cover
Contact Name
Kholisussa'di
Contact Email
kholisussakdi@undikma.ac.id
Phone
+6287863548098
Journal Mail Official
kholisussakdi@undikma.ac.id
Editorial Address
Jalan Pemuda No. 59 A Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
ISSN : 24425842     EISSN : 29629306     DOI : Prefix 10.33394
Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains scientific articles from research and critical review in Education, Teaching and Learning which include : Educational Non Formal Informal, Community Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 124 Documents
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI LUAR SEKOLAH PADA MASA COVID 19 DI PERUMAHAN KEKERI INDAH Rizki Melinda Islami; Kholisus Sa'di
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 7 Nomor 1 Edisi Maret 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.826 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v7i1.4069

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya motivasi dan perhatian orang tua untuk belajar sehinga banyak waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga tertinggal pelajaran dan kurangnya kesadaran diri untuk belajar sendiri. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Anak Di Luar Sekolah Pada Masa Covid 19 Di Perumahan Kekeri Indah. Populasi dalam penelitian sebanyak 32 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistikkorelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa, dimana nilai thitunglebih besar dari pada nilai ttabelsebesar 0.995 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan 0.248, jadi thitung lebih besar dari pada ttabelyaitu0.995>0.248. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya: Ada Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Anak Di Luar Sekolah Pada Masa Covid 19 Di Perumahan Kekeri Indah, dengan tingkat koefisien korelasi sangat kuat. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Abstract: The problem in this study is the lack of motivation and attention of parents to learn so that a lot of free time is not utilized properly so that lessons are left behind and lack of self-awareness to learn on their own. The purpose of this study is to find out the Relationship of Learning Motivation With The Independence of Learning Children Outside School During Covid 19 In Kekeri Indah Housing. The population in the study was 32 children. Data collection techniques using observation methods, interview methods, documentation methods and questionnaire methods. The data analysis technique used in this study uses product moment correlation statistics technique. The results showed that there was a relationship between learning motivation and learning independence in students, where the value of thitung was greater than the 0.995 ttabel score and the ttabel score at a significant level of 5% with 0.248, so thitung was greater than the ttabelyaitu0,995>0.248. Thus Ho was rejected and Ha accepted which means: There is a relationship of learning motivation with the independence of learning children outside of school during the Covid 19 period in Kekeri Indah Housing, with a very strong correlation coefficient level. Keywords: Learning Motivation, Learning Independence
Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Melalui Program Pelatihan Pengolahan Rumput Laut di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Askot Mataram Yuliani Kusuma Dewi
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 2 Nomer 1 edisi Maret 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.709 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v2i1.733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menggali informasi mengenai pemberdayaan masyarakat berbasis kewirausahaan melalui program pelatihan pengolahan rumput laut di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Askot Mataram Tahun 2015 dilihat dari context, input, process dan product. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, tahap penyajian data dan tahap pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Kriteria context pada program pelatihan pengolahan rumput laut di P2MKP Askot Mataram dapat disimpulkan berhasil dan sudah sesuai kriteria evaluasi context. Input pada program pelatihan dapat diuggkapkan bahwa berdasarkan deskripsi input, secara umum seluruh unsur yang terlibat dalam program, seperti warga belajar, instruktur, penyelenggara program dan sarana dan prasarana, bisa dikatakan berhasil dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Process pembelajaran pada program pelatihan pengolahan rumput laut di P2MKP Askot Mataram termasuk kedalam katagori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan pelatihan pengolahan rumput laut pada kriteria process sudah sesuai dan berhasil. Dilihat dari product penilaian dan kriteria product dapat disimpulkan bahwa program pengolahan rumput laut yang di selenggarakan oleh P2MKP Askot Mataram sudah berhasil dan sesuai dengan kriteria yang disarankan.Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan.
UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA SESELA KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT Satriawan H Satriawan; Mawardi Saleh Mawardi
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 5 Nomor 1 Edisi Maret 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.369 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v5i1.2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya BUMDES dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu dengan cara peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BUMDES Maju Bersama sudah memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi masyarakat. Kata kunci : Kesejahteraan Masyarakat, BUMDES 
PERKEMBANGAN BAHASA SEBAGAI SISTEM KOGNITIF ANAK USIA DINI Made Sulastri
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Edisi September 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.534 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v8i2.6912

