultan Ariqoh; M.Agus Sunandar; Yusuf Muhyidin
STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Literasi Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55123/storage.v2i3.2345

Abstract

Saat ini produk kosmetik sudah menjadi kebutuhan utama kaum wanita yang merupakan target utama dari industri kosmetik. Salah satu merek produk kosmetik yang popular saat ini ialah produk kosmetik merek pixy, saat ini cushion pixy mempunyai tiga jenis shades yaitu 301 Medium Beige, 201 Natural Beige, dan 101 Light Beige. Namun tidak semua jenis shades memiliki kualitas yang baik sesuai kebutuhan konsumen dan hal ini yang harus diperhatikan oleh para konsumen sebelum konsumen memutuskan untuk membeli produk cushion merek pixy. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Text mining Dengan tahap-tahap yang dilakukan adalah Scrapping Data, Labelling, Cleaning, Preprocessing text (Tranformation, Tokenization, Filtering). Algoritma yang digunakan yaitu Support Vector Machine (SVM) karena teknik yang relatif baru untuk melakukan prediksi, baik dalam kasus klasifikasi maupun regresi. Pembobotan kata menggunakan pehitungan TF-IDF dan pengujian data menggunakan Confusion Matrix pada Python. Berdasarkan proses pengumpulan data diperoleh sebanyak 2044 data, setelah melakukan proses Text Mining dihasilkan sebanyak 1999 data.

Page 1 of 2 | Total Record : 13