cover
Contact Name
Aulia Rahman
Contact Email
auliarahman1985@unsam.ac.id
Phone
+6285226355407
Journal Mail Official
auliarahman1985@unsam.ac.id
Editorial Address
https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/about/editorialTeam
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Published by Universitas Samudra
ISSN : 23560770     EISSN : 26852705     DOI : 10.33059/jsnbl.v10i2
The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in schools which include; 1. History Teaching Methods, 2. History Education Curriculum, 3. History Education Management and Technology while social and cultural history includes; 1. Archaeological Studies 2. Ethnographic Studies 3. Social and Cultural Anthropological Studies 4. Social and Political History Studies 5. Hysterography
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA" : 13 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP K13 MELALUI PELAKSANAAN KEGIATAN LOKAKARYA DI SEKOLAH DASAR Muhammad Yasin Muhammad Yasin
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.723 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4467

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 melalui implementasi kegiatan Lokakarya di SD Negeri Lood Jering tahun Pelajaran 2019-2020. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan 10 orang guru sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal 85% guru tergolong mampu dan baik dalam aspek penilaian terhadap penyusunan RPP K13, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kesiapan guru mengikuti kegiatan Lokakarya dan hasil pelaksanaan kegiatan Lokakarya. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan komptensi guru dalam menyusun RPP secara baik dan benar dari siklus I sebanyak 5 orang guru (50%), kemudian meningkat tajam pada siklus II sebanyak 9 orang guru (90%). Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan II. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi kegiatan Lokakarya dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP K13 secara benar di SD Negeri Lood Jering. Dengan demikian dapat disarankan kepada sekolah yang lain bahwa kegiatan kegiatan Lokakarya dapat diaplikasikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP K13.
PENGARUH HIKAYAT PERANG SABIL TERHADAP SEMANGAT PERJUANGAN RAKYAT ACEH DALAM PERANG ACEH MELAWAN BELANDA (1873-1903) sri wahyuni sri wahyuni; Madhan Anis
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.498 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4475

Abstract

This study aims to examine the background of the emergence of the sabil war saga and examine the influence of the sabil war saga on the spirit of the Acehnese people's struggle in the Aceh war against the Dutch (1873-1903). The method used is the historical method, so the steps used in this study include heuristics, source criticism, interpretation, and historiography. Based on the results of the study, it was concluded that in Aceh's war against the Dutch, it gave birth to its own mentality for the people of Aceh, there was resistance to maintain the dignity of the state while at the same time upholding the religion of Islam. The background of the emergence of the sabil war saga was during the Aceh war against the Netherlands. In the face of a prolonged war the sabil war saga became a kind of belief that became a source of strength, enthusiasm, and courage against the presence of the Dutch. Sabil war is jihad fisabilillah against all forms of colonialism that interfere with the religion of Islam and its homeland. The great influence of the sabil war saga has succeeded in igniting the spirit of jihad fisabilillah and is considered a very dangerous subversive work. The law of stable war is fardhu ain, which is obligatory on all believers, men and women, young and old, including children. Keyword: saga, sabil war, spirit of struggle, the people of Aceh.
Peran Lembaga Adat Melayu Roai Kabupaten Rokan Hulu dalam Melestarikan Budatya Melayu Riau devi asriani; Imam Hadi Sutrisno; Madhan Anis
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.197 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4490

Abstract

The writing in this article aims to examine the role of the Riau Malay Customary Institution in Rokan Hulu Regency in the traditional values ​​of Malay culture. This study discusses the role of the Riau Malay Customary Institution in Rokan Hulu district with Malay cultural values ​​in 2009-2021. The method used is field research or field research in the form of qualitative descriptive with an anthropological approach using ethnographic methods. Based on Key's research that regarding the role of Malay traditional institutions in Rokan Hulu Regency, it can unlock that the role of Malay adat institutions in Rokan Hulu Regency is to fight for the rights of indigenous peoples in Rokan Hulu Regency, as a forum for channeling the aspirations of the Malay community, especially Rokan Hulu Regency and fighting for the rights of the people of Rokan Hulu Regency. - the rights of indigenous peoples such as customary land. This research shows the role of the Riau Malay Customary Institution in Rokan Hulu Regency, namely the development of traditional leaders. The efforts of the Malay Traditional Institution of Rokan Hulu Regency are to use operational strategies and cooperation between organizations such as Hulubalang. The operational strategy of the Malay Traditional Institution of Rokan Hulu Regency is by providing guidance to traditional leaders and also trying to publicize all forms of activities of the Rokan Hulu Regency Malay Traditional Institution through existing media.
PEWARISAN SEJARAH PEWARISAN SEJARAH MELALUI ADAT SAURMATUA DI DOLOKSANGGUL, KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN, PROVINSI SUMATERA UTARA indah sari manulang indah manulang
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.525 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4522

