cover
Contact Name
Dwi Prasetyo
Contact Email
lppm@stikosa-aws.ac.id
Phone
+6285163045372
Journal Mail Official
digicom@stikosa-aws.ac.id
Editorial Address
Jl. Nginden Intan Timur I/18 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media
ISSN : xxxxxxxx     EISSN : 28086031     DOI : https://doi.org/10.37826/digicom.v1i1
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media merupakan salah satu media publikasi ilmiah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Stikosa-AWS Jaya yang diterbitkan dan dikelola secara online oleh LPPM Stikosa-AWS. DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media ini berupa hasil tugas akhir berupa skripsi maupun hasil penulisan karya dari mahasiswa program studi ilmu komunikasi dalam bentuk artikel ilmiah. DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media terbit empat kali dalam satu tahun yaitu pada Januari, April, Juli dan Oktober.
Articles 66 Documents
Strategi Komunikasi Duta Wisata Cak dan Ning sebagai Ikon Promosi Daerah Guna Mempromosikan Pariwisata di Masa Pandemi Allan Kurnia Chandra
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No.1 Oktober 2021
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.853 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v1i1.212

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi duta wisata Cak dan Ning dalam mempromosikan pariwisata karena pada tahun 2020 berdasarkan data jumlah kunjungan wisatawan di Surabaya menunjukkan terjadinya penurunan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Duta Wisata Cak Dan Ning Surabaya Sebagai Ikon Promosi Daerah Dalam Mempromosikan Pariwisata di Masa Pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah pihak Cak dan Ning Surabaya serta pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai pihak yang terlibat dengan Cak dan Ning dalam mempromosikan pariwisata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan unit analisis berupa narasi kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, strategi komunikasi, strategi promosi kota dan peran cak dan ning sebagai ikon promosi daerah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Cak dan Ning Surabaya Mensosialisasikan Protokol Kesehatan Pada Pelaku UMKM dan Pariwisata di masa pandemi, (2) Cak dan Ning Surabaya sebagai guide tur online dapat membantu wisatawan memberikan informasi seperti lokasi wisata, kuliner dan budaya. (3) Cak dan Ning Surabaya sebagai media pengenalan pariwisata mempromosikan pariwisata melalui media sosial dan kegiatan pameran.
Analisis Framing Acara Rosi di Kompas TV Episode Ganja: Mitos dan Fakta Periode 6 Februari 2020 Luqmannul Hakim; Nurtyasih Wibawanti Ratna Amina
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No.1 Oktober 2021
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.495 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v1i1.213

Abstract

Penelitian ini mengambil masalah bagaimana Rosianna Silalahi dalam mengkonstruksi isu Ganja: Mitos dan Fakta ini dalam talkshow Rosi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana media, dalam penelitian ini ialah talkshow Rosi dalam mengkontruksi isu ganja terhadap pemanfaatannya sebagai kebutuhan medis. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan metode analisis framing Robert Entman. Penelitian menggunkan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kontruktivis. Dianalisis dengan menggunakan empat substansi framing Robert Entman yaitu: Define Problems (identifikasi masalah), Diagnose Causes (penyebab masalah), Make Moral Judgement (keputusan moral), Treatment Recommendationn (menekankan penyelesaian). Teknik pengunmpulan data yang digunakan berupa dokumentasi video dari talkshow Rosi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media massa adalah sebuah ladang industri. Institusi bisnis, yang tidak selalu objektif. Sehingga hasil dari media massa berupa program acara, teks berita akan dipengaruhi oleh pekerja pers dan kepemilikan media. Di sini, Rosianna dalam talkshow Rosi mengkontruksi isu ganja untuk pemanfaatan sebagai kebutuhan medis.
BRAND AWARENESS DISCOVERY ENGLISH JOGJA MELALUI KONTEN INSTAGRAM Balina Denyz Ramadhani; Puasini Aprilyantini
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No.1 Oktober 2021
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1827.978 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v1i1.216

Abstract

Penelitian mengenai pemanfaatan konten – konten melalui Instagram yang dilakukan oleh lembaga kursus Bahasa Inggris Discovery English Jogja, merupakan salah satu bentuk brand awareness yang digunakan karena kurangnya pengetahuan publik mengenai lembaga kursus tersebut, selain itu juga terdapat banyaknya pesaing yang menawarkan di bidang yang sama terlebih lagi pada pandemi saat ini menuntut setiap pengusaha memasarkannya secara kreatif melalui berbagai media. Tujuan memanfaatkan media sosial khususnya Instagram adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek Discovery English Jogja kepada publik Instagram serta untuk dapat menambah siswa yang ikut bergabung untuk kursus di lembaga tersebut. Maka dari itu, peluang untuk membuat akun Instagram sebagai brand awareness suatu lembaga atau perusahaan adalah hal yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil dari wawancara dengan informan yaitu CEO dari Discovery English Jogja, content marketing Instagram, dan siswa dari Discovery English Jogja, selain itu juga melakukan observasi dari konten Instagram @discoveryenglishjogja yang merupakan objek penelitian, dan studi pustaka . Teori yang digunakan adalah teori brand management oleh Aaker dengan metode analisis menggunakan brand awareness atau kesadaran merek. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa dapat diketahui Discovery English Jogja melakukan pemanfaatan konten di Instagram untuk brand awareness dengan memilih dan menyajikan konten yaitu berupa konten Instagram mengenai pembelajaran Bahasa Inggris, memilih topik konten sesuai dengan perkembangan di media sosial, memanfaatkan berbagai fitur di Instagram, tampilan konten merupakan hal penting dan juga melakukan bekerja sama dengan pihak lain yaitu dengan influencer untuk mempromosikan Discovery English Jogja.
POLA KOMUNIKASI PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN FOTOGRAFI TERHADAP ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI KOMUNITAS SE:RASA COLLECTIVE SURABAYA Dieta Mouza Syahputri; Moch. Djauhari
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No.1 Oktober 2021
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.755 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v1i1.217

