cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
asraraspia@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik
ISSN : 28086503     EISSN : 28086503     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. JIMSIPOL adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya terkait Ilmu Komunikasi dan Politik. Jurnal ini akan terbit setiap 2 kali dalam sebulan, dimulai dari bulan Januari tahun 2023. JIMSIPOL telah memiliki ISSN Online (2808-6503) dan diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
Upaya Komunikasi dan Pemasaran Ucok Durian dalam Menarik Minat Konsumen di Medan Said Adlin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.303 KB)

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran merupakan hal yang amat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan, strategi adalah tata cara atau perencanaan yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam mencapai suatu tujuan tertentu sedangkan komunikasi pemasaran adalah cara seseorang atau suatu organisasi dalam memperkenalkan suatu ide atau produk kepada khalayak ramai. Strategi komunikasi pemasaran merupakan kombinasi yang cocok dalam memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat agar mereka tertarik dan berminat terhadap produk tersebut. Perusahaan tidak hanya bisa menciptakan produk yang bagus saja tetapi mereka juga harus pandai dalam memasarkan produk tersebut agar mendapatkan konsumen yang lebih maksimal. Pada penelitian ini peneliti memilih lokasi Ucok durian kota Medan sebagai tempat penelitian, bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Ucok Durian sehingga tempat itu tak pernah sepi pengunjung sepanjang tahun. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan terhitung dari bulan Juli 2018 hingga September 2018 .Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan narasumber dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang narasumber mereka merupakan 1 (satu) orang pemilik, satu (1) orang karyawan, dan 4 orang konsumen. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dalam wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan tergolong dalam kategori baik, komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui penjualan secara langsung dan melalui pemberitaan sehingga konsumen percaya terhadap kualitas dari produk yang ditawarkan dan membuat mereka tertarik untuk mencoba.
Persepsi Pengunjung Terhadap Daya Tarik Objek Wisata di Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil Abdil Sersana Diva
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.28 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap daya tarik objek wisata di Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori persepsi. Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini sebanyak 5 orang, yaitu 5 orang pengunjung yang sedang berwisata di objek wisata Pulau Banyak Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Salah satu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Aceh Singkil adalah wisata Pulau Banyak yang terletak di Kecamatan Pulau Banyak. Pulau Banyak adalah gugusan Pulau-pulau kecil dengan luas wilayah keseluruhan yakni 27, 196 Ha. Pulau Banyak yang terdiri dari gugusan pulau-pulau berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera. Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang panjang dan indah. Persepsi pengunjung terhadap daya tarik objek wisata di Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Adanya kegiatan pariwisata ini, sudah tentu memberikan keuntungan bagi masyarakat dan pemerintah. Menurut hasil peneliti bahwa para pengunjung menikmati faktor internal dan eksternal seperti lingkungan yang masih asri dan informasi mengenai objek wisata. Para pengunjung juga menikmati kenyamanan amenitas, atraksi pantai yang ditampilkan, aksesibilitas, dan juga jasa pendukung wisata seperti tempat penginapan.
Peran Public Relations Officer dalam Menyebarluaskan Informasi Program Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Sihol Tumangger
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.525 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Fungsi public relations officer (PRO) dalam menyebarluaskan program Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Fungsi public relations merupakan kegiatan persuasive satu arah terus bertahan. yang melakukan program-program kerja pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana public relations difungsikan di Kabupaten Pakpak Bharat. Dalam menginformasikan program pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Humas pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat harus berperan aktif dan memiliki jiwa mencitrakan suatu lembaga dan kinerja pemerintah tersebut. Bentuknya suatu menginformasikan adalah mempublish dan mempersuasif masyarakat, baik secara media maupun praktis. Dalam hal ini, peneliti hanya menspesifikasikan masalah fungsi Officer (PRO) Humas dalam menyebarluaskan informasi program pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sehingga peneliti tidak mengambang dalam menyampaikan pesan. Persoalan yang paling mendasar dalam bidang program-program pemerintah tentunya Humas memiliki peranan memberikan informasi atau pesan pesan sesuai dengan tujuan dan kebijaksanaan instansi/lembaga kepada masyarakat sebagai khalayak sasaran, sedangkan dalam kewajiban menyerap reaksi, aspirasi atau opini khalayak tersebut diserasikan demi kepentingan instansinya atau tujuan bersama. Public relations diartikan sebagai hubungan masyarakat yang artinya praktis mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas juga disebut dengan public relations yang dikatakan sebuah usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat. dan etis. Perkembangan profesionalisme.Public Relations yang berkaitan dengan pengembangan PR, baik secara sebagai praktis maupun profesional dalam suatu organisasi atau perusahaan merupakan salah satu kunci untuk memahami fungsi public relations dan komunikasi organisasi. Selain itu, hal tersebut juga merupakan kunci untuk pengembangan praktis PRO (Pejabat Humas) dan pencapaian profesionalisme dalam public relations. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan wawancara kepada pihak Humas Pemkab Pakpak Bharat.
Struktur Komunikasi Persuasif Ketua Divisi Teater Taman Budaya dalam Menarik Minat Menonton Teater Pada Masyarakat Siti Hawa
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.306 KB)

