cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
asraraspia@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik
ISSN : 28086503     EISSN : 28086503     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. JIMSIPOL adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya terkait Ilmu Komunikasi dan Politik. Jurnal ini akan terbit setiap 2 kali dalam sebulan, dimulai dari bulan Januari tahun 2023. JIMSIPOL telah memiliki ISSN Online (2808-6503) dan diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2023)" : 10 Documents clear
Strategi Marketing Komunikasi Bank Syariah Mandiri Bagian Gadai Emas dalam Memberi Solusi Keuangan Kepada Masyarakat Tiara Dwita
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi marketing komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis karena memiliki posisi sebagai perantara antara produsen dan konsumen dan juga dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Peranan perbankan Syariah dalam perekonomian relatif masih sangat kecil, bila dibandingkan dengan perbankan Syariah. Ada beberapa kendala dalam target pemasaran. Berangkat dari beberapa permasalahan tersebut, maka diperlukan strategi usaha yang fokus dengan suatu core completence tertentu sebagai daya saing serta memperkuat basis sistem operasional untuk memperluas sistem distribusi penyaluran kredit. Berbagai upaya yang dilakukan perbankan dalam meningkatkan kualitas produknya. Bank Syariah Mandiri pada bulan November 2010 mengeluarkan produk Gadai Emas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kinerja Bank itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data. Strategi marketing komunikasi merupakan langkah awal agar produk atau program yang dimiliki perusahaan dapat dikenal masyarakat. Dalam merancang strategi pemasaran, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para manajer, seperti faktor pendukung dan penghambat perusahaan, baik faktor internal maupun eksternal. Hal ini dilakukan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan guna menarik minat calon konsumen. Dalam memasarkan produk Gadai Emas, Bank Syariah Mandiri merancang kegiatan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari penjualan perorangan (personal selling) yaitu dengan cara presentasi langsung dengan calon nasabah melalui tatap muka, promosi penjualan (sales promotion) yaitu dengan cara melakukan pameran atau demonstrasi di lingkungan masyarakat, periklanan (advertising) yaitu melalui media spanduk dan brosur.
Pemanfaatan Sistem Daring dalam Efektivitas Pelayanan Akta Kelahiran Online di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan Manisha Aprilia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Akta Kelahiran Online merupakan sebuah program pelayanan administrasi berbasis teknologi informasi yang dapat di akses melalui aplikasi Si-Bisa yang bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan administrasi yang lambat sehingga hal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. Oleh sebab itu, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan membuat suatu pelayanan yang modern berbasis aplikasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pemanfaatan Sistem Daring dalam Efektivitas Pelayanan Akta Kelahiran Online dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Sistem Daring dalam Efektivitas Pelayanan Akta Kelahiran Online dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, dan pengumpulan data melalui wawanacara terbuka. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan penelulis menunjukkan bahwa pelayanan akta kelahuran online belum berjalan dengan efektif, karena ditemukan kendala-kendala yang terjadi terkait pelayanan akta kelahiran online tersebut. Banyak masyarakat yang tidak memahami dalam proses pelayanan dengan menggunakan sistem pelayanan berbasis aplikasi dan kendala dijaringan server aplikas Si-Bisa kita yang sering mengalami gangguan hal ini menyebabkan proses pelayanan online tersebut menjadi tidak efektif dan efeisen.
Strategi Komunikasi Pemasaran PT Dayamega Pratama di Masa Pandemi Covid-19 Riki Yakub
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Startegi komunikasi yang digunakan PT Dayamega Pratama untuk memasarkan produk disituasi covid dan dialarang melakukan kegitatan diluar rumah. Tujuan dari penelitian ini ialah agar seluruh karyawan dapat mengerti komunikasi pemasaran dan lebih meningkatkan kinerja di PT.Dayamega Pratama. Jenis penelitian ini menggunakan Kualitatif hasil penelitian menunjukan bahwa penjualan meningkat dan bagus walaupun dengan protokol Kesehatan yang ketat. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dengan narasumber yang terdiri atas 1 orang pimpinan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan berlangsung dengan baik dimana dalam komunikasi tersebut pimpinan senantiasa memberikan motivasi, dan penuh perhatian atas masukan dan saran yang disampaikan oleh karyawan sehingga karyawan merasa nyaman dan senantiasa bersemangat dalam melaksanakan pekerjaannya.
Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 10 Tahun 2012 dalam Rangka Pelaksanaan Kerja Sama Pengelolaan Kebersihan di Kecamatan Medan Tembung Irhandi Yudi Gultom
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kerja sama pengelolaan kebersihan adalah Peraturan Daerah yang dibentuk untuk menciptakan lingkungan bersih melalui kerja sama dengan masyarakat dan melakukan komitmen bersama dalam mewujudkan sebuah lingkungan yang bersih, aman dan asri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 10 Tahun 2012 dalam Rangka Pelaksanaan Kerja Sama Pengelolaan Kebersihan di Kecamatan Medan Tembung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif. Maka didapatlah hasil penelitian yaitu adanya proses pelaksanaan kerja sama yang dilakukan pihak dinas kebersihan dengan masyarakat di Kecamatan Medan Tembung. Adanya prosedur yang diikuti dalam pelaksanaan kerja sama pengelolaan kebersihan, masyarakat saling membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kepastian hukum yang dijalankan pada proses pelaksanaan kerja sama ini. Dalam penelitian penulis dibantu 2 narasumber yaitu Bapak Razif Gunawan, S.STP.MAP selaku kepala seksi sarana dan prasarana dan Bapak Benny Siregar S.Sos selaku Koordinator Bidang Kebersihan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa proses Pelaksanaan Kerja Sama Pengelolaan Kebersihan di Kecamatan Medan Tembung sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2012 menggunakan metode 3R yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Memanfaatkan Kembali) dan Recycle (Mendaur Ulang). Proses ini sangat membantu Pemerintah dalam mengatasi permasalahan kebersihan khususnya di Kecamatan Medan Tembung. Hanya saja ada beberapa permasalahan yang belum dapat diselesaikan di Dinas Kebersihan tersebut, yang mana peneliti melihat sendiri masih kurangnya kesadaran masyarakat akan menjaga program ini.
Implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2018 dalam Rangka Pengelolaan Penerangan Jalan Umum di Kabupaten Langkat Febriansyah Febriansyah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerangan jalan umum (PJU) merupakan salah satu pelayanan Pemerintah Daerah yang digunakan untuk kepentingan umum. Untuk mendukung kinerja jalan diperlukan, bangunan pelengkap jalan diantaranya adalah lampu penerangan jalan. Lampu Penerangan Jalan dapat digunakan untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan kriminalitas pada malam hari terutama untuk jalan yang dilalui oleh kendaraan roda dua, jalan yang bersinggungan dengan lingkungan penduduk di sekitar jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah nomor 9 tahun 2018 dalam rangka Pengelolaan Penerangan Jalan Umum di Kabupaten Langkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengolahan data kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomena dilapangan dan menjabarkan temuan di Jalan Tanjung Beringin Kabupaten Langkat berdsrkan sumber sumut.antaranews.com. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 9 Tahun 2018 Dalam Rangka Pengelolaan Penerangan Jalan Umum di Kabupaten Langkat dilakukan dalam bentuk sosialisasi, perencanaan pemasangan dan penataan lampu jalan umum, penambahan dan perluasan, pembinaan dan pengawasan belum dilakukan dengan baik dikarenakan masih kekurangan anggaran dan personil dilapangan. Perencanaan pemasangan penerangan jalan umum kurang berjalan dengan baik dan penataan penerangan lampu jalan umum tidak berjalan dengan baik dikarenakan terkendala anggaran sehingga harus ditata dan dilaksanakan lebih baik lagi sedangkan strategi yang kami lakukan untuk penambahan dan perluasan penerangan lampu jalan di Kabupaten Langkat bekerja sama dengan Pembangkit Listrik Nasional (PLN) selaku pemenuhan daya dan pengaturan teknis Penerangan Jalan Umum (PJU) dan dengan Dinas pendapatan selaku penanggung jawab penerimaan pajak penerangan jalan agar penambahan dan perluasan untuk penerangan lampu jalan dapat terealisasikan dan pembinaan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dalam pengelolaan penerangan jalan umum pemeliharaan secara rutin dilakukan pada ruas jalan Kabupaten Langkat, fasilitas umum dengan melakukan persiapan untuk perbaikan dan penggantian alat secara langsung terhadap adanya kerusakan atau tidak berfungsinya Penerangan Jalan Umum (PJU).