Abstract

Culture is one of the habits carried out by a group of people that contains a system of ideas, actions, and is the result of human work which is one of the important basics in human life and is carried out from generation to generation and is owned by every community group, especially the Toba Batak community. The purpose of this study was to find out how the history of the Saurmatua custom in the Toba Batak community in Doloksanggul, to find out the implementation of the Saurmatua custom in the Toba Batak community in Doloksanggul and to find out what values ​​were inherited in the Saurmatua ceremony of the Toba Batak community in Doloksanggul. The research method that the author uses in completing this thesis is a descriptive qualitative method with an anthropological approach through the ethnographic method. The results of this study are the history of the Saurmatua custom that occurred because it was inherited by the ancestors of the Toba Batak people, because they wanted to make the last respect for their parents, and because they carried out the fifth commandment in Protestant Christianity. The stages in the implementation of the Saurmatua custom begin at the initial stage consisting of pasada dung, paoptree/mompo events, martonggo raja and corpse manortori events. The implementation stage (big party event), which consists of the manambol stage, the stage of condolences from the family, the stage of the manortor event in Alaman, the manaruhon tu udean event, the meal together, the jambar distribution event until the completion of the Saurmatua traditional event. And there are also values ​​inherited in the implementation of the Saurmatua custom which contains four important values ​​such as religious values, social values, moral values ​​and customary values.
Dinamika Pembangunan Tol Jagorawi 1978-1979 Samudra Eka Cipta; Iryan Ali Herdiansyah
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.142 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4591

Abstract

Kajian ini mengangkat isu dugaan kasus pelanggaran yang terjadi di Masa Orde dalam konteksnya pada pembangunan Tol Jagorawi yang merupakan proyek strategis pertama pemerintah saat itu. Kajian ini menggunakan pendekatan metode historis. Selain menggunakan pendekatan historis kajian ini juga menggunakan pendekatan studi analisis. Adapun beberapa permasalahan yang diangkat yakni 1) bagaimana proses pembangunan Tol Jagorawi, 2) bagaimana reaksi masyarakat terhadap pembangunan Tol Jagorawi?, 3) bagaimana dampak dari pembangunan Tol Jagorawi 1978-1979.
JAULUNG WISMAR SARAGIH DAN IDENTITAS GEREJA ETNIK KOMUNITAS KRISTEN SIMALUNGUN SUMATRA TIMUR DALAM ERA POSKOLONIAL Hartutik
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.633 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4644

Abstract

The problem in this literature research is the emergence a figure of Jaulung Wismar Saragih (JWS) as a pioneer of the establishment at Simalungun ethnic church in East Sumatra. The purpose of this literature research is to find out the biography of JWS, the arrival of Christians in Simalungun during the Colonial period, and JWS's efforts in establishing the ethnic church of the Simalungun Christian community. This study is a library research with historical research methods through the stages of heuristics, criticism, interpretation, and historiography. The results showed that JWS was one of the driving figures in making changes to the order of Christian life in Simalungun. During the colonial period, the role of JWS as an opponent of the policies of the RMG zendeling occurred in several lines of life. Problems arise when the Simalungun people feel discriminated against by the colonial government in which migrants are prioritized in the involvement of government administration. Problems continued in the realm of Christianity between immigrants and local residents so that a hegemony of resistance emerged, then gradually in the postcolonial era a local ethnic church was established as a symbol of strengthening the identity of the locality. So that we can clearly see that in his life JWS accepted a new element of Christianity through zending and also the idea of ​​Social Progress, as well as emancipation through zending along with Western-Colonial culture that stopped in the Simalungun area. In that case there are conflictual processes, resistance and adaptation to foreign elements that arise. The implication of this research is the importance of a religious identity of an ethnicity so that it can become a symbolically unifying spirit. The limitations of this study are only about Simalungun and the ethnic church at the postcolonial era and not to the discussion of the development of current conditions.
Pemberdayaan Perempuan melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam meningkatkan Kualitas Kehidupan menuju Keluarga Sejahtera dimasa Pandemi Covid 19 Rita Syntia
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.239 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4685

