cover
Contact Name
Kholisussa'di
Contact Email
kholisussakdi@undikma.ac.id
Phone
+6287863548098
Journal Mail Official
kholisussakdi@undikma.ac.id
Editorial Address
Jalan Pemuda No. 59 A Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
ISSN : 24425842     EISSN : 29629306     DOI : Prefix 10.33394
Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains scientific articles from research and critical review in Education, Teaching and Learning which include : Educational Non Formal Informal, Community Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 109 Documents
Efektivitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Masyarakat di PKBM Ceria Darmawan Darmawan
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.832 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i1.727

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efektivitas TBM dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Masyarakat di PKBM Ceria. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis statistik non parametrik dan menggunakan kriteria efektivitas dengan masing-masing komponen sebagai berikut: komponen input, proses dan output. Hasil analisis data menunjukkan nilai input dengan mean aktualnya adalah 38, 81 berada diantara 37, 33 — ≥ 47,99 dan termasuk dalam kriteria efektif, nilai proses dengan mean aktualnya adalah 34 berada diantara 30, 33 — ≥ 38,99 dan termasuk dalam kriteria efektif dan nilai output dengan mean aktualnya adalah 26 berada diantara 23, 33 — ≥ 29,99 dan termasuk dalam kriteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: Efektivitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Masyarakat dengan komponen input, proses dan output adalah efektif.Kata Kunci : Efektivitas, TBM, Motivasi Membaca.
Model Pelaksanaan Program Karang Taruna Dalam Pembinaan Tingkah Laku Remaja Herlina Herlina
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.94 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i1.728

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui model pelaksanaan program karang taruna dalam pembinaan tingkah laku remaja dan kendala pelaksanaan program karang taruna dan solusinya dalam pembinaan tingkah laku remaja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti langsung turun ke lapangan secara intensif untuk dapat mempelajari individu-individu secara utuh guna memperoleh data yang obyektif dan logis. Teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, eduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu program karang taruna seperti sepak bola, bulutangkis, seni budaya atau nasyid, sepeda santai, lintas alam, bakti sosial, safari ramadhan, tujuh belas agustus, dan mauled nabi. Perubahan sikap remaja menjadi rajin mengikuti kegiatan gotong royong, aktif dalam mengikuti pengajian, membantu pembangunan masjid, mengikuti kegiatan majlis ta’lim, berpartisifasi dalam kegiatan kemasyarakatan. Adapun solusi dari kendala yang dihadapi dengan cara memperbanyak kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan lembaga-lembaga lainya untuk bisa memenuhi kendala yang di hadapi oleh karang taruna sehingga kegiatan yang dibentuk bisa maksimal.Kata kunci: Model, Karang Taruna, Tingkah Laku.
Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat I Gusti Lanang Ardajaya
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.285 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i1.729

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan PNPM-MP dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khusus Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP) dan dampak PNPM-MP dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khusus Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP) di Dusun Belencong Desa Midang Kecamatan Gunungsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, karena penelitian berupaya untuk menggambarkan fenomena atau gejala-gejala yang terjadi di lingkungan masyarakat kaitan dengan pelaksanaan PNPM-MP dan dampak ekonomi masyarakat yang ditimbulkannya. Hasil penelitian ini adalah dengan adanya SPP ini perekonomian masyarakat khususnya para anggota kelompok SPP di Dusun Belencong menjadi meningkat. Terutama kaum ibu-ibu yang menjadi anggota SPP tersebut, mereka mengaku sangatlah terbantu dengan pinjaman tambahan modal dari SPP tersebut, dari usahanya yang akan mulai bangkrut bisa terbantu dengan pinjaman tambahan modal yang didapat dari SPP, sehingga usahanya bisa lancar kembali dan perekonomian keluarga bisa lebih sejahtera lagi. Hal ini dapat kita lihat dari terpenuhinya kebutuhan mendasar keluarga seperti kebutuhan akan makanan, pakaian, pendidikan dan biaya kesehatan.Kata Kunci: PNPM Mandiri Perdesaan, Perekonomian Masyarakat.
Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Kautsar Kota Mataram Maskun Maskun
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.88 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i1.730