Abstract

Abstract : Language is a tool to communicate, through language humans can interact and communicate to express the results of their thoughts. With language, people can open their horizons of thinking and develop their horizons. In addition to the view that language skills are influenced by cognitive abilities, they also have an understanding that children's language skills are obtained from stimuli that come from outside the child. A child who gets a stimulus in language that is not in accordance with the characteristics of their stage of development, then the stimulus can make them lose playing time which results in a sense of boredom in the learning process. Seeing the picture of the problems that are happening right now like the environment, namely parents, teachers and the community must understand and it is necessary to do research on language development as a cognitive system for early childhood. Data collection methods are observation, interview and documentation methods. The results showed that each child's language development is closely related to the potential and characteristics of children's cognitive development at an early age. The child's cognitive level can be seen from the child's language behavior, the more proficient the child is in language, the higher the child's cognitive level.Keywords: Language, cognitive, early childhood Abstrak : Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi, melalui bahasa manusia dapat berinteraksi dan berkomunikasi untuk mengemukakan hasil pemikirannya. Dengan bahasa orang dapat membuka cakrawala berfikir dan mengembangkan wawasannya. Pandangan selain kemampuan berbahasa dipengaruhi oleh kemampuan kognitif, mereka juga memiliki pemahaman bahwa kemampuan bahasa anak didapat dari stimulus-stimulus yang berasal dari luar diri anak. Seorang anak yang mendapatkan stimulus dalam berbahasa yang tidak sesuai dengan karakteristik tahap perkembangan mereka, maka stimulus tersebut dapat membuat mereka kehilangan masa bermain yang berakibat timbulnya rasa kejenuhan pada proses belajar. Melihat gambaran masalah yang terjadi saat ini selayaknya lingkungan yaitu orang tua, guru dan masyarakat harus memahami dan perlu dilakukan penelitian tentang perkembangan Bahasa sebagai system kognitif anak usia dini. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap anak perkembangan bahasanya sangat berkaitan erat dengan potensi dan karakteristik perkembangan kognitif anak pada usia dini. Tingkat kognitif anak dapat terlihat dari perilaku berbahasa anak, semakin cakap anak dalam berbahasa maka semakin tinggi pula tingkat kognitif anak.Kata kunci : Bahasa, kognitif, anak usia dini
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Ekowisata “Tenun Sasak Sade” lalu muazim muazim
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 3 Nomer 1 Edisi Maret 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.394 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v3i1.654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pemberdayaan masyarakat melaluitenun sebagai program ekowisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatanstudi kasus, serta menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwalatar belakang kemunculan program ekowisata adalah melihat potensi alam yang dapat dimanfaatkansebagai wisata. Tahapan pengembangan ekowisata dimulai dari bentuk timbal balik masyarakat kepadatamu yang mengabdikan diri untuk memberdayakan masyarakat dengan mempromosikan Desa sadesebagai desa wisata. Prinsip-prinsip yang muncul pada ekowisata tersebut adalah: (1) berbasis alam,(2) nilai ekologis, (3) wawasan lingkungan hidup, (4) manfaat bagi masyarakat lokal, (5) daya tarikdan kepuasan pengunjung.Kata kunci: pemberdayaan, potensi alam, ekowisata
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK DI TK DHARMA WANITA SAKRA KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2018 Taufikurrahman Rahman; Herlina Herlina; Kholisus Sa'di
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 4 Nomer 2 Edisi September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.979 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v4i2.1325

