cover
Contact Name
Ganjar Alfian
Contact Email
ganjar.alfian@ugm.ac.id
Phone
+6281393177733
Journal Mail Official
jise.sv@ugm.ac.id
Editorial Address
Sekip Unit 3, Jl. Yacaranda, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Internet and Software Engineering
ISSN : -     EISSN : 27979016     DOI : https://doi.org/10.22146/jise.v3i1.4834
Core Subject : Science,
1. About the Journal The Journal of Internet and Software Engineering (JISE) is open-access, peer-reviewed and published by the Department of Electrical Engineering and Informatics, Vocational College, Universitas Gadjah Mada. 2. Aim JISE provides a platform for researchers and scientists to publish their research papers on areas of computer networks and software engineering. The journal publishes papers within scopes of computer networking technology, software engineering methods, artificial intelligence, machine learning, and with emphasis on applied methods and technology. 3. Focus and Scope Subject areas include, but are not limited to the following fields: 3.1. Computer Networks Communication Network Protocols and Architectures Network Services and Applications Network Security and Privacy Network Operation and Management Mobile and Wireless networks Cloud and Fog computing Internet of Things Next Generation Technologies Routing and Scheduling 3.2. Software Engineering Information Systems Software Engineering Methodologies Software Analysis, Design and Modelling Verification and Validation Software Testing and Debugging Web, Mobile and Game programming Project and People Management 3.3. Applied Artificial Intelligence Machine Learning Deep Learning Big Data Data Mining Data Science Computer Vision Expert Systems
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Journal of Internet and Software Engineering" : 5 Documents clear
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Online dengan Metode Gamifikasi Berbasis Web Clara Putri Andini Sukran; Irkham Huda
Journal of Internet and Software Engineering Vol 4 No 1 (2023): Journal of Internet and Software Engineering
Publisher : Department of Electrical Engineering and Informatics, Vocational College, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/jise.v4i1.2456

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang besar dalam kemajuan di bidang pendidikan. Seiring kemajuan teknologi, banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bidang teknologi karena bidang informasi teknologi mulai banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor. Banyak sumber yang tersebar luas dan mudah didapatkan oleh siapapun serta dapat diakses di mana saja sebagai bahan untuk belajar. Namun, pembelajaran secara mandiri dengan internet rentan dengan penurunan motivasi belajar. Berdasarkan masalah yang ada, maka dibangun sebuah Aplikasi Pembelajaran Online dengan Metode Gamifikasi Berbasis Web untuk membantu menyediakan materi belajar yang tertatata untuk mempermudah proses belajar. Dalam aplikasi ini akan memiliki beragam materi yang terkait seputar pengembangan perangkat lunak yang disusun dengan menggunakan metode gamifikasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar pada individu. Materi yang ada akan dikelompokkan ke dalam learning path untuk membantu pengguna dalam menentukan arah belajar dan disusun secara berurutan. Aplikasi Pembelajaran Online dengan Metode Gamifikasi Berbasis Web dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, framework Laravel, JavaScript, serta MySQL sebagai sarana dalam pengelolaan basis data. Hasil dari pengembangan Aplikasi Pembelajaran Online dengan Metode Gamifikasi Berbasis Web dapat membantu dalam melakukan proses belajar yang lebih tertata dan mudah.
Analisis Perbedaan Pengaruh Penggunaan Iptables Chains dalam Mencegah Denial of Service (DoS) pada Jaringan IoT Hanifatun Nida; Ronald Adrian
Journal of Internet and Software Engineering Vol 4 No 1 (2023): Journal of Internet and Software Engineering
Publisher : Department of Electrical Engineering and Informatics, Vocational College, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/jise.v4i1.5192

Abstract

Peningkatan penggunaan perangkat Internet of Things (IoT) rumahan dibarengi dengan berkembangnya berbagai kerentanan keamanan pada jaringan rumah. Keterbatasan sumber daya yang dimiliki perangkat IoT menjadikannya target ideal untuk diluncurkan serangan Denial of Service (DoS), termasuk SYN flood. Serangan ini cenderung menargetkan sumber daya IoT yang krusial, termasuk CPU. Apabila dilakukan secara terus menerus, serangan ini mampu menguras sumber daya IoT dan membuatnya kehilangan fungsionalitasnya. Penerapan iptables pada Raspberry Pi mampu meminimalkan dampak serangan SYN flood. Iptables memiliki berbagai chains dan tables dengan kemampuan dan fungsi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan iptables chains terhadap penggunaan CPU Raspberry Pi. Penggunaan CPU yang semakin rendah memperkecil kemungkinan terjadinya DoS. Hasil penelitian ini kemudian akan dibandingkan dengan penggunaan CPU ketika aturan iptables pada penelitian terdahulu diterapkan. Hasilnya, kedua aturan mengonsumsi CPU dalam persentase yang hampir sama.
Perancangan Federated Learning Berbasis Homomorphic Encryption untuk Perangkat Internet of Things Yuris Mulya Saputra; Ganjar Alfian; Muhammad Qois Huzyan Octava
Journal of Internet and Software Engineering Vol 4 No 1 (2023): Journal of Internet and Software Engineering
Publisher : Department of Electrical Engineering and Informatics, Vocational College, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/jise.v4i1.6378