Abstract

Dalam ilmu komunikasi kita mengenal adanya komunikasi persuasif. Kegiatan persuasif memiliki tujuan untuk memberikan dorongan kepada komunikan agar dapat mengubah tingkah laku, perbuatan, dan sikap atas kehendak sendiri dan bukan karena adanya keterpaksaan. Dalam skripsi ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi persuasif ketua divisi teater Taman Budaya dalam menarik minat masyarakat untuk datang ke Taman Budaya khususnya untuk menyaksikan pertunjukan teater. Teori-teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori komunikasi, proses komunikasi, teori komunikasi persuasif, tujuan komunikasi persuasif. Pada skripsi ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara tatap muka dengan para narasumber, observasi atau pengamatan di lapangan, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Lokasi penelitian yang dilakukan oleh peneliti berada di Taman Budaya Sumatera Utara yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan No. 33, Gaharu, Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara 20232.Yang menjadi narasumber dari peneliti yaitu ada 4 (empat) orang yang terdiri dari kepala seksi pagelaran seni budaya dan penonton teater di Taman Budaya khususnya mahasiswa dengan mengajukan 10 dan 8 pertanyaan untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa pola komunikasi ketua divisi teater taman budaya dalam menarik minat menonton teater pada masyarakat sudah sangat baik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menyampaikan pesan atau informasi. Hal ini dapat dilihat dari feedback atau umpan balik yang dapat dilihat dari tingginya apresiasi masyarakat untuk datang ke Taman Budaya khususnya untuk menyaksikan pertunjukkan teater.
Efektivitas Pengawasan Atasan Langsung Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Perhubungan Kota Medan Khoirunnisa Khoirunnisa
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.393 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan atasan langsung terhadap efektivitas kerja pegawai di Dinas Perhubungan Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis kuantitatif yaitu mencari hubungan antardua variabel. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengawasan atasan langsung di Dinas Perhubungan Kota Medan termasuk dalam kategori sedang karena sebanyak 54,05%.Sementara efektivitas kerja pegawai di Dinas Perhubungan Kota Medan juga termasuk kedalam kategori sedang sebanyak 76,67%. Melalui Korelasi Product Moment hasil perhitungan, tidak ada pengaruh pengawasan atasan langsung terhadap efektivitas kerja pegawai di Dinas Perhubungan Kota Medan. Melalui uji signifikan dalam daftar tabel distribusi tidak signifikan pengawasan atasan langsung terhadap efektivitas kerja pegawai Dinas Perhubungan Kota Medan dengan hasil signifikan 1,592. Melalui uji determinan dari hasil perhitungan diketahui bahwa uji determinasinya adalah 6,76%. Hal ini menunjukkan bahwa koordinasi hubungan variabel (x) sekitar 6,76% dari efektivitas kerja pegawai, sedangkan sisanya 93,24% disebabkan oleh faktor-faktor lain.Berdasarkan Uji Regresi Linear hasil perhitungan diperoleh hasil regresi linear nilai variabel bebas (x) , tingkat maksimum (36) adalah 31,7 nilai minimum (24) adalah 29,18. Hal ini berarti mengalami kenaikan 2,52.
Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 dalam Rangka Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah di Padang Lawas Utara Puspa Irajayanti Siregar
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.234 KB)