Abstract

Evaluasi program adalah keseluruhan kegiatan baik berupa pengukuran maupun penilaian (pengukuran data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan selanjutnya hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Al-Kautsar yang meliputi; 1) komponen konteks; untuk mengetahui dukungan atau partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program pendidikan kesetaraan paket B. 2) komponen input; (a) Untuk mengetahui karaktristik warga belajar program pendidikan kesetaraan paket B, (b) Untuk mengetahui karakteristik tutor program pendidikan kesetaraan paket B, (c) Untuk mengetahui karakteristik pengelola program pendidikan kesetaraan paket B, (d) Untuk mengetahui kurikulum program pendidikan kesetaraan paket B, dan (e) Untuk mengetahui sarana dan prasarana program pendidikan kesetaraan paket B. 3) komponen proses; untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan kesetaraan paket B. 4) komponen produk; untuk mengetahui pencapaian kompetensi warga belajar dalam mengikuti program pendidikan kesetaraan paket B di PKBMAl-Kautsar. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan jenis penelitian evaluasi. Jenis evaluasi yang digunakan adalah metode CIPP dari Stuflebeam, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa implementasi program pendidikan kesetaraan paket B dalam meningkatkan kompetensi warga belajar sudah sesuai dan efektif menurut kriteria dari masing-masing evaluasi yang meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evalusai proses dan evaluasi produk yang berada di lembaga PKBM Al-Kautsar.Kata-kata kunci: Evaluasi Program, Pendidikan Kesetaraan, Paket B, PKBM.
Peran Kelompok Perempuan Dalam Pemberdayaan Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Rila Hardiansyah Rila
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.574 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i1.732

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kelompok perempuan dalam pemberdayaan kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan tersebut. Sementara manfaat adalah menambah pemahaman dan pengetahuan yang luas tentang peranan kelompok perempuan dalam pemberdayaan kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan dan memberikan manfaat bagi instansi terkait dalam kegiatan-kegiatan positif berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat nelayan di Karang Panas dalam rangka menumbuhkan semangat dalam berusaha mempertahankan kehidupan dan pemberdayaan kaum perempuan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data meliput reduksi data (data reduction), penyajian data (datadisplay) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian yaitu kelompok perempuan memiliki peranan dalam pemberdayaan kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan. Hal ini terbukti dengan adanya keinginan yang positif untuk menambah penghasilan suami dengan cara melakukan kegiatan yang menghasilkan uang diantaranya dengan ikut membantu suami menangkap ikan, menjadi pedagang di pasar, membuka kios, dan menjahit.Upaya-upaya yang dilakukan adalah melakukan kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat untuk mendatangkan tenaga ahli, melakukan kerjasama dengan koperasi, dan mencari alternatif pekerjaan lain.Kata kunci: Kelompok Perempuan, Pemberdayaan, Masyarakat Nelayan.
Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Melalui Program Pelatihan Pengolahan Rumput Laut di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Askot Mataram Yuliani Kusuma Dewi
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.709 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i1.733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menggali informasi mengenai pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan melalui program pelatihan pengolahan rumput laut di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Askot Mataram Tahun 2015 dilihat dari context, input, process dan product. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, tahap penyajian data dan tahap pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Kriteria context pada program pelatihan pengolahan rumput laut di P2MKP Askot Mataram dapat disimpulkan berhasil dan sudah sesuai kriteria evaluasi context. Input pada program pelatihan dapat diuggkapkan bahwa berdasarkan deskripsi input, secara umum seluruh unsur yang terlibat dalam program, seperti warga belajar, instruktur, penyelenggara program dan sarana dan prasarana, bisa dikatakan berhasil dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Process pembelajaran pada program pelatihan pengolahan rumput laut di P2MKP Askot Mataram termasuk kedalam katagori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan pelatihan pengolahan rumput laut pada kriteria process sudah sesuai dan berhasil. Dilihat dari product penilaian dan kriteria product dapat disimpulkan bahwa program pengolahan rumput laut yang di selenggarakan oleh P2MKP Askot Mataram sudah berhasil dan sesuai dengan kriteria yang disarankan.Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan.
Rekonstruksi Pemahaman Penilaian Pembejalaran: Gugatan Terhadap Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Agus Sadid Agus
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 2 Edisi September 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.094 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i2.734

Abstract

Penilaian dalam pembelajaran mempunyai makna yang sangat penting, karena dari kegiatan penilaian kita bisa menentukan dan mengetahui hasil perkembangan belajar anak (baca: warga belajar) selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian merupakan bagian dari kegiatan evaluasi yang pasti ada baik pada pendidikan formal maupun nonformal. Tulisan ini mengupas tentang beberapa pemahaman yang keliru (miskonsepsi) tutor tentang penilaian terutama konsep penilaian alternatif, penilaian otentik dan tes tulis (paper-and-pencil test). Dengan asumsi bahwa tes tulis konvensional tidak bisa memenuhi kebutuhan untuk mendapatkan informasi akurat dan komprehensif tentang kompetensi warga belajar, tutor dianjurkan untuk mengimplementasikan penilaian alternatif. Namun demikian, penilaian alternatif belum dipahami benar oleh para tutor dalam hal peran, tujuan, dan cara melaksanakannya. Oleh karena itu, untuk memberikan wawasan tentang konsep penilaian yang komprehensif, tulisan ini mengeksplorasi isu tentang penilaian alternatif dan membandingkannya dengan tes konvensional agar nampak jelas peran dan fungsinya dalam pendidikan, beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa kekeliruan (miskonsepsi) tutor tentang penilaian diuraikan dan dibahas sehingga pemahaman tentang konsep penilaian dapat diluruskan, yang pada akhirnya para tutor tidak terjebak pada pemahaman konsep penilaian terbatas pada penilaian konvensional (sebut saja: tes tulis)Kata kunci: Penilaian, Pembelajaran, dan Pendidikan Kesetaraan.
Konstruktivisme: Sebuah Analisis Perspektif Pembelajaran Mawardi Saleh Mawardi
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 2 Edisi September 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.484 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i2.735