Abstract

Semakin berkembangnya pasar big data yang digunakan oleh pengguna khususnya Internet of Things (IoT) berbasis kecerdasan buatan telah menarik banyak pihak baik dari industri maupun akademisi. Melalui penggunaan data lokal dari berbagai perangkat IoT, pemberi layanan aplikasi dapat menghasilkan informasi berguna melalui pendekatan machine learning (ML) seperti centralized learning dengan menggunakan cloud server dan local learning pada perangkat IoT langsung. Namun, dengan adanya risiko bocornya privasi pengguna ketika mengirim data lokal ke cloud server dan sumber daya komputasi yang terbatas pada IoT, penggunaan federated learning (FL) dapat menjadi solusi efisien. Pendekatan FL merupakan sebuah pendekatan ML kolaboratif di mana setiap perangkat IoT dapat melakukan proses training secara independen dan kemudian hanya mengirimkan model local kepada cloud server tanpa melakukan data sharing. Secara khusus, penggunaan FL untuk layanan aplikasi pada perangkat IoT tidak hanya memperbaiki kinerja untuk proses training, namun juga dapat melindungi privasi data bagi penggunanya. Penelitian ini berfokus pada perancangan sistem FL dengan privacy-awareness yang dapat digunakan oleh para pengguna perangkat IoT. Dalam hal ini, teknik enkripsi yang berbasis homomorphic encryption untuk mengenkripsi data dari perangkat IoT ketika proses training dari FL dapat diimplementasikan sebagai bentuk perlindungan privasi pengguna IoT dari malicious attackers. Dari penelitian ini, dapat dianalisis perbandingan tingkat akurasi model dari berbagai pendekatan baik tanpa dan dengan teknik enkripsi tersebut.
Pengembangan Purwarupa Laboratorium Virtual Berbasis VMWare dengan Terraform Michael Putra Kusuma; Nur Rohman Rosyid
Journal of Internet and Software Engineering Vol 4 No 1 (2023): Journal of Internet and Software Engineering
Publisher : Department of Electrical Engineering and Informatics, Vocational College, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/jise.v4i1.6510

Abstract

Pada tahun-tahun terakhir, Laboratorium Virtual telah semakin marak digunakan oleh organisasi di seluruh dunia sebagai media pembelajaran dan tempat melatih skill di bidang teknologi informasi dengan menyediakan virtual machine lab yang dapat dibuat dan diberhentikan menggunakan tombol yang terdapat di website pembelajaran. Dengan adanya purwarupa Laboratorium Virtual yang menerapkan Infrasructure as Code, maka hal tersebut akan memudahkan Administrator infrastruktur dalam mengelola infrastruktur virtual. Diperlukannya sebuah antarmuka berbasis website yang dapat melakukan pembuatan virtual machine lab, melihat status virtual machine lab yang dibuat serta menghapus virtual machine lab yang telah dibuat jika sudah tidak ingin menggunakan virtual machine lab tersebut. Pengembangan purwarupa website Laboratorium Virtual ini mengunakan PHP sebagai server side scripting untuk menjalankan script dari tiap fiturnya. Infratruktur as Code pada purwarupa ini berfungsi sebagai otomatisasi pengelolaan dan penyediaan virtual machine lab pada VMWare ESXi menggunakan Terraform. Sebelum dapat mengakses website tersebut, user yang terdaftar di database diharuskan untuk login terlebih dahulu sehingga dapat diarahkan ke folder yang telah disediakan untuk masing-masing user. Harapan dengan adanya aplikasi website ini adalah dapat memudahkan Administrator infrastruktur laboratorium dalam melakukan manajemen virtual machine lab, sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan konfigurasi tiap virtual machine secara manual bagi tiap user.
Content Retrieval dengan Fasttext Word Embedding pada Learning Management System Olimpiade Rochana Prih Hastuti; Vellya Riona; Margareta Hardiyanti
Journal of Internet and Software Engineering Vol 4 No 1 (2023): Journal of Internet and Software Engineering
Publisher : Department of Electrical Engineering and Informatics, Vocational College, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/jise.v4i1.6766

Abstract

Learning Management System (LMS) merupakan jenis media pembelajaran daring yang digunakan siswa di berbagai tingkat. Penggunaannya pada keperluan kompetisi, secara khusus olimpiade, memiliki karakteristik tersendiri dibanding LMS untuk keperluan pembelajaran sehari-hari. Salah satunya adalah kemampuan sistem mengelola bank soal dan menyajikan kategori yang relevan kepada user. User pada LMS Olimpiade tersegmentasi sesuai bidang ilmu yang ingin ditekuni. Meski begitu, tiap bidang memiliki topik pembelajaran yang beragam jenisnya dan bahkan cenderung berkembang seiring waktu. Manajemen bank soal dengan anotasi topik di awal memerlukan tenaga ahli dan memakan waktu. Sedangkan fitur pencarian tanpa menggunakan informasi metadata tersebut tentu juga sulit dilakukan. Fitur pencarian semantik menjadi penting pada sistem seperti ini. Dibutuhkan skema pencarian berdasarkan konten yang mampu mengembalikan soal-soal yang relevan dengan topik di masing-masing bidang. Fitur pencarian dibangun menggunakan skema information retrieval yakni vector space model. Hasil eksperimen dan evaluasi responden menunjukkan representasi word embedding dengan performa pencarian terbaik adalah FastText word embedding. Efisiensi ukuran model dilakukan dengan menggunakan compressed version. Representasi ini selain dapat mengakomodasi hasil pencarian sesuai konteks kueri juga dapat mengatasi permasalahan out-of-vocabulary.

Page 1 of 1 | Total Record : 5