cover
Contact Name
Dodi Pramana
Contact Email
dodipramana@unimed.ac.id
Phone
+6281376717002
Journal Mail Official
judika_adp@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
ISSN : 23017813     EISSN : 28305590     DOI : https://doi.org/10.24114/judika.v11i2
Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran modern. JUDIKA menerima artikel di bidang (tidak terbatas pada) administrasi umum, pendidikan, manajemen, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan lain-lain .
Articles 72 Documents
EFFECT OF JOB INVOLVEMENT AND SUPPORT ORGANIZATION SUPPORT TO EMPLOYEE PERFORMANCE WITH WORK SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES IN THE DIVISION OF HR AND FINANCE PT. PORTS TANJUNG PRIOK, JAKARTA Lukiyana, Qhoirunnisa Sajdah
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.976 KB) | DOI: 10.24114/judika.v8i1.14543

Abstract

This study aims to determine to determine the effect of work involvement on employee performance through job satisfaction and to determine the effect of organizational support perceived employee to the performance of employees through job satisfaction in the Division of Human Resources and Finance PT. Port of Tanjung Priok, Jakarta. This research uses quantitative approach with data collection technique using questionnaire method. The population used in this research is all employees in the Division of Human Resources and Finance PT. Port of Tanjung Priok, Jakarta, amounting to 43 employees, while the sampling method using non-probability sampling technique. The free variable in this research is job involvement and organizational support, intervening variable in this research job satisfaction. While the dependent variable is employee performance. Data analysis technique used in this research using SEM model with partial least square approach (PLS) 3.0. From result of research of work involvement have an effect on signifikan to employee performance. This proves that the first hypothesis (H1) is accepted. Job involvement has a significant effect on job satisfaction. This proves that the second hypothesis (H2) is accepted. Organizational support has a significant effect on employee performance. This proves that the third hypothesis (H3) is accepted. Organizational support has a significant effect on job satisfaction. This proves that the fourth hypothesis (H4) is accepted. Job satisfaction has a significant effect on employee performance. This proves that the fifth hypothesis (H5) is accepted. Job involvement has a significant effect on employee performance through job satisfaction. This proves that the sixth hypothesis (H6) is accepted. Organizational support affects employee performance through job satisfaction. This proves that the seventh hypothesis (H7) is accepted.
PENGARUH PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK BM PANCA BUDI T.A 2019/2020 Evi Novita Hutahayan
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.738 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i2.36455

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Panca Budi Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, km. 4,5. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK BM Panca Budi Medan yang berjumlah sebanyak 43 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen tes penelitian terdiri dari soal pre test dan post test serta angket karakter siswa. Sebelum soal pre test dan post test serta angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu  diuji coba di kelas sebelumnya untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh dianalisis untuk mencari nilai rata-rata, varian dan standar deviasi. Tidak hanya itu data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan  uji hipotesis secara parsial (uji-t).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata karakter siswa sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu 63,51 dan 79,70 dengan standar deviasi 10,711 dan 3,509. Sementara itu untuk hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) memiliki rata-rata sebesar 70,28 dan 83,65 dengan standar deviasi 17,582 dan 10,170. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data karakter siswa dan data hasil belajar siswa berdistribusi normal (sig > 0,05) dan homogen (sig > 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa:1) Hasil pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap karakter diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,390 > 1,68 dengan taraf sig. 0,00; 2) Hasil pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,859 > 1,68 dengan taraf sig. 0,001.   Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang positif dan signifikan antara pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap karakter siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawain kelas XI SMK BM Panca Budi Medan T.A 2019/2020
MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUESTION STUDENT HAVE DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA DI SMK N 1 MEDAN T.P 2016/2017 AR Sitanggang, Hasyim
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.307 KB) | DOI: 10.24114/judika.v8i2.14541

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Question Student Have dengan jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Medan yang terdiridari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random Sampling dengan mengambil sampel secara acak yaitu kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan X AP4 sebagai kelaseksperimen 2. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran question student have kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran jigsaw. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen  1 rata-rata pre-test sebesar 43,02 dan nilai rata-rata post-test adalah 78,42 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 44,34 dan nilai rata-rata post-test adalah 75,39. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 61,96% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 45,14%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw  lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran question student have
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN PENAMBAHAN MUSIK MOZART TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X AP DI SMK MEDAN T.P 2018/2019 Ayu Merani
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9, No 4 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.319 KB) | DOI: 10.24114/judika.v9i4.36438

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; Mengetahui peningkatan hasil belajar korespondensi siswa kelas X AP di SMK Medan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan penambahan musik mozart; Mengetahui peningkatan hasil belajar korespondensi siswa kelas X AP di SMK Medan dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan penambahan musik mozart; Mengetahui perbedaan antara model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan penambahan musik mozart terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas X AP di SMK Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan hasil belajar korepondensi yang masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (eksperimen) dengan pretest posttest equivalent group design (desain kelompok pretest posttest). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa setiap kelasnya. Teknik pengumpulan data dalam  penelitian  ini menggunakan tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan  menghitung tingkat kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas yang dihitung dengan menggunakan rumus KR-20. Untuk uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji KolmogrovSmirnov dan untuk uji homogenitas menggunakan uji Levene. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t sample K-S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran jigsaw dan Number Head Together (NHT) dengan penambahan musik mozart pada masing-masing perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t sample K-S pada nilai posttest siswa bahwa thitung yaitu 2,760 lebih besar dari pada ttabel yaitu 1,658 dan penggunaan model pembelajaran Number Head Together dengan penambahan musik mozart lebih baik dari pada model pembelajaran jigsaw dengan penambahan musik mozart.
HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK BM APIPSU MEDAN T.P 2017/2018 Desi Mahdalena N
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.073 KB) | DOI: 10.24114/judika.v9i3.36433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan Disiplin Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar siswa pada bidang studi Kearsipan Kelas XI AP SMK BM APIPSU Medan Tahun Ajaran 2017/2018.            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expost - Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XI AP SMK BM APIPSU Medan yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling, artinya seluruh siswa/i XI AP menjadi sampel dengan jumlah sampel 65 orang             Untuk mengumpulkan data penelitian Disiplin Belajar dan Minat Belajar digunakan Intrumen angket dengan jumlah 20 butir sedangkan untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa pada bidang studi Kearsipan diperoleh dari DKN yang diberikan oleh pihak sekolah SMK BM APIPSU Medan Tahun Ajaran 2017/2018.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar dimana 0,865 >0,24 dengan N=65 pada taraf signifikansi 95 % dengan  5%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar dimana 0,797 >0,24 dengan N=65 pada taraf signifikansi 95 % dengan 5%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar dimana 4,01 >1,81 dengan N=65 pada taraf signifikansi 95 % dengan 5%. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Disiplin Belajar dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar siswa kelas XI AP BM APIPSU Medan Tahun Ajaran 2017/2018 dapat diterima.
HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Nova Sari
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1007.341 KB) | DOI: 10.24114/judika.v11i1.36475