Abstract

Abstrack: Based on the observations that the researchers did that the emotional social attitudes of children in Kindergarten Darma Wanita Sakra, Sakra District, East Lombok Regency have not developed optimally, among others, children have not been able to cooperate with friends, easily give up (less persistent / independent), not yet able to understand the rules and discipline , lacking a tolerant attitude towards friends. The formulation of the problem in this study was "Is there a Parental Parenting Relationship with Children's Social Emotional Development in the Sakra Kindergarten Dharma Women in Sakra District, East Lombok Regency in 2018?". While the purpose of this study is "To find out whether there is a relationship between parenting patterns and children's social emotional development in Sakra Kindergarten Dharma Women Sakra District, East Lombok Regency in 2018". Data collection research method used in this quantitative research is questionnaire method as the main method, observation method and documentation as a support method. While the data analysis used in the study is a method of statistical analysis with product moment correlation coefficient formula. Based on the results of data analysis in this study, obtained the value of rcount of 0.535 then the value is consulted with the value of the product moment rtabel at the significance level of 5% with N = 35 obtained a value of 0.334. This fact shows that r count is greater than r table or 0.535> 0.334 then the results of data analysis in this study are stated to be significant. This means that (H0) is rejected while (Ha) is accepted. The conclusion obtained in this study is "There is a Relationship between Parenting Parents and Child Social Emotional Development in Kindergarten Dharma Wanita Sakra, Sakra District, East Lombok Regency, 2018". Significant. Keywords: Parenting Parenting, Children's Social Emotional Development. Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan bahwa sikap sosial emosional anak di TK Darma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur belum berkembang secara optimal antara lain anak belum dapat bersikap kooperatif dengan teman, mudah menyerah (kurang gigih/ mandiri), belum dapat memahami peraturan dan disiplin, kurang memiliki sikap toleran terhadap teman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Dharma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Apakah ada Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Dharma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018”. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah metode angket sebagai metode pokok, metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan analisis data yang  digunakan dalam penelitian adalah metode analisis statistik dengan rumus koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh nilai  rhitung sebesar 0,535 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel product moment pada taraf signifikasi 5% dengan N=35 diperoleh nilai sebesar 0,334. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,535>0,334 maka hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan signifikan. Hal ini berarti (H0) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Dharma Wanita Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018”.Signifikan. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional Anak.
KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) Haromain Haromain; Wayan Tamba; Ni Ketut Alit Suarti
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 6 Nomor 2 Edisi September 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.964 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v6i2.3311

Abstract

Abstrak: Artikel ini memberikan gambaran tentang upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk dapat menjaga keberlangsungan proses pembelajaaran dimasa pandemi covid-19. Kemitraan sekolah dengan orang tua menjadi salah satu strategi penting dalam mendukung proses yang dilakukan. Sekolah dan orang tua memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan dirumah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) bentuk kemitraan sekolah-orang tua dalam pembelajaran daring yaitu dengan mengadakan pertemuan guru dan orang tua, membentuk group-group orang tua siswa serta mengoptimalkan peran guru dalam pembelajaran. 2) faktor pendukung kemitraan yaitu komitmen bersama sekolah dan orang tua, komitmen orang tua menyiapkan fasilitas pebelajaran, dan tersedianya jaringan internet. Sedangkan faktor penghambat kemitraan sekolah-orang tua dalam pembelajaran darin yaitu keterbatasan kemampuan guru, siswa dan orang tua dalam mengoperasikan aplikasi pembelajaran daring, keterbatasan kemampuan orang tua menyediakan fasilitas pembelajaran, dan motivasi siswa yang cendrung kurang dalam mengikuti pembelajaran.Kata kunci: kemitraan sekolah, pembelajaran daring, pandemi covid-19
PERANAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA DI PAUD PERMATA BANGSA JEMPONG MATARAM TAHUN 2020 Dara Ayu Sasongko; Wayan Tamba
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Vol 8, No 1 (2022): Volume 8 No 1 Edisi Maret 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.582 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v8i1.5725