Abstract

SE:RASA Collective Surabaya merupakan salah satu komunitas fotografi di Surabaya. Ada yang berbeda dari SE:RASA Collective dengan komunitas fotografi lainnya, yaitu fokus anggota dari komunitas ini adalah para penyandang tunanetra. Hal inilah yang menjadi menarik karena tunanetra sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan atau hambatan pada indra penglihatan, sedangkan pembelajaran fotografi sendiri membutuhkan keahlian untuk melihat objek yang akan diabadikan. Alasan peneliti mengangkat topik ini sebagai penelitian karena Komunitas Serasa Collective ini sangat menarik dalam menyetarakan mereka para disabilitas khususnya penyandang tunanetra bahwa mereka juga bisa melihat dan merasakan hal-hal yang terjadi disekitarnya walaupun dengan keterbatasan yang dimiliki. Dalam penelitian yang berjudul Pola Komunikasi Pendidik Dalam Pembelajaran Fotografi Untuk Anak Penyandang Tunanetra Di Komunitas Serasa Collective Surabaya menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pola komunikasi yang terjadi antara pendidik dan anak penyandang tunanetra dalam pembelajaran fotografi terjadi secara dua arah.
TINGKAT KEPUASAN FOLLOWER DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @SUARASURABAYAMEDIA Aulia Rakhil; Suprihatin
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No.1 Oktober 2021
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.888 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v1i1.218

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi duta wisata Cak dan Ning dalam mempromosikan pariwisata karena Media baru (New Media) merupakan alat atau sarana dalam menyampaikan pesan pada khalayak luas dengan menggunakan teknologi digital atau disebut juga sebagai jaringan teknologi komunikasi dan informasi. Penelitian ini meneliti bagaimana tingkat kepuasan follower dalam mengakses akun instagram @suarasurabayamedia. Penelitian menggunakan teori Uses and Gratifications dengan metode survey. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan 4 kategori untuk menentukan tingkat kepuasan followers yaitu, kepuasan pengawasan, kepuasan identitas pribadi, kepuasan integrasi dan interaksi sosial, dan kepuasan pengalihan. Kepuasan diukur dengan melihat kesenjangan antara kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought) dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained). Dilihat dari perbandingan tabel kepuasan yang diharapkan (GS) dan kepuasan yang diperoleh (GO). Akun instagram @suarasurabayamedia menunjukkan bahwa skor untuk rata-rata kepuasan lebih besar dari pada rata-rata skor kebutuhan (GS<GO), maka diketahui telah timbul kepuasan pada followers dalam mengakses akun instagram @suarasurabayamedia. Selain itu perbedaan antara harapan dan kepuasan follower dalam mengakses akun instagram @suarasurabayamedia signifikan dan dapat digunakan pada seluruh follower yang ada.
Strategi Komunikasi Pemasaran “Brain Coffee” Melalui Media Sosial Instagram Marizka Dhia Ayu Nabilah Sandy, Dwi Prasetyo
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 2 No. 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.697 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v2i1.247

Abstract

Marketing communication is a marketing activity that seeks to disseminate information, influence, persuade and remind consumers directly or indirectly about the products being sold. The use of Instagram social media provides benefits for business people. Companies have different strategies in attracting consumers. Brain Coffee is a coffee shop in South Surabaya that uses social media Instagram as its promotional media. This research is to find out the marketing communication strategy carried out by Brain Coffee through Instagram social media. This study uses a qualitative descriptive method that describes a situation. The researcher analyzes the marketing communication strategy through the @braincoffee.id Instagram account. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the marketing communication strategy carried out by Brain Coffee uses the concept of a communication mix, namely advertising, sales promotion, public relations, personal selling, direct selling. and interactive marketing and take advantage of Instagram's features consistently every day.
Pesan Moral Dalam Film “SEJUTA SAYANG UNTUKNYA” Karya Herwin Novianto Faisal Dias Rekananda, Anita Agustina Wulandari
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 2 No. 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.613 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v2i1.248

