cover
Contact Name
Wahyu Mustajab
Contact Email
jmae@erapublikasi.id
Phone
+6282186310996
Journal Mail Official
jmae@erapublikasi.id
Editorial Address
Taman Balaraja blok G 2 no.1 RT 03 RW 08 Desa Parahu Kec. Sukamulya Kab. Tangerang - Banten 15610
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 28287770     DOI : 10.59066/jmae
Core Subject : Economy,
Focus and Scope Accounting: Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System Sustainability Reporting Economics: Macroeconomics Microeconomics Urban economy Property appraisal Islamic economists Banking financial institutions Management: Human Resource Management Financial Management Marketing Management Strategic Management Organizational Behaviour Operations Management Change Management Entrepreneurship E-Business Supply Chain Management Logistic Management
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi " : 9 Documents clear
KEPEMIMPINAN DAN PENINGKATAN MUTU INSTITUSI PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Sumarjono Sumarjono
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.733 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.83

Abstract

Kualitas pendidikan di perguruan tinggi ataupun sekolah berhubungan erat dengan kualitas kepemimpinan di institusi bersangkutan. Pemimpin yang memiliki daya manajerial yang baik berimplikasi terhadap mutu institusi pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas kepemimpinan dan peningkatan mutu pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kepemimpinan di Universitas Negeri Yogyakarta dijalankan secara kolektif-kolegial dengan memfokuskan pada visi-misi perguruan tinggi, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. Dengan memfokuskan pada cetak biru Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP), artikel ini membahas tiga poin operasional sebagai berikut. Pertama, sebagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta merumuskan visi-misi melalui penggabungan pemikiran lembaga dan penyesuaian dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia. Kedua, cetak biru atas langkah strategis yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta dirumuskan di dalam Rencana Strategis (Renstra). Ketiga, kepemimpinan dan peningkatan mutu lembaga Universitas Negeri Yogyakarta selama tiga tahun terakhir telah menyesuaikan dengan kebijakan Kampus Merdeka dari.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (STUDI PADA BANK MUAMALAT KCU PALEMBANG) Azizah Elsyifa; Armansyah Walian; Zuul Fitriani Umari
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.887 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.196

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah yang dimediasi oleh Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat KCU Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode eksplanatori dengan menggunakan alat kuiseoner tertutup dan teknik purposive random sampling (judgement) kepada 100 nasabah yang masih menjadi nasabah penabung. Data yang diperoleh lalu diuji secara validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan path analisis. Dari hasil olah data yang dilakukan didapati hasil bahwa variabel Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Nasabah; Kepuasan Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah; dan Variabel Kepuasan Nasabah memediasi hubungan antara Variabel Kualitas Pelayanan terhadap Variabel Loyalitas Nasabah pada Bank Muamalat KCU Palembang.
ANALISIS KOMPETENSI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULANG BAWANG BARAT Rizka Andini Nur Sabella; Mufti Fiandi; Lemiyana Lemiyana
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.438 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.197

Abstract

Komunikasi merupakan aspek penting dalam suatu perusahaan perbankan. kompetensi komunikasi diperbankan syariah menjadi prioritas terutama daam mencapai keberhasilan tujuan pelaynan. Dalam perusahaan setiap karyawan harus memiliki kompetensi yang bertujuan untuk menentukan kualitas pelayanan dimata nasabah, kompetensi sangat mempengaruhi pelayannan prima yang diberikan kepada nasabah .Pelayanan prima merupakan factor terpenting dalam merebut hati calon nasabah dan nasabah yang dilakukan customer service memerlukan skill berkomunikasi yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kompetensi komunikasi customer service dalam upaya meningkatkan pelayanan prima.Metode penelitian ini yaitu dengan metode kualitatif .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan okumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Kompetensi komunikasi customer service sangat berpengaruh dalam mencapai pelayanan prima, untuk meningkatkkan kompetensi tersebut dapat dimulai dengan membangun komunikasi yang efektif, menumbuhkan rasa empati, meningkatkan pengetahuan dan keterlampilan.
THE EFFECT OF MINIMUM WAGES, UNEMPLOYMENT RATE, AND INFLATION ON POVERTY IN INDONESIA Miftah Nariyah Agustiani; Sabina Adilia; Erica Della Rosa; Maya Panorama
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.983 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.201

Abstract

One of the problems that are rife in Indonesia is the problem of poverty. Many factors influence the causes of poverty, such as minimum wages that do not meet the needs of life, uneven employment opportunities, and rising inflation. In this study, we discuss how these factors affect poverty rates in Indonesia.    
ANALISIS PENDEKATAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PASAR MODAL DI BEI MENGGUNAKAN PERHITUNGAN PRICE EARNING RATIO (PER) Nila Aulia; Tiara Amelia Putri; Gideon Setyo Budiwitjaksono
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.864 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.203