Abstract

Konstruktivisme merupakan salah satu aliran filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan merupakan hasil bentukan (konstruksi) kita sendiri. Pengetahuan bukanlah konten idiologi yang bersifat given dan instan melainkan dia adalah hasil dari olah pikir dan olah tindak yang disertai dengan proses permentasi pendidikan itu sendiri. Dalam prosesi pendidikan (baca; pembelajaran) untuk mendapatkan sejumlah pengetahuan, sudah pasti terjadi berbagai peristiwa pembelajaran silih berganti oleh peserta didik maupun pendidik. Kedua unsur peserta didik dan pendidik menjadi pihak yang paling aktif terlibat dalam mencari, mengamati, mendiskusikan, menggambar, merancang, sebagai keseluruhan aktivitas pembelajaran untuk memperoleh sejumlah pengalaman dan pengetahuan. Disamping itu, eksistensi media, sumber dan metode juga relatif menentukan berjalannya aktivitas pembelajaran secara efektif. Alhasil, pembelajaran yang didasarkan pada faham konstruktivis mewajibkan kepada peserta didik khususnya untuk berperan serta secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar mereka menemukan dan merakit sendiri pengetahuannya tersebut.Kata kunci: Konstruktivisme, Pembelajaran.
Model Pembelajaran Outbond dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Nurfadilah Nurfadilah
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 2 Edisi September 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.612 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i2.736

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran outbound dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini dan bagaimana karakteristik kreatifitas anak usia dini di Kelompok Bermain “Green School” Mataram. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode observasi dan wawancara sebagai metode pokok, sementara metode dokumentasi digunakan sebagai metode pelengkap. Sedangkan metode analisis data yang dipergunakan adalah metode analisis data kualitatif. Adapun karakteristik kreatifitas anak usia dini antara lain (1) memiliki rasa ingin tahu yang besar (2) aktif dan giat bertanya serta tanggap terhadap suatu pertanyaan (3) selalu bersifat terbuka terhadap hal – hal baru yang berbeda (4) selalu ingin menemukan dan meneliti tentang sesuatu (5) senang pada tugas berat dan sulit (6) cenderung mencari jawaban yang luas dan memuaskan (7) berdedikasi tinggi dan aktif dalam menjalankan tugas (8) memiliki cara berpikir yang pleksibel (9) berkemampuan menganalis masalah (10) mempunyai daya imajinasi yang baik (11) memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mandiri (12) memiliki kemampuan melahirkan berbagai gagasan dalam menyelesaikan masalah (13) memiliki latar belakang membaca yang cukup luas. Sifat dan kebiasaan mereka itu yang menjadi salah satu penyebab munculnya ide tentang alternatif model pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini terutama pada Kelompok Bermain yang menyenangkan sekaligus mencerdaskan anak mengingat dunia anak adalah dunia bermain maka seharusnya pelayanan pendidikan pada anak usia dini dirancang dalam bentuk bermain sambil belajar. Bagi anak belajar adalah bermain dan bermain adalah belajar. Dalam abstrak ini terdapat kata kunci antara lain : inovatif dan kreatif.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Outbond, Kreativitas, Anak Usia Dini.
Efektivitas Program Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Suci Mulia Suci; Muhammad Arief Rizka; Herlina Herlina
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 2 Edisi September 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.729 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i2.737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program gapoktan (gabungan kelompok tani) dalam meningkatkan produksi hasil pertanian sebagai upaya pemberdayaan masyarakat petani di Desa Bunut Baok Kabupaten Lombok Tengah tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif, adapun model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi model CIPP (context, input, proses dan product) dengan sampel sebanyak 40 orang kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan rumus persentase. Jawaban responden setelah dianalisis kemudian diinterpretasi melalui tabel interpretasi untuk mendapatkan nilai efektivitas program. Hasil penelitian ini menyatakan untuk keempat komponen efektivitas program mendapat nilai sangat efektif dengan nilai prosentase yang berbeda diantara ke-empat komponen tersebut. Komponen context yaitu sebesar 85,5 %, komponen input sebesar 84,87 %, komponen process sebesar 84,45 % dan komponen product sebesar 85,75 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa efektivitas program gapoktan (gabungan kelompok tani) dalam meningkatkan produksi hasil pertanian sebagai upaya pemberdayaan masyarakat petani di Desa Bunut Baok Kabupaten Lombok Tengah tahun 2016 telah berjalan dengan sangat efektif.Kata Kunci: Efektivitas, Pemberdayaan Masyarakat, Gapoktan.

Page 1 of 11 | Total Record : 109