Abstract

Film means a series of still images that when displayed on a screen create the illusion of a moving picture. Movies are entertainment for all walks of life these days. One of the end 2020 Indonesian family drama movies is A Million Loves for Him movie directed by Herwin Novianto. This film addresses the correlation between fathers and daughters and idealistic and realistic things that need to be balanced. This study uses a semiotic analysis approach by Charles Sanders Piercen that uses the dimensions of icons, indices and symbols as mapping for viewing the film Sejuta Sayang Untuknya. Semiotic analysis is usually applied to visual images or text. In this method, the functioning of images is questioned by relating them to ideological structures that organize meaning. Furthermore, this study uses a qualitative method with a narrative approach using a critical thinking framework. In addition, through the analysis of the film message, residents can grasp the messages contained in Indonesian films, especially the discourse on the confrontation of fathers and daughters, which are presented with moral means according to the original requirements in everyday life, messages expressed in the form of honesty, respect , responsibility and feeling are raised, with the example of Charles Sanders Pierce's theory being shown through cues (representatives) manifesting through an object, which can lead the audience to interpret the meaning of the origin of the film.
Pengaruh Konten Influencer @EKOZHARAH Di Instagram Terhadap Peningkatan Kemampuan Followers Editing Foto Andini putri Hapsari, Mochammad Arkansyah
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 2 No. 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.521 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v2i1.250

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh konten Influencer @ekozharah di instagram terhadap peningkatan kemampuan followers di bidang editing foto. Teori yang digunakan adalah teori S.O.R (Stimulus, Organism, Respon). Teori berhubungan antara pesan komunikasi dan reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan kuisioner dalam mengambil kesimpulan data. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh signifikan konten influencer @ekozharah di instagram terhadap peningkatan kemampuan followers di bidang editing foto. Koefisien korelasi sebesar 0,631 dengan kecenderungan pengaruh sebesar 65,6%. Komunikan mampu menerima dan mengolah stimulus dari influencer sehingga terjadi perubahan perilaku yaitu kemampuan komunikan dalam melakukan editing foto sebesar 65,6%. Kata kunci : Influencer, Editing foto, teori S.O.R
Strategi Komunikasi Instagram Hybool Dalam Pemasaran Wedding Fotografi Aris Darmawan, Moch Djauhari
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 2 No. 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.997 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v2i1.258

Abstract

This research departs from the objective reality, namely the massive use of Instagram media as a medium in promoting business, in this case, the researcher sees a social phenomenon, namely about the marketing communication strategy carried out by one of the wedding photography business fields, namely Hybool, which utilizes Instagram media in promote their photography services. In carrying out a marketing communication strategy, Hybool uses Instagram as a basis for introducing its online wedding photography services to its target consumers, the majority of whom are young people. Therefore, the researcher focused on how the communication strategy developed by Hybool in marketing its services on Instagram. Then, in conducting this research, the researcher chose to use a descriptive qualitative research method. This, the researchers chose because it was in accordance with the object to be studied, namely analyzing the marketing communication strategy carried out by Hybool on Instagram, as well as the data that the researchers got from the results of observations, interviews, and also documentation. Hybool itself has proven to be effective in conducting marketing communications on Instagram, this is known from the continued increase in revenue year after year and is also consistent. In this case, because Hybool itself has succeeded in effectively utilizing the advantages that exist on Instagram, in the form of many features that support promotions, thus making potential consumers interested in Hybool wedding photography services
Analisis Framing BeritaOnline AmbilAlih Ketua DemokratFebruari sampai Maret 2021 pada Detik dan Liputan6 Adam Maulana Ma'ruf, Nurtyasih Wibawanti Ratna Amina
DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 2 No. 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM Stikosa-AWS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.004 KB) | DOI: 10.37826/digicom.v2i1.264

Abstract

The Research on Reporting on Allegations of Taking Over the Chair of the Democratic Party Chairharassed researchers to examine the issue. Where this study aims to find out how the Detik.com andLiputan6.com frames in carrying out construction on an issue of Alleged Taking Over the Chair of theDemocratic Party Chair 01 February-31 March 2021. This news contains the polemic of the takeoverof the Democratic Party which reaps the pros and cons. In this study, researchers used the framinganalysis method of the qualitative model of Zhongdang Pan and Gerald M and other theories to assistthe analysis process. The application of Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki framing analysis isdivided into four structures, namely: Syntax, Script, Thematic, Rhetorical. When viewed syntactically.Framing the news regarding the alleged takeover of the chair of the Democratic Party general chair,the second media has a very clear difference in framing, namely the placement and number of sourceson one party in the news that is broadcast. Scripturally, the two media both did framing by placingand telling the AHY Democrat party as a party whose party's rights had been violated. Both mediathematically and rhetorically also have similarities in doing frames, namely delivery to the reader. Theonline media Detik.com tends to put the statements of the AHY Democrats at the beginning of the newsor in the middle of the news, then counter them with statements from the pro-Democrat AHYs. This isdone by including information from previously uploaded news. Liputan6.com.com tends to containonly statements from one party in one news story. Based on the analysis, the framing carried out byDetik.com and Liputan6.com on the news that occurred, namely the attempt to take over the chair ofthe general chairman of the Democratic Party, it can be interpreted that the second media is moreinclined to the Democrat side of Agus Harimurti Yudhoyono.