Abstract

This research is to find out the decision making of investors in investing in the Capital Market by using the Price Earning Ratio (PER) calculation approach. This study uses a descriptive research method with a quantitative approach. The analysis technique uses data from data collection, data processing, and the results of data analysis as input. In this study using fundamental analysis methodology using the Price Earning Ratio (PER) to determine the condition of the stock market. The research results show that from the results of estimating intrinsic value using the price-earnings ratio method, it is determined that PT X Tbk is an undervalued company, with an intrinsic value that is higher than the market price or depressed shares. The results of estimating intrinsic value using the price-earnings ratio method show that the companies PT Y Tbk and PT Z Tbk are overvalued because their intrinsic value is lower than the market price or share value.
PERAN KOMPENSASI EKSEKUTIF TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN Khaulan Ma'rufah; Dinda Damayanti; Gideon Setyo Budiwitjaksono
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.366 KB) | DOI: 10.1234/jmae.v1i3.204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompensasi eksekutif dalam meningkatkan kinerja karyawan agar tercipta produktivitas yang tinggi untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Artikel ini dirancang menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka. Metode pengumpulan data melalui berbagai sumber data seperti buku, jurnal ilmiah, dan penelitian-penelitian yang sudah ada terkait dengan peranan kompensasi eksekutif terhadap peningkatan kinerja karyawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi eksekutif berperan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Di mana dengan adanya penerapan pemberian kompensasi eksekutif akan mendorong karyawan untuk lebih giat dan bekerja lebih keras demi mencapai target dan tujuan yang ditetapkan.
PENGARUH LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2021) Ika Nirmalasari; Putri Arimbi Nuritasari; Gideon Setyo Budiwitjaksono
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.161 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan sampel akhir sebanyak 10 perusahaan dengan 30 laporan keuangan tahunan (annual report). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji multikolinieritas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan uji determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negative dan signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021.
PENGARUH KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMITMEN PROFESIONAL DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDITOR” (STUDI EMPRISIS DI KANTOR BPKP PERWAKILAN PROVINSI MALUKU) Franco Benony Limba; Rita Atarwaman; Chelsea Hetharie
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.019 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.213

Abstract

The aim of this study was to examine the effect of auditor's dysfunctional behavior is caused by task complexity, professional commitment, and time budget pressure. The location of this study is the BPKP Representative of Maluku Province. The population in this study were all Auditor Functional Officers who worked as the BPKP representatives of Maluku Province. The sample of this study was conducted by saturation sampling techniques. The data used are primary data with data collection techniques, namely questionnaires. The data analysis method used in this study is multiple linear regression analysis. Based on the results of the research, it is known that task complexity and professional commitment have a positive effect on the auditor's dysfunctional behavior. In contrast, time budget pressure has not to effect on the auditor's dysfunctional behavior.
PENANGANAN JAMINAN DALAM PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM) Resi Siregar
Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Vol. 1 No. 3 (2022): JMAE : Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi 
Publisher : CV. Era Digital Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.69 KB) | DOI: 10.59066/jmae.v1i3.215

Abstract

BMT Beringharjo merupakan BMT yang mengusai pasar Beringharjo. Yogyakarta. Ada beberapa kasus etikad tidak baik dari mitra yang memberikan jaminan dalam produk pembiayaan di BMT Beringharjo Yogyakarta, diantaranya seorang nasabah yang menjaminkan BPKB, ternyata ketika melakukan eksekusi jaminan, pihak BMT Beringharjo tidak menemukan sepeda motor tersebut di rumah si nasabah, ternyata motor tersebut tidak ada, seorang nasabah yang memberikan jaminan berupa “cek kosong”, ketika akan melakukan eksekusi jaminan ternyata cek tersebut adalah kosong, kasus yang sering terjadi adalah seorang nasabah yang memanipulasi data. Misalnya seorang mitra yang memberikan jaminan BPKB motor yang sudah kadaluwarsa, ada lagi seorang nasabah yang menjaminkan BPKB mobil, ketika akan melakukan eksekusi ternyata kepemilikan mobil tersebut belum balik nama. Dengan kata lain bukan milik mitra sepenuhnya. Penanganan yang dilakukan oleh BMT Beringharjo adalah BMT Beringharjo akan menganalisis penyebab permasalahan pembiayaan melalui evaluasi ulang. Banyaknya karakter nasabah yang menerima pembiayaan, Penanganan BMT Beringharjo terhadap nasabah yang memberikan jaminan dengan etikad tidak baik masih lebih banyak diselesaikan secara musyawarah daripada secara litigasi. Berdasarkan penanganan dari pihak BMT Beringharjo apabila dikorelasikan dengan etika bisnis yaitu dengan melihat aspek produk, transaksi, dan penanganan terhadap nasabah yang memberikan jaminan dengan etikad tidak baik di BMT Beringharjo, maka dari beberapa produk BMT Beringharjo sudah sesuai dengan ketentuan lembaga keuangan syariah, dan produk tersebut tidak mengandung kecurangan dan penipuan dalam kualitas barang dan kuantitasnya, serta relasi yang tercipta adalah bisnis yang baik dan bersikap amanah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9