Abstract

This research was motivated by the low quality of the welfare of the community's family during the COVID-19 pandemic. The purpose of this research is to empower women through a team that drives family welfare empowerment in improving the quality of life towards a prosperous family during the Covid 19 Pandemic. The approach used in this research is participatory which actively involves all research subjects to determine programs that are right on target, practically oriented, empowering and sustainable. The results of the study state that the empowerment of women and housewives as small business actors in Aceh Tamiang requires cooperation from the government and government partners, namely TP PKK which plays a very significant role in addition to the private sector and the community so that it is maximized. This empowerment also focuses on handling their difficulties during the Covid-19 pandemic with digital transformation of production and marketing as well as continuous assistance.
PERSEPSI MAJELIS ADAT ACEH TERHADAP PEUSIJUK TUJUH BULAN PADA WANITA HAMIL DALAM MASYARAKAT ACEH DI KOTA LANGSA bad riana
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.903 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.4977

Abstract

Aceh merupakan salah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia yang memilikiberagam budaya. Salah satu budaya yang dimiliki masyarakat Aceh adalah tradisipeusijuk. Peusijuk merupakan tradisi menepung tawari. Salah satunya adalah tradisipeusijuk tujuh bulan bagi wanita hamil atau dalam bahasa daerah Aceh biasa disebutdengan adat mumee atau mee buu. Prosesi tradisi mumee atau mee buu adalah suatuacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Aceh sepanjang kehamilan dara baro(pengantin baru). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan peusijuktujuh bulan pada wanita hamil dalam masyarakat Aceh di Kota Langsa serta untukmengetahui persepsi Majelis Adat Aceh terhadap peusijuk tujuh bulan pada wanitahamil dalam masyarakat Aceh di Kota Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitiankualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodedeskriptif. Penelitian ini dilakukan di Majelis Adat Aceh Kota Langsa yang beralamatdi Gampong Jawa kecamatan Langsa Kota. Teknik pengumpulan data dalam penelitianini adalah wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaanpeusijuk tujuh bulan pada wanita hamil dilaksanakan oleh keluarga pihak linto baroyang mengunjungi dara baro yang sedang hamil anak pertama. Biasanya peusijuk inidilakukan pada usia kehamilan memasuki bulan ketujuh kehamilan. Adapun tata carapelaksanaan dan makanan yang dibawa disesuaikan dengan tradisi atau adat darimasing-masing gampong yang ada di Kota Langsa. Selanjutnya persepsi Majelis AdatAceh (MAA) terhadap pelaksanaan peusijuk tujuh bulan pada wanita hamil yaitutradisi ini hampir dilakukan oleh seluruh masyarakat Kota Langsa. Tradisi ini tidakbertentangan dengan syari’at islam dikarenakan niat dan tujuannya dilaksanakanpeusijuk tujuh bulan pada wnaita hamil demi kebaikan bagi seluruh keluarga yangsedang menanti kelahiran anggota keluarga baru yang sedang dikandung oleh dara baroKata kunci : Persepsi, Majelis Adat Aceh, Peusijuk Tujuh Bulan.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA cut nur aswad aswad
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.498 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.5031

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris salah satunya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan oleh guru. Kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya yaitu: 1). Cara mengajar guru yang masih menggunakan metode yang bersifat tradisional 2). Pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat pasif dan kurang tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik 3). Pembelajaran Bahasa Inggris terlalu banyak materi 4) Peserta didik jarang membawa kamus. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi Teks Khusus berbentuk Label. Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example ini diharapkan dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik sehingga hasil belajarnya akan meningkat. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik dari pelaksanaan Kondisi Awal, siklus I dan siklus II yaitu sebelum diberi tindakan diperoleh nilai ketuntasan peserta didik dengan taraf keberhasilan 36%. Setelah dilakukan Model Pembelajaran Example Non Example pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 32%, nilai ketuntasan siklus I menjadi 68% dengan jumlah ketuntasan peserta didik 15 dan yang tidak tuntas 7. Kemudian dengan Model Pembelajaran ini dilakukan perbaikan pada siklus II, dan hasilnya menunjukkan peningkatan pada nilai rata-rata kelas 82.7 dengan Persentase 91% sehingga dengan jumlah ketuntasan peserta sepenuhnya tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas IX-1 SMP Negeri 1 Peureulak Barat Tahun Pelajaran 2021-2022.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA nurlela nurlela
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 9 No 1 (2022): JURNAL SEUNEUBOK LADA
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.686 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v9i1.5032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif dengan menggunakan Model ProblemBased Learning pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 26 siswa yang semuanya adalah perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Model Problem Based Learning, ternyata hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklus. Penguasaan materi pada kondisi awal masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Dari 26 jumlah siswa hanya 9 siswa (35%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70 dengan nilai rata-rata 61. Dari data hasil penelitian terungkap bahwa pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 68,6, ketuntasan belajar mencapai 73%, pencapaian nilai tersebut menunjukkan peningkatan dari perolehan nilai pada kondisi awal. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 85,3 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-B semester I tahun pelajaran 2021-2022 SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur.

Page 1 of 2 | Total Record : 13