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 dengan jumlah populasi 105 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 51 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel kompetensi pedagogik diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (3,148 > 1,675) pada taraf signifikansi 5%, hipotesis diterima  yang menjelaskan bahwa X1 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 2) secara parsial untuk variabel penggunaan media pembelajaran diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2,501 > 1,675) dengan signifikan 0,016 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (16.191> 3,190) dengan signifikan 0,00 < 0,05 hai ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran (X1) dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020, dengan diperolehnya nilai R­2 sebesar 40% yang berarti bahwa variabel bebas yaitu kreativitas guru dalam proses pembelajaran (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan prestasi belajar sebesar 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar kelas XI OTKP di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020 dapat diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Kristina Silvia Barus; Nelly Armayanti
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.451 KB) | DOI: 10.24114/judika.v8i4.17376

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI ADM berjumlah 189 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI ADM-4 (Eksperimen) yang berjumlah 36 orang dan XI ADM-1 (Kontrol) yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean kelas eksperimen 80,13 dengan standar deviasi 7,60 dan nilai mean kelas kontrol 75,26 dengan standar deviasi 8,77. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus ANOVA. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 2,45 dan ttabel = 1,65. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,45 > 1,65 artinya Ha diterima dan H0 di tolak. Pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar di kelas eksperimen thitung >ttabel yaitu 14,91 > 1,65 dan pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar di kelas kontrol yaitu 12,82 > 1,65.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Role Playing dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA T.P 2017/2018 Ida Yani
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.287 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i3.36466

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa kelas X SMK Swasta Istiqlal Delitua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Dan Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2017/2018”.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Istiqlal Delitua, yang beralamat di jln. Stasiun No. 1 A Desa Suka Makmur Delitua Kecamatan Delitua, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Otomatisasi Komputer dan Perkantoran (OTKP) yang terdiri dari 2 kelas jumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai kelas eksperimen 1 kelas X OTKP1 dan ekperimen 2 kelas X OTKP2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu sebanyak 20 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas X OTKP 136,11 dengan Standar Deviasi 14,447 dan  nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction = 78,19 dengan standar deviasi 11,841. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas X OTKP 241,66 dengan Standar Deviasi 13,255 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan model Example non Example = 68,58 dengan standar deviasi 13,275.  Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal  (Lhitung< Ltabel) dan  homogen Fhitung < Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,263 > 1,668), yang berarti hipotesis diterima pada taraf  signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 70.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dibandingkan Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Example non Example Pada mata pelajaran Kearsipan di kelas X OTKP SMK Swasta Istiqlal Delitua T.P 2017/2018.
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN BELAJAR, DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.A 2018/2019 Hasyim, Reza Fauzan
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (871.43 KB) | DOI: 10.24114/judika.v8i3.14613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.2) pengaruh antara disiplin belajar terhadap kreativitas belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019.3) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 4) pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 5) pengaruh antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. 6) pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Jurusan AP SMK Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Prayatna 1 Medan dengan populasi sebanyak 104 siswa dan sampel sebanyak 51 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi, disiplin belajar, kreativitas belajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar kewirausahaan siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai kewirausahaan siswa kelas XI A.P SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.A 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 7,982 + 0,307 X1 + 0,371 X2 + 0,239X3 + e. Hasil uji-t untuk variabel Motivasi Berprestasi (X1) memiliki pengaruh yang signifkan secara parsial terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung>ttable (3,590 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Sedangkan disiplin belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai thitung>ttable (5,929 > 1,677) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Sedangkan KreativitasBelajar (X3) thitung>ttable (3,485 > 1,677) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Secara bersama-sama motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan dengan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh motivasi berprestasi, disiplin belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa sebesar 86,2%.
PENGARUH FASILITAS SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK NEGERI 6 MEDAN Elfrida Lumban Gaol
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.047 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i1.36450

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya prestasi belajar siwa pada mata pelajaran Korespondensi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang, yang diambil dengan Teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel kompetensi kepribadian guru (X1) diperoleh thitung > ttabel (3,999 > 1,674) dan angka sig 0,000 < 0,05 berarti kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel gaya belajar siswa (X2) nilai thitung > ttabel (6,539 > 1,674) dan angka sig 0,000 < 0,05 berarti gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (58,187 > 3,18) pada taraf signifikansi 95%  yaitu 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru (X1) dan gaya belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hasil analisis linear berganda diperoleh Y = 39,028 + 0,228X1 + 0,308X2 menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.