Abstract

Bertambahnya penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume, jenis, dan karakteristik sampah yang semakin beragam. Dengan pertumbuhan sampah yang semakin meningkat. Ada beberapa Dampak yang ditimbulkan sampah seperti menurunkan estetika lingkungan, pencemaran tanah, pencemaran air, terganggunya kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Volume peningkatan sampah biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti meningkatnya intensitas kegiatan sehari-hari kemajuan teknologi terutama dalam sistem pengemasan produk dan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung memilih serba cepat dan praktis. Sampah merupakan suatu masalah besar  yang perlu mendapat penanganan yang lebih karena dampak yang ditimbulkan sangat besar sehingga pengelolaannya sangat perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan  Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Padang Lawas Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,  observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah. Implementasi yang dimaksud merupakan kegiatan yang diarahkan untuk merealisasikan program yang dibuat oleh lembaga pemerintah untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam keputusan kebijakan tersebut, penyelenggaraan pengelolaan sampah yang dimaksud adalah penyediaan/pembuatan TPS/TPA, sarana dan prasarana TPA/TPS, pengangkutan sampah dari TPS ke TPA, pengelolaan sampah yang meliputi pengurangan dan penanganan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Undang-Undang Nomor Nomor 81 Tahun 2012 Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah di Padang Lawas Utara sudah terlaksana hal ini terlihat dari terlaksananya program – program yang masih sedang berjalan. Meskipun dalam pelaksanaannya belum efisien. Hal ini disebabkan susahnya mencari lahan untuk TPS/TPA dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam pemahaman peduli lingkungan.
Penerapan Program Media Relations oleh Bagian Humas dalam Meningkatkan Reputasi Pemerintah Kota Medan Santy Handayani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.356 KB)

Abstract

Media berfungsi sebagai sarana penyebarluasan informasi tentang perusahaan kepada khalayak. Menjalin dan menjaga hubungan baik dengan dengan media merupakan salah satu cara efektif untuk membangun, menjaga, dan meningkatkan reputasi perusahaan dimata stakeholders. Humas Pemerintah mempunyai peranan penting bagi publik. Karena dengan adanya Humas publik dapat mengakses informasi yang dapat menjembatani informasi antara pemerintah, media, dan stakeholder. Sehingga Humas memposisikan sebagai gerbang informasi bagi masyarakat dan media. Media relations merupakan hubungan baik yang terjalin antara media dan humas pada suatu perusahaan atau organisasi. Media relations merupakan suatu keharusan karena media relations sangat penting dilakukan untuk menunjang keberhasilan seorang humas dalam meningkatkan reputasi suatu perusahaan atau organisasi. Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Program Media Relations oleh Bagian Humas Dalam Meningkatkan Reputasi Pemerintah Kota Medan”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan media relations oleh humas pemerintah kota Medan dalam meningkatkan reputasi pemerintah kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan tahapan penyeleksi data, reduksi data, penyajian dan klasifikasi data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pelaksanaan program media relations yang dilakukan humas untuk meningkatkan reputasi kota Medan berupa konferensi pers, resepsi pers, kunjungan pers, press calls, media briefing, media evens, press release, dan website. Pelaksanaan program media relations menurut humas sudah cukup berhasil dalam meningkatkan reputasi pemko Medan, karena apa yang humas sampaikan kepada masyarakat bisa tersampaikan dengan baik. Masyarakat sudah mulai tumbuh kesadarannya untuk menjaga untuk ikut menjaga dan merawat hasil pembangunan yang pemko Medan lakukan.
Efektivitas Pelayanan Samsat Online Nasional dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Prima di Kantor Samsat Medan Selatan Siti Nurjannah Marpaung
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.862 KB)