Abstract

Abstract: Parents’ role is an important thing to developed children’s creativity from the early age. This study was aimed at knowing the role of parents in developed children’s creativity at the age of 5-6 years through family education in Paud Permata Bangsa Jempong Mataram in 2020. The method used in this study is a mixed method, which is a combination of quantitative and qualitative methods. The more dominant method in this research is the qualitative method and as a supporting method is the quantitative method. The population of this study were all parents of students of Paud Permata Bangsa class Tk B in Jempong Mataram and the sample of this study was 13 people by applying population study. Questionnaire, observation and documentationare the research instrument that is used in this study. From this study, it shows that the level of parenting in developing the creativity of children aged 5-6 years through family education tends to be in the high category, namely as many as 88 with a percentage of 73% supported by the results of observations of developing children’s creativity carried out by researchers who tend to be in the high category, that is as many as 94 with a percentage of 80%. This shows that the creativity of early childhood is very dependent on how the role of parents in providing family education to their children.Keywords: The role of parents, creativity, family educationAbstrak: Peranan orang tua merupakan suatu hal penting yang perlu diperhatikan guna meningkatkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orangtua dalam meningkatkan perkembangan kreatifitas anak usia dini melalui pendidikan keluarga di PAUD Permata Bangsa jempong Mataram Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method yaitu pengabunggan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua murid Paud Permata Bangsa kelas Tk B Jempong Mataram dan sampel penelitian ini berjumlah 13 orang dengan menggunakan studi populasi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penaran orang tuan dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui Pendidikan keluarga cendrung berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 88 dengan persentase 73% didukung dengan hasil observasi peningkatan kreativitas peserta didik yang dilakukan oleh peneliti cendrung berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 94 dengan persentase 80%. Ini menunjukkan bahwa kreativitas anak usia dini sangat bergantung pada bagaimana peranan orang tua dalam memberikan pendidkan keluarga pada anaknya. Kata kunci: Peranan orang tua, kreativitas, Pendidikan keluarga.
TRADISI BEJANGO DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT SASAK DI DESA SENGKERANG KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH Muhammad Zainal Mustamiin; Samsul Hadi Samsul
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 3 Nomer 2 Edisi September 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtni.v3i2.817

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan tradisi Bejango. (2) Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam tradisi Bejango. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan tradisi Bejango dan (2) Untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung pada tradisi bejango. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Informan penelitian ini adalah tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat. Responden penelitian ini adalah kepala dusun dan kepala desa. Penentuan jumlah informan dan responden dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan observasi. Data  dianalisis dengan  menggunakan tehnik analsis kualitatif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Tradisi bejango sebagai salah satu rangkaian pernikahan dalam adat sasak sekaligus peningalan leluhur/nenek moyang bangsa sasak dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutup. Kegiatan pada tahap persiapan antara lain penentuan/menyepkati waktu bejango, mengundang tokoh masyarakat dan keluarga terdekat, musyawarah, menyiapkan perlengkapan dan menyiapkan jaja. Sedangkan kegiatan pada tahap pelaksanaan antara lain kegiatan dirumah pengantin laki-laki, kegiatan dijalan menuju rumah pegantin perempuan dan kegiatan dirumah pengantin perempuan. Sementara kegiatan pada tahap penutup antara lain pembacaan do’a dan salaman. (2) Nilai-nilai yang terkandung pada tradisi bejango adalah nilai sosial budaya yang meliputi nilai kebersamaan, dan nilai silaturrahmi yang ditandai dengan kedatanagan keluarga pengantin laki-laki beserta rombongannya bejango kerumah keluarga pengantin perempuan. Sedangkan nilai budaya yang terkandung dalam tradisi bejango yaitu bagaimana kita diajarkan untuk selalu menjaga dan melestarikan setiap kebudayaan yang menjadi warisan nenek moyang kita, Karena dalam tradisi tersebut mengandung nilai-nilai yang sangat mendalam dan merupakan adat dan tradsisi yang harus tetap diperhankan kuhususunya bagi masyrakat di Desa Sengkerang.Kata Kunci : Nilai, Perkawinan, Bejango, Sosial Budaya
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP TANGGUH PADA SISWA MTs DARUSSHIDDIQIEN NW MERTAK PAOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Ahmad Zainul Irfan; Nurul Iman Iman
Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal Volume 6 Nomor 1 Edisi Maret 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.807 KB) | DOI: 10.33394/jtni.v6i1.2976