Perencanaan Komunikasi Pemasaran Founder GLSK Melalui Video dan Foto di Media Sosial Dino Syahputra
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

GLSK adalah brand foto dan video dokumentasi di Medan, brand ini sudah seperti trendsetter bagi para pekerja videografi. Brand GLSK sendiri baru berusia 4 tahun tapi sudah bisa menjadi brand teratas di kota Medan, ini dapat dilihat dari project yang dikerjakan oleh mereka yang ditampilkan di sosial media instagram GLSK dan foundernya, mulai dari anak presiden, artis dan lainnya sertamereka juga pernah mengerjakan pekerjaan ini sampai luar negri. Untuk sampai ke titik seperti inifounder GLSK melakukan pemasaran melalui sosial media lewat foto dan video, tentunya denganperencanaan komunikasi pemasaran yang dibuat dan dilakukan oleh founder GLSK. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan founder GLSK melalui foto dan video di media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekualitatif dengan pendekatan deskriptif, cara mengumpulkan data adalah dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Adapun narasumber dari penelitian ini adalah founder sekaligus CEO dari GLSK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa founder GLSK sudah melakukan pemasarandengan perencanaan komunikasi sesuai dengan menerapkan dasar-dasar tahapan perencanaankomunikasi menurut Wahyudi (2010) seperti: tahap identifikasi masalah, tahap perumusan tujuan komunikasi, tahap penetapan rencana strategis, tahap penetapan rencana operasional, tahap penyusunan rencana evaluasi, tahap perencanaan rekomendasi. Salah satunya dengan cara uploadfoto dan video hasil produksi GLSK di sosial media instagram dengan kualitas standar yang sudahditetapkan GLSK sendiri serta tetap memberikan ciri khas dari GLSK dengan konsisten, menjagasikap bersosial media untuk menjaga serta menaikkan nama baik brand GLSK dan lainnya. Denganmelakukan berbagai macam hal di atas maka dapat menarik minat konsumen dan meningkatkanpemasaran brand GLSK melalui video dan foto di media sosial.
Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Nomor 11 Tahun 2013 dalam Rangka Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Usaha Berlimbah di Kabupaten Serdang Bedagai Hastuti Srimulyani Siagian
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembinaan dan pengawasan merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD dalam mengarahkan pelaku usaha dalam pengelolaan limbah, serta untuk mengetahui tingkat penataan penanggung jawab kegiatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (b3). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Nomor 11 Tahun 2013 dalam rangka pembinaan dan pengawasan pengelolaan usaha berlimbah di Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang sebagaimana adanya dengan melakukan wawancara secara langsung kepada narasumber. Narasumber dalam penelitian ini sebanyak 5 orang, antara lain Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), dan Peningkatan Kapasitas, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Kepala Seksi Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Kepala Seksi Pencemaran Lingkungan Hidup, dan Kepala Seksi Kerusakan Lingkungan Hidup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peraturan Daerah Kabupaten Serdag Bedagai Nomor 11 Tahun 2013 dalam rangka pembinaan dan pengawasan pengelolaan usaha berlimbah di Kabupaten Serdang Bedagai secara keseleuruhan sudah diimplementasikan meskipun belum berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari masih adanya sebagian Badan Usaha berlimbah di Kabupaten Serdang Bedagai yang tidak taat pada aturan yang berlaku dalam pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (b3). Serta masih kurangnya partisipasi Badan Usaha untuk mengikuti kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serdang Bedagai.