Abstract

Samsat Online Nasional adalah layanan jaringan elektronik untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online pajak kendaraan bermotor. Layanan Samsat Online Nasional ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Samsat Online Nasional merupakan inovasi internal yang dilakukan oleh pihak Kantor Samsat sebagai wujud pelayanan prima kepada masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pelayanan prima adalah pelayanan yang diberikan secara baik atau sebaik mungkin kepada para pelanggan, sehingga pelanggan menjadi merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan samsat online nasional dalam rangka mewujudkan pelayanan prima di kantor samsat Medan Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan samsat online nasional dalam rangka mewujudkan pelayanan prima di kantor samsat belum berjalan efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan berdasarkan kategorisasi seperti transparansi dalam Samsat Online Nasional sudah bersifat transparan namun belum banyak masyarakat yang mengetahui mengenai Samsat Online Nasional hal ini dikarenakan pihak samsat tidak melakukan sosialisasi kepada masyarakat, UPT Samsat Medan Selatan tidak memiliki strategi khusus dalam membangkitkan partisipasi sehingga partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran pelayanan samsat online nasional masih sangat kecil, para pegawai samsat Medan Selatan sudah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan SOP, dalam menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat pegawai samsat membantu dan mengarahkan wajib pajak dan tidak ada perbedaan dalam memberikan pelayanan antara masyarakat satu dengan yang lain.
Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan dalam Rangka Mewujudkan Penertiban Pembangunan di Kota Medan Sella Amelia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.717 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Dalam Rangka Mewujudkan Penertiban Pembangunan Di Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengolahan data kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomenal di lapangan dan menjabarkan temuan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dari enam key informan diketahui bahwa Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Dalam Rangka Mewujudkan Penertiban Pembangunan di Kota Medan sudah efektif namun belum berjalan dengan baik yang didasarkan pada kategorisasi seperti adanya transparansi dalam pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kota Medan sudah tercapai dan terlaksana dengan baik, dalam artian semua prosedur dan persyaratan mudah dipahami oleh masyarakat dan semua biaya dijelaskan secara detail. Partisipasi  dalam memberikan pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) sudah terlaksana dengan baik meskipun jumlah masyarakat yang mengurus mengalami fase naik turun karena kondisi covid-19. Kemudian responsiveness pegawai dalam melakukan kegiatan pelayanan izin mendirikan bangunan sudah cukup baik dilihat dari keramahan dan keikhlasan pegawai dalam memberi pelayanan, siap menanggapi keluhan masyarakat. Selanjutnya untuk assurance pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melakukan tugasnya sesuai dengan tugas fungsi dan pokok (TUPOKSI) masing-masing dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan. Adapun hambatan dalam melakukan pelayanan disebabkan oleh pelayanan izin mendirikan bangunan ini masih dilakukan secara manual, banyak berkas yang harus dilengkapi dan melibatkan dua dinas terkait sehingga berdampak pada waktu pengurusan yang cukup lama.
Koordinasi Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pematang Kerasaan Rejo Retno Ayu Tia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.612 KB)

Abstract

Sebagai seorang pemimpin, kepala desa diberikan tugas untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di desanya, proses pemberdayaan dapat dilakukan dengan banyak hal dan sumber pendanaannya telah diatur dalam perundang-undangan. Penelitian ini didasarkan kepada tugas dan fungsi kepemimpinan Kepala Desa Pematang Kerasaan Rejo dalam melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Pematang Kerasaan Rejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Koordinasi Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pematang Kerasaan Rejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dari hasil wawancara dengan narasumber untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat, melalui wawancara terbuka dengan pihak Kantor Desa sebanyak 4 (Empat) orang. Adapun Kategorisasi dalam penelitian ini a) Adanya.sumber daya manusia yang memadai b) Adanya manajemen pekerjaan c) Adanya penyediaan jumlah dana dan waktu dalam mencapai tujuan d) Adanya penempatan lokasi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dalam pemberdayaan masyarakat sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat kendala-kendala mengingat adanya perkumpulan warga yang memiliki pendapat dan pemikiran atas hidup mereka sehingga partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan ini kurang maksimal sehingga ada beberapa proses-proses pelaksanaan kerja yang belum optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10