Abstract

Abstrak: Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan kelompok yang dilakukan oleh konselor sebagai pemimpin kelompok dan para siswa sebagai anggota kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok yaitu memungkinkan terjadinya pertukaran pemikiran, pengalaman, rencana, dan penyelesaian masalah, dimana semua anggota kelompok menyediakan informasi-informasi yang bermanfaat agar dapat membantu individu mencapai perkembangan yang lebih optimal.Sikap tangguh adalah sikap yang memiliki pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi kepada dirinya dan tidak pernah putus asa ketika menghadapi berbagai kesulitan dalam melaksanakan kegiatan atau tugas sehingga mampu mengatasi kesulitan tersebut dalam mencapai tujuan.Adapun rumusan masalah yaitu Apakah ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Tangguh Pada siswa MTs Darusshiddiqien NW Mertak Paok Pada Tahun Pelajaran 2019/2020?Tujuan dalam penelitian adalah Untuk mengetahui adanya Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Tangguh Pada MTs Darusshiddiqien NW Mertak Paok Pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini jumlah populasinya 69 sedangkan subyek penelitiannya yakni N=9 teknik pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara sertadokumentasi, dan angketsebagai metode pokok. Terkait dengan hal tersebut maka untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis data uji t dengan rumus t-test dengan hasil penghitungan bahwa Nilai thitung sebesar 8,757 dan ttabel 2,262.Dengan demikian maka penelitian ini menunjukan thitung lebih besar dari ttabel(8,757>2,262) dengan taraf signifikansi 5% sehingga hasilnya signifikan.Oleh karena itu peneliti mengambil kesimpulan bahwa hipotesis nol (Ho) Tidak Ada Pengaruh Bimbingan Kelompok  Terhadap SikapTangguh ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima  Ada Pengaruh Pengaruh Bimbingan Kelompok  Terhadap SikapTangguh Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Darusshiddiqien NW Mertak Paok Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 “signifikan”.Kata Kunci: Bimbingan Kelompok dan sikap tangguhAbstract: Group of guidance is a group activity performed by counselors as group leaders and students as members group by utilizing dynamics group that allows for the exchange of thoughts, experiences, plans and problem solving, in which all members group provide useful in information to help the individual achieves a more optimal development. Resilient attitude is the attitude that has a person who doesn’t feel weak to something that happens to him and never despair when facing various difficulties in carrying out activities or tasks so as to overcome these difficulties in achieving goals. The formulation of the problem is., Is there Influence of Group Guidance toTough Attitudes At students MTs Darusshiddiqien NW Mertak Paok In Academic Year 2019/2020? The purpose of the research is to know the Influence of Group Guidance to Tough Attitude on Students MTs Darusshiddiqien NW Mertak Paok In Academic Year 2019/2020. In this study the number of population is 69, while the subject of research that is N = 9 sampling technique using purposive sampling technique. Methods of data collection using the method of observation, interview, documentation, and questionnaire as  principal method. Data analisyis using t-test with the results of the calculation that tcount of 8.757 and ttabel 2.262. Thus, this research shows that tcount is bigger than ttable (8,757> 2,262) with significance level 5% so that the result is significant. Therefore, the researcher concludes that the null hypothesis (Ho) No Effect of Group Guidance on rejected and alternative hypothesis (Ha) received There Influence Group of Guidance to Attitude to Students Class VIII In MTs Darusshiddiqien NW Mertak Paok In Academic Year 2019/2020" ". Keywords: Group of Guidance and Tough Attitude

Page 1 of 13 | Total Record : 124