Implementasi Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2018 dalam Rangka Efektivitas Pemungutan Pajak Secara Online di Kabupaten Deli Serdang Muhammad Irfan Athoriq
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya permasalahan dalam upaya optimalisasi pajak daerah tidak dimungkiri turut andil menjadikan pencapaian target pemasukan daerah atau penerimaan Pendapatan Asli Daerah tidak maksimal yang pada giliranya juga berpengaruh pada upaya peningkatan pembangunan daerah di segala bidang. Beberapa permasalahan yang menjadi kendala dalam pemungutan pajak daerah Kabupaten Deli Serdang mencakup berbagai hal, mulai dari permasalahan administrasi, kebijakan, kurangnya sumber daya manusia (SDM) dan hingga respons masyarakat.termasuk diantaranya masih kurangnya kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak daerah. Dalam memaksimalkan penerimaan Pendapatan Daerah Kabupaten Deli Srdang, Pemerintah Daerah membuat beberapa strategi dalam meningkatkan kesadaran Wajib Pajak (WP) untuk membayar pajaknya sesuai dengan jumlah dan tepat waktu. Salah satu strategi yang dibentuk adalah pembayaran dan penerimaan Pajak Daerah melalui Online System Pajak Daerah. Pemanfaatan system ini dianggap menguntungkan yaitu mempersingkat jarak dan mempercepat mobilitas peserta wajib pajak untuk menunaikan kewajiban pajaknya. Kebijakan dan program system online pembayaran pajak tersebut menjadi topic yang mendorong penulis untuk menelaahnya secara ilmiah dengan mengetangahkan judul penelitian: Implementasi Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2018 Dalam Rangka Efektifitas Pemungutan Pajak Secara Online di Kabupaten Deli Serdang. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan penelitian di rumuskan permasahan penelitian ini yakni: Bagaimanakah Implementasi Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Sistem Online Pajak Daerah Dalam Rangka Efektifitas Pemungutan Pajak Seacara Online di Kabuateen Deli Serdang oleh Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisiskualitatif, dan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa berdasarkan uraian-uraian diatas serta analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Implementasi Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2018 Dalam Rangka Efektifitas Pemungutan Pajak Secara Online di Kabupaten Deli Serdang telah berjalan dengan baik sebagiman harapan yang dinginkan baik oleh pemerintah daerah Kabupaten Deli Serdang maupun masyarakat umum.
Perencanaan Komunikasi Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Religi di Kota Pekanbaru Surita Annazmi Sinaga
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Perencanaan Komunikasi Pariwisata Dalam Pengembangan Wisata Religi Di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Aida Dan Teori Interaksi Simbolik. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yaitu Kepala Seksi Pengkajian Pengembangan Destinasi Pariwisata Provinsi Riau, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Provinsi Riau, Humas Masjid Agung An-Nur, Kepala Seksi Tata Usaha Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau dan tiga orang pengunjung Wisata Religi Masjid Agung An-Nur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan komunikasi pariwisata dalam mengembangkan wisata religi Masjid Agung An-Nur belum sepenuhnya terjalin dengan baik, perlu adanya dorongan dari pihak pengelola, Dinas Pariwisata maupun masyarakat guna meningkatkan wisatawan dan juga meningkatkan kualitas bangunan Masjid, agar ketertarikan wisatawan bisa lebih baik lagi kedepannya.
Strategi Komunikasi Organisasi pada Komunitas Animal Lovers Medan untuk Membangun Sikap Peduli pada Kelestarian Satwa di Kota Medan Hamdi Yusri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 3, No 4 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya bentuk dari strategi komunikasi terhadap suatu kelompok organisasisangat penting dilakukan, karena dengan mengatur strategi komunikasi dapatmemperluas pesan komunikasi yang bersifat informatif, persuasif dan instruktif secarasistematik kepada sasaran untuk memperoleh hasil yang optimal dan dapat membantudalam segala bentuk jenis media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanastrategi komunikasi organisasi pada komunitas animal lovers Medan untuk membangun sikap peduli dalam pelestarian satwa di kota Medan. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah dengan metode kualitatif, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumberdalam penelitian ini adalah beberapa anggota komunitas animal lovers Medan yang terdiridari 5 orang diantaranya 1 orang ketua dan 4 orang anggota. Dalam penelitian ini,ditemukan strategi komunikasi organisasi yang digunakan oleh komunitas animal lovers untuk membangun sikap peduli di kota Medan dengan memberikan motivasi danpengetahuan melalui media maupun tatap muka. Dan untuk lain hal strategi komunikasiorganisasi yang diterapkan juga dengan melakukan komunikasi kelompok kecil sepertimembuat grup pada salah satu media sosial agar proses penyampaian pesan dan informasi yang disampaikan antar anggota kepada masyarakat bisa menjadi lebih efektifdan masyarakat pun bisa menjadi bagian dari perencanaan yang diatur oleh komunitasanimal lovers Medan untuk menjaga kelestarian satwa yang ada di kota Medan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10